fbpx

Ozon (O3) terdiri dari 3 Molekul Oksigen dan Berbahaya Pada kesehatan Manusia

Ozon adalah

Ozon adalah molekul anorganik dengan rumus kimia O3. Ozon (O3) terdiri dari 3 molekul oksigen dan berbahaya pada kesehatan manusia.
 

Ozon melindungi kehidupan di Bumi dari radiasi ultraviolet (UV) Matahari. Di atmosfer yang lebih rendah (troposfer) di dekat permukaan bumi, ia diciptakan oleh reaksi kimia antara polusi udara dari knalpot kendaraan, uap bensin, dan emisi lainnya. Di permukaan tanah, konsentrasi tinggi ozon beracun bagi manusia dan tanaman.

 

Sifat ozon

Dipercayai sebagai bahan beracun dan bahan cemar biasa yang mempunyai bau yang tajam, menusuk hidung. Yang juga terbentuk pada kadar rendah dalam udara akibat arus listrik seperti kilat, dan oleh tenaga tinggi seperti radiasi eletromagnetik.
 

Rumus kimia ozon dan sifatnya

Rumus kimia ozon adalah O3.

Massa molar 47,998 g·mol−1
Penampilan gas berwarna kebiruan
Densitas 2,144 g·L−1 (0 °C), gas
Titik lebur 80,7 K, −192,5 °C
Titik didih 161,3 K, −111,9 °C
Kelarutan dalam air
0,105 g·100mL−1 (0 °C)

 

Dimanakah terdapat lapisan ozon?

O3 tertumpu di bawah stratosfer di antara 15 dan 30 km di atas permukaan bumi yang dikenal sebagai ‘lapisan ozon’. Lapisan ini dihasilkan dengan pelbagai persenyawaan kimia, tetapi mekanisme utama penghasilan dan perpindahan dalam atmosfer adalah penyerapan tenaga sinar ultraviolet (UV) dari matahari.
 

Bagaimana O3 dapat dihasilkan?

O3 dihasilkan apabila O2 menyerap sinar ultraviolet pada jarak gelombang 242 nanometer dan disingkirkan dengan fotosintesis dari sinar bagi jarak gelombang yang besar dari 290 nm. O3 juga merupakan penyerap utama sinar UV antara 200 dan 330 nm. Penggabungan proses-proses ini efektif dalam meneruskan kekonstanan bilangan ozon dalam lapisan dan penyerapan 90% sinar UV.
 

Bahaya O3 untuk kesehatan

UV dikaitkan dengan pembentukan kanker kulit dan kerusakan genetik. Peningkatan tingkat uv juga mempunyai dampak kurang baik terhadap sistem imunisasi hewan, organisme akuatik dalam rantai makanan, tumbuhan dan tanaman. Penyerapan sinar UV berbahaya oleh ozon stratosfer amat penting untuk seluruh bumi.
 

Bagaimana ozon terbentuk di muka bumi?

Ozon di muka bumi terbentuk oleh sinar ultraviolet yang menguraikan molekul O3 membentuk unsur oksigen. Unsur oksigen ini bergabung dengan molekul yang tidak terurai dan membentuk O3. Kadangkala unsur oksigen akan bergabung dengan N2 untuk membentuk nitrogen oksida; yang apabila bercampur dengan cahaya mampu membentuk O3.
 

Lapisan ozon

Adalah lapisan di atmosfer pada ketinggian 20−35 km di atas permukaan Bumi yang mengandung molekul-molekul ozon. Konsentrasi O3 di lapisan ini mencapai 10 ppm dan terbentuk akibat pengaruh sinar ultraviolet Matahari terhadap molekul-molekul oksigen.

Peristiwa ini telah terjadi sejak berjuta-juta tahun yang lalu, tetapi campuran molekul-molekul nitrogen yang muncul di atmosfer menjaga konsentrasinya relatif stabil.
 

 

Jumlah ozon

Jumlahnya dalam atmosfer berubah menurut lokasi geografi dan musim. Ozon ditentukan dalam satuan Dobson (Du) di mana, sebagai contoh, 300 Du setara dengan 3 mm tebal lapisan ozon yang tulen jika dimampatkan ke tekanan permukaan laut.

Sebagian besar ozon stratosfer dihasilkan di kawasan tropis dan diangkut ke ketinggian yang tinggi dengan skala-besar putaran atmosfer semasa musim salju hingga musim semi. Umumnya kawasan tropis memiliki ozon yang rendah.
 

Kegunaan ozon

Dapat digunakan dalam bidang pengobatan untuk mengobati pasien dengan cara terawasi dan mempunyai penggunaan yang meluas seperti di Jerman. Di antaranya ialah untuk perawatan kulit terbakar.
 

Kegunaan ozon dalam perindustrian, digunakan untuk:

  • Mengenyahkan kuman sebelum dibotolkan (antiseptik).
  • Menghapuskan pencemaran dalam air (besi, arsen, hidrogen sulfida, nitrit, dan bahan organik kompleks yang dikenal sebagai warna).
  • Membantu proses flokulasi (proses pengabungan molekul untuk
  • Membantu penapis menghilangkan besi dan arsenik).
  • Mencuci dan memutihkan kain (dipaten).
  • Membantu mewarnakan plastik.
  • Menentukan ketahanan getah.

 

Ancaman dari klorofluorokarbon (CFC)

Ancaman yang diketahui terhadap keseimbangannya adalah kloroflorokarbon (CFC) buatan manusia yang meningkatkan kadar penipisannya menyebabkan kemerosotan berangsur-angsur dalam tingkat ozon global.

CFC digunakan oleh masyarakat modern dengan cara yang tidak terkira banyaknya, dalam kulkas, bahan dorong dalam penyembur, pembuatan busa dan bahan pelarut terutama bagi kilang-kilang elektronik.

Masa hidup CFC berarti 1 molekul yang dibebaskan hari ini bisa ada 50 hingga 100 tahun dalam atmosfer sebelum dihapuskan.

Dalam waktu kira-kira 5 tahun, CFC bergerak naik dengan perlahan ke dalam stratosfer (10 – 50 km). Di atas lapisan ozon utama, pertengahan julat ketinggian 20 – 25 km, kurang sinar UV diserap oleh ozon.

Molekul CFC terurai setelah bercampur dengan UV, dan membebaskan atom klorin. Atom klorin ini juga berupaya untuk memusnahkannya dan menghasilkan lubang ozon.
 

Dampak Penipisan Ozon Bagi Kesehatan dan Lingkungan

Radiasi ultraviolet (UV) dari Matahari dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada manusia, termasuk kanker kulit, katarak mata dan pengurangan kemampuan untuk melawan penyakit. Selanjutnya, radiasi UV dapat merusak kehidupan mikroskopis di permukaan lautan yang membentuk dasar rantai makanan dunia, varietas tertentu dari vegetasi termasuk padi dan tanaman kedelai, dan polimer yang digunakan dalam cat, pakaian dan bahan lainnya. Dibawah ini Anda dapat menemukan dampak penipisan ozon yang berbahaya bagi kesehatan dan merugikan lingkungan. Klik disini untuk membaca lebih lanjut tentang: Dampak Penipisan Ozon Bagi Kesehatan dan Lingkungan
 

 

Bacaan Lainnya

 

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 
Sumber bacaan: NASA (National Aeronautics and Space Administration), EEA (European Environment Agency)

                       
 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz |Matematika|IPA | Geografi & Sejarah|Info Unik|Lainnya


By | 2019-11-13T20:34:57+07:00 November 13th, 2019|IPA, Lainnya|0 Comments

Leave A Comment