Apakah Rematik dan Asam Urat Adalah Penyakit Yang Sama?

Apakah rematik dan asam urat adalah penyakit yang sama?

Walaupun terlihat mirip dan mempunyai gejala yang sama, yaitu membuat sendi nyeri, kemerahan, hingga bengkak, sebenarnya rematik dan asam urat adalah penyakit yang berbeda.

Rematik dalam bahasa medis disebut dengan rheumatoid arthritis, yaitu sejenis penyakit autoimun yang membuat sendi-sendi kaku dan meradang. Peradangan yang ditimbulkan dari gejala rematik disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang terganggu. Jadi, sistem imun justru menyerang jaringan sendi tubuh sehat hingga membuatnya rusak.

Akibat Gejala Asam Urat

Sementara nyeri sendi akibat gejala asam urat disebabkan oleh terlalu banyak kadar asam urat (uric acid) di dalam tubuh. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kadar asam urat tinggi di tubuh terjadi akibat mengonsumsi makanan yang mengandung purin.

Di dalam tubuh, purin akan diolah menjadi asam urat dan pada keadaan normal, akan dikeluarkan tubuh melalui feses. Namun, jika jumlahnya terlalu banyak, zat ini akan menumpuk dan berubah menjadi kristal pada sendi-sendi, kemudian terjadilah peradangan.

Gejala Perbedaan Rematik dan Asam Urat

Berikut adalah gejala perbedaan rematik dan asam urat yang harus Anda kenali:

  • Nyeri akibat gejala asam urat biasanya menyerang satu sendi dalam satu waktu. Rasa nyeri ini juga lebih sering terjadi pada kaki dan bagian jari-jari kaki, terutama persendian jempol kaki. Sementara gejala rematik bisa menyebabkan nyeri pada bagian tubuh mana pun dan dapat menyerang beberapa sendi sekaligus dalam satu waktu.

  • Gejala asam urat selalu disertai dengan bengkak, kemerahan, serta rasa nyeri yang sering muncul. Sementara gejala rematik juga selalu menimbulkan rasa sakit, tetapi tidak selalu muncul bengkak atau kemerahan pada persendian.

  • Rasa nyeri sendi akibat gejala rematik bisa berubah-ubah intensitasnya, kadang sakit ringan hingga berat. Sedangkan rasa nyeri karena gejala asam urat cenderung sering dan berat.

Akan tetapi, cara terbaik dan yang paling akurat untuk mengetahui apakah Anda mengalami asam urat atau rematik adalah dengan memeriksakan diri ke dokter. Dokter juga akan membantu Anda dengan pengobatan dan perawatan yang diperlukan.

Pengertian Rematik atau Radang sendi (Rheumatoid arthritis)

Rematik adalah penyakit autoimun yang menyebabkan persendian menjadi meradang, kaku, nyeri, dan bengkak.

Jika tidak ditangani, itu dapat menyebabkan kerusakan permanen yang dapat mengganggu kualitas hidup Anda. Menurut American College of Rheumatology, sekitar 1,3 juta orang Amerika memiliki RA.

RA juga merupakan penyakit sistemik. Ini berarti dapat mempengaruhi organ tubuh lainnya seperti mata, kulit, paru-paru, dan jantung. Orang yang menderita RA berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung daripada mereka yang tidak.

radang sendi parah di tangan yang tidak diobati rematik da asam urat

Radang sendi parah di tangan yang tidak diobati. Sumber foto: Wikimedia Commons

Pengertian Asam Urat (Encok)

Asam urat (encok) adalah jenis radang sendi yang sangat menyakitkan yang biasanya mempengaruhi sendi jempol kaki. Itu juga bisa menyerang bagian atas kaki dan pergelangan kaki. Kadang-kadang, diketahui menyerang sendi lain di dalam tubuh.

Filsuf-tabib Yunani Hippocrates menyebut gout sebagai “radang sendi orang kaya” karena secara historis dikaitkan dengan memanjakan diri dengan makanan dan minuman yang kaya.

Asam urat encok gout

Asam urat hadir di sendi metatarsal-phalangeal dari jempol kaki. Perhatikan sedikit kemerahan pada kulit yang menutupi sendi. Sumber foto: Wikimedia Commons

Perbedaan Rematik dan Asam Urat

Kedua penyakit tersebut menyebabkan kemerahan, pembengkakan, dan nyeri pada persendian. Keduanya dapat menyebabkan kecacatan serius dan mengganggu kualitas hidup Anda.

Namun, melihat dari dekat tanda-tanda awal dan persendian mana yang terlibat jelas akan membedakan kedua penyakit ini. Cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda menderita RA atau gout adalah membuat janji dengan dokter untuk diagnosis.

Tanda-tanda spesifik yang membedakan perbedaan rematik dan asam urat:

Rematik (Radang sendi)

  • Rasa sakit bisa ringan, sedang atau berat dan biasanya dikaitkan dengan kekakuan.

  • Dapat mempengaruhi sendi dan biasanya simetris di kedua sisi tubuh.

  • Paling sering terjadi pada persendian kecil tangan, pergelangan tangan, dan kaki.

  • Persendian bisa menjadi nyeri, merah, dan bengkak.

Asam Urat (

)

  • Biasanya terjadi di kaki, paling umum di pangkal jempol kaki.

  • Kemerahan, bengkak, dan nyeri hebat.

Penyebab Rematik dan Asam Urat

Rematik (Radang sendi)

Komunitas medis belum tahu apa yang menyebabkan rematik. Para ilmuwan berpikir sebagian dari itu berkaitan dengan susunan genetik seseorang dan kondisi itu dipicu oleh sesuatu di lingkungan, seperti virus.

Asam Urat (Encok)

  • Makanan dan minuman yang kaya dapat menyebabkan encok secara tidak langsung. Tetapi akar penyebabnya adalah purin. Senyawa kimia ini ditemukan dalam makanan tertentu.

  • Makanan yang kaya purin termasuk sebagian besar daging (terutama daging organ), sebagian besar ikan dan kerang, dan bahkan beberapa sayuran. Roti gandum dan sereal juga mengandung purin.

  • Tubuh mengubah purin menjadi asam urat. Encok dapat terjadi setiap kali ada terlalu banyak asam urat dalam darah. Asam urat biasanya dikeluarkan dalam urin, tetapi kadar yang tinggi dapat membentuk kristal tajam pada sendi, menyebabkan peradangan dan nyeri hebat.

Perawatan Rematik dan Asam Urat

Rematik (Radang sendi)

  • Rematik tidak bisa disembuhkan. Perawatan berfokus pada mengendalikan peradangan sendi, meredakan gejala, dan mengurangi kerusakan pada sendi. Dokter Anda akan bekerja dengan Anda untuk membuat rencana perawatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Rematik yang aktif dan parah biasanya diobati dengan “obat antirematik pemodifikasi penyakit” atau biologik yang kuat. Yang terakhir adalah senyawa rekayasa genetika yang dirancang untuk menyerang sel-sel atau bahan kimia tertentu yang terlibat dalam proses kekebalan tubuh. Mereka bekerja untuk memperlambat atau menghentikan perkembangan penyakit dan dapat meredakan peradangan dan rasa sakit.

  • Rematik ringan sampai sedang diobati dengan “obat antirematik pemodifikasi penyakit” nonbiologis. Obat antiinflamasi nonsteroid juga digunakan untuk mengobati rasa sakit dan peradangan, seringkali sebagai tambahan untuk “obat antirematik pemodifikasi penyakit”.

Asam Urat (Encok)

  • Selain obat-obatan, dokter Anda dapat merekomendasikan perubahan pola makan.

  • Obat yang mengobati asam urat meliputi:

    • Obat antiinflamasi nonsteroid

    • Obat mengandung antiinflamasi nonsteroid , seperti indometasin atau naproxen (Naprelan, Naprosyn).

    • Obat mengandung kortikosteroid, seperti prednison (Rayos).

    • Obat mengandung colchicine (Colcrys), diberikan dengan obat antiinflamasi nonsteroid untuk mengobati serangan akut atau mencegah serangan di masa depan.

    • Obat yang menghambat produksi kristal asam urat.

Ciri-Ciri Asam Urat

Ciri-ciri asam urat yang paling umum adalah

1. Nyeri sendi parah

Nyeri sendi adalah salah satu gejala yang umum muncul ketika kadar asam urat dalam darah tinggi.

Gejala ini terjadi akibat ginjal tidak mampu mengolah asam urat yang sudah terlalu banyak. Asam urat yang tidak terolah kemudian dapat menumpuk di persendian dan mengeras hingga menjadi kristal. Pengkristalan inilah yang menyebabkan sendi mengalami peradangan dan nyeri hebat.

Bagian sendi yang paling sering mengalami nyeri akibat asam urat adalah jempol kaki, lutut, pergelangan kaki, siku, dan ibu jari.

Nyeri sendi dapat terjadi tiba-tiba. Nyeri sendi sebagai ciri-ciri asam urat lebih sering terjadi pada malam hari saat tidur.

2. Sendi bengkak dan lunak

Ciri-ciri nyeri sendi akibat asam urat juga bisa dilihat dari penampilan persendian yang bermasalah. Sendi yang bermasalah karena gejala asam urat tinggi akan terlihat bengkak dan terasa lunak ketika ditekan.

Pembengkakan lunak ini terjadi karena dua alasan. Pertama karena jaringan pelapis sendi yang bernama sinovium membengkak, dan yang kedua adalah karena cairan sinovial (pelumas sendi) jumlahnya meningkat.

Kedua kondisi ini menandakan sedang terjadi proses peradangan aktif di mana sel-sel darah putih masuk banyak ke dalam sendi.

3. Kulit pada persendian yang sakit berwarna kemerahan

Jika persendian yang bermasalah tidak hanya bengkak dan nyeri tapi kulitnya juga berwarna merah terang, ini bisa jadi ciri-ciri asam urat.

Pada jumlah normal, asam urat akan dibuang lewat air kencing. Namun saat tubuh terlalu banyak menghasilkan asam urat, ginjal akan kesulitan memprosesnya. Kelebihannya dapat menumpuk, kemudian membentuk kristal di persendian. Ini menyebabkan peradangan.

Saat ada peradangan di sendi, aliran darah akan meningkat berjalan menuju ke bagian sendi yang terkena, ini disebut vasodilatasi. Pada akhirnya kulit di bagian sendi tersebut akan berwarna kemerahan.

4. Rasa panas/hangat di sekitar sendi

Gejala asam urat juga dapat menyebabkan persendian yang bengkak dan memerah terasa panas. Sensasi panas yang muncul di persendian ini adalah efek dari proses peradangan.

Proses peradangan alias inflamasi akan memicu sistem imun tubuh untuk melepaskan protein kecil (peptida) ke jaringan lunak di sekitar sendi. Zat penyebab peradangan juga menyebabkan cairan di sekitar sendi berkumpul.

Hal tersebut membuat aliran darah jadi meningkat sehingga sendi membengkak dan terasa hangat.

Ciri-ciri asam urat yang kurang umum

Asam urat memiliki banyak ciri-ciri umum. Akan tetapi, gejala biasanya akan muncul berdasarkan keparahan dan komplikasi yang terjadi.

Berikut adalah beberapa gejala yang kurang umum namun bisa menyerang Anda kapan saja akibat kadar asam urat tinggi:

1. Gejala mirip flu

Peradangan yang dialami saat asam urat biasanya bisa menjadi cukup parah apabila tidak diobati. Uniknya, gejala peradangan akibat asam urat tinggi bisa timbul mirip seperti flu. Selain nyeri sendi, kadang serangan asam urat juga bisa dibarengi dengan demam tinggi, nyeri otot, dan kelelahan.

Gejala mirip flu ini disebabkan karena sistem imun tubuh melepaskan sel darah putih dan antibodi khusus untuk melawan peradangan tersebut. Respon ini sebetulnya tidak harus ada pada penderita asam urat karena penyakit ini bukan disebabkan virus atau bakteri. Namun kadang, sistem kekebalan tubuh memang memicu respons peradangan ketika tidak ada yang bisa dilawan.

Setelah itu, kekebalan tubuh Anda merusak jaringannya sendiri karena seolah-olah ada zat asing yang perlu dilawan. Hasilnya, akan mirip seperti gejala demam atau flu yang disebabkan karena peradangan virus dan bakteri.

2. Mengalami batu ginjal

Gejala asam urat tinggi yang sudah parah antara lain adalah pembentukan batu ginjal. Ini karena asam urat yang tinggi akan menumpuk di dalam darah dan membentuk kristal di dalam ginjal. Kristal bisa menjadi batu besar dan terasa sangat menyakitkan. Batu ginjal yang terbentuk sebagai gejala asam urat dapat menyebabkan kerusakan atau gagal ginjal.

3. Tophi

Ciri-ciri asam urat yang parah lainnya adalah pengendapan kristal asam urat di bawah kulit.

Pengendapan ini akan terlihat seperti benjolan (nodul) berwarna putih atau kuning kecil di bawah kulit persendian, termasuk jari kaki, lutut, dan siku. Akan tetapi, nodul juga dapat muncul di mana saja di tubuh Anda, termasuk kanal tulang belakang. Benjolan ciri-ciri asam urat ini disebut tophi.

Tophi yang menandakan gejala asam urat biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun dalam beberapa kasus, benjolan bisa meradang dan mengeluarkan cairan. Nodul tophi yang bentuknya besar dan menyakitkan mungkin perlu diangkat lewat prosedut pembedahan.

4. Nyeri sendi sacroiliac di bagian panggul

Ciri-ciri nyeri asam urat umumnya terasa di bagian kaki ata spesifiknya di jempol kaki.

Namun, ada juga gejala asam urat yang muncul di persendian lain bernama sacroiliac. Sendi ini terletak di kedua sisi panggul antara sakrum dan ilium.

Gejala asam urat tinggi yang menyerang persendian sacroiliac dapat menyebabkan sakit pinggang (punggung bawah) atau sakit pinggul.

5. Nyeri pada pergelangan tangan

Nyeri sendi pergelangan tangan juga dapat menjadi ciri-ciri asam urat. Kondisi ini disebut sebagai gout polyarticulari, yang artinya penyakit Anda sudah memengaruhi lebih dari satu sendi.

Diagnosis gout polyarticular akibat penyakit asam urat biasanya sulit dipastikan. maka dokter butuh pemeriksaan laboratorium dengan mengambil sampel sendi Anda terlebih dahulu.

Gejala asam urat berdasarkan tahapannya
Gejala atau ciri-ciri asam urat biasanya muncul tiba-tiba, tidak dapat diprediksi, dan sering terjadi di tengah malam. Sebagian besar gejala atau ciri-ciri asam urat hanya terjadi dalam beberapa jam selama 1-2 hari.

Namun pada kasus yang parah, nyeri pada sendi bisa saja terjadi dalam waktu berminggu-minggu. Jika Anda mengalami gejala ini, maka penyakit yang Anda miliki cukup parah. Ada pula yang merasakan ciri-ciri-ciri asam urat hingga 6-12 bulan dalam intensitas yang berbeda tiap harinya.

3 Tahapan asam urat berdasarkan tingkat keparahannya

1. Tahap pertama

Ciri-ciri asam urat sudah bisa mulai terlihat dari kadar asam urat yang sudah tinggi di dalam darah.

Akan tetapi belum ada gejala asam urat yang muncul. Bisa saja Anda tidak akan pernah merasakan gejala asam urat.

Biasanya, orang yang memiliki penyakit ini baru akan merasakan gejala asam urat pertama kali setelah ia terserang penyakit batu ginjal.

2. Tahap kedua

Memasuki tahap kedua, kadar asam urat yang terlalu tinggi telah membentuk kristal-kristal pada jari kaki.

Ciri-ciri asam urat yang bisa Anda rasakan pada tahap ini adalah nyeri, bengkak, dan sakit kemerahan pada sendi, tetapi tidak akan berlangsung lama.

Selang beberapa waktu kemudian, Anda baru akan mengalami gejala asam urat tinggi lainnya dengan intensitas dan frekuensi yang semakin sering.

3. Tahap ketiga

Di tahap ketiga, gejala asam urat tak kunjung hilang dan kristal-kristal asam urat yang terbentuk tidak hanya menumpuk di satu sendi saja. Pada tahap ini akan muncul gumpalan-gumpalan yang sudah mengkristal di bawah kulit. Kondisi ini menyebabkan rasa nyeri yang lebih parah dan dapat merusak tulang-tulang rawan.

Sebagian besar orang yang menderita penyakit ini hanya mengalami tahap satu atau dua saja. Cukup jarang orang yang menderita asam urat ditemukan telah mencapai tahapan ketiga. Pasalnya, sebagian besar penderita gejala asam urat sudah dapat ditangani dengan baik pada tahap kedua.

Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini 👉 untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini 👉 untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala penyakit atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.
Informasi penting tentang artikel kesehatan di PINTERpandai.com
Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Informasi perawatan / pengobatan yang diberikan di sini bukan kebijakan resmi dan tidak dimaksudkan sebagai saran medis untuk menggantikan keahlian dan penilaian tim Dokter perawatan kesehatan Anda. Ini dimaksudkan untuk membantu Anda dan keluarga Anda membuat keputusan berdasarkan informasi, bersama dengan dokter Anda. Dokter Anda mungkin memiliki alasan untuk menyarankan rencana perawatan yang berbeda dari opsi perawatan umum ini. Jangan ragu untuk bertanya kepadanya tentang pilihan perawatan Anda.

Kapan harus berkonsultasi dengan profesional kesehatan?

Informasi medis di www.PINTERpandai.com tidak berlaku untuk semua orang dan itu bukan saran medis. Jika Anda memiliki masalah medis, pastikan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan. Jika Anda merasa memiliki keadaan darurat medis, segera hubungi dokter Anda atau nomor darurat setempat atau nomor 112 dari HP Anda.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya 

By | 2020-07-25T16:36:36+07:00 Desember 30th, 2018|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment