fbpx

Hari Raya Waisak – Untuk Memperingati Kelahiran Buddha – Trisuci Waisak

Hari Raya Waisak

Waisak merupakan hari suci agama Buddha. Untuk memperingati kelahiran Buddha. Lahir di Nepal pada tahun 567 SM, Buddha Gautama atau Pangeran Siddhartha Gautama saat lahir – adalah putra seorang pemimpin suku.
Sebagai orang dewasa, ia mendirikan pertapaan pengembara dan akhirnya berevolusi menjadi agama setelah kematiannya pada 80 tahun.

 

Kapan Hari Raya Waisak Dirayakan?

Dirayakan dalam bulan Mei pada waktu terang bulan (purnama sidhi) untuk memperingati 3 (tiga) peristiwa penting.

 

3 Peristiwa Penting untuk Memperingati Hari Raya Waisak (Trisuci Waisak)

  1. Lahirnya Pangeran Siddharta di Taman Lumbini pada tahun 623 S.M.,

  2. Pangeran Siddharta mencapai Penerangan Agung dan menjadi Buddha di Buddha-Gaya (Bodh Gaya) pada usia 35 tahun pada tahun 588 S.M.

  3. Buddha Gautama parinibbana (wafat) di Kusinara pada usia 80 tahun pada tahun 543 S.M.

Tiga peristiwa ini dinamakan “Trisuci Waisak”. Keputusan merayakan Trisuci ini dinyatakan dalam Konferensi Persaudaraan Buddhis Sedunia (World Fellowship of Buddhists – WFB) yang pertama di Sri Lanka pada tahun 1950. Perayaan ini dilakukan pada purnama pertama di bulan Mei.

 

Hari Raya Waisak merupakan hari libur nasional berdasarkan Keppres Nomor 3 tahun 1983 tanggal 19 Januari 1983.

 

Perayaan Waisak

Orang-orang Indonesia yang menganut agama Buddha, menghormati Buddha dan pencerahannya melalui berbagai perayaan. Liburan dikaitkan dengan bunga, warna-warna cerah, dan banyak pemandangan indah.

Upacara doa di kuil

Tepat sebelum fajar di Hari Waisak, umat Buddha Indonesia akan berkumpul di kuil-kuil untuk upacara yang menghormati Buddha dan ajarannya. Begitu upacara ditutup, bendera Buddha sering dikibarkan. Umat ​​Buddha Indonesia juga akan menyanyikan lagu-lagu Buddha. Ini juga merupakan praktik umum bagi orang-orang untuk mempersembahkan sesajen bunga kepada patung Buddha di kuil.Bunganya adalah simbol kehidupan. Sama seperti kehidupan, bunga itu indah, tetapi pada akhirnya mereka akan layu dan mati. Persembahan bunga berfungsi sebagai pengingat bagi orang-orang bahwa hidup itu berharga.

Ritual pemberian dana makanan

Ritual “Pindapatta”, suatu ritual pemberian dana makanan kepada para bhikkhu/bhiksu oleh masyarakat (umat) untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan kebajikan.

Samadhi

Samadhi pada detik-detik puncak bulan purnama. Penentuan bulan purnama ini adalah berdasarkan perhitungan falak, sehingga puncak purnama dapat terjadi pada siang hari.

Pembebasan hewan

Banyak bhikkhu akan melepaskan hewan-hewan kecil ke alam liar dari kandang mereka pada Hari Waisak. Ini mewakili keinginan umat Buddha agar orang-orang di penangkaran dibebaskan dari pemenjaraan dan penderitaan mereka.

Lentera

Pada malam Hari Waisak, ribuan lampion berisi lilin akan dilepas ke langit.

 

Hari Waisak juga dikenal dengan nama-nama

  • Visakah Puja atau Buddha Purnima di India,

  • Saga Dawa di Tibet,

  • Vesak di Malaysia, dan Singapura

  • Visakha Bucha di Thailand

  • Vesak di Sri Lanka

Nama ini diambil dari bahasa Pali “Wesakha”, yang pada gilirannya juga terkait dengan “Waishakha” dari bahasa Sanskerta. Di beberapa tempat disebut juga sebagai “hari Buddha”.

 

Hari Raya Waisak

Hari Raya Waisak – Untuk Memperingati Kelahiran Buddha. Sumber foto: Pixabay

Dimana kita dapat merayakan Hari Raya Waisak?

Di Indonesia, tempat paling populer untuk merayakan Hari Waisak adalah Borobudur. Borbudur adalah kuil Budha besar yang menjadi tuan rumah perayaan Hari Waisak yang rumit. Setiap tahun, banyak umat Buddha dari seluruh Indonesia melakukan ziarah ke Borbudur.

Orang dapat mengunjungi Borbudur untuk bertemu dengan semua biksu di kuil untuk menghadiri upacara besar meditasi. Selama upacara ini, para biarawan berkumpul dalam lingkaran besar dan melantunkan mantra. Hal ini dianggap sopan untuk meninggalkan sumbangan kecil makanan atau uang untuk para biarawan selama Waisak Day. Borbudur juga terbuka untuk pengunjung non-Buddha.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “ohh begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: WikipediaCNN (Inggris)

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-07-19T16:59:24+07:00 Mei 24th, 2018|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment