Tersengat Ubur-Ubur | Apa yang harus dilakukan?

2 min read

Tersengat Ubur-Ubur | Apa yang harus dilakukan?

Apa yang harus dilakukan jika tersengat ubur-ubur?

Sengatan ubur-ubur sangat menyakitkan tetapi tidak selalu berbahaya bagi manusia. Apa yang harus dilakukan jika tersengat ubur-ubur? Meskipun gatalnya bisa parah, Anda harus menghindari menggosok luka dengan tangan Anda, karena jika ada knidosit (sel peledak yang digunakan oleh cnidaria untuk menangkap mangsanya) tentakel yang menempel, ada kemungkinan untuk memindahkannya dan karena itu juga membakar tangan Anda. Demikian juga, seseorang harus menghindari membilas daerah yang terkena dengan air segar karena ini dapat memperburuk luka bakar karena perbedaan tekanan osmotik.

Refleks pertama dan sikap yang benar saat disengat ubur-ubur

Sikap yang benar yang harus dilakukan adalah berkumur dengan air laut dan menaruh pasir di atasnya, biarkan kering. Kemudian, dengan menggunakan kartu (kartu bank misalnya) atau pinset untuk melewati daerah yang terkena untuk menghilangkan sel-sel menyengat yang menempel dan bilas lagi dengan air laut.

Untuk mengurangi rasa sakit

Akhirnya, untuk mengurangi rasa sakit, disarankan untuk menghangatkan daerah itu, baik dengan air hangat, atau dengan pengering rambut dengan mengarahkannya pada 45 derajat; yang menghasilkan panas untuk menghambat racun. Ingatlah untuk mendisinfeksi luka dengan antiseptik.

Krim apa untuk sengatan ubur-ubur?

Rasa terbakar dan alergi adalah dua efek utama jika tersengat ubur-ubur, pertimbangkan untuk mengoleskan krim petroleum jelly (Vaselin) atau salep mengandung bahan aktif kortison. Nyeri dapat menyertai tanda-tanda ini, obat mengandung parasetamol mungkin cocok jika diperlukan.

Sengatan ubur-ubur menyebabkan rasa sakit yang intens dan terbakar yang dapat berlangsung selama beberapa jam. Bekas kulit (bekas) dapat berlangsung selama 1 hingga 2 minggu, dan ruam kulit yang gatal dapat muncul 1 hingga 4 minggu setelah sengatan
Sengatan ubur-ubur menyebabkan rasa sakit yang intens dan terbakar yang dapat berlangsung selama beberapa jam. Bekas kulit (bekas) dapat berlangsung selama 1 hingga 2 minggu, dan ruam kulit yang gatal dapat muncul 1 hingga 4 minggu setelah sengatan. Sumber foto: Erin G. / Flickr Creative Commons

Apa saja gejala sengatan ubur-ubur?

Sengatan ubur-ubur segera menyebabkan reaksi peradangan yang ditandai dengan sensasi terbakar yang hebat, kesemutan, nyeri dan gatal. Yang dipertanyakan, keberadaan filamen yang mengandung sel-sel beracun tetap ada di kulit setelah lewatnya ubur-ubur. “Lesinya (luka) berwarna merah dan cukup luas, berukuran 3-4 cm. Secara umum, kita dapat dengan jelas membedakan jejak tentakel ubur-ubur pada epidermis. Di sekelilingnya terdapat vesikel yang berisi racun, mirip dengan gigitan jelatang”.

Lesi atau luka hilang dengan sendirinya, tetapi dapat bertahan selama 10 hingga 15 hari. “Terkadang penyembuhannya lebih lama, sementara kulit beregenerasi, seperti luka bakar. Itu bisa bertahan sebulan atau lebih. Untuk penyembuhan yang cepat, kami jelas menghindari paparan sinar matahari pada kulit yang rusak.

Alergi sengatan ubur-ubur

Beberapa orang mungkin memiliki reaksi alergi umum terhadap sengatan ubur-ubur (terutama jika sengatannya banyak). Kita berbicara tentang syok anafilaksis (syok yang disebabkan oleh reaksi alergi yang berat). Ini dimanifestasikan oleh pembengkakan kulit, malaise umum (muntah, demam, kehilangan kesadaran) dan mungkin kelumpuhan anggota badan yang terkena. Gejala-gejala ini merupakan keadaan darurat medis, orang tersebut harus dirawat dengan cepat.

Membatasi risiko tersengat ubur-ubur

Untuk membatasi risiko tersengat, beberapa tindakan pencegahan berguna, seperti tidak menyentuh ubur-ubur yang terdampar di pantai, mereka masih bisa menyengat. Konsep ini harus diajarkan dengan baik kepada anak-anak.

Tentu saja, disarankan untuk menghindari area berenang yang penuh dengan hewan ini. Perhatikan bahwa terdapat pakaian neoprene atau anti tusukan, dan sepatu yang cocok untuk berenang di laut.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!


Sumber bacaan: Cleverly Smart, Mayo Clinic, NHS UK, Healthline

Sumber foto utama: Thomas Quine / Flickr Creative Commons

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Efek Radiasi Sinar Kosmik Pada Makhluk Hidup

Apa saja efek radiasi sinar kosmik pada makhluk hidup? Kehidupan di Bumi dimungkinkan berkat atmosfer dan medan magnet Bumi, pada kenyataannya, tanpa kedua elemen...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *