fbpx

Hak Binatang atau Hak Asasi Hewan – 15 Oktober

Hak Asasi Hewan / Binatang

Hak asasi hewan, juga dikenal sebagai kebebasan hewan, adalah ide bahwa hak-hak dasar hewan non-manusia harus dianggap sederajat sebagaimana hak-hak dasar manusia.

Para pendukung mendekati masalah ini dari posisi filosofis yang berbeda, mulai dari gerakan proteksionis yang dicetuskan filsuf Peter Singer—dengan fokus utilitarian terhadap penderitaan dan konsekuensi, daripada konsep hak itu sendiri—sampai gerakan abolisionis yang dicetuskan profesor hukum Gary Francione, yang menyatakan bahwa hewan hanya butuh satu hak, yaitu hak untuk tidak dijadikan benda atau properti.

Meski ada berbagai macam pendekatan, mereka semua setuju bahwa hewan harus dipandang sebagai orang non-manusia dan anggota komunitas moral, serta tidak digunakan sebagai makanan, pakaian, subjek penelitian, atau hiburan.

 

15 Oktober: Hari Hak Asasi Hewan / Binatang (Dibentuk untuk membangun kesadaran atas perlindungan hak hidup hewan/binatang)

 

Undang-Undang Hak Asasi Hewan di Indonesia

Semua aturan-aturan seputar Hak Asasi Hewan di Indonesia ternyata ada undang-undangnya juga, lo. Yaitu terdapat pada KUHP pasa 302 dan juga UU No.16 Tahun 2009. Karena diakui negara, setiap orang harus mengikuti aturan tersebut.

Di Indonesia, Sesuai dengan Amanat Undang-Undang No. 16 Tahun 2009, dinyatakan bahwa kesejahteraan hewan adalah segala urusan yang berhubungan dengan keadaan fisik dan mental hewan  menurut perilaku alami hewan yang perlu diterapkan dan ditegakkan. Yakni untuk melindungi hewan dari perlakuan setiap orang yang tidak layak terhadap hewan yang dimanfaatkan manusia.

Di samping itu, pasal 66 ayat (2) huruf c Undang-Undang Nomor 18 tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan pun menguatkan aturan tentang pemeliharaan hewan dengan baik. Dalam penjelasan pasal itu dikatakan, “Yang dimaksud dengan “penganiayaan” adalah tindakan untuk memperoleh kepuasan dan/atau keuntungan dari hewan dengan memperlakukan hewan di luar batas kemampuan biologis dan fisiologis hewan, misalnya pengglonggongan sapi.

 

Hak Binatang atau Hak Asasi Hewan

Hak Binatang atau Hak Asasi Hewan. Sumber foto dan ilustrasi: Max Pixel

 

Prinsip Kesejahteraan Hewan

Adapun prinsipnya adalah perlakuan hewan secara wajar, alami dan terkendali atau perlindungan hewan dari tindakan semena-mena manusia. Prinsip Kesejahteraan Hewan dilaksanakan guna memenuhi kebutuhan dasar hewan dan melindungi hewan dari perlakuan manusia yang tidak wajar untuk mewujudkan lima kebebasan hewan yaitu:

  • Bebas dari rasa lapar dan haus

  • Bebas dari rasa sakit, cidera dan penyakit

  • Bebas dari ketidaknyamanan, penganiayaan dan penyalahgunaan

  • Bebas dari rasa takut dan tertekan

  • Bebas mengekspresikan perilaku alaminya

 

Perlindungan Hewan Dunia

Perlindungan Hewan Dunia atau World Animal Protection (sebelumnya dengan nama Masyarakat Dunia Untuk Perlindungan Hewan) adalah suatu organisasi nirlaba internasional untuk keselamatan hewan yang telah beroperasi lebih dari 30 tahun. Lembaga amal ini menjelaskan visinya sebagai: sebuah dunia dimana kesejahteraan hewan suatu yang harus diselesaikan dan kekejaman terhadap hewan telah berakhir.

Perlindungan Hewan Dunia memiliki pusat regional di: Afrika, Asia, Eropa, Amerika Latin dan Amerika Utara, dan kantor di 14 negara. Kantor internasional berada di kota London. Situs resmi: https://www.worldanimalprotection.org.uk

 

Hewan dalam Bencana Alam

Masalah

  • Bencana dapat menyerang kapan saja, dengan kekuatan apa pun.
  • Mereka dapat memiliki efek yang menghancurkan pada kehidupan hewan dan manusia – menyebabkan cedera, kehausan, kelaparan, penyakit dan kematian.

Solusinya

Lindungi hewan dan komunitas dengan menunjukkan cara bersiap menghadapi bencana di masa depan.

Apa yang kami lakukan

  • Menanggapi sesegera mungkin ketika bencana menyerang untuk membantu hewan yang paling membutuhkan.
  • Memberikan makanan, air, obat-obatan, tempat tinggal dan perawatan dokter hewan untuk hewan yang menderita.
    Menunjukkan kepada masyarakat bagaimana mempersiapkan diri menghadapi bencana di masa depan, untuk membatasi kerusakan dan melindungi hewan-hewan mereka jika itu terjadi lagi.

 

Hak Binatang atau Hak Asasi Hewan

Hak Binatang atau Hak Asasi Hewan. Sumber foto untuk ilustrasi: PX Here

 

Bacaan Lainnya

 

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Royal Society for the Prevention of Cruelty to Animals

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-10-14T10:50:44+00:00 Oktober 13th, 2018|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment