Ilmu Politik (Political Science) – Sistem Politik – Penjelasan, Contoh, Jenis

4 min read

lmu politik political science

Ilmu Politik

Ilmu politik, kadang-kadang disebut politologi, adalah ilmu sosial yang berhubungan dengan sistem pemerintahan, dan analisis kegiatan politik, pemikiran politik, konstitusi terkait dan perilaku politik. Ilmu ini berorientasi akademis, teori, dan riset.

Ilmu politik tidak bisa menjadi bidang mandiri atau terisolasi karena semua cabang ilmu sosial bermaksud untuk menjelaskan pertanyaan-pertanyaan yang lebih besar tentang orang dan negara. Oleh karena itu, ada hubungan simbiosis antara ilmu politik dan sub-disiplin ilmu sosial lainnya karena mereka memiliki landasan bersama dalam upaya mereka untuk memahami bagaimana sistem politik bekerja dan bagaimana politik dan tata kelola bermain sendiri.

Apa saja yang dipelajari dalam ilmu politik?

Ilmu politik adalah studi tentang politik dan kekuasaan dari perspektif domestik, internasional, dan komparatif. Ini memerlukan pemahaman ide-ide politik, ideologi, institusi, kebijakan, proses, dan perilaku, serta kelompok, kelas, pemerintah, diplomasi, hukum, strategi dan perang.

Apa yang dipelajari oleh ilmuwan politik?

Ilmuwan politik mempelajari alokasi dan transfer kekuasaan dalam pembuatan keputusan, peran dan sistem pemerintahan termasuk pemerintah dan organisasi internasional, perilaku politik dan kebijakan publik.

Mereka mengukur keberhasilan pemerintahan dan kebijakan khusus dengan memeriksa berbagai faktor, termasuk stabilitas, keadilan, kesejahteraan material, dan kedamaian.

Beberapa ilmuwan politik berupaya mengembangkan ilmu ini secara positif dengan melakukan analisis politik. Sedangkan yang lain melakukan pengembangan secara normatif dengan membuat saran kebijakan khusus.

Kerumitan studi ilmu politik

Studi tentang politik diperumit dengan seringnya keterlibatan ilmuwan politik dalam proses politik, karena pengajaran mereka biasanya memberikan kerangka pikir yang digunakan komentator lain, seperti jurnalis, kelompok minat tertentu, politikus, dan peserta pemilihan umum untuk menganalisis permasalahan dan melakukan pilihan. Ilmuwan politik dapat berperan sebagai penasihat untuk politikus tertentu, atau bahkan berperan sebagai politikus itu sendiri.

Ilmuwan politik dapat terlihat bekerja di pemerintahan, di partai politik, atau memberikan pelayanan publik. Mereka dapat bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau pergerakan politik.

Dalam berbagai kapasitas, orang yang dididik dan dilatih dalam ilmu politik dapat memberi nilai tambah dan menyumbangkan keahliannya pada perusahaan. Perusahaan seperti wadah pemikir (think-tank), institut riset, lembaga polling dan hubungan masyarakat sering mempekerjakan ilmuwan politik.

lmu politik political science
Ilmu Politik (Political Science) – Sistem Politik – Penjelasan, Contoh, Jenis. Ilustrasi dan sumber foto: Giulia Forsythe / Flickr

Pentingnya Ilmu Politik

Pentingnya ilmu ini terletak pada kenyataan bahwa kita semua hidup dalam sistem politik dan kita dipengaruhi oleh perubahan ekonomi politik global.

Dengan munculnya globalisasi, telah terjadi peningkatan minat masyarakat dunia dalam memahami sistem politik negara-negara lain. Oleh karena itu, para ilmuwan politik menjadi dihargai dan penting karena mereka menyediakan lensa yang melaluinya kita dapat memahami ekonomi politik global.

Ada banyak universitas yang memberikan gelar sarjana dan tingkat yang lebih tinggi dalam ilmu politik dan dalam beberapa tahun terakhir, karena minat baru dalam ilmu ini sebagai bidang studi, ada banyak peserta untuk kursus ini.

Ruang lingkup ilmu politik

Ruang lingkup ilmu ini sangat luas dan para ahli telah membagi bidang ilmu politik menjadi 5 sub-disiplin ilmu yaitu:

  • Teori politik.
  • Administrasi publik.
  • Politik komparatif.
  • Hubungan internasional.
  • Hukum publik.

Perlu dicatat bahwa sub-disiplin ini mencakup keseluruhan ekonomi politik modern dan memberikan dasar untuk studi dan pemahaman tentang bagaimana ekonomi politik global bekerja.

Studi tentang hal-hal mengenai alokasi dan distribusi serta transfer kekuasaan adalah salah satu keasyikan utama para ilmuwan politik. Keberhasilan atau sebaliknya dari struktur tata kelola diukur oleh para ilmuwan politik yang memeriksa faktor beragam dan berlapis-lapis di tempat kerja yang berkontribusi terhadap tata kelola yang baik atau buruk.

Ruang lingkup para ilmuwan politik sekarang telah diperluas untuk mencakup bidang studi pemilihan demokratis di seluruh dunia. Dengan kata lain, dengan ledakan dalam sistem politik di seluruh dunia, para ilmuwan politik, dan ruang lingkup studi mereka telah sangat ditingkatkan.

Ilmu Politik dan Ilmu Sosial Lainnya

Ilmu politik merupakan studi sistematis negara dan cara kerja ekonomi politik. Studi tentang ilmu ini dapat memberi orang kemampuan untuk mempengaruhi dan membujuk pihak berwenang untuk menyesuaikan diri dengan dorongan perkembangan yang luas dan untuk mengarahkan ke arah yang dipimpin pemerintah.

Karena ilmu ini berkaitan dengan studi ekonomi politik global, ia memiliki hubungan dengan ilmu sosial lainnya seperti sejarah, sosiologi, filsafat, dan psikologi.

Perlu disebutkan bahwa ilmu ini adalah cabang ilmu sosial yang berkaitan dengan cara kerja ekonomi politik global dan karenanya, berbagi hubungan simbiosis dengan ilmu sosial lain yang mempelajari bagian lain dari ekonomi politik global.

Sejarah, Sosiologi dan Ilmu Politik

Ilmu ini terkait erat dengan sejarah karena pola-pola masa lalu memberikan petunjuk ke masa depan. Tidak ada panduan yang lebih baik untuk memahami saat ini dan untuk memprediksi masa depan selain dengan mempelajari peristiwa di masa lalu dan mengekstrapolasi mereka ke masa depan.

Misalnya, ketika para ilmuwan politik mencoba memprediksi arah yang mungkin diambil, yang diambil oleh ekonomi politik global, mereka akan mengandalkan sejarah untuk memprediksi perilaku politik.

Ilmu ini juga terkait erat dengan sosiologi karena kedua cabang berusaha untuk mempelajari perilaku manusia dalam kelompok.

Sedangkan sosiologi mempelajari seluruh masyarakat, ilmu ini berkaitan dengan sistem politik yang merupakan bagian dari masyarakat yang lebih besar.

Studi tentang interaksi antara rakyat dan negara adalah sesuatu yang bertujuan untuk dilakukan oleh sosiologi dan ilmu politik dan karenanya, ada hubungan simbiosis antara sosiologi dan ilmu politik.

Filsafat, Psikologi dan Ilmu Politik

Aspek selanjutnya adalah hubungannya dengan filsafat. Karena perilaku politik dan pemerintahan dipelajari dalam kerangka filsafat politik yang berkaitan dengan gagasan abstrak tentang peran negara dan hubungan rakyat dan negara dengan penekanan pada pemahaman konsep kesejahteraan publik dan kebaikan sosial yang lebih besar, baik ilmu politik maupun filsafat memiliki landasan bersama dalam aspek-aspek ini.

Disiplin ilmu yang terakhir, yang dipilih adalah psikologi dan karena disiplin ini mempelajari perilaku manusia dalam masyarakat, terdapat titik temu antara ilmu ini dan psikologi karena mereka berdua peduli dengan pemeriksaan mengapa orang-orang dalam ekonomi politik yang lebih besar berperilaku seperti yang mereka lakukan.

Contoh

Contoh politik adalah apa yang sebagian besar ditulis di media dan proses sehari-hari yang datang dari Kongres dan cabang Eksekutif.

Contohnya adalah penelitian yang dilakukan dalam membandingkan dan membedakan presiden saat ini dengan semua presiden yang datang sebelumnya. Menganalisis semua data, dan teori, misalnya: aplikasi kebijakan mereka, pengetahuan dan pemahaman pemerintah dan pemerintahan.

Kita dapat memahami ini dengan contoh yang sangat kecil. Jadi begini,

Sekarang, jika Anda mempelajari tentang ide-ide, pemikiran Mahatma Gandhi, analisis, pemahaman, decoding mereka dan menggunakannya untuk membawa beberapa analisis baru, teori atau implementasi praktis untuk kesejahteraan masyarakat, adalah ilmu politik. Tetapi jika Anda menggunakan ide dan pemikirannya, pikirlah secara positif atau negatif; menurut minat Anda (hanya untuk mencapai keuntungan politik) adalah politik.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Northwestern University, Management Study Guide, Quora, Study

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *