Hari Wanita Sedunia – Hari Perempuan Internasional – 8 Maret – International Women’s Day

2 min read

Womans day hari wanita sedunia

Hari Wanita Sedunia

Hari Perempuan Internasional atau Hari Wanita Sedunia (bahasa Inggris: International Women’s Day) dirayakan pada tanggal 8 Maret setiap tahunnya.

Hari Wanita Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 8 Maret untuk menyoroti pencapaian perempuan dan kontribusi mereka kepada masyarakat, sambil menyoroti tantangan yang mereka hadapi dalam mengejar kesetaraan gender. Hari ini pertama kali dirayakan pada tahun 1911 dan hari ini diperingati di banyak negara di dunia.

Hari Perempuan Internasional adalah kesempatan untuk mempromosikan kesetaraan gender dan meningkatkan kesadaran akan diskriminasi dan kekerasan yang masih dihadapi perempuan hingga saat ini. Ini juga merupakan kesempatan untuk merayakan pencapaian perempuan di segala bidang, baik itu politik, sains, seni, olahraga, atau bidang lainnya.

Setiap tahun, Hari Perempuan Internasional dikaitkan dengan tema tertentu, seperti kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, perang melawan kekerasan terhadap perempuan, akses ke pendidikan dan kesehatan, dll. Organisasi dan individu di seluruh dunia mengorganisir acara, konferensi, pawai dan unjuk rasa untuk merayakan Hari Perempuan Internasional dan untuk terus memajukan penyebab kesetaraan gender.

Mengapa kita merayakan Hari Wanita pada 8 Maret?

Tanggal Hari Perempuan Internasional dipindahkan ke 8 Maret 1913.

Hari itu bertujuan untuk membantu negara-negara di seluruh dunia menghapus diskriminasi terhadap perempuan. Ini juga fokus pada membantu perempuan mendapatkan partisipasi penuh dan setara dalam pembangunan global. Hari Pria Internasional juga dirayakan pada tanggal 19 November setiap tahun. Baca juga ? Hari Pria Sedunia – Hari Pria Internasional (International Men’s Day) 19 November

Hari Perempuan Internasional diadakan setiap tahun pada tanggal 8 Maret untuk merayakan pencapaian perempuan sepanjang sejarah dan lintas negara. Ini juga dikenal sebagai Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Hak-Hak Wanita dan Perdamaian Internasional.

Hari wanita sedunia
Hari Wanita Sedunia – Hari Perempuan Internasional – 8 Maret – International Women’s Day. Ini juga fokus pada membantu perempuan mendapatkan partisipasi penuh dan setara dalam pembangunan global. Sumber foto: Pxhere

Sejarah hari wanita sedunia

Hari Perempuan Internasional pertama kali dirayakan pada tanggal 28 Februari 1909 di New York dan diselenggarakan oleh Partai Sosialis Amerika Serikat. Demonstrasi pada tanggal 8 Maret 1917 yang dilakukan oleh para perempuan di Petrograd memicu terjadinya Revolusi Rusia.[3] Hari Perempuan Internasional secara resmi dijadikan sebagai hari libur nasional di Soviet Rusia pada tahun 1917, dan dirayakan secara luas di negara sosialis maupun komunis.

Pada tahun 1977, Hari Perempuan Internasional diresmikan sebagai perayaan tahunan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk memperjuangkan hak perempuan dan mewujudkan perdamaian dunia.

Womans day hari wanita sedunia
Hari Wanita Sedunia – Hari Perempuan Internasional – 8 Maret – International Women’s Day. Ilustrasi dan sumber foto: Piqsels(CC0 Public Domain)

Mengapa penting untuk merayakan Hari Perempuan Internasional?

Pentingnya merayakan Hari Perempuan Internasional karena beberapa alasan:

1. Meningkatkan kesadaran akan diskriminasi dan kekerasan

Hari Perempuan Internasional adalah kesempatan untuk meningkatkan kesadaran akan diskriminasi dan kekerasan yang masih dihadapi perempuan saat ini, baik secara fisik, seksual, psikologis maupun ekonomi. Penting untuk diingat bahwa kesetaraan gender masih jauh dari tercapai di banyak bidang.

2. Merayakan prestasi perempuan

Hari Perempuan Internasional juga merupakan waktu untuk merayakan prestasi perempuan di semua lapisan masyarakat, baik itu politik, sains, seni, olahraga, atau bidang lainnya. Penting untuk menyoroti wanita yang telah mencapai hal-hal luar biasa dan menginspirasi.

3. Mempromosikan kesetaraan gender

Hari Perempuan Internasional adalah kesempatan untuk mempromosikan kesetaraan gender dan menyoroti tantangan yang masih ada. Penting untuk diingat bahwa kesetaraan gender tidak hanya menguntungkan perempuan, tetapi juga masyarakat secara keseluruhan.

4. Mendorong pemberdayaan perempuan

Hari Perempuan Internasional adalah kesempatan untuk mempromosikan pemberdayaan perempuan dan memberdayakan mereka untuk mewujudkan potensi penuh mereka. Ini mungkin melibatkan akses ke pendidikan, kesehatan, pekerjaan atau sumber daya ekonomi.

Dengan merayakan Hari Perempuan Internasional, kita dapat terus memajukan kesetaraan gender dan mempromosikan masyarakat yang lebih adil dan setara untuk semua.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: CleverlySmart, Time and Date

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Memahami Prinsip dan Operasi Utama dalam Perbankan Islam: Riba,…

Perbankan Islam mengikuti prinsip-prinsip syariah yang sesuai dengan ajaran Islam. Ini melibatkan larangan terhadap riba (bunga), mempromosikan berbagai bentuk transaksi yang adil, serta mengutamakan...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *