Kucing Jawa Rasnya Bukan Berasal dari Pulau Jawa Indonesia

2 min read

Kucing Jawa Bukan Berasal dari Jawa Indonesia

Ras Kucing Jawa

Kucing Jawa atau Kucing bulu panjang oriental adalah salah satu ras kucing oriental dan dikenal juga dengan nama Jawa (Javanese Cat) atau Mandarin. Nama kucing Jawa sangat sedikit berkaitan dengan pulau Jawa di Indonesia. Kucing ini diciptakan oleh peternak kucing Amerika, Helen Smith dari MerryMews Cattery mulai membiakkan kucing Siam setengah berbulu, tujuan mereka adalah ras Bali. Sebagai produk sampingan, terciptalah kucing oriental semi-berambut panjang, kucing oriental berambut panjang. Pada tahun 1979 CFA (Cat Fanciers’ Association) adalah satu-satunya organisasi yang mengakui orang Jawa sebagai ras yang terpisah. Organisasi lain melihat hewan Ini sebagai varian dari kucing Bali.

Karakteristik dan penampilan kucing Jawa

Penampilan kucing Jawa agak sedikit berbeda dengan kucing Bali, terletak pada warna bulu dan matanya. Oriental Longhairs tidak memiliki apa yang disebut “warna topeng” (points), tetapi penuh warna dan dengan demikian merupakan bagian dari Oriental Shorthair yang berambut setengah panjang. Mata mereka berwarna hijau, kecuali bulu putih, di mana mereka cenderung berwarna biru.

Perbedaan dengan kucing Bali terletak pada warna bulu dan matanya. Rambut panjang oriental tidak memiliki apa yang disebut pewarnaan topeng (titik), tetapi berwarna penuh dan dengan demikian pasangan rambut pendek oriental semi-panjang. Mata mereka berwarna hijau, dengan pengecualian bulu putih, di mana mereka cenderung berwarna biru.

Karakter

Rambut panjang oriental seperti semua kucing “Timur” sangat berorientasi dan baik pada orang dan terkadang sangat penyayang. Setelah Anda menemukan seseorang yang suka kucing, Anda tidak akan mengembalikannya dalam waktu dekat. Fisiknya yang kurus menggarisbawahi kegembiraannya yang lincah.

Kucing ini termasuk jesnis sensitif, yang sangat suka bermain dan sering mengekspresikan keadaan emosional mereka dengan suara merdu mereka ‘meong“. Jika rambutnya memulai memanjang, kucing oriental ini mencapai kematangan seksual dalam beberapa bulan dan merupakan ibu yang setia.

Kucing hasil dari persilangan

Jenis kucing Jawa hasil persilangan dengan si bulu pendek Bali dan berwarna-warni, menciptakan kucing mirip Siam dengan bulu panjang. Bulu kucing mereka tidak banyak rontok dan hanya perlu disikat seminggu sekali. Untuk orang yang memiliki alergi dengan bulu kucing, jenis kucing ini lebih cocok karena mereka menyebabkan lebih sedikit alergen, yang mungkin lebih baik untuk orang yang memiliki alergi kucing ringan.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!


Sumber bacaan: Cleverly Smart, Pet FinderVet Street

Sumber foto: Starjely / Wikipedia

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing