PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Kepercayaan Penduduk Asli Amerika Beserta Adat Istiadatnya

6 min read

Kepercayaan Penduduk Asli Amerika

Kisah mereka akan dimulai sekitar 40.000 tahun sebelum kedatangan Christopher Columbus di Benua Amerika. Saat itulah penduduk asli Amerika yang datang dari Asia, mereka akan menetap di benua Amerika. Sebuah jembatan es kemudian menghubungkan Siberia ke Alaska. Saat mengejar kawanan mamut, kelompok pemburu nomaden tanpa sadar berpindah dari Asia ke Amerika. Selama ribuan tahun, orang India menetap di mana-mana dari Utara ke Selatan. Kepercayaan penduduk asli Amerika sangatlah kaya, dari perayaan keagamaan, penghormatan, komunikasi, ritus, tarian dan masih banyak lagi…

Pada asal mula semua agama, kita menemukan rasa hormat yang sama terhadap bumi dan alam. Tidak akan pernah ada agama yang mengajarkan bahwa manusia setara dengan Tuhan dan harus mendominasi alam. Ketundukan pada alam adalah hal biasa bagi semua peradaban.

Di sekeliling mereka alam menampilkan dirinya sebagai tontonan, orang India tahu bagaimana menghormati dan menyukainya. Mereka tahu bagaimana mendengarkannya dengan cukup rendah hati untuk menemukan mata rantai yang menyatukan hewan, manusia, dan tumbuhan. Tautan rahasia yang dilestarikan tradisi hingga saat ini.

“Orang Indian hidup dalam persekutuan dengan alam. Bagi mereka ada roh di pohon, roh di tanaman, roh di bunga. Inilah yang ingin dihancurkan oleh umat Katolik. Orang-orang kita dihancurkan. dan mati syahid di luar batas. Benar-benar bencana.”

Kehidupan mereka diselingi oleh “festival” atau perayaan keagamaan. Topeng adalah elemen sentral dari tarian. Ketika penari memakainya, dia melupakan kepribadiannya untuk sementara dan mengabdikan dirinya sepenuhnya pada roh yang menyerbunya.

“Ritus dan tarian orang India menjelaskan pentingnya mereka memberikan akar mereka, untuk mata rantai yang mengikat mereka ke lingkungan. Orang India jauh lebih peduli dengan dimensi spasial daripada dimensi temporal atau sejarah. Selalu merayakan tempat yang dilihatnya. kelahiran marga atau tempat yang memungkinkannya berkembang.”

Suku-suku tertentu menguburkan mayat mereka dengan semua benda milik mereka seperti permata, senjata, tembikar mereka.

“Penguburan dipandang sebagai akhir dari siklus manusia. Manusia dilahirkan dari bumi dan ketika dia meninggal dia kembali ke tempat asalnya. Bumi dipandang sebagai ibu angkat. Alam terhubung. Darah yang sama mengairi anak-anaknya. ”

Gundukan (nekropolis besar yang ditutupi dengan tanah) yang dibangun oleh orang Indian di Mississippi adalah kuburan kolektif yang sangat besar. Ini adalah makam yang meniru bentuk perut wanita hamil. Ini adalah cara untuk menghormati ibu.

“Setelah kematian, kami memilih bentuk di mana kami ingin kembali dengan menjadi roh. Seseorang akan berkata: Saya suka pohon, dia akan berkata:” Saya akan menjadi cedar dan suku dapat menggunakan saya. Lain yang suka berjalan di pegunungan akan berkata: “Saya akan berubah menjadi rusa seperti itu, mereka dapat menggunakan tanduk saya, kulit saya, kuku saya, makan daging saya”. Semua roh kembali dalam satu atau lain bentuk. Dan yang penting bagi mereka adalah untuk melayani generasi lain karena kita adalah bagian dari keluarga yang sama. Ketika kita menjelajah ke alam bebas, kita menemukan diri kita berada di antara saudara-saudari kita yang mengawasi kita. Alam mencintai kita, dia selalu mencintai kita.”

“Jika saya harus mengubah sesuatu, saya akan berbicara dengan orang Barat dan saya akan menyarankan mereka untuk merenungkan kesalahan mereka dan saya akan memberi tahu mereka bahwa alih-alih membelikan kami bulu, filter ajaib, atau benda suci, mereka pergi untuk mengisi ulang baterai mereka sendiri. sejarah. ”

Saat ini orang India beragama Katolik dan Protestan tetapi mayoritas sangat menghormati tempat-tempat suci tertentu. Mereka masih mengasosiasikan kepercayaan nenek moyang mereka dengan agama mereka. Mereka mengira Yesus adalah matahari misalnya.


Kepercayaan penduduk asli Amerika dan penghormatan lingkaran keabadian

Orang India selalu menghormati lingkaran, simbol keabadian adalah bentuk di mana nasihat dari para tetua diadakan. Ini adalah bentuk matahari dan tenda mereka, tipis.

“Semua kekuatan kita berasal dari lingkaran suci. Selama lingkaran itu tidak rusak, orang-orang kita makmur seperti pohon yang mekar. Mereka berdiri dalam lingkaran dan menarik vitalitas mereka dari empat perempat lingkaran. Timur memberi mereka cahaya. dan damai. Selatan memberinya panas, Barat memberinya hujan, Utara berkat angin yang menyegarkan memberinya kekuatan dan daya tahan. ”

“Orang India menganggap teepee sebagai hadiah dari Tuhan. Terkadang ketika Anda melihat cakrawala setelah badai, Anda melihat pelangi di timur dan sinar matahari di barat. Jika bumi dipegang oleh benang yang menenun mantel untuk menghangatkan pria Ketika orang Indian melihat ini, mereka berkata, “Mari kita buat rumah kita seperti ini. “Teepee bisa dibilang objek paling penting dari budaya kita. Kita harus sekuat pasak teepee kita, mereka miring, mereka melentur, tetapi mereka masih bertahan.”


Komunikasi dan Tanda Isyarat

Setiap suku memiliki bahasanya sendiri, tradisinya, organisasi sosialnya. Tetapi mereka semua memiliki rasa hormat yang sama dan cinta berbakti yang sama terhadap alam.

“Hewan, tumbuhan, dan manusia adalah saudara sedarah. Dukun (penyihir) tahu semua rahasia alam semesta. Mereka memastikan bahwa harmoni dunia dihormati.”

Untuk berkomunikasi satu sama lain, orang India telah menyepakati bahasa yang dipahami semua orang: bahasa isyarat.
Setiap suku memiliki tanda khusus yang memungkinkannya untuk menampilkan dirinya sendiri. Tapi anehnya identifikasi suku didahului oleh isyarat isyarat India: mereka menggosok tangan dua kali bolak-balik. Kemudian mereka memperkenalkan diri:
* Para Comanches meniru gerakan ular.
* Keluarga Cheyenne membuat gerakan memotong jari mereka.
* Gagak meniru penerbangan burung gagak.
* The Pawnee membuat tanda V.
* Keluarga Nez-Percés meletakkan jari telunjuk mereka di bawah hidung mereka.

Mereka kemudian bisa berdiskusi, berdagang. Itu di atas segalanya adalah bahasa tiruan yang didasarkan pada tiruan dari objek yang sedang kita bicarakan.
Secara bertahap, orang asli Amerika (American Indian or Native America) menambahkan tingkat simbolis.
“Kami tidak melihat dunia seperti yang Anda lihat dan itu karena bahasa yang menyusun pemikiran kami. Jika Anda menggunakan bahasa di mana perbedaan antara hidup dan mati tidak ada tetapi di mana perbedaan antara animasi dan mati maka semuanya akan tampak hidup bagi Anda. Dunia ini hidup di sekitar kita.”

Bahasa isyarat hanya digunakan di antara orang Indian Dataran. Mereka banyak berdagang bersama dan harus menemukan cara yang nyaman untuk saling memahami, bernegosiasi, membeli dan menjual. Pada pergantian abad, perkembangan bahasa Inggris di antara semua penduduk asli Amerika Utara meruntuhkan hambatan bahasa dan membuat cara komunikasi ini benar-benar usang.

Dewa / Dewi Kepercayaan Penduduk Asli Amerika

Keragaman suku Indian Amerika Utara dimanifestasikan dalam keyakinan mereka dan semangat yang mereka yakini. Meskipun suku-suku yang berbeda terkadang berbagi ritual yang sama, roh-roh itu lebih sering spesifik kepada mereka.

Dalam kasus agama-agama Indian Amerika Utara, kita tidak dapat berbicara tentang dewa-dewi seperti itu. Memang, kategori-kategori Yunani yang telah diterapkan pada agama-agama panteistik tidak sepenuhnya sesuai dengan agama-agama animisme seperti yang dimiliki orang Indian Amerika Utara.

Abenaki

Tabal-dak: Semangat kreatif androgini dari Abenaki, dia menciptakan manusia. Dari debu tangannya ia akan menciptakan dua bersaudara: Gluskab dan Malsumi. Kedua bersaudara ini memiliki kemungkinan untuk menciptakan dunia yang lebih baik, tetapi hanya Gluskab yang mencobanya. Malsumi lebih cenderung melakukan kejahatan.

Apache

Ysun: Pencipta Apache, Ysun adalah roh yang sangat kuat tetapi tanpa wujudnya sendiri, entitas tak berwujud yang pengaruhnya akan meluas ke semua makhluk hidup.

Algonquin

Manitou: Roh Tertinggi Algonquin. Di bawah nama Kije Manito (Gitche Manitou) yang dalam bahasa Algonquian berarti “semangat besar”. Dia adalah pencipta semua yang ada di Bumi. Tetapi istilah Manitou telah mampu mengkualifikasikan entitas lain seperti yang muncul misalnya dalam mimpi. Representasi roh bervariasi dari satu suku ke suku: Mascoutins, misalnya, berdoa sebelum berburu sebagai penguasa binatang. Innu (Montagnais) memuliakannya sebagai pelindung karibu.

Assiniboine

Iktomi: Pencipta Bumi.

Cherokee

Asagaya Gigagei: Roh guntur dari Cherokee, Asagaya Gigagei dipanggil oleh dukun ketika mereka perlu untuk menyembuhkan.

Cheyenne

Maheo adalah Manitou dari Cheyennes.

Iroquois

Roh Agung adalah asal mula alam semesta dan semua yang mengelilinginya (tumbuhan, hewan, manusia …) dan mendominasinya, itu juga disebut Manitou dalam bahasa Algonquin.

Oranda / Orenda: Sebuah kekuatan spiritual yang dipuja oleh Iroquois, Oranda adalah entitas abstrak yang manifestasinya berlipat ganda di dunia hidup dan dapat hadir dalam berbagai tingkat pada makhluk apa pun, manusia atau hewan.
Gohone: Dewa yang melambangkan musim dingin.
Seperti semua roh musim, dia adalah pelayan Adekagagawaa (Roh Agung), seorang demiurge yang dipersonifikasikan di bawah sinar matahari.

Navajo

-Estsanatlehi: Pencipta manusia. Seperti dewi kesuburan dalam banyak mitologi, entitas ini menjadi tua di musim dingin dan kembali muda di musim semi. Dia adalah istri dari roh matahari Tsohanoi.
-Hastsezini: Dewa api.
-Tonenili: Semangat hujan, “penyiram” bersenang-senang dengan laki-laki dengan menggunakan “panci air” tetapi baik hati ketika keadaan membutuhkan; misalnya, ketika dia berhasil menyelamatkan Navajo pertama dari cengkeraman monster air yang mengerikan, dengan dukungan sekutunya Hastsezini, Roh Api.
-Tsohanoai: Spirit of the Sun, dia memakai atribut pijar di punggungnya dan menyimpannya untuk malam di rumahnya dengan menggantungnya di dinding (barat).

Pawnee

-Tirawa: Disebut “The Vault of Heaven” di antara para Pawnee, Tirawa yang jauh dan roh yang mahakuasa adalah pencipta dunia. Bersama istrinya, Atira, dia mengadakan nasihat di surga dan membagikan instruksinya kepada roh-roh lain; Dialah yang menikahi matahari (Shakouroun) dan bulan (Pah), memberi mereka misi pertama untuk menghangatkan bumi, yang kedua untuk menyediakan tidur dan istirahat, dan yang menempatkan anak mereka (laki-laki) di bumi, jadi yang mengajarinya kehidupan, menawarkan kepadanya untuk menemani gadis yang lahir dari bintang-bintang. Tirawa, meskipun sangat dihormati, dapat menunjukkan dirinya dalam suasana hati yang tidak menentu, karena dia menyebabkan banjir dan hampir membuat umat manusia menghilang dalam kemarahan …
-Atira Istri Tirawa.
-Pah Bulan, istri Shakouroun (matahari).
-Shakouroun Matahari, suami Pah (bulan).

Sioux

Wakan Tanka / Waconda / Wakanda: Sumber Kebijaksanaan Tertinggi, roh Sioux yang dermawan dan maha kuasa, yang mencerahkan dukun.

Roh yang dimiliki oleh berbagai suku

-Gagak atau Chulyen, Hemaskas, GuGuyni, Nankil’slas, Kwekwaxa’we, Txamsem, We-ghyet, Yhel menurut suku, roh joker, yang memasang perangkap, roh licik.
-The coyote atau Akba-Atatdia, kadang-kadang disebut “orang tua”, menurut suku.
-Kelinci besar atau Manabhoszo Kivati, Kwatyat, Xelas Manibhozo, Wisaaka, juga semangat kelicikan dan perubahan.


Penduduk Asli Amerika | Warisan Budaya, Adat Istiadat


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Cleverly Smart, Reader’s Digest

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.