Ileus | Penyakit Usus Tidak Bergerak atau Tidak Bergerak Secara Normal

5 min read

Penyakit ileus usus bergerak tidak normal

Ileus

Ileus adalah kekurangan gerakan sementara dan seringkali menyakitkan di usus.

Bagaimana ileus terjadi?

Ileus terjadi ketika usus tidak memindahkan makanan melalui cara normal. Ini adalah kondisi yang parah karena, jika tidak diobati, ileus dapat memutus pasokan darah ke usus dan menyebabkan kematian jaringan.

Ileus adalah sebuah istilah ilmiah yang digunakan dalam dunia kedokteran untuk penyumbatan usus.

Dalam penyumbatan ini, isi usus tidak dapat bergerak karena usus tertutup.

Hal yang menyebabkan usus tidak bergerak

Ada banyak hal yang menyebabkan ileus, misalnya ketidakseimbangan elektrolit, gastroenteritis atau peradangan pada lambung/usus, appendisitis dan pankreatitis alias peradangan pada pankreas.

Penyebab-penyebab itu membuat otot-otot usus tidak aktif sehingga memperlambat gerak peristaltik (proses ketika terjadinya kontraksi otot guna mendorong makanan supaya dapat melalui saluran pencernaan dan karena itu menyebabkan sumbatan fungsional pada usus.

Gejala ileus

Gejalanya meliputi:

  • Kram perut dan nyeri
  • Perut kembung atau bengkak
  • Mual
  • Muntah
  • Sembelit, atau buang air kecil dalam jumlah sedikit
  • Kehilangan selera makan
  • Merasa kenyang
  • Ketidakmampuan untuk buang gas (kentut)

Apakah ileus menyebabkan konstipasi (tidak bisa berak)?

Ileus sementara tidak ada gerakan kontraktil normal usus. Pembedahan perut dan obat-obatan yang mengganggu gerakan usus adalah penyebab umum. Kembung, muntah, konstipasi, kram, dan kehilangan nafsu makan dapat terjadi.

Apa yang menyebabkan ini?

Setiap kali Anda makan, saraf Anda mengirimkan sinyal ke saluran pencernaan Anda untuk memulai serangkaian kegiatan.

Otot-otot dalam sistem pencernaan Anda menggerakkan makanan ke depan dalam gerakan panjang gelombang yang disebut “peristaltik.” Tetapi gerakan ini dapat dihalangi, lebih lambat dari seharusnya, atau bukan kontraksi yang cukup kuat untuk memajukan makanan.

Penyakit ileus usus bergerak tidak normal
Gambar Ileus usus kecil karena perlengketan (Brideileus) dengan gangren bagian dari jejunum. Artikel: enyakit ileus usus bergerak tidak normal. Penyebab, gejala, diagnosis, perawatan dan pengobatan Ileus. Sumber foto: Wikimedia Commons

Refleks terkait usus dapat menjadi lebih lemah atau kurang efektif karena:

  • Mengandalkan obat pencahar
  • Pola makan terbatas
  • Gangguan makan, seperti anoreksia atau bulimia
  • Penggunaan narkotika
  • Anestesi
  • Sindrom iritasi usus besar

Diagnosa

  • Pemeriksaan dokter. Seorang dokter profesional dapat mendengar beberapa suara yang biasanya dibuat oleh usus yang berfungsi (suara usus) atau tidak ada sama sekali melalui stetoskop.
  • Xray perut. Dapat menunjukkan loop usus yang membuncit. Tetapi mereka tidak selalu menunjukkan ileus atau masalah usus lainnya.
  • Computerized tomography (CT Scan). CT scan memberikan lebih banyak detail daripada gambar sinar-X standar. Pemindaian ini lebih cenderung menyoroti ileus karena menunjukkan usus dari sudut yang berbeda. Terkadang, seseorang menelan pewarna khusus yang menciptakan gambar yang lebih jelas.
  • Ultrasonografi. Dokter sering mendiagnosis anak-anak dengan ileus yang dicurigai menggunakan ultrasonografi. Pemindaian ultrasound biasanya menunjukkan area melingkar di usus ketika intususepsi terjadi.
  • Enema udara atau barium. Ini melibatkan memasukkan udara atau cairan barium ke dalam usus besar melalui rektum dan kemudian mengambil rontgen perut. Prosedur ini dapat menyelesaikan ileus yang disebabkan oleh intususepsi pada beberapa anak.

Pengobatan

  • Pembatasan sementara makanan dan cairan melalui mulut
  • Cairan diberikan oleh vena (pembuluh darah)
  • Hisap melalui tabung nasogastrik

Dengan pembatasan makanan dan cairan melalui mulut, ileus biasanya sembuh sendiri setelah 1 hingga 3 hari. Selama waktu ini, cairan dan elektrolit (seperti natrium, klorida, dan kalium) diberikan oleh vena (intravena). Kapan saja memungkinkan, penghilang rasa sakit yang kuat yang disebut analgesik opioid dihentikan atau dikurangi.

Muntah yang parah jarang terjadi, tetapi jika terjadi, penumpukan gas dan cairan yang disebabkan oleh ileus harus dihilangkan. Biasanya, tabung dilewatkan melalui hidung ke lambung atau usus kecil (tabung nasogastrik), dan hisap diterapkan untuk meringankan tekanan dan ekspansi (distensi). Orang tersebut tidak diperbolehkan makan atau minum apa pun sampai fungsi usus normal kembali. Kadang-kadang, jika masalahnya melibatkan terutama usus besar, sebuah tabung dilewatkan melalui anus ke usus besar untuk menghilangkan tekanan.

Perawatan dan pengobatan

Bergantung pada penyebab pergerakan usus yang lambat, perawatan Anda mungkin bervariasi. Berikut adalah beberapa solusi yang dapat Anda coba untuk mendorong gerakan usus yang lebih sering dan lebih mudah dilewati.

Perubahan makan

Gerakan usus yang lambat atau lambat bisa disebabkan oleh kurangnya serat dalam makanan Anda. Pola makan yang menekankan buah dan sayuran alami yang tidak diproses harus memulai pencernaan Anda dan membuat Anda lebih teratur.

Contohnya termasuk:
  • Almond dan susu almond
  • Plum, buah ara, apel, dan pisang
  • Sayuran silangan seperti brokoli, kembang kol, kubis Brussel, dan bok choy
  • biji rami, biji bunga matahari, dan biji labu
  • Juga pertimbangkan menambahkan dua hingga empat gelas air putih ke dalam rutinitas harian Anda.

Membatasi produk susu, yang bisa sulit dicerna, dan memotong bahan makanan yang diputihkan, diproses, dan diawetkan dengan baik juga dapat membantu. Es krim, keripik kentang, dan makanan beku memiliki sedikit atau tanpa serat dan harus dihindari.

Mengurangi kopi, yang mengeringkan sistem pencernaan, juga bisa menjadi cara untuk menyeimbangkan pergerakan usus Anda.

Selain itu, menambahkan suplemen serat over-the-counter yang mengandung psyllium telah ditunjukkan dalam studi klinisTrusted Source untuk membuat buang air besar lebih teratur.

Obat pencahar alami

Pencahar buatan dapat membuat gejala usus malas menjadi lebih buruk atau bahkan menyebabkan kondisi tersebut. Tetapi ada obat pencahar alami yang bisa Anda coba untuk mengembalikan pencernaan Anda.

Menambahkan tiga hingga empat cangkir teh hijau ke dalam rutinitas harian Anda dapat bertindak untuk meningkatkan pencernaan Anda.

Menggunakan daun agar-agar kayu sebagai obat pencahar yang lembut dan alami lebih kecil kemungkinannya. Sumber terpercaya untuk menyebabkan efek samping dari beberapa obat pencahar kimia lainnya. Inilah 20 obat pencahar alami lain yang mungkin ingin Anda coba.

Probiotik

Mengonsumsi suplemen probiotik telah diperlihatkan Sumber terpercaya untuk meningkatkan waktu transit dan keteraturan pergerakan usus. Saat ini, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menentukan jenis probiotik terbaik untuk pengobatan sembelit.

Makan makanan probiotik, seperti kimchi, sauerkraut, dan yogurt, adalah cara lain untuk mengonsumsi strain bakteri probiotik yang hidup.

Olahraga

Olahraga ringan dapat mengarahkan darah Anda untuk bersirkulasi melalui perut Anda. Bagi sebagian orang, ini membuat sistem berjalan. Olahraga yang konsisten dapat memengaruhi gejala usus malas Anda dengan menjaga sistem pencernaan Anda tetap “aktif” dan aktif. Beberapa pose yoga bahkan dapat membantu meringankan sembelit.

Sesuaikan perilaku kamar mandi

Ada produk di pasaran yang mengklaim bahwa mengubah postur tubuh selama buang air besar dapat meningkatkan konsistensi dan kemudahan menggunakan kamar mandi. Secara anekdot, ini tampaknya bekerja untuk sebagian orang.

Jika Anda mengalami gejala usus malas, mungkin ada baiknya untuk memeriksa salah satu produk ini, yang mengubah sudut kaki Anda menjadi lebih “jongkok” daripada posisi duduk selama perjalanan ke toilet.

Operasi

Jika pengobatan atau perubahan pola makan tidak menyelesaikan ileus, atau jika penyumbatannya parah, maka seseorang mungkin perlu dioperasi.

Prosedur bedah meliputi pengangkatan penyumbatan, atau perbaikan atau pengangkatan bagian usus yang rusak.

Orang dewasa yang lebih tua atau orang-orang dengan kanker usus besar mungkin bukan kandidat yang cocok untuk operasi ekstensif. Sebagai gantinya, mereka mungkin dilengkapi dengan stent (tabung) untuk menjaga usus tetap terbuka dan memungkinkan bahan usus untuk melewatinya lebih mudah.

Dalam beberapa kasus, seseorang mungkin perlu membuang seluruh ususnya. Dalam hal ini, ahli bedah akan melakukan ostomi. Mereka akan membuat lubang di perut, yang disebut stoma, memungkinkan tinja lewat dari usus ke kantong.

Meskipun ostomi membutuhkan perawatan, seseorang dapat hidup sehat tanpa usus.

2 Tipe ileus

Ada dua tipe ileus yakni ileus:

Obstruktif

Sumbatan usus atau obstruksi usus umumnya merupakan obstruksi mekanis saluran pencernaan.

Penyebab obstruksi usus meliputi perlengketan, hernia, volvulus, endometriosis, penyakit radang usus, usus buntu, tumor, divertikulitis, usus iskemik, tuberkulosis, dan intususepsi. Obstruksi usus kecil paling sering disebabkan oleh adhesi dan hernia sedangkan obstruksi usus besar paling sering disebabkan oleh tumor dan volvulus.

Paralitik

Disebabkan karena sebagian usus tidak dapat berkontraksi alias lumpuh sehingga memperlambat jalannya makanan melalui usus. Ini terjadi paling umum setelah operasi perut, terutama ketika usus telah dimanipulasi. Gejalanya adalah mual, muntah, dan ketidaknyamanan dalam perut.

Ileus adalah kekurangan gerakan sementara dan seringkali menyakitkan di usus. Ileus terjadi ketika usus tidak memindahkan makanan melalui cara normal. Ini adalah kondisi yang parah karena, jika tidak diobati, ileus dapat memutus pasokan darah ke usus dan menyebabkan kematian jaringan.

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

UU USA Undang-Undang Konstitusi (US Constitution) Legislatif, Eksekutif, Yudikatif

UU USA (US Constitution) / Hukum Tertinggi Negara UU USA atau Konstitusi Amerika Serikat, dengan kata-katanya sendiri, adalah “hukum tertinggi negara”. Diterima pada 17...
PinterPandai
8 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *