Kanker Vagina | Gejala, Penyebab, Pemicu, Diagnosis, Pengobatan, Pencegahan

8 min read

Kanker vagina

Penjelasan Kanker Vagina

Kanker vagina adalah kanker langka yang terjadi di vagina – saluran otot yang menghubungkan rahim Anda dengan alat kelamin luar. Kanker vagina paling sering terjadi pada sel-sel yang melapisi permukaan vagina Anda, yang terkadang disebut jalan lahir. Beberapa jenis kanker, seperti kanker serviks, bisa menyebar ke vagina. Halaman ini membahas tentang kanker yang dimulai di vagina.

Tumor kanker vagina dapat menyerang dan menghancurkan jaringan di sekitarnya. Hal ini juga dapat menyebar (metastasis) ke bagian lain dari tubuh. Tumor kanker disebut juga tumor ganas. Kanker vagina primer (yaitu, kanker yang dimulai di vagina) tidak umum. Sebagian besar waktu, ketika kanker mempengaruhi vagina, pertama kali muncul di organ lain (paling sering leher rahim atau vulva) dan kemudian menyebar ke vagina.

Sementara terdapat beberapa jenis kanker dapat menyebar ke vagina Anda dari tempat lain di tubuh Anda, kanker yang dimulai di vagina Anda (kanker vagina primer) jarang terjadi.

Diagnosis kanker ini pada stadium awal memiliki peluang terbaik untuk disembuhkan. Kanker vagina yang menyebar ke luar vagina jauh lebih sulit untuk diobati.

Kanker vagina
Kanker Vagina – Gejala, Penyebab, Diagnosis, Pengobatan, Pencegahan. Sumber foto: Wikimedia Commons. Ilustrasi: PINTERpandai.com

Gejala

Gejala kanker vagina meliputi:

  • Pendarahan vagina setelah menopause.
  • Pendarahan setelah berhubungan seks atau nyeri saat berhubungan seks.
  • Keputihan berbau atau berlumuran darah.
  • Perdarahan antar periode.
  • Benjolan atau gatal di vagina yang tidak kunjung sembuh.
  • Nyeri saat buang air kecil, atau banyak buang air kecil.
  • Sembelit.
  • Nyeri panggul.

Kanker vagina jarang terjadi, terutama pada wanita di bawah 40 tahun.

Jika Anda mengalami gejala ini, kemungkinan besar Anda mengalami sesuatu yang tidak terlalu serius, seperti infeksi.

Temui dokter Anda jika Anda memiliki tanda dan gejala yang berhubungan dengan kanker vagina, seperti perdarahan vagina yang tidak normal. Karena kanker vagina tidak selalu menyebabkan tanda dan gejala, ikuti rekomendasi dokter Anda tentang kapan Anda harus menjalani pemeriksaan panggul rutin.

Kanker Penis | Tanda dan Gejala Kanker Penis


Penyebab dan pemicu kanker vagina

Tidak jelas apa yang menyebabkan kanker vagina. Secara umum, kanker dimulai ketika sel sehat memperoleh mutasi genetik yang mengubah sel normal menjadi sel abnormal.

Sel-sel sehat tumbuh dan berkembang biak dengan kecepatan tertentu, akhirnya mati pada waktu yang ditentukan. Sel kanker tumbuh dan berkembang biak di luar kendali, dan mereka tidak mati. Sel abnormal yang terakumulasi membentuk massa (tumor).

Sel kanker menyerang jaringan di sekitarnya dan dapat lepas dari tumor awal untuk menyebar ke tempat lain di tubuh (bermetastasis).

Penyebab dan kanker vagina meliputi:

Virus papiloma manusia (HPV). Infeksi menular seksual ini adalah penyebab paling umum dari kanker vagina.

Kanker serviks sebelumnya. HPV juga sering menyebabkan kanker serviks.

Paparan in-utero diethylstilbestrol (DES). Obat ini biasa diberikan pada ibu hamil untuk mencegah keguguran.

Namun, dokter berhenti meresepkannya pada tahun 1970-an. Kanker ini yang disebabkan oleh DES sekarang sangat jarang terjadi.

Faktor risiko pemicu kanker vagina meliputi:

Pernah menjalani histerektomi sebelumnya, apakah itu untuk massa jinak atau ganas merokok, yang menggandakan risiko kanker vagina lebih tua dari 60 mengidap HIV paparan awal HPV melalui aktivitas seksual.


Jenis kanker vagina

Kanker vagina dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan jenis sel di mana kanker dimulai. Jenisnya meliputi:

1. Karsinoma sel skuamosa vagina, yang dimulai pada sel tipis dan datar (sel skuamosa) yang melapisi permukaan vagina, dan merupakan jenis yang paling umum.

Karsinoma sel skuamosa dimulai pada sel skuamosa yang membentuk lapisan epitel vagina. Ini adalah jenis kanker vagina yang paling umum.

Karsinoma sel skuamosa menyumbang sekitar 85% kasus kanker vagina dan paling sering terjadi pada wanita berusia 60 tahun atau lebih. Ini lebih mungkin muncul di bagian atas vagina, dekat serviks. Ini pertama bermanifestasi sebagai perubahan prakanker (dikenal sebagai neoplasia intraepitel vagina, atau VAIN) di epitel. Perubahan prakanker ini kemudian dapat berubah menjadi kanker. Biasanya, perkembangan ini terjadi secara perlahan dan membutuhkan waktu bertahun-tahun.

Karsinoma verrukosa adalah subtipe langka dari karsinoma sel skuamosa. Sebagian besar waktu, itu tidak menyebar ke luar vagina, tetapi dapat muncul kembali di lokasi aslinya setelah operasi (ini disebut kekambuhan lokal).

2. Adenokarsinoma vagina, yang dimulai di sel kelenjar di permukaan vagina. Sel-sel ini mengeluarkan lendir, hormon, dan cairan pelumas. Adenokarsinoma adalah jenis kanker vagina kedua yang paling umum. Ini menyumbang sekitar 15% dari kasus kanker vagina dan paling sering terjadi pada wanita berusia 50 atau lebih.

3. Melanoma vagina, yang berkembang di sel penghasil pigmen (melanosit) di vagina.
Melanoma dimulai pada melanosit, sel-sel di vagina yang menghasilkan pigmen. Ini menyumbang sekitar 3% dari kasus kanker vagina. Usia rata-rata wanita yang didiagnosis dengan melanoma adalah 55 tahun. Jenis kanker ini paling sering muncul di sepertiga bagian bawah dan di dinding anterior vagina. Ukuran, warna, dan pola pertumbuhan tumor ini bervariasi.

4. Sarkoma vagina, yang berkembang di sel jaringan ikat atau sel otot di dinding vagina Anda.

Baca juga ? Organ dan Sistem Reproduksi Manusia, Hewan dan Tumbuhan


Tes dan diagnosis

Dokter umum Anda akan bertanya tentang gejala Anda dan mungkin meminta untuk memeriksa vagina Anda (pemeriksaan panggul).

Jika mereka tidak yakin apa penyebabnya, mereka mungkin merujuk Anda ke spesialis untuk pemeriksaan lebih lanjut, seperti:

  • Pemeriksaan panggul lainnya.
  • Kolposkopi, di mana mikroskop digunakan untuk melihat ke dalam vagina Anda dan sepotong kecil jaringan dapat diangkat untuk pengujian (biopsi).
  • Scanner.

Spesialis dapat memberi tahu Anda jika Anda menderita kanker atau sesuatu yang lain. Jika itu kanker, mereka akan berbicara dengan Anda tentang apa yang terjadi selanjutnya.

Baca juga ? Kanker Penis | Tanda Gejala, Pengobatan, Tipe, Diagnosis


Pengobatan dan perawatan kanker vagina

Anda akan melihat tim spesialis yang akan merekomendasikan perawatan terbaik untuk Anda. Ini akan tergantung pada hal-hal seperti seberapa jauh kanker telah menyebar.

Perawatan dan pengobatan utama

1. Radioterapi – radiasi dari mesin eksternal atau implan sementara di vagina Anda digunakan untuk membunuh sel kanker.

2. Operasi – ini mungkin hanya melibatkan pengangkatan sebagian kecil dari vagina Anda atau itu bisa berarti vagina Anda harus diangkat seluruhnya dan dibuat ulang, dan jaringan di dekatnya seperti rahim Anda mungkin perlu diangkat (histerektomi).

3. Kemoterapi – obat digunakan untuk meredakan gejala dan membunuh sel kanker jika sudah menyebar ke bagian lain tubuh Anda.

Tanyakan kepada tim perawatan Anda tentang berbagai perawatan yang terlibat dan mengapa menurut mereka perawatan tertentu adalah yang terbaik untuk Anda.

Terkadang kanker ini bisa disembuhkan jika terdeteksi sejak dini. Jika penyembuhan tidak memungkinkan, pengobatan mungkin membantu meringankan gejala selama beberapa tahun.

Bicaralah dengan tim perawatan Anda jika Anda ingin tahu bagaimana pandangan Anda, karena ini berbeda dari orang ke orang.

Pengobatan paliatif

Pengobatan ini berfokus pada peningkatankualitas hidup bagi penderita yang parah. Perawatan paliatif adalah pelayanan terhadap pasien yang penyakitnya sudah tidak dapat disembuhkan secara medis (stadium akhir). Tujuannya adalah mempersiapkan diri menghadapi kematian tanpa rasa tertekan dan kesakitan.

Baca juga ? Menjalani Kemoterapi – Proses, Persiapan dan Apa Yang Harus Diketahui Sebelum Memulai Kemoterapi?


Pencegahan kanker vagina

Seperti kanker serviks, kanker ini biasanya disebabkan oleh infeksi beberapa jenis human papilloma virus (HPV).

Vaksinasi HPV, yang sekarang ditawarkan secara rutin kepada anak perempuan berusia 11 hingga 13 tahun, membantu mencegah infeksi jenis utama HPV yang terkait dengan kanker serviks dan vagina.

Ini secara signifikan dapat mengurangi risiko terkena kanker ini di kemudian hari.

Kanker vagina
Kanker Vagina – Gejala, Penyebab, Diagnosis, Pengobatan, Pencegahan. Sumber foto: Wikimedia Commons. Ilustrasi: PINTERpandai.com

Stadium

Tahapan berikut digunakan:

Stadium I

Pada stadium I, kanker hanya ditemukan di dinding vagina.

Stadium II

Pada stadium II, kanker telah menyebar melalui dinding vagina ke jaringan di sekitar vagina. Kanker belum menyebar ke dinding panggul.

Stadium III

Pada stadium III, kanker sudah menyebar ke dinding panggul.

Stadium IV

Stadium IV dibagi menjadi stadium IVA dan stadium IVB:

Stadium IVA: Kanker mungkin telah menyebar ke satu atau lebih area berikut:

Lapisan kandung kemih.
Lapisan rektum.
Di luar area panggul yang memiliki kandung kemih, rahim, ovarium, dan leher rahim.

Stadium IVB: Kanker telah menyebar ke bagian tubuh yang tidak berada di dekat vagina, seperti paru-paru atau tulang.


Prognosis dan kelangsungan hidup untuk oasien pengidap kanker vagina

Jika Anda menderita kanker vagina, Anda mungkin bertanya-tanya tentang prognosis Anda. Prognosis adalah tindakan terbaik yang dilakukan dokter untuk menilai bagaimana kanker akan mempengaruhi seseorang dan bagaimana mereka akan menanggapi pengobatan. Prognosis dan kelangsungan hidup tergantung pada banyak faktor. Hanya dokter yang mengetahui riwayat kesehatan Anda, jenis, stadium dan karakteristik kanker yang Anda miliki, perawatan yang dipilih, dan respons terhadap pengobatan yang dapat melihat semua data ini bersama dengan statistik kelangsungan hidup untuk mencapai pemahaman.prognosis.

Faktor prognostik adalah aspek kanker atau karakteristik orang yang diperhitungkan dokter saat membuat prognosis. Faktor prediktor mempengaruhi bagaimana kanker merespon pengobatan tertentu. Kami sering mendiskusikan faktor prognostik dan prediktif bersama-sama. Keduanya berperan dalam memilih rencana perawatan dan dalam menetapkan prognosis.

Berikut ini adalah faktor prognostik dan prediktor kanker vagina:

Stadium
Faktor prognostik yang paling penting untuk kanker vagina adalah stadium kanker. Semakin dini stadiumnya, semakin baik prognosisnya.

Ukuran tumor, volume tumor, dan perluasan lokal
Ukuran tumor adalah diameter tumor terbesar (pada dimensi terbesarnya). Volume tumor mengacu pada 3 dimensi tumor: tinggi, lebar, dan ketebalannya. Data yang ada menunjukkan bahwa prognosis lebih baik jika ukuran dan volumenya kecil daripada jika besar.

Luas lokal mengacu pada kedalaman di mana tumor telah tumbuh ke dalam dinding vagina dan jaringan sekitarnya. Semakin dalam perkembangannya, semakin kurang menguntungkan prognosisnya.

Jenis tumor
Jenis tumor vagina merupakan faktor prognostik yang penting. Karsinoma sel skuamosa memiliki prognosis yang lebih baik dibandingkan jenis tumor lainnya, seperti melanoma vagina. Karsinoma sel jernih, yang terjadi pada wanita yang ibunya menggunakan dietilstilbestrol (DES) selama kehamilan, tampaknya terkait dengan prognosis yang lebih baik daripada jenis adenokarsinoma lainnya.

Nilai (grade)
Tumor tingkat rendah, yang tumbuh lambat dan kecil kemungkinannya untuk menyebar, memiliki prognosis yang lebih baik daripada tumor tingkat tinggi.
Menyebar ke kelenjar getah bening
Prognosis untuk kanker vagina yang belum menyebar ke kelenjar getah bening lebih baik daripada kanker yang telah menyebar di sana.

Lokasi tumor
Prognosis untuk tumor di sepertiga tengah dan bawah vagina atau tumor di dinding posterior vagina kurang menguntungkan.

Gejala
Prognosis untuk wanita yang datang dengan gejala pada saat diagnosis umumnya kurang menguntungkan.

Usia dan kesehatan umum
Prognosis wanita muda umumnya lebih baik daripada wanita berusia 60 tahun atau lebih. Selain itu, prognosis biasanya lebih baik pada wanita dengan kesehatan umum yang baik.


Contoh Kanker-Kanker Lainnya

Kanker bisa dimulai di tempat manapun di tubuh. Ini dimulai saat sel-sel tumbuh di luar kendali dan kerumunan sel normal. Hal ini membuat tubuh sulit bekerja sebagaimana mestinya. Memahami penyakit kanker dapat membantu Anda untuk mengenal lebih jelas “seperti apakah kanker itu?” Klik disini dan baca artikel pemahaman penyakit kanker ini sampai habis bersama contoh-contohnya!

Apa 5 Klasifikasi Antibodi dan Fungsinya?

Lima klasifikasi antibodi atau kelas yang berbeda diketahui berada pada tubuh mamalia dan memainkan peran yang berbeda dan menolong mengarahkan respon imun yang tepat untuk tiap tipe benda asing berlainan yang masuk ke dalam tubuh, yaitu: IgM, IgD, IgG, IgA, dan IgE. Mereka yang memberikan setiap isotipe dengan karakteristik dan peran yang berbeda. Untuk lebih detilnya baca: Klasifikasi Antibodi Beserta Contoh dan Fungsinya: IgM, IgD, IgG, IgA, IgE)

Penanda Tumor – Tumor Marker – Apa Saja Tes Penanda Tumor untuk Deteksi Kanker? Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui

Penanda tumor adalah zat yang ditemukan dalam kadar yang lebih tinggi dari normal dalam darah, urin, atau jaringan dari beberapa penderita kanker. Hal-hal yang perlu Anda ketahui: CA15-3 dan CA27-29 Kanker payudara (breast cancer). PSA untuk prostat, dll.

Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi penting tentang artikel kesehatan

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Informasi perawatan / pengobatan yang diberikan di sini bukan kebijakan resmi dan tidak dimaksudkan sebagai saran medis untuk menggantikan keahlian dan penilaian tim Dokter perawatan kanker Anda. Ini dimaksudkan untuk membantu Anda dan keluarga Anda membuat keputusan berdasarkan informasi, bersama dengan dokter Anda. Dokter Anda mungkin memiliki alasan untuk menyarankan rencana perawatan yang berbeda dari opsi perawatan umum ini. Jangan ragu untuk bertanya kepadanya tentang pilihan perawatan Anda.

Kapan harus berkonsultasi dengan profesional kesehatan?

Informasi medis di www.PINTERpandai.com tidak berlaku untuk semua orang dan itu bukan saran medis. Jika Anda memiliki masalah medis, pastikan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan. Jika Anda merasa memiliki keadaan darurat medis, segera hubungi dokter Anda atau nomor darurat setempat atau nomor 112 dari HP Anda.

Sumber bacaan: National Cancer Institute, Dana-Farber, NHS UK, Mayo Clinic, Health Line

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.