fbpx

Pengobatan Alternatif dan Contoh Pengobatannya

Pengertian Pengobatan Alternatif / Pengobatan Holistik

Pengobatan alternatif adalah istilah yang menggambarkan perawatan medis yang digunakan sebagai pengganti terapi standar medis. Perawatan yang digunakan bukan perawatan standar. Perawatan standar didasarkan pada hasil penelitian ilmiah dan saat ini diterima dan digunakan secara luas. Beberapa orang juga menyebutnya sebagai obat “integratif,” atau “komplementer”.

Tetapi sebenarnya jenis terapi apa yang dianggap alternatif? Definisi berubah ketika dokter menguji dan memindahkan lebih banyak dari mereka ke arus utama. Artikel ini membahas beberapa perawatan medis alternatif yang populer dan potensi risiko serta manfaatnya.

Pengobatan Holistik , asal katanya Holisme , akar katanya dari bahasa Yunani: ὅλος holos yang artinya semua, keseluruhan, total. Dalam bahasa Inggris “Holy” berarti sesuatu mengenai Ketuhanan, suci, keramat atau sakral, dan “wholly” berarti hal yang menyeluruh atau total.

Konsep Pengobatan Holistik

Adalah salah satu disiplin ilmu yang mandiri dan merupakan gabungan dari berbagai macam pola pengobatan termasuk di dalamnya pola pengobatan barat atau konvensional dan pola pengobatan timur atau estern medicine yang bisa di pertanggung jawabkan secara medis dan organ tubuh secara optimal yang melibatkan keseimbangan kerja fisik, psikis, mental dan emosional dengan mengutamakan makanan atau diet sebagai obat utama. merupakan usaha yang mencakup keseluruhan usaha pencegahan atau Prevention, Pengobatan atau kuratif, Perbaikan atau Rehabilitasi dan Promotif atau upaya peningkatan kesehatan

 

Pengobatan alternatif

Pengobatan Alternatif dan Contohnya

 

Contoh Pengobatan Alternatif

Akupunktur

Ini adalah teknik pengobatan Tiongkok tradisional yang menggunakan jarum untuk merangsang titik-titik tertentu di sekitar tubuh. Orang yang melakukan terapi ini (ahli akupunktur) menusukkan jarum yang steril ke kulit Anda. Tujuannya adalah untuk membantu proses penyembuhan alami tubuh Anda. Penelitian menunjukkan bahwa akupunktur dapat efektif dalam mengobati sejumlah kondisi, seperti sakit leher dan punggung, mual, kecemasan, depresi, insomnia, infertilitas, dan banyak lagi.

Pengobatan alternatif “Akupunktur” dalam Bahasa Mandarin standard, zhēn jiǔ (針灸 arti harfiah: jarum – moxibustion) adalah teknik memasukkan atau memanipulasi jarum ke dalam “titik akupunktur” tubuh. Menurut ajaran ilmu akupunktur, ini akan memulihkan kesehatan dan kebugaran, dan khususnya sangat baik untuk mengobati rasa sakit. Definisi serta karakterisasi titik-titik ini di-standardisasi-kan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Akupunktur berasal dari Tiongkok dan pada umumnya dikaitkan dengan Obat-obatan Tradisional Tiongkok. Bermacam-macam jenis akupuntur (Jepang, Korea, dan Tiongkok klasik) dipraktikkan dan diajarkan di seluruh dunia.

Akupresur berasal dari kata accus dan pressure, yang berarti jarum dan menekan. Akupresur merupakan istilah yang digunakan untuk memberikan rangsangan (stimulasi) titik akupunktur dengan teknik penekanan atau teknik mekanik. Penekanan dilakukan sebagai pengganti penusukan jarum yang dilakukan pada akupunktur dengan tujuan untuk melancarkan aliran energi vital (qi) pada seluruh tubuh. Ilmu Akupunktur berasal dari daratan Cina.

Baca lebih lanjut tentang: Akupunktur – Teori, Manfaat, Pengobatan Akupunktur 

 

Grafik akupunktur dari Shisi jing fahui - Ekspresi dari 14 Meridian

Grafik akupunktur dari Shisi jing fahui – Ekspresi dari 14 Meridian. Sumber foto: Wikimedia Commons

 

Chiropraktik

Latihan ini berfokus pada struktur tubuh – terutama tulang belakang – dan bagaimana fungsinya. Seorang profesional terlatih yang disebut chiropractor menggunakan teknik yang berbeda untuk menyesuaikan (“memanipulasi”) tulang belakang Anda atau bagian lain dari tubuh Anda sehingga mereka dalam bentuk yang tepat, atau sejajar.

Tujuan dari pengobatan chiropraktik adalah untuk meringankan rasa sakit, meningkatkan fungsi tubuh, dan membantu tubuh Anda untuk menyembuhkan dirinya sendiri secara alami.

Banyak penelitian di sekitarnya berfokus pada nyeri punggung bawah. Tetapi penelitian menunjukkan chiropractic juga dapat membantu untuk sejumlah penyakit lain, seperti sakit kepala, sakit leher, masalah persendian di tubuh bagian atas dan bawah, dan gangguan yang disebabkan oleh whiplash.

 

Herbal Obat Alami

Terapi pengobatan alternatif ini menggunakan bagian-bagian tanaman – akarnya, daun, beri, atau bunga – untuk menyembuhkan tubuh.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, diperkirakan 80% orang di seluruh dunia menggunakan obat herbal. Studi menunjukkan herbal tertentu efektif dalam mengobati sejumlah masalah kesehatan, seperti alergi, sindrom pramenstruasi, kelelahan kronis, dan banyak lagi.

Sayangnya, suplemen herbal dapat dijual tanpa terbukti aman atau efektif. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda berpikir untuk menggunakannya.

 

Hipnotherapi

Hipnotherapi adalah terapi yang dilakukan pada subjek dalam kondisi Hipnosis dan termasuk salah satu pengobatan alternatif.

Kata “Hipnosis” adalah kependekan dari istilah James Braid’s (1843) “neuro-hypnotism“, yang berarti “tidurnya sistem saraf”. Orang yang terhipnotis menunjukan karakteristik tertentu yang berbeda dengan yang tidak, yang paling jelas adalah mudah disugesti.

Hipnotherapi sering digunakan untuk memodifikasi perilaku subjek, isi perasaan, sikap, juga keadaan seperti kebiasaan disfungsional, kecemasan, sakit sehubungan stress, manajemen rasa sakit, dan perkembangan pribadi.

 

Homoeopati

Homeopati adalah sistem teori dan praktik medis yang lengkap. Pendirinya, dokter Jerman Samuel Christian Hahnemann (1755-1843), berhipotesis bahwa seseorang dapat memilih terapi berdasarkan seberapa dekat gejala yang dihasilkan oleh obat sesuai dengan gejala penyakit pasien. Dia menyebut ini “prinsip serupa.”

Hahnemann melanjutkan untuk memberikan dosis berulang dari banyak solusi umum untuk sukarelawan sehat dan dengan hati-hati mencatat gejala yang mereka hasilkan. Prosedur pengobatan alternatif ini disebut “pembuktian” atau, dalam homeopati modern, “percobaan patogenik manusia.” Sebagai hasil dari pengalaman ini, Hahnemann mengembangkan perawatannya untuk pasien yang sakit dengan mencocokkan gejala yang dihasilkan oleh obat dengan gejala pada pasien yang sakit. Hahnemann menekankan sejak awal dengan cermat memeriksa semua aspek status kesehatan seseorang, termasuk keadaan emosi dan mental, dan karakteristik istimewa kecil.

Karena homeopati diberikan dalam hitungan menit atau mungkin tidak ada bahan yang berpotensi, ada keraguan apriori dalam komunitas ilmiah tentang kemanjurannya. Meskipun demikian, literatur medis memberikan bukti penelitian yang sedang berlangsung di lapangan. Studi efektivitas homeopati melibatkan tiga bidang penelitian:

  • Perbandingan pengobatan homeopati dan plasebo

  • Studi efektivitas homeopati untuk kondisi klinis tertentu

  • Studi tentang efek biologis dari potensi, terutama pengenceran ultra-tinggi

  • Lima ulasan sistematis dan meta-analisis mengevaluasi uji klinis efektivitas obat homeopati dibandingkan dengan plasebo. Ulasan menemukan bahwa, secara keseluruhan, kualitas penelitian klinis dalam homeopati rendah. Tetapi ketika studi berkualitas tinggi dipilih untuk analisis, angka mengejutkan menunjukkan hasil positif.

Secara keseluruhan, hasil uji klinis bertentangan, dan ulasan sistematis dan meta-analisis belum menemukan homeopati sebagai pengobatan yang terbukti secara definitif untuk kondisi medis apa pun.

 

Meditasi

Meditasi, terkadang disebut juga semadi, adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari.

Makna harfiah meditasi adalah kegiatan mengunyah-unyah atau membolak-balik dalam pikiran, memikirkan, merenungkan.

Arti definisinya, meditasi adalah kegiatan mental terstruktur, dilakukan selama jangka waktu tertentu, untuk menganalisis, menarik kesimpulan, dan mengambil langkah-langkah lebih lanjut untuk menyikapi, menentukan tindakan atau penyelesaian masalah pribadi, hidup, dan perilaku.

 

Naturopati

Naturopati adalah sistem penyembuhan, yang berasal dari Eropa, yang memandang penyakit sebagai manifestasi dari perubahan dalam proses di mana tubuh secara alami menyembuhkan dirinya sendiri. Ini menekankan pemulihan kesehatan serta pengobatan penyakit.

Istilah “naturopati” secara harfiah diterjemahkan sebagai “penyakit alami.” Saat ini naturopati, atau pengobatan naturopati, dipraktikkan di seluruh Eropa, Australia, Selandia Baru, Kanada, dan Amerika Serikat. Ada enam prinsip yang membentuk dasar dari praktik naturopati di Amerika Utara (tidak semua unik dengan naturopati):

  • Kekuatan penyembuhan dari alam

  • Identifikasi dan pengobatan penyebab penyakit

  • Konsep “first do no harm”

  • Dokter sebagai guru

  • Perawatan seluruh orang

  • Pencegahan

Modalitas inti yang mendukung prinsip-prinsip ini termasuk modifikasi diet dan suplemen gizi, obat herbal, akupunktur dan pengobatan Tiongkok, hidroterapi, pijat dan manipulasi sendi, dan konseling gaya hidup. Juga, di beberapa negara, lisensi naturopathic memungkinkan untuk penggunaan beberapa, jika tidak semua, obat-obatan yang dapat digunakan dokter. Protokol pengobatan menggabungkan apa yang dianggap praktisi sebagai terapi yang paling cocok untuk masing-masing pasien

Pada tulisan ini, tidak ada studi penelitian tunggal tentang naturopati sebagai sistem pengobatan yang lengkap, karena studi seperti itu akan sulit untuk dirancang. Namun, banyak tumbuhan telah dipelajari secara luas dan beberapa di antaranya digunakan oleh dokter naturopati. Misalnya, dalam sebuah penelitian terhadap 524 anak-anak, echinacea tidak terbukti efektif dalam mengobati pilek.9 Sebaliknya, percobaan yang lebih kecil, double-blind dari solusi ekstrak herbal yang mengandung echinacea, propolis (produk resin yang dikumpulkan dari sarang lebah), dan vitamin C untuk sakit telinga pada 171 anak-anak menyimpulkan bahwa ekstrak mungkin bermanfaat untuk sakit telinga yang terkait dengan otitis media akut.

Ekstrak naturopati yang dikenal sebagai Otikon Otic Solution (mengandung Allium sativum, Verbascum thapsus, Calendula flores, dan Hypericum perforatum dalam minyak zaitun) ditemukan sama efektifnya dengan obat tetes telinga anestesi dan terbukti sesuai untuk penatalaksanaan nyeri telinga terkait otitis media akut.

Studi lain melihat keefektifan klinis dan keefektifan biaya tablet cranberry (yang digunakan oleh naturopaths, allopaths, dan herbalists) dibandingkan jus cranberry dan versus plasebo – sebagai profilaksis terhadap infeksi saluran kemih (ISK) atau prophylaxis against urinary tract infections (UTI). Dibandingkan dengan plasebo, jus cranberry dan tablet cranberry menurunkan jumlah ISK. Tablet Cranberry terbukti menjadi pencegahan paling efektif untuk ISK

 

Pengobatan Ayurvedic

Ayurveda adalah salah satu sistem medis tertua di dunia. Itu dimulai di India lebih dari 3.000 tahun yang lalu dan masih banyak digunakan di negara itu saat ini.

Mereka yang menggunakannya mengandalkan herbal, diet khusus, dan praktik unik untuk mengobati penyakit. Tetapi produk Ayurvedic juga bisa berbahaya. Para peneliti telah menemukan mineral atau logam beracun, seperti timbal, di beberapa produk.

Belum ada penelitian atau uji klinis yang cukup untuk mendukung bahwa Ayurveda bekerja.

 

Terapi Energi

Ini fokus pada bidang energi yang diyakini banyak orang ada di dalam dan di sekitar tubuh. Termasuk dalam kategori ini adalah:

Terapi Medan Magnet

Ini menggunakan medan magnet atau listrik untuk mengobati sejumlah masalah muskuloskeletal. Studi menunjukkan bahwa itu dapat bekerja untuk osteoarthritis dan kondisi nyeri lainnya. Itu juga ditemukan untuk membantu patah tulang lebih cepat sembuh. Terapi medan magnet mungkin tidak aman jika Anda hamil, memiliki alat jantung implan, menggunakan pompa insulin, atau minum obat yang diberikan melalui patch.

Reiki

Mereka yang mempraktikkan pengobatan alternatif ini meyakini bahwa energi alami tubuh dimanfaatkan untuk mempercepat penyembuhan. Praktisi mendekatkan tangannya ke tubuh Anda atau meletakkannya dengan ringan di kulit Anda. Tujuannya adalah menyalurkan energi melalui tangannya ke tubuh Anda untuk meningkatkan penyembuhan. Ada sangat sedikit penelitian untuk membuktikannya berhasil.

Sentuhan Terapi “Penyembuhan”

Di sini, seorang terapis menggunakan energi penyembuhannya untuk mengidentifikasi dan memperbaiki ketidakseimbangan dalam bidang energi seseorang. Tidak seperti Reiki, terapis tidak menyentuh Anda. Dia hanya menggerakkan tangannya bolak-balik di atas tubuh Anda. Penelitian menunjukkan sentuhan penyembuhan dapat mengurangi kecemasan pada orang yang menderita kanker. Itu juga dapat meningkatkan rasa kesejahteraan mereka. Tetapi tidak jelas apakah itu berfungsi untuk masalah lain juga.

 

Yoga

Kata Yoga berasal dari bahasa Sanskerta (योग) berarti “penyatuan”, yang bermakna “penyatuan dengan alam” atau “penyatuan dengan Sang Pencipta”. Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau tapa di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca indranya dan tubuhnya secara keseluruhan.

Masyarakat global umumnya mengenal Yoga sebagai aktivitas latihan utamanya asana (postur) bagian dari Hatta Yoga. Yoga juga digunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif, biasanya hal ini dilakukan dengan latihan pernapasan, olah tubuh dan meditasi, yang telah dikenal dan dipraktikkan selama lebih dari 5000 tahun.

Orang yang melakukan tapa yoga disebut yogis, yogin bagi praktisi pria dan yogini bagi praktisi wanita.

Sastra Hindu yang memuat ajaran Yoga, di antaranya adalah Upanisad, Bhagavad Gita, Yogasutra, Hatta Yoga serta beberapa sastra lainnya.

Klasifikasi ajaran Yoga tertuang dalam Bhagavad Gita, diantaranya adalah Karma Yoga/Marga, Jnana Yoga/Marga, Bakti Yoga/Marga, Raja Yoga/Marga.

 

Yoga pose chakrasana asana

Yoga pose chakrasana asana. Sumber foto: Wikipedia Commons

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-12-29T01:34:53+07:00 Desember 28th, 2018|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment