fbpx

Jumlah Sel Darah Merah Pada Tubuh Manusia – Bayi, Pria, Wanita dan Anak-Anak

Jumlah Sel Darah Merah Pada Tubuh Manusia

Berapa kisaran normal untuk jumlah sel darah merah? Menurut Lembaga Leukemia & Limfoma kisaran jumlah sel darah merah adalah:

  • Bayi: memiliki sekitar 75 mililiter (mL) darah per kilogram berat badannya. Jika bayi memiliki berat sekitar 8 kilogram, mereka akan memiliki sekitar 270 mL darah dalam tubuh mereka, atau 0,07 galon.

  • Pria: 4,7 hingga 6,1 juta sel per mikroliter (mcL).

  • Wanita yang tidak hamil: 4,2 hingga 5,4 juta mcL.

  • Wanita hamil: Untuk mendukung bayi mereka yang sedang tumbuh, wanita hamil biasanya memiliki volume darah 30 hingga 50% lebih banyak daripada wanita yang tidak hamil. Ini sekitar 0,3 hingga 0,4 galon darah tambahan.

  • Anak-anak: adalah 4,0 hingga 5,5 juta mcL.

Kisaran ini dapat bervariasi tergantung pada laboratorium atau dokter.
 

Jumlah sel darah merah

Ilustrasi artikel jumlah sel darah merah: Pixabay

 

Berapa Banyak Darah yang Kita Hasilkan Sehari?

Sel darah merah membawa oksigen dan karbon dioksida

  • Tubuh menghasilkan sekitar 2 juta sel darah merah per detik. Sel darah berkembang dari sel batang di sumsum tulang. Sel induk adalah jenis sel yang dapat membuat sel lain. Proses ini terjadi terus menerus sepanjang hidup seseorang.

Darah terdiri dari berbagai bagian. Setiap bagian memiliki peran berbeda dalam menjaga kesehatan.

Sel darah merah membawa oksigen dan karbon dioksida.
Sel darah putih membantu mempertahankan tubuh terhadap penyakit dan infeksi.

Trombosit membantu menghentikan pendarahan

Plasma adalah cairan yang membawa bagian lain dari darah. Ini juga membantu bekuan darah dan mendukung sistem kekebalan tubuh.
Bagian darah yang berbeda ini membutuhkan waktu yang berbeda untuk diganti. Namun, hanya dibutuhkan tubuh sekitar 24 jam untuk mengganti plasma yang hilang.

  • Diperlukan waktu lebih lama bagi tubuh untuk membuat lebih banyak sel darah merah – biasanya antara 4 hingga 6 minggu.

Sel darah merah mendapatkan warnanya dari hemoglobin. Hemoglobin mengandung zat besi, jadi ketika seseorang mendonorkan darah, sebagian zat besi ini hilang. Diperlukan waktu 6 hingga 12 minggu untuk tingkat untuk kembali normal.

Tubuh menyimpan zat besi dan akan menggunakan sebagian dari zat besi yang disimpan ini setelah donor darah. Namun, seseorang perlu mengganti zat besi ini, jadi mereka harus yakin untuk makan banyak makanan kaya zat besi setelah kehilangan darah.

Sekitar 55% darah terdiri dari plasma, dan plasma adalah 90% air. Penting juga untuk minum banyak cairan setelah donor darah untuk menggantikan apa yang hilang.
 
Jenis sel darah putih: Basofil, Eosinofil, Neutrofil, Limfosit dan Monosit
 

Jenis sel darah putih: Basofil, Eosinofil, Neutrofil, Limfosit dan Monosit. Sumber foto: Wikimedia Commons dan ilustrasi: Pinterpandai

Jumlah Sel Darah Putih Yang Normal Adalah 4.300 dan 10.800 sel per mm³ kubik darah
 

Jumlah Sel Darah Putih Yang Normal Adalah 4.300 dan 10.800 sel per mm³ kubik darah. Ilustrasi dan sumber foto: Wikimedia Commons

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala penyakit atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

                       
 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-07-04T00:39:05+07:00 Desember 30th, 2018|IPA, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment