PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Pentingnya Serologi TPHA VDRL dalam Mendeteksi Sipilis

4 min read

Pentingnya Serologi TPHA VDRL dalam Mendeteksi Sipilis

Serologi TPHA VDRL: Bagaimana Cara Mendeteksi Sipilis?

Serologi TPHA VDRL adalah metode untuk mendeteksi sipilis, suatu infeksi yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual.

Serologi adalah metode untuk mendeteksi penyakit dengan memeriksa darah untuk mengetahui apakah ada tanda-tanda infeksi.

Artikel ini memberikan informasi penting tentang Serologi TPHA VDRL, cara mendeteksi sipilis, gejala dan komplikasi sipilis, kapan melakukan tes, cara menginterpretasi hasil tes, pentingnya mendeteksi sipilis, dan cara melindungi diri dari sipilis dan penyakit menular seksual lainnya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dalam memahami pentingnya deteksi dini dan pencegahan penyakit ini. Tetaplah berhati-hati dan selalu lindungi diri Anda dan pasangan Anda dengan menggunakan kondom saat berhubungan seksual. Terima kasih telah membaca!

Biasanya, pemeriksaan ini dilakukan dalam pemeriksaan penyakit menular seksual, jika ada gejala, atau selama kehamilan. Jadi, apa yang terlibat dalam tes ini? Apakah ada pengobatan jika hasilnya positif? Kami akan memberi tahu semuanya.

VDRL slide
Slide VDRL untuk melakukan tes darah sifilis. Microrao, Public domain, via Wikimedia Commons

Serologi TPHA VDRL: Apa Gejala dan Komplikasi dari Sipilis?

Sipilis adalah infeksi yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Itu dapat menular melalui hubungan seks tanpa perlindungan, baik melalui vagina, anus, atau oral. Infeksi kelamin ini disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Kasus sipilis meningkat di banyak negara maju.

Sipilis umumnya mempengaruhi pria yang berhubungan seks dengan pria lain. Hampir separuh dari mereka juga adalah pembawa HIV, virus yang melemahkan sistem kekebalan tubuh. Namun, kelompok ini bukan satu-satunya yang berisiko terhadap bakteri ini! Siapa pun yang aktif secara seksual dapat terinfeksi sipilis.

Sipilis juga dapat menular melalui kontak dengan luka sipilis. Ini berarti jika seseorang menyentuh luka atau lecet yang disebabkan oleh sipilis pada orang yang terinfeksi, maka ada risiko penularan penyakit tersebut. Itulah mengapa penting untuk berhati-hati dan menghindari kontak langsung dengan luka sipilis.

Baca juga: Penyakit Infeksi dan Menular (Infectious Diseases) | (virus, bakteri, parasit, jamur, protozoa)

TPHA test on microplate wells
Microwells menunjukkan tes TPHA positif dan negatif. dr. David Csaba Levente, Public domain, via Wikimedia Commons

Serologi TPHA VDRL: Apa yang Dilakukan Tes Ini?

Meskipun pemeriksaan klinis dapat memberikan petunjuk (misalnya, adanya chancre), satu-satunya cara untuk mendeteksi sipilis adalah melalui serologi, yaitu analisis darah. Anda perlu melakukan tes darah. Pada sampel darah, tes TPHA (Treponema Pallidum Hemagglutinations Assay) akan dilakukan untuk mendeteksi keberadaan bakteri. Ini adalah tes biologis (tes darah) kuantitatif yang hasilnya dapat diharapkan dalam 1 hingga 2 hari.

Tes TPHA menggantikan tes TPHA/VDRL, yang sebelumnya digunakan untuk mendeteksi sipilis sebagai tindakan pertama. Tes TPHA/VDRL memungkinkan untuk melakukan pemeriksaan manual terhadap sipilis. Saat ini, berkat kemajuan teknologi, memungkinkan untuk mendeteksi bakteri dengan lebih efisien. Tes VDRL (Venereal Disease Research Laboratory), dilakukan sebagai tindakan kedua, jika hasil tes TPHA positif, untuk menentukan karakter aktif penyakit.

Penting untuk diketahui: meskipun ada perkembangan dalam prosedur ini, terkadang beberapa dokter masih memerintahkan tes TPHA/VDRL. Jangan khawatir, ini tidak akan menjadi masalah dan tes skrining (tes darah) Anda akan dilakukan dengan benar.

Kapan Harus Melakukan Tes Serologi TPHA VDRL

Secara umum, ada tiga situasi di mana pemeriksaan sipilis diperlukan:

1. Saat melakukan pemeriksaan penyakit menular seksual lengkap: selain klamidia, gonore, human papillomavirus (HPV), hepatitis B, atau bahkan HIV, sipilis juga akan dideteksi.

2. Jika ada gejala yang mencolok: misalnya, jika Anda melihat keberadaan chancre pada organ genital Anda.

3. Selama kehamilan: pemeriksaan sipilis wajib dilakukan pada wanita hamil untuk mencegah kemungkinan penyakit sipilis pada bayi yang baru lahir. Tes ini dilakukan selama pemeriksaan prenatal pertama dan diulang pada usia kehamilan 28 minggu jika ibu memiliki perilaku berisiko. Kewajiban ini juga disebabkan oleh fakta bahwa sipilis pada bayi sangat serius, dengan tingkat kematian bayi mencapai 40%.

Bagaimana Cara Menafsirkan Hasil Sérologi TPHA VDRL?

Jika tes TPHA Anda positif, itu perlu dikonfirmasi dengan tes kedua, yaitu tes VDRL. Jika tes konfirmasi juga positif, maka Anda dapat menganggap bahwa Anda terinfeksi sipilis. Segera konsultasikan dengan dokter, dan bawa hasil tes positif Anda untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai. Pengobatan umumnya melibatkan pemberian antibiotik sederhana dan dikenal baik.

Pengobatan melibatkan suntikan Benzathine penicillin G, dengan pemantauan setiap tiga bulan selama satu tahun. Semakin cepat pengobatan diberikan (ideally selama fase primer), semakin efektif ia akan bekerja. Oleh karena itu, infeksi yang baru terjadi memiliki peluang lebih besar untuk sembuh sepenuhnya daripada infeksi yang sudah lanjut. Tentu saja, selama periode pengobatan dan sampai kesembuhan lengkap yang telah disahkan oleh dokter, Anda harus mengambil semua langkah yang diperlukan untuk mencegah penularan bakteri kepada pasangan seksual Anda. Penggunaan kondom yang ketat sangat penting.

Setelah sembuh, tetaplah waspada. Antibodi yang dihasilkan selama infeksi tidak memberikan perlindungan. Oleh karena itu, Anda masih dapat terinfeksi sipilis lagi! Kondom dan pemeriksaan rutin tetaplah sangat penting untuk mencegah kemungkinan infeksi berulang.

Terakhir, jika tes TPHA Anda negatif, itu berarti Anda tidak terinfeksi sipilis. Namun, tetaplah menggunakan kondom untuk meminimalkan risiko dan hindari kemungkinan penularan.

Penyakit Infeksi dan Menular (Infectious Diseases) | (virus, bakteri, parasit, jamur, protozoa)

Mengapa Penting untuk Mendeteksi Sipilis?

Meskipun sipilis dapat disembuhkan, penting untuk diingat bahwa perkembangan penyakit ini tanpa pengobatan dapat memiliki konsekuensi serius. Oleh karena itu, diagnosis awal infeksi memungkinkan pengobatan yang cepat, sebelum bakteri mulai menyebabkan kerusakan dalam tubuh Anda. Jadi, penting untuk mendeteksi bakteri sesegera mungkin. Jangan menunggu gejala muncul; kadang-kadang infeksi dapat berkembang tanpa menimbulkan gejala dan hanya tes skrining (tes darah) yang dapat mendeteksi.

Selain itu, seperti yang telah kami sebutkan, kasus sipilis telah meningkat sejak tahun 2000 di dunia. Oleh karena itu, penting untuk membatasi peningkatan kasus sipilis. Untuk mencapai hal ini, pemeriksaan adalah alat yang sangat efektif. Jelas bahwa dengan mengabaikan infeksi Anda, Anda akan lebih cenderung menyebarkannya kepada orang di sekitar Anda.

Dalam hal ini, para profesional menyarankan pemeriksaan setiap tiga bulan untuk orang-orang yang paling rentan terhadap sipilis dan penyakit menular seksual lainnya. Pemeriksaan dapat dilakukan pada saat-saat dalam hidup yang memungkinkan untuk pemeriksaan menyeluruh: pasangan baru, berhenti menggunakan kondom dengan pasangan Anda, melakukan hubungan seks tanpa perlindungan, atau jika Anda memiliki keraguan apapun.

Cara Melindungi Diri dari Sipilis dan Penyakit Menular Seksual Lainnya

Cara terbaik untuk melindungi diri dari sipilis dan penyakit menular seksual pada umumnya adalah menggunakan kondom. Selain itu, itu juga melindungi dari kehamilan yang tidak diinginkan.

Kondom pria dan kondom wanita memungkinkan untuk melindungi diri secara efektif, tetapi dengan syarat menggunakannya dengan benar! Anda harus menggunakannya dari awal hingga akhir hubungan seksual, termasuk seks oral dan anal. Jika kondom bocor atau melorot selama hubungan seksual, itu harus dianggap sebagai hubungan seksual tanpa perlindungan. Faktanya, risiko penularan ada dalam situasi ini.

Beberapa pria mungkin tidak menyukai penggunaan kondom, terutama karena ini dapat mengganggu ereksi selama hubungan seksual. Ketahuilah bahwa ada solusi untuk mengatasi masalah ini, seperti menggunakan kondom wanita jika memungkinkan. Bagaimanapun juga, perlindungan bukanlah pilihan. Ini tidak boleh mencegah Anda untuk melindungi diri selama setiap hubungan seksual Anda.

Jika Anda berada dalam hubungan, keputusan untuk berhenti menggunakan kondom harus disertai dengan pemeriksaan penyakit menular seksual untuk setiap pasangan. Ide ini adalah untuk memulai dari titik awal yang baik!

Sumber bacaan: National Institutes of Health (.gov), CleverlySmart, International Journal of Infectious Diseases (pdf)

Sumber foto: Belova59 via Pixabay

Sifilis (Raja Singa) | Tanda Gejala Fase Primer, Sekunder, Laten, Tersier, Pengobatan

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Operasi Piring Terbang di Brazil (Operacao Prato), investigasi misteri…

Mengungkap Misteri: Kebenaran Dibalik Operasi UFO di Brasil (Operasi Piring Terbang) Menyelami inti dari salah satu operasi militer Brasil yang paling menarik dengan Investigasi...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *