fbpx

Kanker Otak

Penjelasan Kanker Otak

Tumor otak adalah pertumbuhan sel di otak yang berkembang biak dengan cara yang abnormal dan tak terkendali. Kanker otak dinilai berdasarkan seberapa cepat mereka tumbuh dan seberapa besar kemungkinan mereka tumbuh kembali setelah perawatan. Stadium satu dan dua adalah grade rendah, dan grade tiga dan empat adalah stadium yang tinggi.
 

2 Jenis utama tumor otak

  • Tumor otak non-kanker (jinak)

    Memiliki kadar rendah (grade 1 atau 2), yang berarti mereka tumbuh dengan lambat dan cenderung tidak kembali setelah perawatan.

  • Tumor otak kanker (ganas)

    Golongan tinggi (kelas 3 atau 4) dan mulai dari otak (tumor primer) atau menyebar ke otak dari tempat lain (tumor sekunder); mereka lebih mungkin tumbuh kembali setelah perawatan

 

Kanker otak

Daerah kanker otak. Sumber foto: Wikimedia

 

Gejala Kanker Otak

Gejala tumor otak bervariasi tergantung pada bagian otak yang tepat yang terkena. Gejala umum meliputi:

  • Sakit kepala yang parah dan terus-menerus.
  • Mual, muntah dan mengantuk terus-menerus.
  • Perubahan mental atau perilaku, seperti masalah memori atau perubahan kepribadian.
  • Kelemahan atau kelumpuhan progresif di satu sisi tubuh.
  • Masalah penglihatan atau ucapan.

Kadang-kadang, Anda mungkin tidak memiliki gejala untuk memulai atau mereka mungkin hanya berkembang sangat lambat dari waktu ke waktu.

Gejala kanker ini sangat banyak dan tidak spesifik pada tumor otak, yang berarti bisa disebabkan oleh banyak penyakit lainnya. Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apa yang menyebabkan gejalanya adalah menjalani tes diagnostik.
 

Kanker Otak Primer

Otak terdiri dari berbagai jenis sel.

  • Beberapa kanker ini terjadi ketika satu jenis sel berubah dari karakteristik normalnya. Setelah diubah, sel-sel tumbuh dan berkembang biak dengan cara yang abnormal.
  • Ketika sel-sel abnormal ini tumbuh, mereka menjadi massa, atau tumor.
  • Tumor otak yang hasilnya disebut tumor otak primer karena berasal dari otak.
  • Tumor otak primer yang paling umum adalah glioma, meningioma, adenoma hipofisis, schwannomas vestibular dan tumor neuroektodermal primitif (medulloblastoma). Istilah glioma termasuk glioblastoma, astrocytomas, oligodendrogliomas dan ependymomas.

Sebagian besar diberi nama berdasarkan bagian otak atau jenis sel otak tempat mereka muncul.
 

Fakta Kanker Otak Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

gambar otak manusia menggunakan mesin magnetic resonance imaging (MRI). Warna biru cerah tempat kanker otak bermetastasis di lobus oksipital (bertugas untuk memproses indra penglihat). Sumber foto: Wikimedia Commons

 

Pengobatan Kanker Otak

Jika Anda memiliki tumor otak, perawatan yang disarankan akan tergantung pada:

  • Jenis tumor.
  • Di mana itu di otak Anda.
  • Seberapa besar dan seberapa jauh penyebarannya.
  • Seberapa abnormal sel-sel itu.
  • Tingkat kesehatan dan kebugaran Anda secara keseluruhan.

Pengobatan untuk tumor otak meliputi:

  • Steroid

  • Operasi

  • Radioterapi

  • Kemoterapi

Setelah didiagnosis dengan tumor otak, steroid mungkin diresepkan untuk membantu mengurangi pembengkakan di sekitar tumor.

Pembedahan sering digunakan untuk menghilangkan tumor otak. Tujuannya adalah untuk mengangkat sebanyak mungkin jaringan abnormal seaman mungkin.

Tidak selalu mungkin untuk mengangkat semua tumor, jadi perawatan lebih lanjut dengan radioterapi atau kemoterapi mungkin diperlukan untuk mengobati sel-sel abnormal yang tertinggal.

Pengobatan untuk tumor non-kanker sering berhasil dan pemulihan penuh dimungkinkan. Kadang-kadang, ada kemungkinan kecil tumor bisa kembali, jadi Anda mungkin perlu menindaklanjuti secara teratur untuk memantau ini.
 

Kanker otak

CT scan dari tiga metastasis otak (dengan edema perifer besar) dari kanker payudara. Sebelum (gambar kiri) dan setelah (gambar kanan) injeksi kontras iodinasi. Pasien berusia 75 tahun.
Sumber foto: Wikimedia

 

Kanker Otak Metastatik

Tumor otak metastatik (menyebar) terbuat dari sel kanker dari tumor di tempat lain di tubuh. Sel menyebar ke otak dari tumor lain dalam proses yang disebut metastasis. Ini adalah jenis tumor otak yang paling umum.
 

Penyebab Kanker Otak

Seperti tumor di tempat lain di tubuh, penyebab pasti kebanyakan kanker otak tidak diketahui. Faktor genetik, berbagai racun lingkungan, radiasi di kepala, infeksi HIV, dan merokok semuanya dikaitkan dengan kanker ini. Dalam banyak kasus, tidak ada penyebab yang jelas yang dapat ditunjukkan.

Bisakah Kanker Otak Disembuhkan?

Tumor otak stadium I dapat disembuhkan jika diangkat sepenuhnya dengan operasi. stadium II – Sel-sel tumor tumbuh dan menyebar lebih lambat daripada sel-sel tumor stadium III dan IV. Mereka mungkin menyebar ke jaringan terdekat dan mungkin kambuh (kembali). Tumor stadium IV biasanya tidak bisa disembuhkan. Sumber: Web MD

Apakah ada rasa sakit dengan kanker otak?

Beberapa tumor tidak memiliki gejala sampai mereka cukup besar dan kemudian menyebabkan penurunan kesehatan yang serius dan cepat. Tumor lain mungkin memiliki gejala yang berkembang lambat. Gejala awal yang umum dari tumor otak adalah sakit kepala. Seringkali, mereka tidak menanggapi obat sakit kepala yang biasa.

Apa itu kanker otak?

Kanker otak adalah penyakit otak di mana sel-sel kanker (sel-sel ganas) muncul dalam jaringan otak. Sel kanker tumbuh membentuk massa jaringan kanker (tumor) yang mengganggu fungsi otak seperti kontrol otot, sensasi, memori, dan fungsi tubuh normal lainnya.

Tumor yang tersusun dari sel-sel kanker disebut tumor ganas, dan yang terdiri dari sel-sel yang terutama bukan kanker disebut tumor jinak. Sel-sel kanker yang berkembang dari jaringan otak disebut tumor otak primer, sedangkan tumor yang menyebar dari situs tubuh lain ke otak disebut tumor otak metastatik atau sekunder.
 

Jenis Kanker Otak

Jenis yang paling umum adalah:

  • Astrositoma: Tumor muncul dari sel glial (berfungsi sebagai pendukung kerja sel saraf) berbentuk bintang yang disebut astrosit.  Pada orang dewasa, astrositoma paling sering muncul di otak besar.
    Astrositoma stadium I atau II: Ini dapat disebut glioma tingkat rendah.
    Astrositoma stadium III: Kadang-kadang disebut astrositoma tingkat tinggi atau anaplastik.
    Astrositoma stadium IV: Ini bisa disebut glioblastoma atau glioma astrositik ganas.
  • Meningioma: Tumor muncul di meninges. Itu bisa stadium I, II, atau III. Biasanya jinak (stadium I) dan tumbuh perlahan.
    Oligodendroglioma: Tumor muncul dari sel yang membuat zat berlemak yang menutupi dan melindungi saraf. Ini biasanya terjadi di otak besar. Ini paling umum pada orang dewasa paruh baya. Itu biasanya stadium II atau III.
  • Neuroma akustik (schwannomas): Ini adalah tumor jinak yang berkembang pada saraf yang mengontrol keseimbangan dan pendengaran yang mengarah dari telinga bagian dalam ke otak Anda.
  • Adenoma hipofisis: Ini adalah sebagian besar tumor jinak yang berkembang di kelenjar hipofisis di dasar otak. Tumor ini dapat mempengaruhi hormon hipofisis dengan efek di seluruh tubuh.
    Tumor neuroectodermal primitif (PNET): Ini adalah tumor kanker yang jarang yang dimulai pada sel embrionik (janin) di otak. Mereka dapat terjadi di mana saja di otak.
  • Craniopharyngioma: Tumor non-kanker yang langka ini mulai di dekat kelenjar hipofisis otak, yang mengeluarkan hormon yang mengontrol banyak fungsi tubuh. Ketika craniopharyngioma perlahan-lahan tumbuh, itu dapat mempengaruhi kelenjar pituitari (organ kecil yang berada di bawah otak, berfungsi menghasilkan beberapa hormon prolaktin dan luteinising. Hormon yang pertama bertugas merangsang produksi susu setelah melahirkan. Sementara, hormon luteinising bertugas merangsang ovulasi pada wanita dan produksi testosteron pada pria) dan struktur lain di dekat otak.

 

Daftar Jenis Kanker-Kanker Lainnya

Kanker bisa dimulai di tempat manapun di tubuh. Ini dimulai saat sel-sel tumbuh di luar kendali dan kerumunan sel normal. Hal ini membuat tubuh sulit bekerja sebagaimana mestinya. Memahami penyakit kanker dapat membantu Anda untuk mengenal lebih jelas “seperti apakah kanker itu?” Klik disini dan baca artikel pemahaman penyakit kanker ini sampai habis bersama contoh-contohnya!
 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

                       
 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-06-19T18:24:55+07:00 Maret 10th, 2018|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment