Jenis Kucing | Ras dan Asalnya

6 min read

jenis kucing ras chinchilla

Jenis Kucing Menurut Rasnya

Daftar ras dan jenis kucing berikut hanya mencakup ras beberapa kucing domestik dan hibrida liar × domestik.
Pada umumnya, terdapat ratusan jenis kucing. Berikut beberapa contoh jenis kucing yang lucu dan menggemaskan:

Kucing Siam

Populer sejak abad ke-19, jenis kucing ini berasal dari Thailand (sebelumnya dikenal sebagai Siam). Siamese telah membantu menciptakan banyak ras lain, termasuk Oriental Shorthair, Sphynx dan Himalayan.

Kucing Siam memiliki tanda berbeda yang disebut “titik” yang merupakan area pewarnaan di wajah, telinga, kaki, dan ekornya, tetapi beberapa kucing Siam mungkin tidak memiliki titik. Ada juga dua jenis kucing Siam, satu dengan kepala berbentuk “apel” dan tubuh lebih gemuk dan satu dengan kepala lebih besar dan tubuh ramping.

jenis kucing ras siam
Jenis kucing ras siam. Sumber foto: Pixabay 1 & 2

Film animasi Disney, “Lady and the Tramp,” menampilkan kucing Siam menyanyikan sebuah lagu dan menunjukkan tidak hanya kecerdasan mereka tetapi juga seberapa vokal mereka.

Banyak kucing Siam yang berasal dari Thailand memiliki ekor yang bengkok. Sifat ini dibiakkan dari sebagian besar kucing Siam, tetapi Anda masih akan menemukannya pada kucing jalanan Siam di Thailand.

Kucing Persia

Juga dengan penuh kasih disebut sebagai salah satu kucing “bermuka pucat”, Persia memiliki mantel bulu yang indah dan panjang. Mereka bisa datang dalam hampir semua warna, tergantung pada asosiasi pencatatan kucing mana yang Anda lihat, dan memiliki wajah datar jika dibandingkan dengan kebanyakan ras kucing lainnya. Beberapa deskripsi ras bahkan menyatakan bahwa hidung tidak boleh menonjol melewati mata saat dilihat di profil.

Kucing Persia telah terlihat di banyak film, seni, iklan, dan rumah selama bertahun-tahun dan juga menjadi salah satu ras kucing paling populer selama beberapa dekade.

Mantel mereka menuntut perawatan teratur, jika tidak, akan dihasilkan anyaman. Seperti banyak ras murni, mereka rentan terhadap berbagai penyakit, termasuk masalah ginjal dan jantung.

Kucing Persia juga dikenal sebagai Persia Longhair, kucing Iran dan kucing Shirazi, dinamai sesuai nama kota Shiraz, Iran, karena mereka awalnya diimpor dari Iran.

Baca juga: Kucing Berasal dari Harimau dan Singa – Asal Usul Kucing dan Evolusinya

Kucing Birman

Berasal dari Burma, awalnya kucing ini akan menjadi hewan suci yang tidak bisa meninggalkan kuil; terlepas dari aturan perlindungan yang kaku ini, sekitar tahun dua puluhan, miliarder Amerika Vanderbilt berhasil mendapatkan, mungkin dengan menyuap salah satu pelayan kuil, seorang pria dan seorang wanita. Kucing Burma termasuk dalam kelompok ras kucing yang membawa gen siam: memang memiliki warna terang dan gelap di ujungnya (moncong, kaki, telinga dan ekor), dan matanya berwarna biru, dengan nada mulai dari biru jernih hingga biru. ungu.

Birman adalah kucing memiliki bulu berwarna seperti Siam dan Ragdoll. Mereka memiliki mata biru dan bulu panjang-sedang.

Jenis kucing Birman digunakan untuk berkembang biak dalam pengembangan kucing ras Ragdolls, jadi mereka terlihat sangat mirip tetapi memiliki tanda dan kepribadian yang sedikit berbeda.

Kucing Burma adalah kucing dengan karakter yang luar biasa, sedikit pemalu dan sangat sensitif; dia sama sekali tidak “lengket”, membosankan atau keras dan bandel, tetapi jika dia tidak mendapatkan apa yang dia inginkan, dia “merajuk” atau “ngambek” dan mampu melakukan beberapa kerusakan. Dia sangat menikmati waktu bermain, bahkan ketika dia semakin tua masih senang bermain dan melalui bermain dia mudah bersosialisasi juga.

Jenis Kucing Chartreux

Chartreux adalah kucing peliharaan berbadan besar dan berotot, dengan bulu yang pendek berasal dari Prancis.

Kepribadian jenis kucing Chartreux adalah kucing yang sangat cerdas, tenang, pendiam, aktif, senang bermain dan mudah dilatih.

jenis kucing chartreux
Jenis kucing Chartreux. Sumber foto: Pxhere, Pixabay dan PINTERpandai.com

Kucing Chartreux juga dikenal karena “senyum” mereka; karena struktur kepala dan moncongnya yang meruncing, mereka sering terlihat tersenyum. Chartreux adalah pemburu yang luar biasa dan sangat dihargai oleh para petani.

Kucing Bali

Jenis kucing Bali hampir identik dengan ras kucing Siam dalam banyak hal, kecuali bulunya yang panjang dan ekornya yang berbulu lebat. Kucing Bali umumnya bertubuh langsing dengan bulu bergaris-garis panjang meruncing, sangat lentur tetapi kuat dan berotot. Kucing Bali memiliki berbagai warna yang berbeda dan bulu mantel halus.

Terlepas dari panjang bulunya, kucing yang penuh kasih sayang dan aktif ini dikenal sebagai hewan yang bulunya pendek dan hanya perlu disikat setiap minggu. Kucing ini juga mungkin memiliki lebih sedikit protein Fel d 1 yang menyebabkan alergi.

Kucing Bali selalu memiliki mata biru tua. Bulu panjang dari kucing yang sangat cantik ini muncul sebagai hasil dari mutasi genetik spontan pada kucing Siamese ras murni. Kucing berukuran sedang ini bukan hanya berwajah cantik. Dikenal sebagai kucing yang cerdas, ingin tahu, suka bermain dan penyayang, bisa menjadi hewan peliharaan keluarga yang hebat.

Mereka suka ditemani dan jika mereka tidak mendapatkan cukup perhatian, mereka bisa sangat vokal dalam memberi tahu Anda tentang hal itu “meonggggg”.

Baca juga: Hari Kucing Sedunia (World Cat Day) Kapan? Apa Gunanya?

Kucing Jawa

Kucing Jawa Atau Oriental Longhair adalah salah satu ras kucing oriental dan dikenal juga dengan nama Jawa atau Mandarin. Nama Jawa sangat sedikit berkaitan dengan pulau Jawa di Indonesia.

Kucing ini diciptakan oleh peternak Amerika, Helen Smith dari MerryMews Cattery mulai membiakkan kucing Siam setengah berbulu, tujuan mereka adalah ras Bali. Sebagai produk sampingan, terciptalah kucing oriental semi-berambut panjang, kucing oriental berambut panjang. Pada tahun 1979 CFA (Cat Fanciers’ Association) adalah satu-satunya organisasi yang mengakui orang Jawa sebagai ras yang terpisah. Organisasi lain melihat hewan Ini sebagai varian dari kucing Bali.

Kucing Jawa Bukan Berasal dari Jawa Indonesia
Kucing Jawa Bukan Berasal dari Jawa Indonesia. Sumber foto: Starjely / Wikipedia

Penampilan kucing jawa agak sedikit berbeda dengan kucing Bali, terletak pada warna bulu dan matanya. Oriental Longhairs tidak memiliki apa yang disebut “warna topeng” (points), tetapi penuh warna dan dengan demikian merupakan bagian dari Oriental Shorthair yang berambut setengah panjang. Mata mereka berwarna hijau, kecuali bulu putih, di mana mereka cenderung berwarna biru.

Jenis kucing Jawa hasil persilangan dengan si bulu pendek Bali dan berwarna-warni, menciptakan kucing mirip Siam dengan bulu panjang. Bulu kucing mereka tidak banyak rontok dan hanya perlu disikat seminggu sekali. Untuk orang yang memiliki alergi dengan bulu kucing, jenis kucing ini lebih cocok karena mereka menyebabkan lebih sedikit alergen, yang mungkin lebih baik untuk orang yang memiliki alergi kucing ringan.

Kucing Raas atau Madura

Jenis kucing ini berasal dari Pulau Raas dan langka; Raas merupakan ras kucing murni tanpa tercampur gen dari ras kucing lainnya.

Raas adalah sebuah pulau di antara gugusan pulau-pulau di sebelah timur Pulau Madura.

Mitosnya, kucing Raas diyakini penduduk setempat bisa mendatangkan nasib baik dan kelimpahan rezeki. Mereka juga percaya bahwa raas memiliki indra ke-6 dan hanya dapat dipelihara oleh orang-orang tertentu saja, seperti kyai, pejabat dan tokoh masyarakat.

Jenis Kucing Sphynx

Meskipun kucing Sphynx yang berasal dari Kanada, biasanya digambarkan sebagai “tidak berbulu”, mereka memiliki bulu halus yang terasa hampir seperti suede saat dibelai. Seperti semua ras kucing, kucing Sphynx memiliki bulu. Namun jika sering dimandikan — yang diperlukan kucing untuk menghilangkan minyak berlebih dari kulitnya — keberadaan bulu dapat menyusut.

Kucing ras sphynx merupakan salah satu jenis kucing hasil rekayasa genetik.

Penyebarannya dapat ditemukan di beberapa tempat seperti Kanada, Prancis, Maroko, Meksiko, Rusia, Australia dan Amerika Serikat.

Di Indonesia, kucing impor yang unik ini memiliki harga tergolong mahal, dapat mencapai Rp 25 juta.

Jenis Kucing Ras Bengal

Kucing ini berasal dari California, Amerika Serikat.
Bengal adalah kucing yang terlihat liar — secara harfiah. Penandaannya dengan bulu bintik-bkntik membuat mereka lebih terlihat seperti di hutan daripada di rumah Anda, tetapi mereka tetap kucing peliharaan. Mereka banyak meong dan membutuhkan banyak latihan.

Kucing bengal
Kucing Bengal

Kucing jenis ini merupakan keturunan ketiga dari hasil persilangan antara kucing American shorthair dengan kucing Asian leopard.

Nama mereka berasal dari nama taksonomi kucing macan tutul Asia, Prionailurus bengalensis bengalensis, karena Bengals awalnya dibiakkan dari kucing domestik dan kucing liar ini. Mereka juga mendapatkan pola indah dari kucing liar ini.

Anggora Turki

Jenis kucing Anggora ini berasal dari Ankara, Turki. Mereka sangat populer dan terkenal di Indonesia.

Mitos dan kepercayaan lainnya mempercayai bahwa kucing Anggora dapat membawa harapan. Jika seseorang memiliki keinginan yang kuat, dia harus memangku seekor kucing dan membisikkan keinginannya ke telinga si kucing. Lalu, dia harus membelai kucing itu dan jika kucing itu menyukainya, maka keinginannya mungkin dapat segera terwujud.

Kucing ras Angora Turki berasal dari Timur, di mana kisahnya dimulai sedikit lebih dari seribu tahun yang lalu. Pada tahun 1620, ia dibawa kembali oleh seorang penjelajah Italia dan dengan demikian menjadi kucing berambut panjang pertama di Eropa Barat. Lama dihargai oleh kaum bangsawan, Persia, dari siapa dia adalah ayahnya, mencuri perhatian. Dia hampir menghilang selama Perang Dunia Kedua, kemudian jenis kucing Angora harus diimpor dari Turki, di mana breed tersebut dilindungi, untuk melanjutkan pembiakan.

Kucing Chinchilla

Kucing Chinchilla berasal dari Inggris. Hadir dalam satu warna – putih dengan mata hijau. Ia memiliki kepala lebar dengan telinga lebar kecil dan wajah pendek terbuka. Matanya besar dan bulat dengan warna yang cemerlang. Meskipun kucing Chinchilla cenderung memiliki tulang yang lebih halus daripada kebanyakan kucing Persia, kakinya masih cukup pendek, tebal, dan kuat.

jenis kucing ras chinchilla
Jenis kucing ras chinchilla, beserta foto kucing lainnya. Sumber foto: Pixabay

Ekornya pendek dan lebat. Bulunya panjang, tebal, dan mewah dengan lapisan bulu bagian bawah yang padat dan lembut.

Kucing bulu pendek Eropa (jenis kucing kampung)

Kucing kampung adalah kucing dari keturunan campuran — sehingga tidak termasuk dalam ras kucing tertentu yang dikenal — memiliki bulu pendek.

Jenis kucing kampung bulu pendek eropa
Jenis kucing kampung bulu pendek Eropa

Kucing Eropa adalah kucing yang lincah, cerdas dan merupakan teman hidup yang sangat penyayang. Mereka perlu dirangsang dengan cara melalui bermain dan diberi ruang yang cukup agar mereka bisa bebas berolahraga. Itu sebabnya mainan kucing adalah aksesori yang sempurna untuk jenis kucing ini.

Rex Jerman

Rex Jerman berasal dari persilangan kucing kecil yang ditemukan di taman rumah sakit Jerman dengan keturunannya. Ras kucing ini telah stabil sejak tahun enam puluhan. Kucing ini sangat langka.

Kucing German Rex mengambil namanya dari tempat asalnya. Faktanya, pada tahun 1946, seekor anak kucing berambut keriting lahir di Jerman Timur, yang menjadi milik Dr. Scheuer-Karpin dan yang, dikawinkan dengan betina dari ras yang berbeda, melahirkan kucing dengan rambut keriting. Dipahami bahwa gen Rex dominan dan tidak resesif seperti pada spesimen pertama Devon dan Cornish Rex.

German Rex adalah kucing yang sabar. Ini tidak berarti bahwa dia pasif, sebaliknya, dia sangat suka bermain dan sangat menyenangkan. Tetapi di atas semua itu, dia mudah bergaul, dengan teman-temannya seperti dengan tuannya. Bulu pendek dan halus, sangat menyenangkan untuk disentuh. Itu layak untuk melewati kuas secara teratur. Pemeliharaannya tidak sulit.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!


Sumber bacaan: Cat Time, Pet Finder,

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.