Apa Manfaat Lidah Buaya Untuk Tubuh Anda? Baca Khasiat Kesehatan dan Kecantikan – Cara Menggunakannya dan Risiko

Lidah buaya (Aloe vera)

Adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam di Mesir kuno. Manfaat lidah buaya sering digunakan sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika. Serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan.

Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika.

Asal usul tanaman lidah menyatakan bahwa orang Mesir menyebut Aloe Vera sebagai “Tanaman Keabadian”. Mereka menambahkan bahwa gambar dari tanaman lidah buaya telah ditemukan tertulis di makam firaun. Asal Kuno juga menyatakan bahwa Aloe Vera adalah 95% air dan selama ribuan tahun, telah digunakan untuk mengobati lebih dari 50 kondisi medis yang meliputi luka bakar, obesitas, asma, jerawat, diabetes dan masih banyak lagi.

 

Manfaat Lidah Buaya

1. Meningkatkan sistem pencernaan

Sifat adaptogenik lidah buaya bermanfaat untuk pencernaan yang baik. Ini memastikan penyerapan nutrisi yang lebih baik dan juga menghilangkan unsur-unsur berbahaya melalui ekskresi halus. Proses pencernaan yang sehat secara positif memengaruhi pikiran dan tindakan Anda, sehingga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Ini menyembuhkan sindrom iritasi usus dan menjaga sembelit, tumpukan dan kondisi gastrointestinal lainnya, yang memungkinkan dapat merusak sistem Anda.

Aloe vera memiliki senyawa yang disebut polisakarida yang memiliki kemampuan untuk menyembuhkan sejumlah gangguan pencernaan dan bisul. Ulkus adalah salah satu konsekuensi yang paling menonjol dari masalah pencernaan yang secara efektif disembuhkan oleh ekstrak tumbuhan ini. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa ia menyembuhkan masalah seperti penyakit Crohn, tukak lambung dan gangguan saluran pencernaan lainnya. Jika Anda menderita bisul dan mengonsumsi ekstrak lidah buaya setidaknya selama 3 – 4 minggu, Anda pasti akan melihat hasil positif.

 

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh (immune system)

Minuman yang dibuat dengan jus lidah buaya memiliki sifat detoksifikasi alami yang secara efektif membersihkan sistem pencernaan dan sistem sirkulasi. Ketika tingkat penyerapan nutrisi berakselerasi, ini menghasilkan sirkulasi darah yang lebih baik dan juga meningkatkan kesehatan. Ketika darah kaya oksigen, maka secara otomatis memberikan nutrisi di dalam sel lebih mahir.

Sel-sel sehat ini memastikan kemampuan tubuh Anda untuk menangkal infeksi, sehingga memperkuat sistem kekebalan Anda. Ia memiliki kemampuan untuk menetralkan bakteri berbahaya dan sifatnya yang meremajakan bekerja di dalam tubuh Anda agar tetap segar dan aktif sepanjang hari. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa sifat antitumor dan imunomodulator ini disebabkan oleh polisakarida lidah buaya.

 

3. Menghambat pertumbuhan kanker

Seperti yang telah dibahas pada bagian sebelumnya, lidah buaya membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda; penggunaan gel lidah buaya juga menghancurkan tumor kanker secara efektif. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam International Immunopharmacology (1995), polisakarida lidah buaya mengandung beberapa makrofag efektif yang menghasilkan volume besar nitrit oksida, yang memiliki potensi antitumor.

Dalam naturopati, ada metode pencegahan kanker yang tak terhitung banyaknya dan berbasis lidah buaya telah terbukti menjadi salah satu yang paling berhasil. Namun, beberapa ahli mengatakan bahwa, ketika digunakan sendiri, itu mungkin tidak sangat efektif dalam kasus lanjutan, jadi kombinasi herbal seperti spirulina, cakar kucing, dan terapi seperti vitamin C intravena juga harus disertakan. Itu selalu dianjurkan untuk memulai segala jenis pengobatan kanker setelah berkonsultasi dengan dokter.

 

4. Menyembuhkan efek samping radioterapi

Selama perawatan kanker, radioterapi tidak dapat dihindari dalam banyak kasus. Pasien kanker sering mengalami efek samping yang tidak menyenangkan akibat radioterapi. Aplikasi topikal gel lidah buaya ke area radiasi akan membuat pasien segera merasakan efek menenangkan dan juga mempercepat penyembuhan. Jika Anda minum jus lidah buaya dalam kondisi seperti itu, itu akan membantu Anda dalam menyembuhkan luka bakar radiasi.

 

Manfaat lidah buaya

Manfaat lidah buaya sering digunakan sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika. Sumber foto: Pixabay

 

5. Perawatan Rambut

Aloe vera telah terbukti menjadi pilihan yang sangat baik untuk mempromosikan pertumbuhan rambut secara alami. Produk rambut yang mengandung itu sangat penting untuk mempertahankan rambut yang tebal dan sehat. Anda dapat menerapkan gel ke seluruh kulit kepala dan rambut untuk mengobati kerontokan rambut karena memiliki enzim yang bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Manfaat lidah buaya sebagai shampo Aloe vera meningkatkan sirkulasi darah dan membuat Anda jauh dari stres dan ketegangan mental. Bahkan, ia memiliki sifat anti-inflamasi yang secara efektif mengobati alopesia androgenetik atau kebotakan pola pria. Jika Anda menggunakannya secara teratur sebagai sampo dan kondisioner, Anda yakin untuk mencegah rambut rontok prematur.

 

6. Perawatan kulit

Manfaat lidah buaya sebagai peraatan kulit, telah digunakan untuk penyakit kulit sejak zaman kuno. Gel alami murni yang diekstraksi dari daun lidah buaya adalah obat alami terbaik untuk lecet kulit dan juga membantu mengurangi gejala-gejala kondisi kulit yang menua. Banyak perawatan kulit dan produk perawatan pribadi, perlengkapan mandi, dan kosmetik termasuk ekstrak lidah buaya. Bahkan, jika Anda memiliki tanaman di rumah, cukup merobek sebagian kecil dari daun, ambil gel dan menerapkannya dalam bentuk mentah di wajah Anda.

Terapi ini akan terbukti jauh lebih baik dan lebih efektif daripada banyak krim kulit mahal di pasaran. Kebanyakan orang lebih suka minum jusnya, yang juga meningkatkan kesehatan kulit, karena sifat-sifat tanaman bekerja secara internal. Ini juga membantu dalam menyembuhkan sengatan, ruam, jerawat dan psoriasis.

 

7. Mengurangi radang sendi (Arthritis)

Aloe vera dikenal karena sifat anti-inflamasi yang luar biasa yang bekerja langsung pada rasa sakit dan bengkak akibat arthritis. Jusnya juga sangat efektif dalam menenangkan pembengkakan dan peradangan yang terkait erat dengan radang sendi. Bahkan, aplikasi topikal pada pembengkakan atau minum jus lidah buaya, keduanya menunjukkan hasil positif dalam menyembuhkan nyeri radang sendi.

 

8. Meredakan nyeri sendi dan otot

Sifat anti-inflamasi lidah buaya membantu untuk bekerja secara efisien pada nyeri sendi dan otot. Menerapkan gel lidah buaya secara topikal meredakan peradangan pada sendi. Jus lidah buaya juga dapat dikonsumsi untuk mengurangi peradangan di seluruh tubuh, sehingga merevitalisasi itu.

Dalam beberapa penelitian, telah dilaporkan bahwa orang yang secara teratur mengonsumsi jus lidah buaya setidaknya selama dua minggu mengalami peningkatan yang signifikan dalam masalah peradangan. Namun, itu bekerja secara efisien ketika diet Anda mengandung lebih sedikit asupan daging merah, gula, susu, makanan yang digoreng dan tepung putih.

 

9. Menyembuhkan luka

Aloe vera telah dianggap sebagai penyembuh alami sejak ditemukan ribuan tahun yang lalu. Jika digunakan secara eksternal, itu adalah pilihan terbaik untuk mengobati luka. Bahkan, dalam banyak kasus, terlihat bahwa lidah buaya bekerja seperti sulap, bahkan di ruang gawat darurat yang paling serius sekalipun.

Jus dapat langsung menutup luka saat menarik aliran darah ke luka, sehingga meningkatkan proses penyembuhan luka. Dalam banyak penelitian, telah terbukti bahwa lidah buaya efektif mengobati korban luka bakar tingkat tiga dan mengembalikan kulit yang terbakar lebih cepat. Juga diketahui bahwa sejumlah besar gel lidah buaya dapat menyembuhkan luka tembakan dan cedera jaringan.

 

10. Menyembuhkan masalah menstruasi

Ekstrak lidah buaya telah terbukti menjadi stimulan yang sangat baik dari rahim dan asupan jusnya sangat bermanfaat selama menstruasi yang menyakitkan.

 

11. Meringankan mual

Mual dapat terjadi karena sejumlah alasan, termasuk mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi, memiliki virus atau flu, atau bahkan karena perawatan kemoterapi. Ada banyak obat buatan manusia untuk mual, namun, saat ini dokter juga meresepkan opsi alami untuk pengobatan.

Seringkali, perasaan mual berasal dari gangguan di perut atau di saluran pencernaan. Jus lidah buaya sangat baik untuk perut yang sakit dan membuat Anda merasa lebih baik dengan membawa perasaan tenang ke seluruh tubuh. Ini secara tidak langsung membantu meringankan perasaan mual.

 

12. Mengurangi tingkat gula darah

Aloe vera juga digunakan untuk menurunkan kadar gula darah. Mengkonsumsi ini memiliki efek menguntungkan pada pengurangan kadar gula darah. Hasil dari studi tentang efek lidah buaya pada model tikus diabetes menunjukkan bahwa itu berguna dalam pengobatan diabetes juga.

 

13. Mencegah stres oksidatif

Stres oksidatif adalah keadaan di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya. Akibatnya intensitas prosesoksidasi sel-sel tubuh normal menjadi semakin tinggi dan menimbulkan kerusakan yang lebih banyak.

Aloe vera gel kaya akan vitamin seperti vitamin B12, B1, B2, B6, dan vitamin A, E, dan C, dan niacin, dan asam folat. Vitamin ini diperlukan untuk berfungsinya tubuh manusia. Sistem pertahanan tubuh dengan demikian tetap utuh dengan asupan rutin jusnya dan dengan demikian membuat Anda jauh dari dampak berbahaya dari stres oksidatif.

 

14. Menenangkan gejala refluks asam lambung

Asam surutnya sering salah dikenal sebagai penyakit, sementara itu sebenarnya hanya gejala yang melibatkan rasa panas dan ketidaknyamanan. Awalnya, Anda dapat mencoba obat alami mengonsumsi sari lidah buaya yang menenangkan, yang biasanya bekerja efektif dan memulai fungsi yang tepat. Namun, Anda harus menghindari makan gorengan dan makanan olahan untuk menghindari masalah sama sekali.

 

15. Menurunkan kolesterol & trigliserida

Gel lidah buaya, bila digunakan secara internal, secara otomatis meningkatkan kualitas darah dan dengan demikian membantu menyeimbangkan kembali komponen lain di dalamnya seperti kolesterol dan glukosa. Secara efektif menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida total. Blueberry juga kuat, penurun kolesterol dan Anda bisa membayangkan betapa hebatnya obat alami jika Anda mengombinasikan blueberry dan lidah buaya.

 

16. Meningkatkan fungsi kardiovaskular

Ekstrak lidah buaya mempercepat pasokan darah dan memurnikannya pada saat yang sama. Darah ini mempercepat pengiriman oksigen ke organ-organ di tubuh, sehingga memaksimalkan fungsi mereka. Organ seperti otak dan jantung membutuhkan oksigen yang didukung oleh darah yang dimurnikan ini. Oleh karena itu, lidah buaya secara tidak langsung membuat darah segar dan kaya oksigen untuk melayani tujuan ini dengan sempurna.

 

17. Menyembuhkan penyakit gusi

Penyakit gigi dan gusi juga bisa disembuhkan dengan lidah buaya. Anda dapat mencoba obat alami ini di rumah; menaruh bubuk lidah buaya ke sikat gigi Anda, lalu sikat dengan normal. Bubuk lidah buaya akan menenangkan gusi Anda dan menyembuhkan segala jenis infeksi atau memar. Jus lidah buaya juga dapat membantu menjaga kesehatan gusi. Hanya kumur cairan di sekitar mulut Anda sebelum menelan. Selain itu, cobalah untuk meningkatkan asupan vitamin D. Kedua ukuran ini akan cukup untuk mengembalikan gusi Anda dalam beberapa bulan.

 

18. Mengawetkan makanan

Profesor Daniel Valero, dari Universitas Miguel Hernández di Alicante, Spanyol telah membuktikan bahwa lapisan tipis gel lidah buaya dapat bertindak sebagai pengawet makanan alami. Dalam percobaan, mereka membenamkan beberapa buah anggur ke semangkuk gel lidah buaya lalu menyimpannya di kulkas. Anggur meja tanpa gel lidah buaya memburuk dalam 7 hari, tetapi yang gel tetap segar selama lebih dari 35 hari dan masih terasa segar.

Banyak ilmuwan mengatakan bahwa manfaat lidah buaya ini dapat membawa dimensi baru pada peraturan keamanan pangan di seluruh dunia. Eksperimen lebih lanjut menunjukkan bahwa mencelupkan buah dan sayuran dalam gel lidah buaya secara efektif menghilangkan E.coli, mempertahankan kesegaran, dan juga memperpanjang umur simpan mereka. FDA juga telah menyetujui itu sebagai agen penyedap makanan alami.

 

19. Meningkatkan oksigenasi darah

Oksigenasi darah bermanfaat memasok CO2 (karbon dioksida) ke organ vital. Dalam beberapa penelitian, telah dilaporkan bahwa lidah buaya membantu dalam oksigenasi darah. Namun, lebih banyak bukti diperlukan untuk mendukung manfaat potensial ini.

 

20. Penundaan penuaan dini

Aloe vera telah menjadi komponen utama dari banyak produk kulit yang membantu mempertahankan kemudaan melalui kulit yang lebih sehat. Dukungan tambahan lidah buaya dalam krim kulit meningkatkan fungsinya sebagai fader kerutan dan peremajaan kulit. Sifat anti-penuaan bekerja pada kulit dan membuatnya segar, kenyal, bebas kerut, dan cerah. Sifat-sifat lidah buaya membuatnya menembus dengan cepat di berbagai lapisan kulit, bahkan hingga ke otot-otot tubuh.

 

Manfaat lidah buaya

Potongan tanaman lidah buaya. Sumber foto: Pixabay

 

Bagaimana cara menggunakan Lidah Buaya (Aloe Vera)?

Aloe vera, dengan banyak kegunaannya, adalah tanaman sukulen, dan manfaatnya biasanya diperoleh dengan memotong tangkai untuk mengambil substansi buahnya seperti gel di dalamnya; itu kemudian diterapkan secara dioles ke kulit atau dimakan. Gel ini juga dapat dikombinasikan dengan bahan alami lainnya untuk membentuk bagian dari rutinitas kesehatan atau kecantikan Anda.

Anda dapat menggunakan gel lidah buaya untuk meredakan kulit terbakar matahari, jerawat, iritasi dan kulit kering; beberapa orang juga merasakan manfaat dalam mengurangi munculnya stretch mark dan mendapatkan manfaat anti penuaan dengan mengaplikasikan gel ke garis halus dan kerutan.

Buahnya juga dapat dimakan dan dicerna untuk membantu meredakan refluks asam lambung dan sembelit ringan. Buah lidah buaya bahkan bisa diencerkan (di blender) dan dikombinasikan dengan bahan alami lainnya untuk membuat obat kumur buatan sendiri.

 

Apa risiko atau efek samping menggunakan lidah buaya?

  • Efek samping. Lidah buaya topikal (yang dioles) dapat menyebabkan iritasi kulit terhadap orang yang  memiliki sensitivitas tinggi. Lidah buaya oral (yang diminum), yang memiliki efek laksatif, dapat menyebabkan kram dan diare.

  • Risiko. Jangan gunakan lidah buaya topikal untuk luka yang dalam atau luka bakar yang parah. Orang yang alergi terhadap bawang putih, bawang dan tulip lebih cenderung alergi terhadap lidah buaya.

  • Interaksi. Jika Anda mengonsumsi obat apa pun secara teratur, bicarakan dengan dokter Anda sebelum Anda mulai menggunakan suplemen lidah buaya. Mereka bisa berinteraksi dengan obat-obatan dan suplemen seperti obat diabetes, obat jantung, obat pencahar, steroid, dan akar licorice. Penggunaan oral gel lidah buaya juga dapat menghalangi penyerapan obat-obatan yang diambil pada saat yang bersamaan.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: WikipediaOrganic FactsAloe Medical GroupDr AxeAlternativaWeb MD

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-06-10T16:35:21+00:00 Juni 5th, 2018|Sehat & Cantik|1 Comment

One Comment

  1. Lelly 13/05/2018 at 8:53 am - Reply

    Wah bagus 👍😊 banget artikel ini.
    Ternyata banyak juga ya khasiat dari tanaman lidah buaya. Saya pikir hanya untuk kesehatan rambut & kulit, tapi untuk mencegah penyakit gusi, kolesterol, menghambat pertumbuhan kanker, dll 👍😊

Leave A Comment