PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Linen (Kain Katun Rami) | Penjelasan, Sejarah, Cara Merawat

4 min read

Linen (Kain Katun Rami) | Penjelasan, Sejarah, Cara Merawat

Temukan dan ketahui tentang Linen atau Kain Rami

Kain linen, bahan tekstil yang cocok untuk semua kegunaan, yang sangat kami sukai di kanvas yang sangat halus dan hampir transparan seperti pada kain berat, dibudidayakan di Eropa (80%, Prancis memimpin), dan dihargai di seluruh dunia karena legendari akan keindahan linen ini.
Dipuja selama zaman kuno Mesir, hari ini masih di jantung penelitian yang paling inovatif; penenun dan pemintal berusaha untuk memperbarui aspek, sentuhan, sentuhan akhir, pelapis, perawatan … sementara kain berbasis linen teknis mewakili minat yang berkembang untuk perumahan, mobil, olahraga dan rekreasi, dan banyak bidang aplikasi lainnya, dengan maksud untuk menggunakan bahan yang lebih sehat dan dapat didaur ulang. Mari temukan semua aspek dari materi yang menakjubkan ini.

Linen dan iklim: kondisi apa?

Sebelum menjadi tekstil, rami adalah tanaman herba yang membutuhkan iklim sedang dan lembab untuk tumbuh dengan baik. Tumbuh setiap tahun sebagai bunga biru, ungu atau putih. Eropa merupakan daerah yang ideal untuk membudidayakannya, terutama pantai Belgia, Belanda dan Perancis.

Rami di dunia: apa gunanya rami?

Lama digunakan oleh orang Mesir untuk mengelilingi mumi Firaun dengan pita tipis, linen memiliki banyak kegunaan saat ini. Terkenal karena seratnya yang kuat dan ringan, industri saat ini menggunakannya untuk menyerap getaran, mengisolasi dan memperkuat material kompositnya: rami digunakan di sektor otomotif (pembuatan komponen dan isolator), dalam teknologi tinggi (pembuatan headphone, rantai) atau dan dalam industri olahraga (pembuatan alat ski, sepeda, raket tenis, papan selancar, dll.). Linen fleksibel dan tahan juga digunakan untuk pembuatan uang kertas atau kertas rokok.

Cara Mencuci linen

Putih bersih, berwarna atau bersulam, linen adalah serat alami, ringan dipakai dan tahan terhadap pecandu. Selain itu, dikenakan agak kusut namun tetap sangat elegan … Bahan yang kami sukai! Dan perawatannya, semudah itu? Tidak jauh ! Bahkan jika beberapa noda tampak menyebar melalui serat dan membuat Anda takut… Kami mengungkapkan beberapa tips yang sangat sederhana yang akan membantu Anda saat mencuci pakaian linen Anda.

NODA PADA LINEN?

Jangan panik ! Karena kita tidak lupa bahwa pada umumnya noda tidak akan pernah final jika kita tidak memberikan waktu untuk meresap dan merawatnya dengan sedikit penghilangan noda tertentu sebelum dicuci. Aturan cantik ini berlaku untuk pakaian linen, bahkan jika itu tampak seperti bencana apriori:

– Anggur merah: gosok dengan air soda atau anggur putih… Ini serius, berhasil!
– Lemak: busakan dengan cairan pembersih dan diamkan semalaman.
– Darah: sedikit kesabaran, bilas dengan air dingin … dan voila.
– Rumput: jika cucian Anda berwarna putih, gosok dengan kain yang diresapi dengan jus lemon.

AIR DINGIN UNTUK MEMFASILITASI PEMELIHARAAN LINEN

Tip linen terbaik! Sebelum dicuci untuk pertama kali, dan bahkan sebelum dipakai, rendam pakaian Anda dalam baskom berisi air dingin dan 25 cl cuka putih semalaman!

• Air dingin akan melembutkan cucian Anda dan membuatnya tahan terhadap noda.
• Sedangkan untuk cuka putih, akan membantu warna untuk melekat pada serat. Cukup untuk memudahkan pencucian selanjutnya!

UNTUK MERAWAT KAIN LINEN: SUHU RATA-RATA,  KERINGKAN SECARA MINIMUM

Untuk menyelesaikan perawatan khusus untuk mencuci linen:

Jangan pernah melebihi 50 °C saat mencuci kain ini (40 °C jika itu adalah pakaian berwarna).
– Hindari detergen berbahan dasar klorin yang akan cenderung menguning dan merusak serat.
– Digunakan sesekali saat mencuci linen, cuka putih akan bertindak sebagai pembersih yang melembutkan, dan akan membuat kain putih menjadi kekuningan!
– Di sisi pemintalan, kami membatasi hingga 600 putaran maksimum untuk mengurangi gesekan garmen terhadap drum.
– Terakhir, bahan kain ini adalah bahan yang cepat kering. Karena itu kami lebih suka udara terbuka: pakaiannya hanya akan lebih indah dan tidak terlalu kusut (bahkan jika itu mendukung efeknya, tidak terlalu banyak)!

BEBERAPA TIPS UNTUK MENYETERIKA LINEN

Memang, aturan “tidak menyetrika” tidak berlaku untuk semua kamar. Atasan bersulam kecil, serbet… Dalam hal ini:

– Gunakan setrika panas (200 °C).
– Jangan pernah mengeringkan setrika: pakaian Anda harus sedikit lembap.
– Balikkan cucian Anda ke luar untuk menghindari kerutan.
– Gunakan pati untuk membantu menghaluskan.

Sejarah rami

Tanda-tanda pertama penggunaan kain ini berasal dari periode Neolitik, sekitar 10.000 tahun yang lalu.
Dalam bentuk tenunannya, linen digunakan di Mesir 8000 tahun yang lalu untuk perban mumi (linen tahan busuk) dan pakaian (pendeta Mesir khususnya memakai linen karena, karena putihnya, melambangkan kemurnian). Dikatakan bahwa orang Mesir menyebut linen “cahaya bulan tenunan”, yang berbicara banyak tentang ketertarikan mereka dengan bahan tersebut.

Baca juga: Batik tulis adalah kain yang dihias dengan tangan secara tradisional

Para navigator Fenisia (Phenicia kira-kira sama dengan Lebanon saat ini) membeli rami di Mesir dan membuatnya dikenal di Yunani, Italia, Irlandia, Inggris, Prancis… Di mana-mana, rami dihargai karena kualitasnya yang sangat tinggi. penggunaan tanaman yang sangat bervariasi.

500 tahun sebelum Yesus Kristus, kain linen digunakan sebagai layar untuk armada Romawi sementara yang lain, ditenun sangat tebal kemudian direndam dalam minyak biji rami dan dikeraskan di udara, digunakan oleh orang Etruria (orang yang menduduki sebagian Italia) sebagai pertempuran “ baju zirah”. Teknik pengerasan rami juga memunculkan pembuatan wadah.

Jauh sebelum Julius Caesar, budidaya linen di Gaulle sangat luas.
Kita juga tahu bahwa Charlemagne memperkuat keahlian di sekitar rami karena dia adalah penggemar beratnya. Dia bahkan memaksakan, dalam bentuk tertulis dalam buku hukumnya, bahwa rami dipintal di pengadilan dan bahwa setiap rumah tangga di Prancis memperoleh alat yang diperlukan untuk mengerjakannya.

Pada abad ke-13 di Cambrai di utara Prancis, seorang pria bernama Jean-Baptiste de Cambrai mengembangkan teknik menenun yang sangat bagus yang memunculkan kain linen yang disebut “Batistes”, kain berkualitas tinggi dan keindahan yang sedemikian rupa sehingga mereka bertemu dengan sukses besar di seluruh dunia, dan membedakan diri mereka dalam linen meja, linen tubuh, saputangan…

Selama Renaisans, pakaian sehari-hari atau perlengkapan mandi menjadi lebih canggih, dan kita tahu bahwa kata “toilet” berasal dari bahasa Prancis kuno “thieulette“, yang berarti linen tipis yang digunakan untuk kemeja.
Pada tahun 1917, Philippe de GIRARD mengajukan paten pertamanya tentang pemintalan rami dan menemukan mesin sisir linen pertama.

Kain ini dianggap sebagai tekstil tertua di dunia, dan kita telah melihat bagaimana hal itu dihargai dan digunakan setiap saat dan di semua benua. Bahkan hari ini, ia membangkitkan antusiasme tertentu, yang memang layak karena banyak kualitasnya. Ini terutama dibudidayakan di utara Prancis (negara No. 1 di dunia dalam hal hektar yang dikhususkan untuk rami), di Belgia dan di Belanda.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Cleverly Smart, The Spruce, Sewport, Revolution Fabrics

Sumber foto: Kelly / Flickr

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!