fbpx

Aborsi – Jenis Aborsi dan Pengertian umum

Fakta apa tentang aborsi yang perlu Anda aketahui?

Pengguguran kandungan atau aborsi (bahasa Latin: abortus) adalah berakhirnya kehamilan dengan dikeluarkannya janin (fetus) atau embriosebelum memiliki kemampuan untuk bertahan hidup di luar rahim, sehingga mengakibatkan kematiannya. Berikut adalah jenis aborsi dan pengertian umum tentang aborsi.

 

Pepatah: Jangan pernah menilai buku hanya dari sampulnya saja!

 

Apa saja jenis aborsi yang berbeda?

1. Obat aborsi

Juga dikenal sebagai “pil aborsi,” adalah ketika Anda mengambil obat yang Anda dapatkan dari dokter atau perawat terlatih untuk mengakhiri kehamilan awal. Aborsi di klinik dilakukan di pusat kesehatan oleh dokter atau perawat yang terlatih. Kedua jenis aborsi itu relatif aman dan efektif.

Pil aborsi sebenarnya adalah dua obat. Obat pertama mengakhiri kehamilan dan diberi nama mifepristone. Ia bekerja dengan memblokir hormon progesteron. Tanpa progesteron, lapisan rahim rusak dan kehamilan tidak dapat berlanjut.

Obat kedua, misoprostol membuat kontrak rahim, menyebabkan kram, pendarahan, dan hilangnya kehamilan yang mirip dengan keguguran.

Metodeatau jenis aborsi ini dapat digunakan hingga 24 minggu kehamilan. Apa yang diharapkan tergantung pada apakah kehamilan kurang dari atau lebih dari 10 minggu kehamilan.

 

2. Aborsi bedah

Ada dua jenis aborsi bedah:

1. Aspirasi vakum dapat dilakukan dengan anestesi bius lokal, sedasi atau anestesi bius total

  • Aborsi kehamilan dengan sedotan lembut.
  • Hingga 14 minggu kehamilan, ini bisa dilakukan dengan anestesi bius lokal. Waktu pemulihan yang lebih cepat untuk prosedur ini berarti Anda dapat meninggalkan klinik tanpa pengawasan dan mengemudi lebih cepat.
  • Hingga 15 minggu ini dapat dilakukan dengan sedasi (rileks dan mengantuk) atau di bawah anestesi bius total.

2. Dilatasi dan Evakuasi – antara 15 dan 24 minggu kehamilan

  • Dilakukan dengan anestesi bius total.
  • Kehamilan dihapus menggunakan forceps sempit melalui leher rahim (serviks).
  • Anda akan memerlukan persiapan serviks pada hari operasi atau mungkin sehari sebelumnya.

 

Seorang profesional perawatan kesehatan yang baik akan menjelaskan semua risiko dan komplikasi yang diketahui terkait dengan pilihan perawatan Anda. Sebelum dilakukan aborsi, pasien wajib mendapat konseling yang dilakukan oleh konselor yang berkompeten dan berwenang.

 

Apakah aborsi akan memengaruhi kesehatan saya?

Pada umumnya aborsi aman. Kecuali ada komplikasi langka dan serius yang tidak diobati, tidak ada risiko bagi kemampuan Anda untuk memiliki anak di masa depan atau kesehatan Anda secara keseluruhan. Melakukan aborsi tidak meningkatkan risiko Anda terkena kanker payudara atau memengaruhi kesuburan Anda.

Jika perawatan Anda tidak rumit, tidak akan menyebabkan masalah apa pun pada kehamilan berikutnya.Bahkan, mungkin untuk hamil dengan cepat setelah Anda melakukan aborsi, jadi ide yang baik untuk berbicara dengan perawat atau dokter Anda tentang rencana pengendalian kelahiran setelah aborsi Anda. Tidak ada prosedur klinis tanpa risiko dan ini sepenuhnya harus dijelaskan kepada Anda sebelum perawatan.

Ada banyak mitos di luar sana tentang efek aborsi. Perawat atau dokter Anda dapat memberi Anda informasi yang akurat tentang segala kekhawatiran yang Anda miliki.

 

Jenis aborsi dan pengertian

Fakta apa tentang aborsi yang perlu Anda ketahui? Jenis Aborsi? Ilustrasi dan sumber foto: Pixabay

 

Akankah bayi merasa sakit?

Penelitian saat ini menunjukkan bahwa struktur sensorik yang diperlukan tidak cukup berkembang untuk janin merasa sakit sebelum kehamilan 28 minggu. [sumber: British Pregnancy Advisory Service]

 

Bagaimana perasaan saya setelah melakukan aborsi?

Anda akan mendapatkan instruksi setelah perawatan tertulis dan nomor telepon yang dapat Anda hubungi jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran. Anda mungkin harus kembali untuk pemeriksaan atau praktikum setelah prosedur Anda.

Berencana untuk beristirahat setelah aborsi Anda. Anda biasanya dapat kembali bekerja, sekolah dan sebagian besar kegiatan normal lainnya keesokan harinya. Hindari kerja keras atau olahraga berat selama beberapa hari. Jangan memasukkan apa pun ke dalam vagina Anda (seperti tampon) atau berhubungan seks selama 1 minggu setelah aborsi.

Kebanyakan orang merasa baik-baik saja dalam satu atau dua hari, tetapi biasanya pendarahan berlangsung selama seminggu (atau beberapa minggu setelah pil aborsi). Kram dapat terjadi selama beberapa hari.

Sangatlah normal untuk memiliki banyak perasaan berbeda setelah aborsi Anda – dan tidak ada cara yang “benar” untuk dirasakan. Kebanyakan orang merasa lega dan tidak menyesali keputusan mereka. Bagi beberapa orang, melakukan aborsi itu sederhana dan lugas. Orang lain mungkin merasakan kesedihan, rasa bersalah, atau penyesalan setelah aborsi, sama seperti mereka setelah memiliki bayi. Banyak orang memiliki semua perasaan ini pada waktu yang berbeda.

Masalah emosional jangka panjang yang serius setelah aborsi jarang terjadi. Tetapi setiap orang berbeda, dan hal-hal tertentu dapat membuat mengatasi aborsi dengan keras. Kebanyakan orang merasa lebih baik jika mereka memiliki seseorang yang mendukung untuk diajak berbicara setelah aborsi. Tetapi bahkan jika Anda merasa tidak ada orang dalam hidup Anda yang dapat Anda ajak bicara, Anda tidak sendirian. Perawat atau dokter Anda dapat berbicara dengan Anda, atau membantu Anda menemukan konselor berlisensi atau kelompok pendukung yang tidak menghakimi.

 

Berikut beberapa hal yang perlu dipikirkan yang dapat membantu Anda memutuskan aborsi atau tidak?

  • “Apa saja risiko saya, jika saya tidak aborsi? atau aborsi?”

  • “Apa harapan dan rencana saya untuk masa depan, dan bagaimana bisa aborsi, adopsi atau pengasuhan memengaruhi mereka?”

  • “Apa 2 atau 3 hal yang paling penting bagiku dalam hidupku sekarang, dan bagaimana mungkin keputusanku memengaruhi ini?”

  • “Apa yang ingin saya capai dalam 5 hingga 10 tahun mendatang, dan bagaimana mungkin keputusan saya mempengaruhi ini?”

  • “Bagaimana perasaan saya jika saya: menjadi orangtua, meng-adopsikan bayi tersebut setelah lahir?, atau mengakhiri kehamilan?”

  • “Bagaimana orang-orang terdekat saya bereaksi jika saya: menjadi orang tua, mengejar adopsi, atau mengakhiri kehamilan?”

 

Berapa biaya aborsi?

Semakin Besar Kehamilan maka semakin mahal biayanya karna semakin besar kehamilan tentunya harus mempersiapkan proses yang lebih baik lagi di bandingkan proses untuk usia kehamilan pada umumnya. Menurut Klinik aborsi jakarta

Sebagai gambaran atau estimasi harga aborsi di klinik Aborsi Jakarta adalah:

  • Biaya Aborsi / Harga Kuret usia kehamilan 1 bulan : 3 jt (kodisi normal).
    Apabila ada faktor resiko atau penyakit lain biasanya ada penambahan biaya 1 jt.
  • Biaya kuret usia kehamilan 2 bulan : 4 jt (kondisi normal)
    Apabila ada faktor resiko atau penyakit lain biasanya ada penambahan biaya 1 jt.

Harga diatas adalah sebagai gambaran atau estimasi (perkiraan), dan sewaktu-waktu bisa berubah. Maka Dari itu diharuskan untuk berkonsultasi terlebih dahulu di layanan customer service yang sudah disediakan.

Dalam menentukan biaya kuret atau harga aborsi di Klinik Aborsi Jakarta adalah tergantung pada besarnya kehamilan dan tingkat resikonya. Maksudnya disini adalah apabila kondisi kehamilan tidak disertai dengan indikasi penyakit lain seperti kista berarti resiko dalam melakukan tindakan aborsi juga rendah atau kami sebut dengan kondisi kehamilan yang normal.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: Planned ParenthoodBPAS

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-06-23T23:53:31+07:00 Juni 23rd, 2017|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment