Kanker Ovarium – Ciri, Gejala, Penyebab, Pengobatan, Stadium dan Perawatan

Penjelasan Kanker ovarium

Kanker ovarium adalah jenis kanker yang dimulai di ovarium. Sistem reproduksi wanita mengandung dua ovarium, satu di setiap sisi rahim. Ovarium – masing-masing seukuran almond – menghasilkan telur (ovum) serta hormon estrogen dan progesteron.

Kanker ovarium seringkali tidak terdeteksi sampai menyebar ke dalam panggul dan perut. Pada stadium akhir ini, kanker ovarium lebih sulit diobati. Kanker ovarium stadium awal, di mana penyakit ini terbatas pada ovarium, kemungkinan besar berhasil diobati.

Pembedahan dan kemoterapi umumnya digunakan untuk mengobati kanker ovarium.

Gejala

Kanker ovarium stadium awal jarang menimbulkan gejala apa pun. Pada stadium lanjut dapat menyebabkan sedikit gejala dan gejala nonspesifik yang sering disalahartikan sebagai kondisi jinak yang lebih umum.

Tanda dan gejala kanker ovarium mungkin termasuk:

  • Perut kembung atau bengkak
  • Cepat merasa kenyang saat makan
  • Penurunan berat badan
  • Ketidaknyamanan di daerah panggul
  • Perubahan kebiasaan buang air besar, seperti sembelit
  • Sering ingin buang air kecil

Penyebab

Tidak jelas apa penyebab kanker ovarium, meski dokter telah mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit tersebut.

Secara umum, kanker dimulai ketika sel mengembangkan kesalahan (mutasi) pada DNA-nya. Mutasi memberitahu sel untuk tumbuh dan berkembang biak dengan cepat, menciptakan massa (tumor) sel abnormal. Sel abnormal terus hidup ketika sel sehat mati. Mereka dapat menyerang jaringan di sekitarnya dan memutuskan tumor awal untuk menyebar ke tempat lain di tubuh (bermetastasis).

Baca juga 👉 Kanker Ovarium – Gejala, Penyebab, Pengobatan dan Perawatan

Jenis kanker ovarium

Jenis sel di mana kanker dimulai menentukan jenis kanker ovarium yang Anda miliki. Jenis kanker ovarium meliputi:

Tumor epitel, yang dimulai di lapisan tipis jaringan yang menutupi bagian luar ovarium. Sekitar 90% jenis kanker ini adalah tumor epitel (kanker yang menyerang bagian permukaan ovarium).

Tumor stroma, yang dimulai di jaringan ovarium yang mengandung sel penghasil hormon. Tumor ini biasanya didiagnosis pada tahap lebih awal daripada tumor ovarium lainnya. Sekitar 7% tumor ovarium adalah stroma.

Tumor sel germinal, yang dimulai di sel penghasil telur. Kanker ovarium langka ini cenderung terjadi pada wanita yang lebih muda.

Pencegahan

Tidak ada cara pasti untuk mencegah kanker ini. Tetapi mungkin ada cara untuk mengurangi risiko Anda:

Pertimbangkan untuk meminum pil KB. Tanyakan kepada dokter Anda apakah pil KB mungkin tepat untuk Anda. Wanita yang menggunakan kontrasepsi oral mungkin memiliki penurunan risiko kanker ini. Tetapi kontrasepsi oral memang memiliki risiko, jadi diskusikan apakah manfaatnya lebih besar daripada risiko tersebut berdasarkan situasi Anda.
Diskusikan faktor risiko Anda dengan dokter Anda.

Jika Anda memiliki riwayat keluarga kanker payudara dan ovarium, bicarakan hal ini dengan dokter Anda. Dokter Anda dapat menentukan apa artinya ini bagi risiko kanker Anda sendiri.

Dalam beberapa kasus, dokter Anda mungkin merujuk Anda ke konselor genetik yang dapat membantu Anda memutuskan apakah tes genetik tepat untuk Anda. Jika Anda ditemukan memiliki mutasi gen yang meningkatkan risiko kanker ini, Anda dapat mempertimbangkan operasi pengangkatan ovarium untuk mencegah kanker tersebut.

Baca juga 👉 Organ dan Sistem Reproduksi Manusia, Hewan dan Tumbuhan

Pengobatan untuk kanker ovarium

Perawatannya bergantung pada hal-hal seperti seberapa jauh kanker telah menyebar dan kesehatan Anda secara umum.

Perawatan utamanya adalah:

  • Operasi untuk mengangkat sebanyak mungkin kanker – ini sering melibatkan pengangkatan kedua ovarium, rahim dan saluran yang menghubungkannya satu sama lain (saluran tuba)
  • Kemoterapi – ini biasanya digunakan setelah operasi untuk membunuh sel kanker yang tersisa, tetapi kadang-kadang digunakan sebelum operasi untuk mengecilkan kanker.
  • Pengobatan akan bertujuan untuk menyembuhkan kanker bila memungkinkan. Jika kanker telah menyebar terlalu jauh untuk disembuhkan, tujuannya adalah untuk meredakan gejala dan mengendalikan kanker selama mungkin.

Stadium Kanker Ovarium

Pada stadium awal, kanker hanya terbatas pada salah satu ovarium.

Pada stadium dua, tumornya telah menyebar ke daerah tuba fallopii atau ke daerah rahim.

Pada stadium lanjut, biasanya daerah peritonium (selaput perut) sudah terkena sel sel kanker ganas, yang bisa juga menyebar melalui getah bening ke organ tubuh lainnya.

Berapa lama Anda hidup setelah didiagnosis kanker ovarium?

Untuk semua jenis kanker ovarium, sekitar 3 dari 4 wanita dengan kanker ini hidup setidaknya 1 tahun atau lebih setelah diagnosis. Hampir setengah (46,2%) wanita dengan kanker ini masih hidup setidaknya 5 tahun setelah diagnosis. Tetapi, tergantung pada stadium, kondisi tubuh masing-masing pasien.

Wanita yang didiagnosis ketika mereka lebih muda dari 65 melakukan lebih baik daripada wanita yang lebih tua.

Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini 👉 untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini 👉 untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.

Bacaan Lainnya

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi penting tentang artikel kesehatan

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Informasi perawatan / pengobatan yang diberikan di sini bukan kebijakan resmi dan tidak dimaksudkan sebagai saran medis untuk menggantikan keahlian dan penilaian tim Dokter perawatan kanker Anda. Ini dimaksudkan untuk membantu Anda dan keluarga Anda membuat keputusan berdasarkan informasi, bersama dengan dokter Anda. Dokter Anda mungkin memiliki alasan untuk menyarankan rencana perawatan yang berbeda dari opsi perawatan umum ini. Jangan ragu untuk bertanya kepadanya tentang pilihan perawatan Anda.

Kapan harus berkonsultasi dengan profesional kesehatan?

Informasi medis di www.PINTERpandai.com tidak berlaku untuk semua orang dan itu bukan saran medis. Jika Anda memiliki masalah medis, pastikan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan. Jika Anda merasa memiliki keadaan darurat medis, segera hubungi dokter Anda atau nomor darurat setempat atau nomor 112 dari HP Anda.

Sumber bacaan: Mayo Clinic, OCRA, NHS UK, Web MD

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya 

By | 2020-08-11T19:53:07+07:00 Juli 27th, 2020|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment