Homo Erectus – 1,8 Juta tahun yang lalu – Manusia Purba – Ciri-Ciri dan Penjelasan

1 min read

Manusia purba homo erektus Homo erectus

Homo erectus – 1,8 Juta tahun yang lalu

Manusia purba jenis Homo erectus (bahasa Latin, berarti “manusia yang berdiri tegak”) adalah jenis manusia yang telah punah dari genus Homo.

Homo erectus memiliki kapasitas kranial lebih besar daripada Homo habilis, sisa-sisa awal menunjukkan kapasitas tengkorak 850 cm, sedangkan spesimen Jawa terbaru berukuran hingga 1100 cm³, tumpang tindih dengan Homo sapiens; tulang frontal kurang miring dan arkade gigi lebih kecil. Wajahnya lebih ortognatik (kurang protrusif), dengan alis yang besar dan zygomata (tulang pipi) yang kurang menonjol.

Hominin-hominin awal ini berukuran sekitar 1,79 m (5 kaki 10 in), (Hanya 17% manusia pria modern yang lebih tinggi) dan sangat ramping, dengan lengan dan kaki panjang. Dimorfisme seksual antara pria dan wanita sedikit lebih besar daripada yang terlihat di Homo sapiens, dengan pria sekitar 25% lebih besar dari wanita.

Homo erektus manusia purba Homo erectus
Homo erektus manusia purba (Homo erectus). Homo erectus memiliki dahi yang kurang miring ke belakang dibandingkan manusia purba sebelumnya, dan giginya tidak terlalu menonjol. Tetapi memiliki alis yang kuat dan tulang pipi cekung. Ilustrasi dan sumber foto: Tim Evanson / Flickr

Homo erectus, bagaimanapun, menggunakan alat yang relatif primitif. Telah dikemukakan bahwa Homo erectus mungkin merupakan hominid pertama yang menggunakan rakit untuk melakukan perjalanan melintasi lautan. Situs Afrika Timur, seperti Chesowanja dekat Danau Baringo, Koobi Fora, dan Olorgesailie di Kenya, menunjukkan beberapa bukti yang mungkin bahwa api digunakan oleh manusia purba. Di Chesowanja, para arkeolog menemukan sherds tanah liat merah bertanggal 1,42 Juta tahun yang lalu. Pemanasan ulang pada sherds ini menunjukkan bahwa tanah liat harus dipanaskan hingga 400 ° C (752 ° F) untuk mengeras. Diketahui, dari studi microwear pada handaxes, bahwa daging membentuk bagian utama dari diet erectus.

Homo erectus mungkin adalah hominid (manusia dan kerabat dekat manusia yang lebih dekat daripada simpanse) pertama yang hidup dalam kelompok-kelompok kecil yang akrab dengan komunitas-kelompok pemburu-pengumpul modern. Homo erectus dianggap sebagai hominid pertama yang berburu dalam kelompok terkoordinasi, menggunakan alat yang kompleks, dan merawat teman lemah atau lemah.

? 15 Jenis Manusia purba yang ditemukan hingga saat ini

Berikut adalah 15 jenis manusia purba yang ditemukan hingga saat ini dari tertua (nomor 1) sampai yang termuda (nomor 15):

1. Homo gautengensis
2. Homo habilis
3. Homo ergaster
4. Homo erectus
5. Homo rudolfensis
6. Homo antecessor
7. Homo cepranensis
8. Homo heidelbergensis
9. Homo rhodensiensis
10. Homo neanderthalensis
11. Homo sapiens idaltu
12. Homo floresiensis (Hobbit) dari Indonesia
13. Denisova hominin (Denisovan)
14. Orang Gua Rusa Merah
15. Homo sapiens (kita)


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Info PleaseWikipedia, Medium, National Geographic, Science Alert

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.