Obat Sakit Kepala Alami – Cara Alami Untuk Menenangkan Sakit Kepala Anda

Sakit Kepala

Sakit kepala ditandai dengan perasaan tegang di leher, bahu dan kulit kepala sedangkan migrain pada dasarnya sakit kepala berdenyut, sering di satu sisi kepala. Gejala sebenarnya bervariasi dari orang ke orang dan bahkan dari satu serangan migrain ke yang berikutnya. Cobalah obat sakit kepala alami di bawah ini!

 

Obat Sakit Kepala Alami

1. Magnesium

Magnesium adalah salah satu obat sakit kepala yang paling sukses, pertama-tama, karena jauh lebih aman daripada mengonsumsi obat penghilang rasa sakit. Orang yang menderita sakit kepala serius, seperti migrain, sering memiliki kadar magnesium yang rendah, dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa magnesium dapat mengurangi frekuensi serangan migrain pada orang dengan tingkat rendah.

Mengkonsumsi 200–600 mg magnesium per hari dapat mengurangi frekuensi serangan sakit kepala. Baik magnesium oral maupun intravena tersedia secara luas, sangat aman dan murah. Magnesium dapat digunakan dengan aman oleh wanita yang sedang hamil. Efek samping yang paling sering dari magnesium adalah diare, tetapi menurunkan dosis Anda atau kurang sering dapat menghilangkan masalah itu.

Untuk meningkatkan asupan magnesium harian Anda, makan lebih banyak serat. Sumber magnesium terdapat di: kacang-kacangan, biji-bijian, biji-bijian dan sayuran seperti brokoli, squash dan sayuran hijau. Produk susu, daging, coklat dan kopi juga termasuk kadar magnesium yang layak.

 

2. Vitamin B-Kompleks

Banyak vitamin B terlibat dalam pembentukan neurotransmitter, seperti serotonin, yang mungkin kekurangan pada orang yang menderita migrain. Sedihnya, banyak orang mengalami kekurangan satu atau lebih vitamin B dan ini menyebabkan kemerosotan energi, sel darah yang tidak sehat dan efek adrenal, pemikiran berkabut dan gejala sakit kepala.

Berikut ini daftar makanan vitamin B kompleks:

  • Babi, berry, kacang polong, daging tanpa lemak. Kacang-kacangan, susu kedelai (Vitamin B1)
  • Telur, sayuran hijau gelap, ikan, biji-bijian, daging tanpa lemak, jamur (B2)
  • Biji bunga matahari, tuna, unggas, kentang, keju cottage, hati (B3)
  • Daging organ, alpukat, brokoli, jamur (B5)
  • Kacang hijau, biji-bijian, bayam, ikan, pisang (B6)
  • Produk kedelai, kuning telur, ikan, daging organ, keju, ubi jalar (B7)
  • Sayuran berdaun hijau, jus jeruk, kacang polong, tahu, jus tomat (B9)
  • Susu, ikan, sereal sarapan yang diperkaya, telur, kerang (B12)

 

Obat sakit kepala alami

 

3. Banyak minum dan terhidrasi

Efek dehidrasi dari kopi, minuman bergula dan alkohol tentu saja dapat meninggalkan kita dengan sakit kepala yang luar biasa. Kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup air, yang dengan sendirinya dapat menghidupkan kembali sakit dan gejala sakit kepala. Obat sederhana (dan gratis) ini akan membuat Anda merasa kenyang, berenergi dan bebas dari sakit kepala.

Anda juga dapat memuaskan dahaga dan tetap terhidrasi dengan buah dan sayuran – beberapa bahkan memiliki kandungan air yang lebih dari 90 persen. Coba tambahkan buah dan sayuran bergizi ini ke dalam diet Anda agar tetap terhidrasi sepanjang hari:

  • Mentimun
  • Seledri
  • Lobak
  • Paprika hijau
  • Kubis
  • Timun Jepang
  • Kol bunga
  • Terong
  • Bayam
  • Semangka
  • Stroberi
  • Jeruk bali
  • Blewah
  • Jeruk

 

4. Jahe

Sifat anti inflamasi dan anti histamin pada jahe akan membantu Anda untuk mengurangi peradangan pada pembuluh darah di kepala dan menghilangkan rasa sakit yang ditimbulkan.

Ingin tahu bagaimana menggunakan bahan jahe ini?  Satu rimpang jahe segar, cuci dan iris tipis-tipis dan masukkan kedalam segelas air panas. Anda dapat mengkonsumsi ini sekali atau dua kali sehari. Anda juga dapat mengoleskan pasta bubuk jahe dan 2 sendok makan air ke dahi Anda selama beberapa menit untuk memberikan bantuan yang lebih cepat.

 

5. Daun mint

Memiliki rasa yang segar, daun peppermint ternyata dapat dijadikan salah satu obat untuk menyembuhkan sakit kepala bagian depan. Sebagai obat sakit kepala, Anda bisa membeli minyak daun peppermint lalu balurkan pada bagian yang sakit seperti tulang dahi dan leher. Pijat dengan lembut agar sakit kepala berkurang.

Sementara itu, Anda juga bisa mengonsumsi daun peppermint dengan mencampurkannya pada teh. Caranya, campurkan daun peppermint pada rebusan teh, tambahkan madu lalu panaskan selama sepuluh menit. Diamkan sejenak rebusan tersebut lalu Anda dapat meminumnya perlahan. Sifat menenangkan dalam daun peppermint niscaya akan membuat sakit kepala bagian depan Anda berkurang.

 

6. Peregangan otot / stretching dan relax

Tetap dalam satu posisi untuk jangka waktu yang panjang, seperti duduk di meja atau komputer Anda, dapat menyebabkan ketegangan tubuh dan menciptakan gejala sakit kepala.

Tidak heran posisi seperti itu menyebabkan sakit kepala tegang. Cara mudah untuk menghindari reaksi berantai ini adalah beristirahat setiap 30-60 menit – peregangan dan gerakkan kepala dan leher Anda ke sekeliling dengan gerakan melingkar. Ini akan meredakan stres yang terbangun dan dapat membantu menghindari sakit kepala.

Beberapa latihan sederhana untuk meregangkan kepala dan leher dapat membantu mengurangi intensitas sakit kepala. Gerakkan dagu Anda ke atas dan ke bawah, ke kiri dan kanan dan tekuk leher Anda ke samping ke arah bahu. Anda juga dapat mencoba memutar leher secara perlahan searah jarum jam dan arah berlawanan arah jarum jam untuk membantu bahu dan otot leher rileks. Jadi ketika sakit kepala muncul, Anda tahu apa yang harus dilakukan

Jangan stretching sebelum latihan!

Tips: sebaiknya jangan lakukan peregangan hanya saat Anda mengalami sakit kepala. Cobalah untuk melakukan olahraga ringan setiap hari, setidaknya 30 menit dalam sehari agar tubuh lebih bugar, dan otot tidak tegang, sehingga mencegah Anda untuk mengalami sakit kepala bagian depan.

 

7. Lemon

Buah yang sedang naik daun karena banyak digunakan sebagai bahan infused water ini rupanya juga bisa membantu Anda dalam menghilangkan sakit kepala.

Ambil segelas air mineral hangat lalu campurkan perasan lemon yang diambil dari setengah buahnya. Setelah itu, aduk sampai rata dan tambahkan sedikit gula atau madu agar rasanya tidak terlalu asam. Minum campuran tersebut, dan tunggu sampai sakit kepala perlahan berkurang.

Kandungan pada lemon dipercaya dapat mengurangi intensitas rasa sakit kepala dan mengatur keseimbangan kandungan asam-alkalin dalam tubuh. Selain itu, lemon juga bisa memberikan sensasi menyejukan dan segar sehingga sakit kepala bisa berkurang.

 

8. Daun basil

Tanaman herbal lain dengan bau kuat yang dapat menyembuhkan sakit kepala adalah daun basil.  Agar sakit kepala bagian depan segera hilang, ambil beberapa helai daun basil segar (3-4 helai), kemudian rebus dalam panci berisi air sampai mendidih.

Setelah itu, masukan dalam teh dan Anda bisa menambahkan beberapa tetes madu sebagai pengganti gula. Minum campuran tersebut dan rasakan sakit kepala akan mulai berkurang. Tidak hanya dicampur dengan teh, Anda juga bisa langsung mengunyah daun basil segar atau tidak perlu dicapur teh, hirup saja air rebusan dari daun tersebut.

 

9. Kompres dingin atau panas

Anda juga bisa mengurangi gejala sakit kepala dengan cara kompres dingin atau panas. Kompres dingin di bagian belakang leher maupun dahi akan mengurangi peradangan serta suhu tubuh. Hal seperti ini akan membuat darah menjadi dingin dan mengurangi rasa sakit berdenyut pada bagian kepala.

Kompres panas mampu merangsang peredaran darah, sehingga sirkulasi darah cenderung lebih lancar dan mampu mengurangi ketegangan otot.

 

10. Beristirahat

Khususnya jika Anda berjuang dengan migrain, beristirahat atau duduk di ruangan yang gelap dapat membantu meringankan gejala dan itu bisa menjadi pengobatan dasar sakit kepala di rumah. Tutup mata Anda dan fokus untuk menghilangkan ketegangan di leher, punggung, dan bahu Anda.

Umumnya sakit kepala primer dapat dikelola dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti diatas dan obat sakit kepala alami dapat meredekan sakit kepala Anda. Namun bila and amengalami sakit kepala kronis yang sering muncul dan tak kunjung sembuh, sebaiknya segera periksakan kesehatan anda pada dokter ahli.

 

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: Dr AxeHome Remedies

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-04-29T11:28:01+07:00 Maret 26th, 2018|Sehat & Cantik|1 Comment

One Comment

  1. Ida 03/05/2018 at 6:33 am - Reply

    Membantu sekali artikel ini. Terkadang Kita kebanyakan minum obat-obatan. Ternyata bisa di antisipasi dengan vitamin-vitamin dan beristirahat.

Leave A Comment