Komplikasi Diabetes Melitus – Penyebab, Diagnosa Keperawatan dan Pengobatan

Retinopati, nefropati dan neuropati adalah potensi komplikasi diabetes

Komplikasi diabetes dibagi menjadi mikrovaskuler (karena kerusakan pembuluh darah kecil) dan makrovaskular (karena kerusakan pembuluh darah yang lebih besar). Komplikasi mikrovaskular meliputi kerusakan mata (retinopati) yang menyebabkan kebutaan, ginjal (nefropati) yang menyebabkan gagal ginjal dan saraf (neuropati) yang mengarah pada impotensi dan gangguan kaki diabetik (yang mencakup infeksi parah yang menyebabkan amputasi).

Komplikasi makrovaskular termasuk penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung, stroke dan kekurangan aliran darah ke kaki. Ada bukti dari uji coba terkontrol acak yang besar bahwa kontrol metabolik yang baik pada diabetes tipe 1 dan 2 dapat menunda timbulnya dan perkembangan komplikasi ini.

Retinopati diabetik (penyakit mata)

Penyebab
Retinopati diabetik merupakan penyebab utama kebutaan dan kecacatan visual. Hal ini disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah kecil pada lapisan belakang mata, retina, yang menyebabkan hilangnya penglihatan secara progresif, bahkan kebutaan.

Gejala
Biasanya pasien mengeluhkan penglihatan kabur, meskipun gejala visual lainnya juga dapat hadir.

Diagnosa
Diagnosis perubahan dini pada pembuluh darah retina dapat dilakukan melalui pemeriksaan mata secara teratur.

Pengobatan
Kontrol metabolik yang baik dapat menunda onset dan perkembangan retinopati diabetik. Selain itu, deteksi dini dan pengobatan retinopati yang mengancam penglihatan dapat mencegah atau menunda kebutaan. Ini melibatkan pemeriksaan mata rutin dan intervensi tepat waktu

Nefropati (penyakit ginjal)

Penyebab
Penyakit ginjal diabetik juga disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah kecil di ginjal. Ini bisa menyebabkan gagal ginjal, dan akhirnya berujung pada kematian. Di negara maju, ini adalah penyebab utama dialisis dan transplantasi ginjal.

Gejala
Pasien biasanya tidak memiliki gejala sejak dini, tetapi ketika penyakit berkembang, mereka mungkin merasa lelah, menjadi anemia, tidak berpikir jernih, dan bahkan mengembangkan ketidakseimbangan elektrolit yang berbahaya.

Diagnosa
Diagnosis dini dapat dilakukan dengan tes urine sederhana untuk protein serta tes darah untuk fungsi ginjal.

Pengobatan
Jika didiagnosis pada tahap awal, beberapa tindakan dapat memperlambat perkembangan menjadi gagal ginjal. Ini termasuk kontrol glukosa darah tinggi, kontrol tekanan darah tinggi, intervensi dengan obat-obatan pada tahap awal kerusakan ginjal, dan pembatasan protein makanan.

Neuropati (penyakit saraf)

Penyebab
Diabetes menyebabkan kerusakan saraf melalui mekanisme yang berbeda, termasuk kerusakan langsung oleh hiperglikemia dan penurunan aliran darah ke saraf dengan merusak pembuluh darah kecil. Kerusakan saraf ini dapat menyebabkan hilangnya sensorik, kerusakan anggota badan, dan impotensi pada pria diabetes. Ini adalah komplikasi diabetes yang paling umum.

Gejala
Gejala-gejalanya banyak, tergantung pada saraf mana yang terpengaruh: misalnya, mati rasa pada ekstremitas, nyeri pada ekstremitas, dan impotensi. Sensasi yang berkurang pada kaki dapat menyebabkan pasien tidak mengenali luka dan mengembangkan infeksi kaki. Jika tidak diobati dini, ini dapat menyebabkan amputasi (lebih lanjut tentang penyakit kaki diabetik di bawah).

Diagnosa
Diagnosis dini dibuat dengan pengenalan awal gejala oleh pasien dan penyedia layanan kesehatan serta dengan pemeriksaan yang cermat oleh penyedia layanan kesehatan secara berkala.

Pengobatan
Jika terdeteksi dini, dan glukosa darah terkendali, komplikasi ini juga dapat dicegah atau ditunda.

Penyakit kaki diabetik, karena perubahan pembuluh darah dan saraf, sering menyebabkan ulserasi dan amputasi tungkai berikutnya. Ini adalah salah satu komplikasi diabetes yang paling mahal, terutama di komunitas dengan alas kaki yang tidak memadai. Ini hasil dari proses penyakit pembuluh darah dan neurologis. Inspeksi teratur dan perawatan kaki yang baik dapat mencegah amputasi. Program kaki komprehensif dapat mengurangi tingkat amputasi hingga 45-85%.

Penyakit kardiovaskular

Dalam komplikasi diabetes, hiperglikemia merusak pembuluh darah melalui proses yang disebut “aterosklerosis”, atau penyumbatan arteri. Penyempitan arteri ini dapat menyebabkan penurunan aliran darah ke otot jantung (menyebabkan serangan jantung), atau ke otak (menyebabkan stroke), atau ke ekstremitas (menyebabkan nyeri dan penurunan penyembuhan infeksi).

Gejala
Gejala-gejala dari kondisi yang berbeda ini bervariasi: mulai dari nyeri dada hingga nyeri kaki, hingga kebingungan dan kelumpuhan.

Diagnosa
Sementara deteksi dini komplikasi ini dapat menunda perkembangan, deteksi dini faktor risiko lain seperti merokok, tekanan darah tinggi, kolesterol serum tinggi, dan obesitas bahkan lebih penting.

Pengobatan
Mengontrol faktor-faktor risiko lain bersama dengan glukosa darah dapat mencegah atau menunda komplikasi kardiovaskular.

Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ūüĎČ untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ūüĎČ untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons¬†‚ÄúOoo begitu ya‚Ķ‚Ä̬†akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi penting tentang artikel kesehatan di PINTERpandai.com
Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Informasi perawatan / pengobatan yang diberikan di sini bukan kebijakan resmi dan tidak dimaksudkan sebagai saran medis untuk menggantikan keahlian dan penilaian tim Dokter perawatan kesehatan Anda. Ini dimaksudkan untuk membantu Anda dan keluarga Anda membuat keputusan berdasarkan informasi, bersama dengan dokter Anda. Dokter Anda mungkin memiliki alasan untuk menyarankan rencana perawatan yang berbeda dari opsi perawatan umum ini. Jangan ragu untuk bertanya kepadanya tentang pilihan perawatan Anda.

Kapan harus berkonsultasi dengan profesional kesehatan?

Informasi medis di www.PINTERpandai.com tidak berlaku untuk semua orang dan itu bukan saran medis. Jika Anda memiliki masalah medis, pastikan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan. Jika Anda merasa memiliki keadaan darurat medis, segera hubungi dokter Anda atau nomor darurat setempat atau nomor 112 dari HP Anda.

Pinter Pandai ‚ÄúBersama-Sama Berbagi Ilmu‚ÄĚ
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya 


By | 2020-04-16T23:09:34+07:00 April 16th, 2020|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment