fbpx

Pasir Hisap – Fakta dan Cara Keluar dari Pasir Hisap

Pasir Hisap

Pasir hisap atau Pasir penghisap adalah kaloid hidrogel (absorben alami yang mampu menyerap air hingga 99%) yang terdiri dari pasir, air dan tanah liat.

Pasir hisap biasanya terdapat di sekitar sumber air seperti di pantai, sungai dan rawa. Pasir hisap mempunyai densitas 2 gram/mililiter sedangkan densitas manusia adalah 1gram/mililiter hal ini menyebabkan tubuh manusia yang terbenam ke pasir hidup tidak akan mati kecuali jika kepalanya yang duluan terbenam karena manusia akan di hisap sampai di pinggang atau setengah dari postur tubuh.

Bila terjebak dalam pasir hisap, semakin kita berjuang untuk keluar dari dalamnya maka semakin cepat kita akan tenggelam. Jika kita hanya bersantai, tubuh kita akan mengambang di dalamnya karena tubuh kita memiliki kepadatan yang lebih kecil dari pasir hisap itu.

Tidak disarankan untuk menggelepar-gelepar di dalam pasir dengan cara memindahkan lengan dan kaki ke dalam campuran tersebut. Karena hal itu hanya akan memaksa diri kita lebih jauh ke dalam lubang pasir. Hal terbaik untuk dilakukan adalah membuat gerakan lambat dan membawa diri kita kembali ke permukaan. Kita akan mengapung ke tingkat yang aman.

 

10 Fakta Pasir Hisap

1. Pasir hisap, adalah campuran material granular halus (lumpur atau pasir), tanah liat dan air. Kadang-kadang air dapat digantikan oleh udara dan membentuk “pasir yang kering”.

2. Pasir hisap adalah fenomena alam yang menarik, ia sebenarnya adalah tanah padat yang telah dicairkan oleh air . Istilah “hisap” mengacu pada seberapa mudah pasir bergeser ketika ada beban yang berada diatasnya.

3. Air di bawah lapisan atas sedimen sangat dalam sehingga korban masuk ke dalam dan tenggelam cukup cepat. Tapi pasir pantai bisa dengan mudah menjadi pasir hisap jika ada cukup aliran air keatas melaluinya. Jika jumlah yang berlebihan dari air mengalir melalui pasir, hal ini memaksa partikel pasir terpisah. Pemisahan partikel menyebabkan tanah menjadi longgar, dan setiap benda di atas pasir akan mulai tenggelam melaluinya.

4. Bertolak belakang dengan apa yang kita lihat di film dan dibaca di buku komik, jarang ada orang yang jatuh ke pasir hisap yang benar-benar tenggelam di dalamnya. Namun, seseorang bisa cukup tenggelam untuk terjebak di dalamnya dan tidak bisa keluar. Kelengketan air dengan pasir dan partikel tanah liat membuat orang atau hewan panik.

5. Mereka mengerahkan semua energi mereka dan akhirnya tenggelam. (Kematian yang lambat karena kelelahan).

6. Mereka yang terjebak, terkadang dapat menghirup air yang mengandung sedimen dan sistem pernapasan akan tersumbat.

7. Pasir hisap kemungkinan besar terjadi di pinggir sungai, pantai, garis pantai danau, rawa-rawa dan dekat mata air bawah tanah.

8. Jika Anda terjebak di pasir apung dekat laut (di mana pasir hisap sering berada) dan pasang datang dan menutupi Anda, Anda bisa tenggelam.

9. Beberapa lubang pasir sangat dalam, tetapi kebanyakan tidak. Untuk sebagian besar, kedalamannya tidak lebih dari 1,2 – 1,5 meter. Jadi, Anda tidak akan tenggelam ke dalam jurang. Tetapi hal ini dapat menjadi bahaya untuk anak kecil!

10. Pasir hisap terjadi ketika air merembes memasuki area pasir yang longgar dan pasir kemudian menjadi mudah bergerak . Bila air terperangkap dalam kumpulan pasir dan tidak dapat keluar, maka terbentuklah “tanah cair” yang tidak bisa lagi menahan berat badan kita. Ada 2 cara di mana pasir bisa menjadi “pasir hisap”:

  • Aliran air bawah tanah – Kekuatan aliran air ke atas menentang kekuatan gravitasi , menyebabkan butiran pasir menjadi lebih ringan.

  • Gempa bumi – Kekuatan tanah bergetar dapat meningkatkan tekanan air tanah dangkal, yang mencairkan lapisan pasir dan lumpur. Permukaan yang cair akan kehilangan kekuatan, menyebabkan bangunan atau benda lain yang ada di permukaannya akan tenggelam atau jatuh.

Pasir hisap atau lumpur hisap

Pasir Hisap – Fakta dan Cara Keluar dari Pasir Hisap. Sumber foto: Pierce Martin / Flickr

Cara Keluar dari Pasir Hisap

1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah jangan panik dan bersandar ke belakang sehingga berat tubuh Anda didistribusikan ke area yang lebih luas.

2. Kemudian, perlahan-lahan goyangkan kaki Anda dengan gerakan melingkar untuk membuat ruang di sekitar kaki Anda di mana air dapat mengalir masuk dan melonggarkan campuran sedimen tersebut.

3. Setelah Anda memiliki sedikit ruang untuk menggerakkan kaki Anda, perlahan-lahan dan semakin berusaha untuk mendapatkan diri Anda di mana Anda dapat berbaring di atas pasir apung.

4. Bergerak tidak akan membuat Anda tenggelam. Kenyataannya, gerakan-gerakan yang lambat dan mundur dapat benar-benar membiarkan air masuk ke dalam rongga di sekitar anggota tubuh yang terperangkap, melonggarkan pegangan pasir hisap. Keluar akan memakan waktu cukup lama.

5. Fisikawan telah menghitung bahwa gaya yang diperlukan untuk mengeluarkan kaki Anda dari pasir hisap dengan laju satu sentimeter per detik kira-kira sama dengan gaya yang dibutuhkan untuk mengangkat mobil berukuran sedang.

6. Salah satu bahaya asli adalah bahwa seseorang yang tidak bisa bergerak di pasir apung dapat ditelan dan tenggelam oleh gelombang yang datang — pasir cepat sering terjadi di daerah air pasang surut — tetapi bahkan jenis kecelakaan seperti ini sangat jarang terjadi.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: SmarteningsHow Stuff WorksBritannica

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-07-25T22:57:38+00:00 Juli 25th, 2018|IPA, Top 10|0 Comments

Leave A Comment