fbpx

Kanker Kulit Melanoma

Kanker Kulit

Adalah pertumbuhan sel-sel pada kulit pada taraf abnormal. Kanker kulit merupakan jenis kanker yang paling umum. Hampir semua kanker kulit dapat diobati secara efektif jika ditemukan lebih awal, jadi mengetahui apa yang harus “dicari” adalah penting.

Ada banyak jenis kanker kulit yang timbul dipermukaan kulit, yang masing-masing bisa terlihat berbeda pada kulit. Banyak orang mengira, salah  dan salah dan menganggap bahwa kulit mereka hanya mengalami masalah sepele. Danjuga ada kanker kulit yang juga berada di tempat yang tidak seberapa terlihat, seperti di dalam lubang hidung dan anus.

Tapi kanker kulit bisa terlihat berbeda dari contoh-contoh ini. Inilah sebabnya mengapa penting untuk menemui dokter jika Anda memiliki benjolan, bintik, luka, atau tanda lain pada kulit Anda yang baru atau berubah atau yang mencemaskan Anda karena alasan lain.

 

Penting bagi dokter untuk membedakan jenis kanker kulit, karena perawatan mereka berbeda. Penting juga bagi Anda untuk mengetahui jenis kanker kulit. Ini dapat membantu Anda menemukannya pada tahap sedini mungkin, agar lebih mudah diobati dan kemungkinan besar dapat disembuhkan.

 

Jenis kanker kulit

Ada 3 tipe utama kanker kulit:

  • Kanker kulit sel basal (karsinoma sel basal)
    Kanker ini paling sering ditemukan di daerah yang terpapar sinar matahari, seperti kepala, leher, dan lengan, tapi juga bisa terjadi di tempat lain. Mereka sangat umum tapi biasanya juga diobati.
Basal cell carcinoma (1)

Lesi merah dan ulserasi dikelilingi oleh perbatasan putih di kulit telinga kanan. Karsinoma sel basal ulserasi dengan pinggiran mekar yang khas. Sumber foto: Kelly Nelson (Photographer), via Wikimedia Commons

  • Kanker kulit sel skuamosa (karsinoma sel skuamosa).
    Biasanya tampak dan muncul merah atau berkulit atau bersisik. Seringkali tumor tumbuh sangat cepat.
Squamous cell carcinoma (2)

Lesi merah muda dan terangkat pada kulit kaki. Karsinoma sel skuamosa. Sumber foto: Kelly Nelson (Photographer), via Wikimedia Commons

  • Kanker kulit Melanoma
    Melanoma kurang umum dibandingkan beberapa jenis kanker kulit lainnya, namun lebih cenderung tumbuh dan menyebar. Melanoma adalah kanker yang biasanya dimulai pada jenis sel kulit tertentu.

    • 3 jenis utama sel di lapisan atas kulit (disebut epidermis) adalah:
        • Sel skuamosa: Ini adalah sel datar di bagian luar epidermis yang terus-menerus ditumpahkan seperti bentuk baru.
        • Sel basal: Sel-sel ini berada di bagian bawah epidermis, yang disebut lapisan sel basal. Sel-sel ini terus-menerus membelah diri untuk membentuk sel baru untuk menggantikan sel skuamosa yang lepas dari permukaan kulit. Saat sel-sel ini bergerak ke atas di epidermis, mereka menjadi lebih datar, akhirnya menjadi sel skuamosa.
        • Melanosit: Ini adalah sel yang bisa menjadi melanoma. Mereka membuat pigmen coklat yang disebut melanin, yang memberi kulit warna cokelat atau coklat. Melanin melindungi lapisan kulit yang lebih dalam dari beberapa efek berbahaya dari sinar matahari. Bagi kebanyakan orang, saat kulit terkena sinar matahari, melanosit membuat lebih banyak pigmen, menyebabkan kulit menjadi cokelat atau gelap.

 

    • Melanoma3

      Melanoma ganas. Di sebelah kiri, seseorang bisa melihat plak fase awal pertumbuhannya. Di sebelah kanan dan bersebelahan dengan plak tersebut, ada nodul pink (amelanotic) fase melanoma pertumbuhan vertikal yang sangat invasif. Melanoma yang didiagnosis pada tahap ini memiliki prognosis yang buruk; Banyak dari pasien ini mengalami penyakit metastatik dan meninggal akibat kankernya. Sumber foto: via Wikimedia Commons

 

Jenis kanker kulit lainnya

  • Karsinoma sel Merkel (MCC: Merkel cell carcinoma)

Jenis kanker kulit yang tidak biasa. Dimulai saat sel-sel di kulit yang disebut sel Merkel mulai tumbuh tak terkendali. Jenis kanker ini bisa tumbuh dengan cepat dan bisa sulit diobati jika menyebar di luar kulit.
Karsinoma sel Merkel paling sering berkembang dengan cepat, benjolan merah, ungu atau kulit berwarna tidak lembut yang tidak terasa nyeri atau gatal. Mereka mungkin keliru untuk kista atau jenis kanker lainnya.

Merkel cell cancer

Merkel cell carcinoma pada wanita berusia 94 tahun. Sumber foto: Klaus D. Peter, [CC BY 3.0 de], via Wikimedia Commons

  • Sarkoma Kaposi (KS: Kaposi Sarcoma)

Sarkoma Kaposi (KS) adalah kanker yang berkembang dari sel-sel yang melapisi getah bening atau pembuluh darah. Biasanya muncul sebagai tumor pada kulit atau di permukaan mukosa seperti di dalam mulut, tapi tumor juga dapat berkembang di bagian tubuh yang lain, seperti di kelenjar getah bening (koleksi sel kekebalan tubuh di seluruh tubuh), paru-paru, atau saluran pencernaan.

Sel abnormal KS membentuk bercak ungu, merah atau coklat atau tumor pada kulit. Daerah yang terkena ini disebut lesi. Lesi kulit KS paling sering muncul pada kaki atau wajah. Mereka mungkin terlihat buruk, tapi biasanya tidak menimbulkan gejala. Beberapa lesi pada kaki atau di daerah selangkangan dapat menyebabkan kaki dan kaki membengkak dengan menyakitkan.

KS dapat menyebabkan masalah serius atau bahkan mengancam nyawa bila lesi berada di paru-paru, hati, atau saluran pencernaan. KS di saluran pencernaan, misalnya, bisa menyebabkan pendarahan, sedangkan tumor di paru-paru bisa menimbulkan masalah bernafas.

Kaposis sarcoma 01

Sarkoma Kaposi Plasenta yang khas pada alar dan ujung hidung pada pasien wanita HIV-positif. Sumber foto: M. Sand, D. Sand, C. Thrandorf, V. Paech, P. Altmeyer, F. [CC BY 2.0], via Wikimedia Commons

  • Limfoma Kulit

Limfoma adalah kanker yang dimulai pada sel yang disebut limfosit, yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh. Jenis utama limfoma adalah:

  • Limfoma Hodgkin (juga dikenal sebagai limfoma Hodgkin, penyakit Hodgkin, atau penyakit Hodgkin).
  • Limfoma non-Hodgkin (juga dikenal sebagai limfoma non-Hodgkin, NHL, atau kadang-kadang hanya limfoma), yang mencakup semua limfoma lainnya, termasuk semua limfoma kulit.
  • Limfosit berada di kelenjar getah bening (koleksi sel kekebalan tubuh berukuran kecil dan kecil di seluruh tubuh) dan jaringan limfoid lainnya (seperti limpa, sumsum tulang, dan beberapa organ lainnya, termasuk kulitnya). Limfoma bisa dimulai di tempat-tempat ini.

Bila limfoma non-Hodgkin hanya dimulai di kulit (tidak di organ lain atau jaringan) itu disebut limfoma kulit (atau limfoma kulit). Limfoma yang dimulai di kelenjar getah bening atau bagian lain dari tubuh dan kemudian menyebar ke kulit bukanlah limfoma kulit (karena tidak dimulai di sana).

Melanoma lymph node, metastasis

Gambaran kambuhan metastasis kelenjar getah bening dari melanoma. Sumber foto: Department of Pathology [CC BY-SA 4.0], via Wikimedia Commons

 

Tanda dan gejala kanker kulit

Ada berbagai macam gejala kanker kulit. Ini termasuk perubahan pada kulit yang tidak sembuh, membengkak di kulit, kulit berubah warna, dan perubahan tahi lalat yang ada, seperti tepi bergerigi hingga mol dan pembesaran tahi lalat.

  • Kanker kulit sel basal

Kanker kulit sel basal (BCC) biasanya muncul sebagai benjolan mutiara yang ditumbuhi, halus dan halus pada kulit kepala, leher atau bahu yang terpapar sinar matahari. Terkadang pembuluh darah kecil (disebut telangiektasia) bisa terlihat di dalam tumor.

Kram dan pendarahan di bagian tengah tumor sering berkembang. Seringkali keliru untuk sakit yang tidak sembuh. Bentuk kanker kulit ini adalah yang paling mematikan dan dengan perawatan yang tepat bisa benar-benar dihilangkan, seringkali tanpa bekas luka.

  • Kanker kulit sel skuamosa

Kanker kulit sel skuamosa (SCC) biasanya merupakan tambalan merah, penskalaan, menebal pada kulit yang terpapar sinar matahari. Beberapa nodul keras dan kubah berbentuk seperti keratoacanthomas. Ulserasi dan perdarahan bisa terjadi. Bila SCC tidak diobati, bila SCC tidak berkembang menjadi massa yang besar. Squamous-cell adalah kanker kulit kedua yang paling umum. Ini berbahaya, tapi hampir sama berbahayanya dengan melanoma.

  • Melanoma

Kebanyakan melanoma terdiri dari berbagai warna dari nuansa coklat hingga hitam. Sejumlah kecil melanoma berwarna merah jambu, merah atau berdaging; Ini disebut melanoma amelanotik dan cenderung lebih agresif. Tanda peringatan melanoma ganas termasuk perubahan ukuran, bentuk, warna atau ketinggian tahi lalat. Tanda lainnya adalah munculnya tahi lalat baru saat dewasa atau sakit, gatal, ulserasi, kemerahan di sekitar lokasi, atau pendarahan di lokasi.

Mnemonik yang sering digunakan adalah “ABCDE”, di mana A untuk “asimetris”, B untuk “batas” (tidak teratur: “Tanda pantai Maine”), C untuk “warna” (beraneka ragam), D untuk “diameter” (lebih besar dari 6 mm-ukuran penghapus pensil) dan E untuk “berkembang.”

  • Karsinoma sel Merkel (MCC: Merkel cell carcinoma)

Karsinoma sel Merkel paling sering berkembang dengan cepat, benjolan merah, ungu atau kulit berwarna tidak lembut yang tidak terasa nyeri atau gatal. Mereka mungkin keliru untuk kista atau jenis kanker lainnya.

 

Pencegahan penyakit kanker kulit

Tidak ada cara pasti untuk mencegah semua kanker kulit, seperti: sel basal dan skuamosa, melanoma… Beberapa faktor risiko seperti usia, jenis kelamin, ras, dan riwayat keluarga Anda tidak dapat dikendalikan. Tapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan yang bisa menurunkan risiko terkena kanker kulit dan lainnya.

Menghindari faktor risiko dan meningkatkan faktor pelindung dapat membantu mencegah kanker.

  • Menghindari faktor risiko kanker dapat membantu mencegah kanker tertentu. Faktor risiko termasuk merokok, kelebihan berat badan dan tidak cukup berolahraga. Meningkatkan faktor pelindung seperti berhenti merokok, mengonsumsi makanan sehat, dan berolahraga juga dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker. Bicaralah dengan dokter Anda atau ahli kesehatan lainnya tentang bagaimana Anda bisa menurunkan risiko kanker Anda.

  • Terekspos radiasi ultraviolet merupakan faktor risiko kanker kulit.

  • Beberapa penelitian menunjukkan bahwa terkena radiasi ultraviolet (UV) dan sensitivitas kulit seseorang terhadap radiasi UV adalah faktor risiko kanker kulit. Radiasi UV adalah nama untuk “sinar tak kasat mata” yang merupakan bagian dari energi yang berasal dari matahari. Contohnya seperti berjemur dibawah terik matahari berjam-jam di pantai dapat meningkatkan risiko kanker melanoma.

 

Pengobatan kanker kulit

Ada banyak jenis pengobatan kanker. Jenis pengobatan yang Anda terima akan tergantung pada jenis kanker yang Anda miliki dan seberapa beratnya.

  • Beberapa orang dengan kanker hanya memiliki satu pengobatan. Tapi kebanyakan orang memiliki kombinasi perawatan, seperti pembedahan dengan kemoterapi dan / atau terapi radiasi.

  • Untuk penyakit yang berisiko lebih rendah, terapi radiasi (radioterapi sinar eksternal atau brachytherapy), kemoterapi topikal (imiquimod atau 5-fluorouracil) dan krioterapi (pembekuan kanker) dapat memberikan kontrol yang memadai terhadap penyakit ini; Semua dari mereka, bagaimanapun, mungkin memiliki tingkat kesembuhan keseluruhan yang lebih rendah daripada jenis-jenis operasi tertentu. Modalitas terapi lainnya seperti terapi photodynamic, kemoterapi topikal, elektrodesipasi dan kuretase dapat ditemukan dalam diskusi karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa.

  • Dalam kasus penyakit yang telah menyebar (metastasis), prosedur pembedahan lebih lanjut atau kemoterapi mungkin diperlukan. Pengobatan untuk kanker kulit melanoma metastatik meliputi agen imunoterapi biologis ipilimumab, pembrolizumab dan nivolumab; Penghambat BRAF, seperti vemurafenib dan dabrafenib dan inhibitor MEK trametinib.

  • Bila Anda membutuhkan perawatan untuk kanker, Anda harus banyak belajar dan meminta pendapat tentang kanker Anda, minim 2 dokter.

  • Adalah hal yang normal untuk merasa terbebani, bingung dan takut. Tapi, berbicara dengan dokter Anda dan belajar tentang jenis pengobatan yang mungkin Anda miliki, dapat membantu Anda merasa lebih terkendali. Selalu bertanya kepada dokter Anda atau spesialis dokter onkologi (adalah sub-bidang medis yang mempelajari dan merawat kanker).

 

Obat-obatan yang Disetujui untuk Kanker Kulit

Halaman ini mencantumkan obat kanker yang disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat untuk kanker kulit yang dirilis oleh National Cancer Institute, termasuk obat untuk karsinoma sel basal, melanoma dan karsinoma selelel. Daftar ini mencakup nama generik dan nama merek. Nama obat tersebut tertaut ke ringkasan Informasi Obat Kanker NCI. Mungkin ada obat yang digunakan pada kanker kulit yang tidak tercantum di sini.

Obat-obatan yang Disetujui untuk Karsinoma Sel Basal

  • Aldara (Imiquimod)
  • Efudex (Fluorouracil – Topikal)
  • Erivedge (Vismodegib)
  • 5-FU (Fluorouracil – Topikal)
  • Fluorouracil – topikal
  • Imiquimod
  • Odomzo (Sonidegib)
  • Sonidegib
  • Vismodegib

Obat Disetujui untuk Melanoma

  • Aldesleukin
  • Cobimetinib
  • Cotellic (Cobimetinib)
  • Dabrafenib
  • Dacarbazine
  • DTIC-Dome (Dacarbazine)
  • IL-2 (Aldesleukin)
  • Imlygic (Talimogene Laherparepvec)
  • Interleukin-2 (Aldesleukin)
  • Intron A (Rekombinan Interferon Alfa-2b)
  • Ipilimumab
  • Keytruda (Pembrolizumab)
  • Mekinist (Trametinib)
  • Nivolumab
  • Opdivo (Nivolumab)
  • Peginterferon Alfa-2b
  • Pembrolizumab
  • Proleukin (Aldesleukin)
  • Interferon rekombinan Alfa-2b
  • Sylatron (Peginterferon Alfa-2b)
  • Tafinlar (Dabrafenib)
  • Talimogene Laherparepvec
  • Trametinib
  • Vemurafenib
  • Yervoy (Ipilimumab)
  • Zelboraf (Vemurafenib)

Obat-obatan yang Disetujui untuk Merkel Cell Carcinoma

  • Avelumab
  • Bavencio (Avelumab)

 

Melanoma - cytology field stain

Mikrograf melanoma. Sumber foto: Nephron, via Wikimedia Commons

Jangan tergoda untuk iklan pengobatan alternatif

Hal lainnya, pasien kanker harus mendapat pengobatan yang tepat dan tidak boleh melewatkan fase emas pengobatan. Namun, seringkali masyarakat yang terdiagnosis kanker pada fase awal, justru tergoda dengan iklan pengobatan alternatif yang menyesatkan yang ada di berbagai media, baik media massa maupun media sosial.

Kita perlu mengawasi dan mengevaluasi efektifitas dan meneliti dampak lain yang ditimbulkan. Iklan yang jelas-jelas melanggar ketentuan tersebut, akan berdampak buruk dan menimbulkan kerugian, bahkan bisa membahayakan karena pasien kehilangan fase emas pengobatannya dan menjadi tidak terselamatkan.

 

Daftar Alamat Dinas Kesehatan

Dipublikasikan Pada : Selasa, 01 Oktober 2013 oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Klik disini untuk melihat daftar komplit seluruh Indonesia.

 

Kanker bisa dicegah, deteksi / pemeriksaan dini ditanggung pemerintah

Dengan deteksi dini, kejadian kanker dapat ditemukan lebih awal sehingga keberhasilan pengobatannya semakin besar. Kementerian Kesehatan mendorong masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan terhadap jenis, bahaya dan faktor risiko terjadinya kanker.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan Oscar Primadi mengatakan Kementerian Kesehatan sudah memasukan biaya deteksi dini kanker payudara dan kanker serviks (tes IVA) di puskesmas sudah masuk dalam pembiayaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola BPJS Kesehatan.

Saat ini, lebih dari 3.700 Puskesmas di seluruh Indonesia telah dilatih dalam pelayanan deteksi dini penyakit kanker payudara dan leher rahim. Sedangkan untuk pengobatan segera dilakukan di rumah sakit kabupaten/kota secara berjenjang untuk rujukan kasus kanker.

Pemerintah juga tengah mengintroduksi vaksin human papiloma virus (HPV) di siswi sekolah dasar di beberapa daerah. Vaksin HPV efektif untuk mencegah seseorang wanita terserang HPV yang akan membaeanya pada kanker serviks. Harapannya ke depan vaksin HPV tersebut bisa menjadi salah satu vaksin program nasional.

 

Contoh Kanker-Kanker Lainnya

Kanker bisa dimulai di tempat manapun di tubuh. Ini dimulai saat sel-sel tumbuh di luar kendali dan kerumunan sel normal. Hal ini membuat tubuh sulit bekerja sebagaimana mestinya. Memahami penyakit kanker dapat membantu Anda untuk mengenal lebih jelas “seperti apakah kanker itu?” Klik disini dan baca artikel pemahaman penyakit kanker ini sampai habis bersama contoh-contohnya!

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-01-08T01:17:54+00:00 Desember 20th, 2017|Lainnya, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment