Homo Rhodesiensis – Manusia Purba – Ciri-Ciri dan Penjelasan

Homo Rhodesiensis

Tengkorak Homo Rhodesiensis ini ditemukan di tambang timah dan seng di Bukit Broken, Rhodesia Utara (sekarang Kabwe, Zambia) pada tahun 1921 oleh Tom Zwiglaar, seorang penambang dari Swiss. Selain cranium, rahang atas dari individu lain, sakrum, tibia, dan dua fragmen tulang paha juga ditemukan.

Homo rhodensiensis manusia purba

Homo rhodesiensis adalah spesies punah dari genus Homo, yang ada di Afrika selama Pleistosen Tengah, antara sekitar 700.000 dan 300.000 tahun sebelum sekarang.
Beberapa fosil dari spesies ini telah ditemukan hingga saat ini, dan artikulasi filogenetiknya dengan Homo sapiens, yang menggantikannya di Afrika, masih diperdebatkan. Ilustrasi dan sumber foto: Nachosan / Wikimedia Commons

Tengkorak itu dijuluki “Manusia Rhodesian” pada saat ditemukan, tetapi sekarang sering disebut sebagai tengkorak Broken Hill atau tengkorak Kabwe. Tengkorak itu berasal dari individu yang sangat kuat, dan memiliki alis yang relatif terbesar dari setiap sisa-sisa hominid yang diketahui.

Kapan Homo Rhodesiensis hidup?

Homo rhodesiensis adalah spesies hominin yang punah yang hidup antara 400.000 dan 125.000 tahun yang lalu. Ia dikenal sebagai ‘manusia Rhodesian’. Tengkorak Kabwe fosil adalah spesimen jenis spesies ini, ditemukan di Broken Hill di Rhodesia Utara, sekarang Zambia, oleh Tom Zwiglaar pada tahun 1921.

Pada periode Zaman Batu manakah manusia Broken Hill berada?

Para sejarawan mendokumentasikan bahwa pria Broken Hill milik keluarga Homo heidelbergensis, juga dikenal sebagai Homo Rhodesiensis, dan dia milik pria dewasa dan mungkin berusia 200.000 hingga 300.000 tahun.

👉 15 Jenis Manusia purba yang ditemukan hingga saat ini

Berikut adalah 15 jenis manusia purba yang ditemukan hingga saat ini dari tertua (nomor 1) sampai yang termuda (nomor 15):

1. Homo gautengensis
2. Homo habilis
3. Homo ergaster
4. Homo erectus
5. Homo rudolfensis
6. Homo antecessor
7. Homo cepranensis
8. Homo heidelbergensis
9. Homo rhodensiensis
10. Homo neanderthalensis
11. Homo sapiens idaltu
12. Homo floresiensis (Hobbit) dari Indonesia
13. Denisova hominin (Denisovan)
14. Orang Gua Rusa Merah
15. Homo sapiens (kita)

Bacaan Lainnya


Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Info PleaseWikipedia, Medium, National Geographic, Science Alert, Smithsonian Institution, Bradshaw Foundation,

       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya 


By | 2020-04-01T00:20:41+07:00 Maret 31st, 2020|Geografi & Sejarah, Lainnya|0 Comments

Leave A Comment