PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Kolagen mana yang harus dipilih? Banyak Jenis dan Tipenya, Mari Simak Bersama!

6 min read

Kolagen mana yang harus dipilih

Kolagen mana yang harus dipilih?

Kolagen adalah protein yang berasal dari alam, digunakan selama beberapa dekade oleh industri kosmetik. Ini adalah konstituen utama dari jaringan ikat pada mamalia, perannya bervariasi dan penting untuk struktur tubuh. Memang, kolagen adalah kerangka kerja nyata bagi tubuh manusia! Kolagen mana yang harus dipilih?

Namun, ada dalam suplemen makanan dan dalam bentuk yang berbeda, kadang-kadang sulit untuk menavigasi dan membuat pilihan. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan fungsi dan kegunaan kolagen dalam tubuh, tetapi juga beberapa saran untuk membantu Anda memilih suplemen terbaik.

Apa itu kolagen?

Kolagen adalah zat alami yang sangat banyak terdapat dalam tubuh manusia. Ini adalah protein yang paling melimpah pada hewan. Ini ditemukan di kulit, otot, tulang rawan, ligamen, tendon, dan tulang. Kolagen dengan demikian memberikan kohesi ke jaringan yang berbeda, ia bertindak sebagai kerangka kerja.

  • Kolagen tipe I: kulit, tendon, vaskular, pengikat, organ, tulang.
  • Kolagen tipe II: tulang rawan.
  • Kolagen tipe III: serat retikulat.
  • Kolagen tipe IV: membentuk dasar dari membran basal sel.
  • Kolagen tipe V: ditemukan di jaringan yang mengandung tipe I.

Dari ke-5 jenis kolagen tersebut, kolagen tipe I yang paling melimpah. Ini masuk akal karena jenis ini ditemukan di kulit, organ terbesar tubuh manusia. Selain memberikan kekuatan dan elastisitas kolagen juga membantu menggantikan sel kulit yang mati.

Sedikit sejarah

Kolagen dan manfaatnya telah diakui selama ribuan tahun dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Namun, baru pada abad ke-19 hal itu menjadi perhatian para ilmuwan Barat. Oleh karena itu, baru sejak tahun 1980 para peneliti Eropa tertarik padanya.

Untuk apa kolagen digunakan?

Kolagen adalah apa yang disebut protein struktural, artinya ia berpartisipasi dalam penataan organisme. Pada mamalia, termasuk manusia, kolagen membentuk hampir 35% protein tubuh.

Ia memenuhi berbagai peran utama dan esensial. Ini memberi kohesi pada jaringan, memberi mereka elastisitas, ketahanan dan fleksibilitas.

Manfaat kolagen dalam tubuh

Kolagen terkenal karena penggunaannya dalam bedah kosmetik dan kosmetik. Manfaatnya tidak terbatas pada ini, namun, karena di dalam tubuh, ia juga mengintervensi sendi, pencernaan, dan otot.

Kolagen dan persendian

Matriks ekstraselular kartilago sendi tersusun kaya dengan serat kolagen tipe II. Kolagen ini juga merupakan salah satu komponen utama sendi dan tulang, mewakili hampir 70% dari berat tulang rawan. Seiring bertambahnya usia, hilangnya kolagen pada sendi memicu ketidaknyamanan sendi.

Keausan pada tulang rawan artikular dapat mempengaruhi lutut, pinggul, tulang belakang, leher, jari tangan atau pergelangan kaki. Tanda-tanda pertama umumnya muncul sekitar usia 40/50.

Kolagen dan kepadatan tulang

Dengan bertambahnya usia, tulang kemudian menjadi lebih rapuh dan kurang tahan.

Dalam jaringan tulang, kolagen diproduksi oleh osteoblas, membentuk lamela yang memberi kekuatan pada tulang.

Kolagen dan kulit

Berkat fungsi strukturalnya untuk jaringan tubuh, kolagen memberi kulit elastisitasnya dan meningkatkan penampilannya. Namun, sejak usia 25 tahun, produksi kolagen endogen menurun, karena pengeringan fibroblas yang memproduksinya. Inilah sebabnya mengapa tanda-tanda awal penuaan, kerutan dan garis-garis halus, bisa muncul di wajah.

Di luar khasiat pada kulit ini, kolagen juga bermanfaat untuk kecantikan rambut. Baca juga: Vitamin Penumbuh Rambut dan Nutrisi Terbaik untuk Pertumbuhan beserta Ketebalan Rambut

Kolagen dan saluran pencernaan

Usus terdiri dari jaringan ikat, yang memiliki peran mendukung dan memperkuat lapisan saluran pencernaan. Jaringan ikat ini mengandung kolagen. Fungsi utama kolagen sangat penting di sini karena mereka memungkinkan usus bertindak sebagai penghalang yang mencegah lewatnya partikel yang tidak diinginkan ke dalam darah. Permeabilitas berlebih ini juga dikenal sebagai hiperpermeabilitas mukosa usus.

Perkembangan otot

Jaringan otot kaya terdiri dari kolagen, itu sendiri terdiri dari glisin. Glycine adalah asam amino aktif dalam sintesis creatine. Yang terakhir ini ditemukan pada 95% di otot. Ini sering diambil sebagai suplemen makanan dalam olahraga tertentu untuk meningkatkan kinerja melalui pengembangan otot.

Kolagen dan usia

Serat kolagen di dermis memberikan elastisitas, nada dan ketahanan kulit. Seiring bertambahnya usia, serat ini menjadi semakin langka. Ini adalah bagaimana kerutan, garis halus dan stretch mark muncul. Penampilan kulit berubah, menjadi kurang kenyal.

Ini adalah fenomena yang benar-benar alami, karena ketika kolagen tubuh berkurang, struktur epitel menjadi lebih rapuh. Demikian juga, rambut kurang tahan, tendon dan ligamen kurang elastis dan sendi kehilangan fleksibilitas.

Ada faktor yang mempercepat hilangnya kolagen, yang selalu baik untuk diketahui:

  • paparan sinar matahari
  • tembakau (rokok)
  • agen pencemar
  • beberapa racun
  • stres

Semua meningkatkan produksi radikal bebas dalam tubuh yang menghancurkan kolagen yang ada.

Berbagai bentuk kolagen

Kolagen dari daging sapi

Kolagen sapi diekstraksi dari kulit sapi, yang kemudian disterilkan dan kemudian dicairkan. Ini banyak digunakan di bidang kedokteran estetika, terutama dalam bentuk suntikan untuk menambah volume bibir atau mengurangi kerutan. Namun, kolagen sapi diserap oleh tubuh, efeknya hanya sementara; inilah sebabnya intervensi yang disebutkan di atas hanya berlangsung sekitar tiga bulan.

Ada juga kolagen sapi dalam bentuk bubuk, yang dihargai karena kualitas protein spesifiknya, yang digunakan sebagai suplemen makanan dalam olahraga.

Kolagen laut

Kolagen laut diekstraksi dari residu industri makanan, biasanya ikan dan udang. Ini sering digunakan dalam krim anti-kerut.

Kolagen tipe II, dari unggas

Ada juga kolagen tipe II yang didapat dari tulang dada ayam. Ini terutama digunakan dalam bentuk suplemen makanan.

Bentuk kolagen apa yang harus Anda pilih? Kolagen mana yang harus dipilih?

Diet tradisional saat ini mengandung semakin sedikit kolagen. Memang, kita mengonsumsi lebih sedikit daging berlemak dan lebih sedikit hidangan berbahan dasar tulang atau tulang rawan, yang secara alami kaya akan kolagen.

Sebagai suplemen makanan, kolagen ada dalam dua bentuk: kolagen asli dan kolagen hidrosol.

Kolagen asli memiliki struktur molekul yang kompleks, beratnya tinggi, sehingga tidak dapat langsung diserap dan dilewatkan ke dalam sirkulasi. Hanya 1% dari bentuk alaminya yang disimpan oleh tubuh selama penyerapannya. Bioavailabilitas kolagen asli karena itu kurang menarik.

Kolagen hidrolisat hasil dari hidrolisis enzimatik gelatin dari kolagen. Molekul dibagi dan kemudian lebih kecil, mereka adalah peptida kolagen. Tingkat penyerapan kemudian meningkat menjadi 90%. Kolagen hidrolisat adalah bentuk yang paling baik diasimilasi oleh tubuh, dan karena itu yang lebih disukai.

Kolagen mana yang harus dipilih? Akhirnya, kolagen terdapat dalam bentuk bubuk, kapsul atau krim. Asupan oral akan memiliki tindakan global pada tubuh, krim akan memiliki tindakan yang lebih bertarget.

Kolagen laut

Kolagen laut, yang diekstraksi dari limbah ikan atau udang (kulit, sisik, tulang), lebih efektif daripada kolagen sapi. Lebih mudah diserap oleh tubuh. Selain itu, strukturnya lebih dekat dengan kolagen manusia dan bertahan lebih lama di dalam tubuh.

Karena kurang disukai dan karena dianggap kurang efektif, produk yang terbuat dari kolagen sapi seringkali lebih murah.

Dalam format atau bentuk apa?

Di pasaran, kolagen laut ada terutama dalam bentuk krim, kapsul dan tablet. Beberapa produsen menawarkannya dalam bentuk cair. Ada sangat sedikit kolagen laut bubuk.

Bagaimana cara memilihnya?

Seperti industri lainnya, industri perikanan menghasilkan banyak limbah dari pengolahan ikan (kulit, tulang, dll). Kolagen laut, yang dibuat dari limbah ini, dapat muncul sebagai cara untuk menggunakannya kembali, sehingga mengurangi limbah dan jumlah limbah yang dihasilkan.

Namun, kolagen mana yang harus dipilih? perlu untuk memperhatikan dan menerapkan proses untuk menjamin dan memverifikasi kualitas bahannya. Jika Anda ingin membeli kolagen laut, kami sarankan untuk memperhatikan asal produk (seperti halnya makanan apa pun!). Adalah baik untuk memeriksa tidak adanya transgenik dan logam berat, serta kriteria penangkapan ikan yang berkelanjutan.

Kapan mengkonsumsi kolagen laut?

Kolagen diminum sebelum makan. Hidrolisat juga dapat dikonsumsi selama makan.

Umumnya, dosisnya dibagi pada siang hari (paling sering pagi dan sore).

Disarankan untuk mengonsumsi kolagen dalam kombinasi dengan vitamin C, yang mendorong asimilasinya oleh tubuh. Asupan kolagen oral juga dapat dikombinasikan dengan suplemen makanan lain untuk persendian.

Apakah ada bahaya?

Menurut banyak ahli dan berbagai penelitian, kolagen laut bukan merupakan bahaya kesehatan. Tetapi selalu konsultasikan selalu dengan dokter Anda sebelum meminum suplemen apapun.

Tidak ada interaksi dengan perawatan obat yang diketahui sampai saat ini. Demikian pula, tidak ada kontraindikasi untuk mengonsumsi kolagen sebagai suplemen makanan, belum ada efek samping yang terdaftar. Orang dengan gagal ginjal, wanita hamil dan menyusui harus berkonsultasi dengan dokter mereka sebelum melengkapi.

Kolagen dan Makanan yang mengandung sumber kolagen

Kolagen mana yang harus dipilih? Berikut contoh makanan sehat tinggi kolagen:

Agar-agar

Diperoleh dari kulit dan tulang hewan, kaya akan protein dan mengandung beberapa asam amino untuk mensintesis kolagen.

Ini dapat dimakan dalam bentuk bubuk atau lembaran, dan digunakan untuk persiapan panna cotta atau makanan penutup lainnya (misalnya).

Daging

Kolagen ditemukan di tulang dan tulang rawan daging, Anda bisa menyiapkan kaldu buatan sendiri dari ini.

Telur

Kuning telur sangat kaya akan kolagen.

Ikan dan kerang

Seperti daging, Anda bisa menyiapkan kaldu atau saus dari kulit dan cangkang produk makanan laut.

Makanan kaya kolagen

Seperti yang akan Anda perhatikan, hanya ada sedikit makanan yang mengandung kolagen. Namun demikian, adalah mungkin untuk beralih ke pola makan yang meningkatkan produksi dan membatasi degradasinya.

Untuk ini, Anda dapat memilih makanan yang kaya asam amino, vitamin A, C dan E dan seng. Berikut adalah beberapa contoh di bawah ini:

Royal jelly

Royal jelly adalah zat yang dihasilkan oleh lebah kaya nutrisi yang secara tidak langsung terlibat dalam sintesis kolagen.

Anda bisa mendapatkannya langsung dari peternak lebah, atau dalam bentuk kapsul, tablet atau ampul.

Salmon

Ini secara alami kaya akan seng. Seng mengaktifkan protein yang bertanggung jawab untuk sintesis kolagen.

Turki atau kalkun

Turki atau kalkun sangat menarik karena kandungan asam aminonya, dan khususnya glisin, yang merupakan pemain kunci dalam sintesis kolagen.

Kalkun juga merupakan sumber seng yang baik, yang terlibat dalam sintesis protein secara umum.

Sumber pro vitamin A

  • Sayuran: wortel, ubi jalar, labu, bayam, sawi, labu, selada, dandelion, paprika.
  • Buah-buahan: aprikot, mangga, melon
  • Daging: jeroan kalkun, hati sapi,
  • Ikan: ikan haring
  • Alga: spirulina (12.000 IU hingga 25.000 IU per 5g bubuk)

Sumber Vitamin C

Untuk memperbanyak asimilasi kolagen oleh tubuh, pertimbangkan untuk memilih makanan yang kaya vitamin C.

Sayuran: paprika, kol, brokoli, bayam, tomat…
Buah-buahan: kiwi, buah jeruk, buah merah, buah eksotis…

Sumber vitamin E

  • Sayuran: alpukat, asparagus, bayam…
  • Biji minyak: kacang Brazil, kacang tanah, hazelnut, almond…
  • Biji: bunga matahari, kacang pinus…
  • Minyak: kacang tanah, bunga matahari.

Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Info: informasi ini disediakan oleh Pinter Pandai dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran medis dari dokter atau penyedia perawatan kesehatan Anda lainnya. Silakan berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk mendapatkan nasihat tentang kondisi medis tertentu.

Sumber bacaan: Cleverly Smart, WebMD, Harvard University, Everyday Health, Cleveland Clinic

Sumber foto: Pxhere

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Efek Radiasi Sinar Kosmik Pada Makhluk Hidup

Apa saja efek radiasi sinar kosmik pada makhluk hidup? Kehidupan di Bumi dimungkinkan berkat atmosfer dan medan magnet Bumi, pada kenyataannya, tanpa kedua elemen...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *