PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Kimerisme | 2 DNA Dalam 1 Orang, Hewan, Tumbuhan

4 min read

Kucing kimerisme

Kimerisme

Secara ilmiah dan genetik, kimerisme (chimera) adalah organisme yang terdiri dari dua atau lebih varietas sel dengan asal genetik yang berbeda.

Beberapa manusia membawa dua DNA di dalamnya. Kami pikir mereka sangat langka, kami menemukan bahwa itu cukup umum. Apa perubahan ini untuk forensik dan untuk definisi identitas?

Sangat jarang dan sulit untuk mengetahui penyebabnya.

Apa itu chimerisme?

Chimerism awalnya dijelaskan untuk tanaman. Munculnya genetika manusia telah menunjukkan bahwa kasus chimera mungkin terjadi pada manusia dan dapat terjadi jika terjadi kehamilan kembar dizigotik, yaitu untuk kembar fraternal. Kembar identik, yang disebut monozigot, tentu memiliki warisan genetik yang sama.

Fenomena ini jauh lebih sering terjadi setelah penggunaan metode prokreasi yang dibantu secara medis tanpa alasan yang diketahui.

Chimerism terkait dengan anomali yang terjadi sangat awal, mungkin ketika embrio dari kehamilan kembar dizigotik hanya pada tahap beberapa sel. Kembar dizigotik adalah hasil pembuahan ganda, yang seharusnya menghasilkan kelahiran dua bayi baru lahir.

Sangat jarang, terjadi bahwa dua telur bergabung dan perkembangan satu embrio berlanjut secara normal sambil menjaga dua warisan genetik yang berbeda di antara sel-sel tergantung pada apakah mereka berasal dari satu atau yang lain dari telur.

Janin dengan demikian akan memiliki bagian tubuh tertentu dengan genotipe tertentu dan sisanya dicirikan oleh genotipe lain, dekat tetapi mirip dengan kerabat dekat.

Penyebab lain yang mungkin

Kadang-kadang terjadi bahwa kelainan pada pembelahan sel embrionik adalah penyebab warisan genetik yang berbeda dalam individu yang sama. Untuk memahaminya, kita harus kembali ke pola awal perkembangan pralahir.

Ketika seorang anak dikandung, genomnya, yaitu semua alel dan gen yang akan dimilikinya, terbentuk dari sel ibu (embrio) dan dari ayah lain (spermatozoa) yang dihasilkan dari meiosis. Penggabungan kedua elemen ini akan memungkinkannya memiliki 46 pasang kromosom di setiap selnya.

Baca juga: DNA deoxyribonucleic acid | Pengertian, Sifat-Sifat, Fungsi – Tubuh Manusia Mengandung DNA Sejumlah Miliaran Kilometer

Selama perkembangan janin, sel-sel akan membelah dua, lalu empat, dst. Ini disebut mitosis. Di masing-masing divisi ini, mungkin ada “kesalahan”. Tiba-tiba, sebuah sel bisa berakhir dengan bukan 46 kromosom, tetapi 45 atau 47. Jika terlalu banyak, sel mati, tetapi jika lebih sedikit, itu tidak otomatis. Inilah yang terjadi, misalnya, pada individu – seringkali perempuan – dengan sindrom Turner (45, X0) untuk beberapa sel dan normal untuk yang lain (46, XX).

Kadang-kadang kerusakan dapat lebih terbatas pada bagian dari kromosom atau bahkan pada tingkat gen, dan seolah-olah salah satu gen telah hilang dalam pertempuran.

Konsekuensi dari chimerical

Kelainan chimerism terutama diamati pada plasenta atau organ seksual. Namun pada kenyataannya, hal itu hanya dapat mempengaruhi organ tubuh manusia tertentu atau hanya sel-sel tertentu saja.

Chimerism juga dapat mempengaruhi sel-sel lain, khususnya yang ada di sumsum tulang, sel-sel hematopoietik termasuk sel darah merah yang menentukan golongan darah.

Oleh karena itu, individu akan memiliki sel yang mungkin memiliki karakteristik berbeda dan khususnya mengekspresikan protein atau antigen yang berbeda, seperti golongan darah.

Jika pria ini tidak memiliki golongan darah yang sama dengan putranya (pria itu adalah A dan putranya adalah AB), itu pasti terkait dengan fakta bahwa memiliki dua warisan genetik yang berbeda, dia memiliki sel-sel darah golongan A , tetapi sperma, yang membawa gen lain, adalah tipe B.

1 atau 2 kasus pada 6.000 orang

Kasus chimerisme sering disorot selama amniosentesis, diagnosis prenatal di mana cairan ketuban di mana janin ditemukan dikeluarkan. Kami kemudian menemukan bahwa ada dua jenis sel dengan warisan genetik yang berbeda.

Penting untuk tidak mengacaukan chimerisme dengan kelainan kultur in vitro yang lebih sering terjadi dan yang terkait dengan kultur sel buatan di laboratorium.

Kasus chimerisme sangat jarang terjadi. Dari 6.000 persalinan per tahun di bangsal bersalin kami, kami hanya mengamati sekitar 1 atau 2 kasus chimerisme. Kasus chimerism dari kembar ditemukan pada orang dewasa bahkan lebih jarang, meskipun frekuensi sebenarnya sebenarnya tidak diketahui.

Chimerisme dapat mengungkapkan dirinya bertahun-tahun kemudian. Ini dapat ditemukan selama penilaian infertilitas, dalam hal penentuan golongan darah atau ketika penilaian dibuat untuk transplantasi intra-keluarga.

Chimerisme tidak menimbulkan bahaya

Dalam dirinya sendiri, chimerisme tidak mewakili bahaya apa pun bagi individu. Ini memiliki pengaruh yang sangat kecil pada organ lain dan karena itu jarang diidentifikasi.

Bahkan ada kemungkinan bahwa kasus chimerisme lebih sering terjadi daripada yang diperkirakan.

Contoh nyata kimerisme

Kucing kimerisme

Kucing Chimera adalah salah satu kucing paling menarik di dunia kucing karena wajahnya yang simetris dengan dua warna. Sederhananya, mereka memiliki dua warna berbeda di wajah dan/atau tubuh mereka, yang seringkali dipisahkan dengan cara yang aneh. Kimerisme berperilaku seperti kucing domestik lainnya.

Kucing kimerisme
Kucing dengan genetika kimerisme. Sumber foto: Cécile Patry-Morel / Wikimedia Commons (CC BY-SA 4.0)

Manusia Kimerisme

Dalam kehidupan nyata, kebanyakan Chimera tidak menyadarinya. Sebuah insiden terkadang datang untuk mengungkapkan dualitas mereka. Pada tahun 2002, American Lydia Fairchild meminta bantuan keuangan dari Negara Bagian Washington. Tes DNA mengikuti, prosedur standar. Hasil: dinyatakan anak-anaknya bukan miliknya dan remaja putri diseret ke pengadilan atas kasus penipuan bantuan sosial. Selama persidangan, jaksa menemukan sebuah artikel dari New England Journal of Medicine, yang menceritakan kisah serupa dan membingungkan. Kali ini seorang Bostonian kaya, Karen Keegan, yang menjalani tes kompatibilitas untuk transplantasi ginjal dan mengungkapkan bahwa dua anaknya bukan miliknya. Apakah unit bersalin rumah sakit akan menukar bayi-bayi itu? Akankah Karen menjadi ibu angkat tanpa menyadarinya? Beberapa tes kemudian, sang ibu menemukan bahwa dia adalah chimera. Seperti Lydia, dia memiliki genom ganda karena dia menyatu dalam rahim dengan saudara kembarnya…

“Sebuah chimera dapat berkembang dalam dua cara. Salah satunya, bisa dikatakan, kecil: itu adalah transfer materi genetik antara ibu dan janin. Plasenta dibuat untuk mencegah pertukaran ini, tetapi masih sering terjadi. Sel yang ditukar terus bereproduksi, dan Anda berakhir dengan chimerisme dalam darah. Ini mungkin ada pada setiap orang. Kita semua akan menjadi chimera… Itu sisi biasa, pejalan kaki, seperti yang dikatakan orang Anglo-Saxon. Yang asli, chimera yang indah, adalah kembar fraternal yang bergabung. Jika fusi ini dilakukan dengan baik, setiap organ adalah campuran dari keduanya. Jika tidak merata akan mempengaruhi sebagian kecil individu, satu atau dua organ”.

Tumbuhan Kimerisme

Sebuah tanaman dapat terdiri dari dua jenis sel yang berbeda secara genetik.

Mawar kimerisme
Mawar kimerisme. Sumber foto: Raquel Baranow / Wikimedia Commons (CC BY-SA 4.0)

Bacaan Menarik Seputar DNA, Darah, Sel Dan Kanker


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Cleverly Smart, Britannica, Insider, New Scientist

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.