Buzzer politik adalah sentimen online terhadap opini politik, lebih jauh, sering diterjemahkan ke dalam sentimen yang tepat terhadap sikap politik

2 min read

Buzzer politik

Penjelasan Buzzer Politik

Buzzer poilitk adalah sentimen online terhadap opini politik, lebih jauh, sering diterjemahkan ke dalam sentimen yang tepat terhadap sikap politik yang dikirim secara online oleh seorang figur politik.

Industri buzzer politik pada media sosial tumbuh perannya menjadi variabel (faktor tak tetap) yang sangat diperlukan dalam memenangkan kontestasi (pembantahan) beberapa sistem komunikasi politik di internet.

Tren menunjukkan bahwa jumlah percakapan tentang kandidat politik dan masalah di media sosial sering dianggap sebagai penentu signifikan untuk memproyeksikan ukuran pengikut kandidat politik.

“Media sosial adalah alat [elit politik] sekarang telah dikuasai… dengan merugikan masyarakat. Kita hanya perlu menguasainya kembali.”

Hubungan antara aktivitas media sosial online dan perilaku politik offline

Perspektif tentang hubungan antara aktivitas media sosial online dan perilaku politik offline ini menjadi fondasi industri buzzer media sosial Indonesia untuk berkembang dalam beberapa tahun terakhir.

Namun, masih ada pertanyaan, berapa lama industri akan berkembang? Apakah akan tetap menjadi gudang senjata politisi yang tidak diungkapkan di dunia digital? Jawabannya terletak pada keterwakilan perilaku politik online terhadap offline.

Baca juga ? Ilmu Politik (Political Science) – Penjelasan, Contoh, Jenis

Buzzer politik
Buzzer politik adalah sentimen online terhadap opini politik, lebih jauh, sering diterjemahkan ke dalam sentimen yang tepat terhadap sikap politik. Ilustrasi dan sumber foto: U.S. Air Force

Contoh Buzzer Politik

Puluhan “buzzers” dibayar untuk menyebarkan propaganda ke pasukan pengikut sebagai elit politik berperang di dunia maya dalam upaya untuk mempertahankan kekuasaan.

Baca juga ? Demokrasi – Jenis, Penjelasan, Contoh Demokrasi: langsung, representatif (perwakilan: Parlementer, Presidensial, Otoriter, Agama), partisipatif, pluralis dan elit

Poin-poin penting tentang Buzzer Politik

  • Partai politik menawarkan buzzers $ 500 untuk berbagi satu posting
    Analis media sosial mengatakan enkripsi WhatsApp adalah peluang emas bagi beberapa “penipu” politik
  • Pada bulan April kampanye # 2019gantipresiden (# 2019ChangePresident) menjadi viral
  • Tidak, ini bukan plot sci-fi dystopian terbaru dari Hollywood. Ini adalah politik Indonesia pada tahun 2018.
  • Di kantor terbuka yang funky di Jakarta Pusat, bebrapa para pemimpin partai politik PSI mengadakan pertemuan strategi.
  • Mereka dikelilingi oleh papan pengumuman yang dihiasi dengan Post-it Notes berwarna.
  • Mereka bisa menjadi ahli teknologi dari perusahaan pemula di Silicon Valley. Tapi mereka dapat juga menggunakan metode “sihir” mereka dengan menggunakan “politik online” influencer (pengaruh) media buzzer politik.

Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Vice, CNN Indonesia, CIPG

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *