Fungsi, Jenis & Penyakit Sumsum Tulang

3 min read

sumsum

Apakah Sumsum Tulang?

Sumsum tulang adalah jaringan lunak yang ditemukan pada rongga interior tulang yang merupakan tempat produksi sebagian besar sel darah baru.

Tempat dan lokasi sumsum tulang termasuk tulang dada (tengah dada), panggul (tulang pinggul) dan femur (tulang paha).

Leukemia, merupakan kanker yang terjadi akibat tidak matangnya sel darah yang berkembang di dalam sumsum tulang dan memiliki kecenderungan untuk berakumulasi di dalam sirkulasi darah


Fungsi Sumsum Tulang

  • Untuk sistem transportasi dan sistem pertahanan tubuh. Mereka dapat menghasilkan kurang lebih 500 juta sel darah merah/ Sel darah merah berfungsi untuk mengikat oksigen dan menghantarkannya ke seluruh sel-sel tubuh.
  • Menghasilkan limfosit, yakni salah satu komponen sel darah putih yang berfungsi untuk melawan bakteri, kuman, dan benda asing yang masuk ke dalam tubuh.

2 Jenis Sumsum Tulang

  • Sumsum merah (medulla ossium rubra) yang bertanggung jawab untuk memproduksi sel darah merah, sel darah putih dan trombosit.
  • Sumsum kuning (medulla ossium flava) yang terdiri terutama dari sel-sel lemak. Mereka mengandung sel punca yang dapat menjadi tulang rawan, lemak, atau sel tulang.
  • Sumsum putih (sumsum agar-agar). Dalam varian sumsum kuning ini, timbunan lemak digantikan oleh air, sehingga tampak seperti agar-agar. Sumsum putih tidak lagi dapat diubah kembali menjadi sumsum merah, sehingga merupakan bentuk sumsum yang mengalami degenerasi ireversibel. Varian ini biasanya terjadi pada usia lanjut atau pada orang yang sakit parah.

Pada saat lahir, semua sumsum tulang adalah sumsum merah. Seiring dengan pertumbuhan dan umur, semakin banyak yang berubah menjadi sumsum kuning.

Rata-rata, sumsum tulang merupakan 4% dari total massa tubuh manusia; pada orang dewasa memiliki 65 kilogram massa, sumsum tulang biasanya beratnya sekitar 2,6 kilogram.


Penyakit & Gelaja Sumsum Tulang

Pada umumnya dengan adanya peradangan yang diakibatkan adanya infeksi pada tulang oleh bakteri bernama staphylococcus.

Bakteri ini terbawa oleh darah dan mengalir lalu menetap di sumsung tulang belakang sehingga dengan mudah mereka digerogoti.

Beberapa penyakit dan gangguan dari sumsum tulang lainnya:

  • Gangguan dari sel-sel plasma atau Plasma sel dyscrasia-sana adalah produksi berlebih dari satu tiruan dari limfosit B dan protein antibodi.
  • Pada anemia aplastik, sumsum tulang tidak membuat sel darah merah. Ini lebih sering terjadi pada orang-orang di usia remaja dan dua puluhan tetapi juga umum di antara orang tua. Ini dapat disebabkan oleh faktor keturunan, penyakit kekebalan, atau paparan bahan kimia, obat-obatan, atau radiasi. Namun, pada sekitar setengah kasus, penyebabnya tidak diketahui.
  • Pada gangguan mieloproliferatif, sumsum tulang membuat terlalu banyak sel darah putih.
  • Limfoma dan kanker lainnya yang menyebar ke sumsum tulang dan mempengaruhi sel produksi.
  • Depresi sumsum tulang mungkin disebabkan karena kanker kemoterapi, transplantasi sumsum tulang dan terapi radiasi kanker.
  • NINCDS purpura thrombocytopenic-ini mengakibatkan penurunan produksi trombosit dan kecenderungan pendarahan.
  • Cytopenia – hal ini mengakibatkan penurunan produksi semua jenis sel.
  • Penyebab lain termasuk tumor sel kecil dari masa kanak-kanak, tiang sel penyakit, penyakit granulomatosa Disseminated, Amiloidosis primer, penyakit metabolik tulang dll.

Pemeriksaan

Umumnya dilakukan biopsi dengan pemeriksaan secara ditusukkan jarum dengan pengambilan sampel jika dicurigai dengan adanya penyakit dalam darah. Dengan mengambil sampel sumsum cair dengan aspirasi, baik dari tulang dada atau dari pinggul.

Gejala umum yang sering muncul pada sumsum tulang

Gejala umum yang sering muncul jika terjadi peradangan sumsum tulang belakang ialah adanya rasa nyeri atau sakit ketika digerakkan, menggigil, hingga demam.

Penyakit ini bukanlah penyakit ringan sehingga butuh penanganan dokter secara intensif, karena jika dibiarkan akan berkembang menjadi kanker tulang.

Ilustrasi sederhana dari sel-sel di sumsum tulang

Daftar Jenis Kanker-Kanker Lainnya

Kanker bisa dimulai di tempat manapun di tubuh. Ini dimulai saat sel-sel tumbuh di luar kendali dan kerumunan sel normal. Hal ini membuat tubuh sulit bekerja sebagaimana mestinya. Memahami penyakit kanker dapat membantu Anda untuk mengenal lebih jelas “seperti apakah kanker itu?” Klik disini dan baca artikel pemahaman penyakit kanker ini sampai habis bersama contoh-contohnya!

Sekilas Tentang “BPJS” Dan “KIS”

Pencegahan adalah hal yang paling baik. Jika Anda tidak mempunyai asuransi, Anda dapat ikut serta program pemerintahan dengan biaya iuaran yang cukup ringan. Info klik -> BPJS Kesehatan

Bagaimana dengan rakyat yang tidak mampu / miskin? Tidak perlu khawatir, semua rakyat miskin atau PBI (Penerima Bantuan Iuran) ditanggung kesehatannya oleh pemerintah. Sehingga tidak ada alasan lagi bagi rakyat miskin untuk memeriksakan penyakitnya ke fasilitas kesehatan. Kartu Indonesia Sehat (KIS) menjamin dan memastikan masyarakat kurang mampu untuk mendapat manfaat pelayanan kesehatan seperti yang dilaksanakan melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Info klik -> KIS (Kartu Indonesia Sehat)


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “oooh begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: Medline PlusMedical News TodayThe Bone Marrow FoundationLabtestonline.org

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.