fbpx

Makanan Penambah Sel Darah Merah – Penguat Sistem Imun

Makanan Penambah Sel Darah Merah

Apakah Anda merasa lemah atau lelah? Anda mungkin mengalami gejala anemia. Anemia terjadi ketika jumlah sel darah merah Anda rendah. Jika jumlah darah merah Anda rendah, tubuh Anda harus bekerja lebih keras untuk mengirim oksigen ke seluruh tubuh Anda. Berikut adalah Makanan penambah sel darah merah:

 

1. Makanan kaya besi

Sumsum tulang Anda membutuhkan zat besi untuk membuat hemoglobin, protein yang mengandung besi dalam sel darah merah yang membawa oksigen dan karbon dioksida. Makanan penambah sel darah merah seperti gandum dan banyak tepung lainnya diperkaya dengan zat besi akan membantunya.

Dengan demikian, produk termasuk sereal sarapan, kerupuk, pasta, roti, dan makanan panggang lainnya berfungsi sebagai sumber penting zat besi. Makanan lain yang kaya zat besi termasuk:

  • Daging merah tanpa lemak – daging sapi, domba.

  • Daging organ – hati, ginjal, jeroan ayam itik.

  • Seafood – kerang, tiram, kerang, gurita, kepiting.

  • Ikan – teri, sardin, mackerel.

  • Unggas dan telur – angsa, emu, bebek, kaki kalkun, kalkun tanah.

  • Kacang polong – kacang panjang, kacang merah, kedelai, tahu, kacang hijau, kacang putih, lima kacang, kacang, kacang buncis.

  • Sayuran – jamur, kentang dengan kulit, daun bawang, bayam, tomat kering, artichoke Yerusalem, kale, hijau, kimchi.

  • Buah – buah goji kering, aprikot kering, buah persik kering, plum, kismis, zaitun, kesemek, buah ara.

  • Kacang-kacangan – kacang mete, kacang pinus, hazelnut, pistachio, kacang almond, kacang macadamia, walnut, kacang pikan.

  • Biji – biji labu, biji bunga matahari, biji chia, tahini.

 

2. Makanan kaya vitamin B12

Vitamin B12, atau cobalamin, berpartisipasi dalam banyak reaksi biokimia di seluruh tubuh Anda. Ia memainkan peran kunci dalam replikasi sel-sel darah sumsum tulang – terutama dalam duplikasi materi genetik atau DNA, yang harus terjadi sebelum sel-sel ini membelah.

Kekurangan vitamin B12 membuat produksi sel darah merah tidak efisien, berpotensi menyebabkan anemia. Makanan penambah sel darah merah yang berbasis hewani secara alami mengandung vitamin B12.

Secara umum, daging merah tanpa lemak yang sama, daging organ, makanan laut dan unggas dengan tingkat zat besi yang tinggi juga kaya akan vitamin B12. Ikan yang belum disebutkan dengan tingkat tinggi vitamin termasuk herring, tuna, trout, bluefish dan salmon.

  • Makanan yang terbuat dari tepung yang difortifikasi berfungsi sebagai sumber tambahan vitamin B12. Susu, keju, dan produk susu lainnya juga memasok vitamin B12 makanan, sumber penting nutrisi jika Anda mengikuti diet vegetarian lacto-ovo.

  • Jika Anda mengikuti diet vegan yang ketat, kemungkinan sumber vitamin B12 selain makanan biji-bijian yang diperkaya termasuk ragi gizi, tempe dan beberapa jenis jamur dan ganggang yang dapat dimakan.

  • Namun, Anda mungkin memerlukan suplemen B12 vegan untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda jika Anda mengalami kekurangan.

 

3. Makanan Kaya Folat

Folat, atau vitamin B9, adalah nutrisi lain yang diperlukan untuk produksi RBC normal. Seperti vitamin B12, folat memainkan peran kunci dalam duplikasi DNA, langkah penting dalam menghasilkan sel darah merah baru. Meskipun kekurangan vitamin B12 lebih umum, kekurangan folat juga dapat menyebabkan anemia. Beberapa orang memiliki kekurangan baik B12 dan folat.

Folat terjadi secara alami di berbagai macam tanaman dan makanan hewani. Sumber folat dari hewan yang baik sebagian besar mencerminkan zat besi dan vitamin B12, yaitu daging, unggas, ikan, makanan laut, telur, dan produk susu.

Demikian pula, makanan yang terbuat dari tepung biji-bijian yang diperkaya juga menyediakan sejumlah besar asam folat diet, bentuk folat buatan manusia. Makanan nabati lain yang belum disebutkan yang kaya folat termasuk:

  • Sayuran – edamame, asparagus, okra, kacang polong, endive, kale, collard, artichoke, Brussels sprout, bit, brokoli.

  • Buah-buahan – alpukat, jambu biji, mangga, boysenberries, jeruk, buah delima, pepaya, blackberry, buah kiwi.

  • Kacang – kacang hitam, kacang tanah, selai kacang.

  • Biji wijen.

 

Makanan penambah sel darah merah yang baik

Makanan penambah sel darah merah yang baik. Dengan motto: Makanlah makanan yang baik, tinggalkan lainnya. Sumber foto: U.S. Air Force graphic by Airman 1st Class Mercedes Taylor.

 

Anemia dan Jumlah Sel Darah Merah

Apakah Anda merasa lemah atau lelah? Anda mungkin mengalami gejala anemia. Anemia terjadi ketika jumlah sel darah merah (RBC) Anda rendah. Jika jumlah sel darah merah Anda rendah, tubuh Anda harus bekerja lebih keras untuk mengirimkan oksigen ke seluruh tubuh Anda.

Sel darah merah adalah sel yang paling umum dalam darah manusia. Tubuh menghasilkan jutaan setiap hari. Sel darah merah diproduksi di sumsum tulang dan beredar ke seluruh tubuh selama 120 hari. Kemudian, mereka pergi ke hati, yang menghancurkan mereka dan mendaur ulang komponen seluler mereka.

Anemia dapat menempatkan Anda pada risiko sejumlah komplikasi, jadi penting untuk mengembalikan kadar RBC Anda sesegera mungkin.

Baca juga: Berapa jumlah sel darah merah manusia?

 

Makanan Penambah Sel Darah Putih

Sel darah putih diproduksi di sumsum tulang kita. Jumlah sel darah putih normal adalah suatu tempat di area 5.000 hingga 10.000 sel darah putih per mikroliter darah. Orang dengan kurang dari 3.500 dianggap jumlah yang rendah, juga disebut neutropenia. Angka kurang dari 1.000 dianggap sangat rendah dan merupakan indikator bahwa orang tersebut berisiko besar mengembangkan infeksi sejenis. Berikut adalah makanan penambah sel darah putih: Klik disi untuk membaca: Makanan Penambah Sel Darah Putih

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki penyakit atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Artikel ini diperbaharui pada tanggal: 14/02/2019.

Sumber bacaan: HealthlineLive StrongQuora

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-01-14T18:46:26+07:00 Juni 28th, 2018|IPA, Makanan & Minuman, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment