PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Arjuno | Indahnya Alam Indonesia

5 min read

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Arjuno

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Arjuno

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah sebuah taman nasional yang terletak di sebelah timur pulau Jawa di Indonesia. Terdiri dari wilayah pegunungan yang titik tertingginya adalah Gunung Semeru dengan ketinggian 3.676 m, puncak tertinggi di Pulau Jawa.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terletak di Pulau Jawa, Indonesia yang terdiri dari danau, sungai, tetapi juga Kaldera Tengger yang membentang sejauh 10 km, Gunung Semeru, yang merupakan puncak tertinggi di Jawa dan bintang taman itu, Gunung Bromo.

Gunung Tengger dan Gunung Bromo adalah bagian dari taman. Terdapat juga 4 danau: Ranu Pani, Ranu Regulo, Ranu Kumbolo dan Ranu Darungan, dan sekitar lima puluh sungai.

Spesies yang terancam punah dilindungi di taman, seperti fagaceae, moraceae, sterculiaceae, Casuarina junghuhniana, Anaphalis longifolia dan sekitar 200 spesies anggrek endemik.

Ada juga 137 jenis burung, 22 jenis mamalia dan 4 jenis reptil yang dilindungi. Hewan besar termasuk elang besra (Accipiter virgatus), merak hijau (Pavo muticus), rusa jawa (Cervus timorensis), dhole (Cuon alpinus) dan macan kumbang jawa (Panthera pardus mela).

Pada tahun 2015, taman ini diakui sebagai Cagar Biosfer oleh Unesco.

Bromo

Gunung berapi Bromo (2392m; diameter 800m, kedalaman 200m) yang namanya berasal dari dewa Hindu Brahma, adalah ikon pariwisata dunia (hindari w-e jika memungkinkan). Siluet dan pendakiannya yang mudah – 200 langkah untuk mencapai kawahnya yang berasap, setelah melintasi Laut Abu – menarik puluhan ribu pengunjung setiap tahun.

Matahari terbit yang paling indah mencakup kaldera, Bromo, Batok yang tenang di sekitarnya, dan pusaran erupsi metronomik Semeru dari Penanjakan (2.770 m). Memungkinkan 1,5 jam berjalan kecuali Anda pergi langsung dengan Jeep 4×4.

Bromo dan Semeru adalah subjek pemujaan Hindu yang dilayani oleh kelompok etnis Tengger, di Pura Luhur Poten dan selama ritual Yadnya Kasada.

Bromo-s6-14-2b
Pura Luhur Poten, an Hindu temple on the Bromo caldera. © Jose Mario Pires (CC BY-SA 4.0) via Wikimedia Commons

Semeru

Gunung berapi Semeru, dinamai untuk menghormati Gunung Meru, rumah para dewa Hindu, jauh lebih tenang, kecuali proyeksinya setiap 30 menit …. Tidak heran karena atap Jawa (3676 m) disediakan untuk pejalan kaki berpengalaman.

Pendakiannya dalam 3-4 hari. tetap dapat diakses dengan sedikit persiapan dan peralatan yang tepat: sepatu yang bagus, pakaian hangat, obor yang kuat, dan panduan yang sangat direkomendasikan di bagian terakhir, di luar Ranu Pane. Di puncak, hadiah besar dari pemandangan 360 ° yang mencakup Bromo, kaldera dan, di sebelah timur, Kawah Ijen dan Agung Bali dan Batur.

Gunung Semeru | Sejarah Erupsi – Jawa Timur

Arjuno-Welirang

Gunung berapi ini terdiri dari 2puncak: Arjuno dan Welirang, masing-masing terletak di ujung tenggara dan barat laut dari deretan kerucut gunung berapi dan kawah sepanjang 6k (1,2 mil), yang menjadikannya gunung berapi ganda. Kerucut gunung api lainnya terletak di sisi selatan Arjuno sepanjang sumbu timur-barat dan di sisi utara Welirang.

Kompleks vulkanik ini mencakup dua gunung berapi yang lebih tua: Ringgit di timur dan Linting di selatan. Kedua puncak ini bebas vegetasi dan berpuncak pada 3.339 meter di atas permukaan laut untuk Arjuno dan 3156 untuk Welirang. Solfatar yang tersusun dari fumarol dan endapan belerang terdapat di beberapa tempat di Welirang.

Bromo sunrise May2014
Sunrise in the steaming crater of Mount Bromo with stately Mount Semeru imposing in the background. Alec.bernstein, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Informasi praktis untuk ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Akses

Bromo

100 km dan 400 km dari Surabaya dan Yogyakarta masing-masing. Bus atau kereta api ke Probolinggo dari mana minibus berjalan ke Cemoro Lawang (40 km, memungkinkan 2 jam). Semua agen di wilayah tersebut menawarkan paket Bromo tetapi Anda tidak harus melakukannya.

Semeru

Mulai dari Bromo, 7 jam berjalan kaki menyeberangi lautan pasir dan melewati pintu keluar kaldera yang curam kemudian mencapai danau Ranu Pane (desa, stasiun penjaga, sewa tenda mungkin). Setelah bermalam di losmen (wisma tamu), sekitar 7 jam berjalan kaki di hutan menuju danau Ranu Kumbolo yang sangat cantik (alt: 2400 m). Malam di tenda dan bangun… jam 1 pagi selama 3 jam berjalan di sabana, 2 jam di hutan lalu bagian terakhir (3 jam) sangat curam di atas abu. Atau, dari Surabaya atau Malang melalui Tumpang untuk mencapai Ranupane langsung dengan minibus lalu jeep 4X4.

Akomodasi

Bromo: pesan terlebih dahulu atau tiba sebelum pukul 15:00 di Cemoro Lawang jika tidak, Anda tidak akan menemukan sesuatu yang benar, terutama akhir pekan. Semeru : Losmen ke Ranu Pane lalu camping.

Baca juga: Panduan Wisata Indonesia | Buku Digital Perjalan Wisata

Kapan harus pergi?

Bromo: pemandangan terbaik selama musim kemarau (Apr-Nov). Festival Yadnya Kasada: bulan purnama pada bulan pertama kalender lokal (antara September dan Desember). Semeru: hindari Des-Maret saat abu berubah menjadi lumpur licin yang berbahaya.

Budaya

Area di dalam dan sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini dihuni oleh suku Tengger. Orang-orang dari kelompok etnis ini membentuk komunitas Hindu yang signifikan di pulau Jawa. Ini memiliki fitur yang sebanding dengan Bali, tetapi mengandung lebih banyak unsur animisme. Diyakini bahwa populasi Tengger dapat ditelusuri kembali ke keturunan Kerajaan Majapahit, yang pindah ke pegunungan Pulau Madura sebelum kedatangan Islam di wilayah tersebut.

Suku Tengger

Suku Tengger berjumlah sekitar 40.000. Mereka tinggal di lereng gunung Semeru dan di sekitar kaldera Tengger, di wilayah Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Malang. Orang Tengger berbicara varian bahasa Jawa (Jawa Tengger) yang sebenarnya adalah bahasa Jawa Kuno, tanpa tingkatan bahasa.

Daerah Tengger telah dianggap suci sejak zaman kerajaan Hindu Majapahit pada abad ke-15. Penduduk tetap Hindu di sana bahkan setelah Islamisasi Jawa, meskipun sisa-sisa nyata dari waktu yang jauh ini sangat sedikit (sisa-sisa lonceng perunggu telah ditemukan di lereng utara massif).

Menurut kepercayaan setempat, orang Tengger adalah keturunan dari pasangan mitos: Joko Seger (putra seorang pendeta Brahmana) dan Roro Anteng (putri seorang raja Majapahit). Pada masa kerajaan Majapahit, pada abad 14 dan 15, penduduk Tengger memiliki status khusus. Memang, di wilayah ini, di sebelah selatan Bromo, gunung berapi Semeru, dianggap sebagai tempat tinggal para dewa oleh umat Hindu di Jawa. Oleh karena itu, penduduk Tengger dianggap sebagai penjaga tempat itu. Selama Islamisasi Jawa, penduduk Tengger tetap beragama Hindu hingga saat ini.

Gunung Bromo adalah penjelmaan dewa Hindu Brahma, yang juga dewa api… Karena itu, gunung berapi ini dihormati dan ditakuti oleh Tengger Setiap tahun, mereka mengamati upacara Kasodo yang terdiri dari membuat persembahan ke kawah, sebagai serta ritual Hindu lainnya.

Suku Tengger – Bahasa, Sejarah, Agama, Tradisi, Tari Kidung Tengger

Vulkanisme

Satu-satunya gunung berapi tidak aktif di kompleks gunung berapi Tengger, Batok, ditutupi pohon cemara. Di Gunung Widodaren terdapat sebuah gua dengan nama yang sama yang dianggap keramat oleh penduduk setempat.

Kelima gunung api kaldera purba ini dikelilingi oleh hamparan pasir yang sangat luas, yang disebut Lautan Pasir, yang pada gilirannya dikelilingi oleh tebing curam yang sangat curam yang membentuk dinding kaldera Tengger, yaitu antara 200 dan 600 meter. . Gunung lain di sekitar kaldera Tengger adalah Gunung Pananjakan (2770 m) Gunung Cemorolawang (2 227 m) Gunung Lingker (2 278 m) Gunung Pundak Lembu (2635 m) Gunung Jantur (2705 m) Gunung Iderider (2527 m) dan gunung Mungal (2 480 m). Puncak Pananjakan adalah tempat paling populer untuk mendapatkan panorama seluruh kompleks Tengger.

Di taman tersebut terdapat kompleks vulkanik lain, yang terletak lebih jauh ke selatan dan disebut kelompok Semeru atau kelompok Jambangan. Di sanalah Gunung Semeru berada, gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gunung-gunung lainnya di kawasan ini adalah Gunung Lanang (2.313 m), Gunung Ayek-ayek (2.819 m), Gunung Pangonan Cilik (2.833 m), Gunung Keduwung (2.334 m), Gunung Jambangan (3.020 m). ), Gunung Gentong (1951 m), Gunung Kepolo (3035 m) dan Gunung Malang (2.401 m). Hutan Semeru memiliki banyak sungai yang mengalir di dasar lava purba Gunung Semeru. Gugus Semeru banyak menghasilkan material vulkanik seperti lava, abu dan awan panas yang tersebar di sekitarnya. Bagian bawahnya dikelilingi oleh persawahan yang subur.

Cara pergi ke Bromo

Jika Anda ingin bebergian secara budget, dari Probolinggo naik bemo kuning dan minta sopir untuk menurunkan Anda di terminal bus Bayuangga (5000Rp). Probolinggo mendapat rap buruk berkat penjahat. Karena itu, bemo akan mencoba meninggalkan Anda di agen atau berhenti sebentar untuk menjemput “seorang teman” yang akan menanyakan ke mana Anda akan “membantu Anda”. Tegas dengan pengemudi dan minta diturunkan di stasiun Bayuangga dan bersenang-senang menjawab “stasiun bus” dan “bepergian” loop ke teman, yang bertanya “ke mana Anda pergi”.

Di sebelah kanan terminal Anda akan melihat minibus hijau atau biru yang siap berangkat saat penuh. “Karakter” yang mengisi minibus sangat tidak menyenangkan, jadi minta harga mengabaikan sikap angkuh mereka (Rp45.000). Peringatan! tidak membayar siapa pun di muka, Anda akan membayar di jalan. Tunggu satu atau dua jam di luar bemo, penumpang akan datang, itu pasti! Anda akan diberitahu bahwa bemo tidak akan terisi dan jika Anda masih ingin pergi ke Bromo, Anda harus membayar tempat yang kosong dan segera pergi.

Katakan dengan baik bahwa Anda akan menunggu dan memadamkan keinginan untuk memukul penjahat mierda itu. Sebaliknya, jika Anda punya uang dan sedikit waktu.
Jika Anda tidak memiliki hotel, katakanlah Anda akan dekat dengan Cemara Indah, jika tidak mereka akan menurunkan Anda jauh-jauh, jauh-jauh di hotel mahal milik teman tersayang mereka.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber foto utama: Aprisonsan / Wikimedia Commons (CC BY-SA 4.0)

Penjelasan foto utama: Keindahan Gunung Bromo, Gunung Batok dan Gunung Semeru dalam hangatnya matahari terbit dimana kabut masih menutupi lautan pasir Bromo di pagi yang sunyi. Gunung-gunung berapi itu termasuk dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Memahami Prinsip dan Operasi Utama dalam Perbankan Islam: Riba,…

Perbankan Islam mengikuti prinsip-prinsip syariah yang sesuai dengan ajaran Islam. Ini melibatkan larangan terhadap riba (bunga), mempromosikan berbagai bentuk transaksi yang adil, serta mengutamakan...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *