Hominini Denisova (Denisovan) – Manusia Purba – Ciri-Ciri dan Penjelasan

Hominini Denisova (Denisovan)

Hominini Denisova atau Denisovan adalah anggota Palaeolitik dari genus Homo yang mungkin termasuk spesies manusia yang sebelumnya tidak dikenal. Keluarga Denisova menempati wilayah luas yang membentang dari bentangan dingin Siberia ke hutan tropis Indonesia – menunjukkan bahwa manusia ketiga Pleistosen menunjukkan tingkat kemampuan beradaptasi yang sebelumnya dianggap unik bagi manusia modern.

Hominini Denisova atau Denisovan adalah spesies manusia purba yang punah dalam genus Homo. Pada bulan Maret 2010, para ilmuwan mengumumkan penemuan fragmen tulang jari seorang wanita remaja yang hidup sekitar 41.000 tahun yang lalu, ditemukan di Gua Denisova yang terpencil di Pegunungan Altai di Siberia – Rusia, sebuah gua yang juga dihuni oleh Homo neanderthalensis dan Homo sapiens manusia modern. Dua gigi dan tulang jari kaki milik anggota yang berbeda dari populasi yang sama telah dilaporkan.

Ciri-ciri Hominini Denisova

Tulang jari tangan memperlihatkan perbedaan secara genetik antara mtDNA Neanderthal dan manusia modern. Penelitian lebih lanjut dari genom inti dari spesimen ini menyarankan bahwa grup tersebut memiliki kesamaan leluhur dengan Neanderthal, yang memiliki rentang wilayah dari Siberia sampai Asia Tenggara, dan bahwa mereka hidup di antara dan kawin campur dengan leluhur dari beberapa manusia modern sekarang, dengan 6% DNA dari Melanesian dan Aborigin Australia diturunkan dari hominini Denisova.

Perbandingan dengan genom dari Neanderthal dari gua yang sama memperlihatkan perkawinan silang lokal yang signifikan, dengan DNA lokal Neanderthal menyumbang 17% dari genom manusia Denisova, sementara bukti juga mendeteksi kawin silang dengan garis keturunan manusia purba yang belum teridentifikasi.

Analisis yang serupa terhadap tulang jari kaki yang ditemukan tahun 2011 sedang dilakukan, sementara analisis DNA dari dua gigi yang ditemukan di lapisan yang berbeda dari tulang jari kaki memperlihatkan tingkat divergensi mtDNA yang tak terduga di antara para manusia Denisova.

👉 15 Jenis Manusia purba yang ditemukan hingga saat ini

Berikut adalah 15 jenis manusia purba yang ditemukan hingga saat ini dari tertua (nomor 1) sampai yang termuda (nomor 15):

1. Homo gautengensis
2. Homo habilis
3. Homo ergaster
4. Homo erectus
5. Homo rudolfensis
6. Homo antecessor
7. Homo cepranensis
8. Homo heidelbergensis
9. Homo rhodensiensis
10. Homo neanderthalensis
11. Homo sapiens idaltu
12. Homo floresiensis (Hobbit) dari Indonesia
13. Denisova hominin (Denisovan)
14. Orang Gua Rusa Merah
15. Homo sapiens (kita)

Bacaan Lainnya


Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Info PleaseWikipedia, Medium, National Geographic, Science Alert, Bradshaw Foundation, Milne Publishing / Geneseo (The State University of New York)

       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya 


By | 2020-04-01T00:06:37+07:00 Maret 31st, 2020|Geografi & Sejarah, Lainnya|0 Comments

Leave A Comment