fbpx

Kanker Mata

Jenis Kanker Mata

Kanker mata dimulai di mata. Ada berbagai jenis kanker mata. Untuk memahami kanker mata, ada baiknya mengetahui hal-hal tentang kanker mata dan ciri-cirinya.

Ada sejumlah jenis kanker yang mempengaruhi mata, termasuk:

  • Melanoma mata.

  • Karsinoma sel skuamosa (adalah satu jenis kanker kulit non-melanoma atau tidak ganas. Meski sebagian besar perkembangannya lamban dan jarang mengancam jiwa, kanker ini berkemungkinan menyebar hingga jaringan, tulang, atau noda limfa di sekitarnya).

  • Limfoma (salah satu jenis kanker darah yang terjadi ketika limfosit B atau T, yaitu sel darah putih yang menjaga daya tahan tubuh, menjadi abnormal dengan membelah lebih cepat dari sel biasa atau hidup lebih lama dari biasanya).

  • Retinoblastoma (kanker yang terjadi pada daerah di belakang mata yang peka terhadap cahaya (pada retina).

 

Kanker mata

Kanker melanoma mata. Sumber foto: My Personal Trainer

 

Gejala kanker mata

Kanker mata tidak selalu menyebabkan gejala yang jelas dan mungkin hanya diambil selama tes mata rutin.

Gejala kanker mata dapat meliputi:

  • Bayangan, kilatan cahaya, atau garis-garis bergoyang dalam penglihatan Anda.

  • Penglihatan kabur.

  • Tambalan / potongan kecil berwarna gelap di mata yang semakin besar.

  • Kehilangan sebagian atau total penglihatan.

  • Melotot pada satu mata.

  • Benjolan di kelopak mata atau di mata Anda yang semakin besar ukurannya.

  • Sakit di sekitar mata Anda, meskipun ini jarang terjadi.

Gejala-gejala ini juga dapat disebabkan oleh kondisi mata yang lebih kecil, sehingga mereka tidak selalu merupakan tanda kanker. Namun, penting untuk memeriksakan gejala ke dokter mata Anda sesegera mungkin.

 

Kanker Melanoma mata

Melanoma adalah kanker yang berkembang dari sel penghasil pigmen yang disebut melanosit. Kebanyakan melanoma berkembang di kulit, tetapi juga memungkinkan untuk terjadi di bagian lain tubuh, termasuk mata.

Eye melanoma paling sering mempengaruhi bola mata. Dokter kadang-kadang menyebutnya uveal atau choroidal melanoma, tergantung pada bagian mata mana yang terkena.

Hal ini juga dapat mempengaruhi konjungtiva, lapisan tipis yang menutupi bagian depan mata atau kelopak mata.

 

Apa yang menyebabkan melanoma mata?

Melanoma mata terjadi ketika sel penghasil pigmen di mata membelah dan berkembang biak terlalu cepat. Ini menghasilkan benjolan jaringan yang dikenal sebagai tumor.

Tidak jelas mengapa hal ini terjadi, namun faktor berikut dapat meningkatkan risiko terjadinya:

  • Warna mata lebih terang – jika Anda memiliki mata biru, abu-abu atau hijau, Anda memiliki risiko lebih tinggi mengembangkan melanoma mata dibandingkan dengan orang yang memiliki mata cokelat.

  • Kulit putih atau pucat – melanoma mata sebagian besar menyerang orang kulit putih dan lebih sering terjadi pada orang dengan kulit yang cantik.

  • Tahi lalat yang tidak biasa – jika Anda memiliki tahi lalat yang tidak teratur atau berwarna-warni, Anda lebih berisiko terkena kanker kulit dan melanoma mata.

  • Penggunaan sunbeds (tanning) – ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa membuka diri terhadap radiasi ultraviolet (UV) dari sunbeds, misalnya, dapat meningkatkan risiko melanoma mata.

  • Overexposure ke sinar matahari – ini meningkatkan risiko kanker kulit, dan mungkin juga merupakan faktor risiko untuk melanoma mata

Risiko mengembangkan melanoma mata juga meningkat seiring bertambahnya usia, dengan kebanyakan kasus didiagnosis pada orang berusia 50-an.

 

Mendiagnosis kanker melanoma pada mata

Jika dokter umum atau dokter mata Anda (optometrist) menduga Anda memiliki masalah serius dengan mata Anda, mereka akan mengarahkan Anda ke dokter mata khusus yang disebut dokter mata untuk mendapat penilaian.

Jika mereka menduga Anda memiliki melanoma mata, mereka akan mengarahkan Anda ke pusat spesialis untuk kanker mata.

Kemungkinan Anda akan memiliki sejumlah tes berbeda, termasuk:

  • Pemeriksaan mata – untuk melihat struktur mata Anda secara lebih rinci dan memeriksa kelainan.

  • Sebuah pemindaian (scan) ultrasound mata Anda – sebuah probe kecil yang ditempatkan di atas mata tertutup Anda menggunakan gelombang.suara frekuensi tinggi untuk menciptakan citra bagian dalam mata Anda; Hal ini memungkinkan dokter Anda untuk mengetahui lebih jauh tentang posisi tumor dan ukurannya.

  • Sebuah angiogram fluorescein – di mana foto-foto kanker yang dicurigai diambil dengan menggunakan kamera khusus setelah pewarna telah disuntikkan ke aliran darah Anda untuk menyoroti tumor.

  • Kadang-kadang, jarum tipis bisa digunakan untuk mengambil sampel sel kecil dari tumor (biopsi). Informasi genetik dalam sel-sel ini dianalisis untuk memberikan indikasi kemungkinan kanker menyebar atau kembali.

 

Pengobatan kanker melanoma mata

Perawatan untuk melanoma mata tergantung pada ukuran dan lokasi tumor. Tim asuhan Anda akan menjelaskan setiap pilihan pengobatan secara rinci, termasuk manfaat dan potensi komplikasi apapun.

Pengobatan akan bertujuan untuk melestarikan mata yang terkena bila memungkinkan.

Perawatan utama untuk melanoma mata adalah:

  • Brachytherapy – piring kecil yang dilapisi bahan radioaktif yang disebut plak dimasukkan ke dekat tumor dan dibiarkan di tempat selama seminggu sampai membunuh sel kanker.

  • Radioterapi eksternal – sebuah mesin digunakan untuk mengarahkan sinar radiasi pada tumor untuk membunuh sel-sel kanker.

    Operasi untuk mengangkat tumor atau bagian dari mata – ini mungkin terjadi jika tumornya kecil dan Anda masih memiliki beberapa penglihatan di mata Anda.

  • Penghapusan / pengambilan mata (enukleasi) – ini mungkin diperlukan jika tumornya besar atau Anda kehilangan penglihatan; Mata akhirnya akan diganti dengan mata buatan yang sesuai dengan mata Anda yang lain.

  • Kemoterapi jarang digunakan untuk melanoma mata, tetapi mungkin cocok untuk jenis kanker mata lainnya.

 

Jangan tergoda untuk iklan pengobatan alternatif

Hal lainnya, pasien kanker harus mendapat pengobatan yang tepat dan tidak boleh melewatkan fase emas pengobatan. Namun, seringkali masyarakat yang terdiagnosis kanker pada fase awal, justru tergoda dengan iklan pengobatan alternatif yang menyesatkan yang ada di berbagai media, baik media massa maupun media sosial.

Kita perlu mengawasi dan mengevaluasi efektifitas dan meneliti dampak lain yang ditimbulkan. Iklan yang jelas-jelas melanggar ketentuan tersebut, akan berdampak buruk dan menimbulkan kerugian, bahkan bisa membahayakan karena pasien kehilangan fase emas pengobatannya dan menjadi tidak terselamatkan.

Banyak jenis pengobatan komplementer dan alternatif yang belum diuji secara ilmiah dan mungkin tidak aman. Bicaralah dengan dokter Anda tentang risiko dan manfaat sebelum Anda memulai pengobatan komplementer atau alternatif.

 

Daftar Jenis Kanker-Kanker Lainnya

Kanker bisa dimulai di tempat manapun di tubuh. Ini dimulai saat sel-sel tumbuh di luar kendali dan kerumunan sel normal. Hal ini membuat tubuh sulit bekerja sebagaimana mestinya. Memahami penyakit kanker dapat membantu Anda untuk mengenal lebih jelas “seperti apakah kanker itu?” Klik disini dan baca artikel pemahaman penyakit kanker ini sampai habis bersama contoh-contohnya!

 

Bacaan Lainnya

 

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-01-07T23:58:51+07:00 Maret 11th, 2018|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment