PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Kondom Pria | Keuntungan dan Kerugian ? | Cara Menggunakan, Kecelakaan

3 min read

Kondom pria

Kondom Pria

Kondom adalah alat kontrasepsi bebas hormon (hormone-free) yang ditempatkan pada penis pria dan mencegah masuknya sperma ke dalam vagina. Bagaimana cara meletakkannya? Mana yang harus dipilih dan di mana mendapatkannya?

Kondom pria | Keuntungan dan kerugian ?

Kondom pria menawarkan perlindungan yang sangat baik terhadap infeksi menular seksual, termasuk infeksi virus AIDS.

Namun, ini tidak mutlak (kurang dari satu infeksi per tahun untuk setiap 100 pasangan Odha (terkena HIV) yang menggunakannya dengan benar selama setahun).

Efektivitas kondom pria sebagai metode kontrasepsi tergantung pada penggunaan yang tepat.

Digunakan secara konsisten dan benar, tingkat kegagalan adalah sekitar tiga kehamilan per tahun per 100 wanita, sedangkan dalam praktik saat ini tingkat kegagalan adalah 14 kehamilan per tahun per 100 wanita.

Kondom lateks pria tidak dianjurkan untuk orang yang alergi terhadap lateks.

Ada risiko kondom tergelincir atau robek (sekitar 4 hingga 8,5% untuk kondom poliuretan dan 1,3 hingga 3,2% untuk kondom lateks).

Beberapa pria merasa malu dengan pemasangan atau pemakaian kondom pria dalam sensasi mereka (penurunan sensitivitas) atau persepsi erotis mereka tentang hubungan seksual.

Bagaimana cara memakai kondom?

Kondom pria adalah kasus lateks atau poliuretan yang fleksibel dan tipis yang membantu menahan sperma selama ejakulasi dan dengan demikian mencegah sperma menyebar di vagina. Ada ukuran yang berbeda, tekstur atau rasa yang berbeda, bebas lateks, dengan reservoir… Sesaat sebelum penetrasi, buka perlahan kemasan menggunakan takik kecil yang disediakan (hati-hati jangan membukanya dengan gigi, kuku panjang atau benda tajam seperti gunting atau pisau) dan buka gulungannya di atas penis yang ereksi.

Kondom memiliki arah penggunaan, periksa sebelum Anda meletakkannya di penis Anda. Biasanya, kondom berjalan lancar ketika Anda menyelubungkan dari ujung penis kesepanjang penis yang ereksi (dekat perut Anda). Jika itu menghalangi atau tidak berjalan dengan baik, lebih baik mengambil yang lain. Untuk memasangnya dengan benar, jepit wadah kecil (yang ada di ujung kondom) di antara ibu jari dan jari telunjuk agar tidak membentuk gelembung udara, lalu dengan tangan yang lain, buka gulungannya hingga ke pangkal kondom. penis. Anda dapat melumasinya dengan gel berbahan dasar air atau silikon (tersedia di apotek atau supermarket) sebelum atau selama hubungan seksual.

Cara memakai kondom pria
Cara memakai kondom pria. Sumber foto: CCNull

Beberapa tindakan pencegahan yang perlu diingat:

  • Kondom memiliki tanggal kedaluwarsa: selalu periksa sebelum digunakan dan pastikan kemasannya tidak rusak atau terbuka.
  • Jauhkan kondom dari panas dan di tempat yang kering
  • Untuk setiap penggunaan, Anda harus mengambil kondom baru
  • Jangan pernah menumpuk dua kondom di atas satu sama lain
  • Kondom harus menutupi seluruh penis, jika kotak karet hanya menutupi setengah dari penis, itu karena ukurannya tidak sesuai
  • Jangan menggunakan kondom pria bersamaan dengan kondom wanita
  • Untuk melumasinya, jangan gunakan petroleum jelly, minyak atau mentega karena dapat melemahkan kondom
  • Jangan ragu untuk berlatih memakai dan melepasnya sebelum menggunakannya untuk pertama kali.

Bagaimana cara melepas kondom?

Setelah ejakulasi dan saat penis masih ereksi, lepaskan kondom dengan satu tangan. Dengan tangan yang lain, pegang kondom di pangkal penis untuk mencegah air mani bocor. Ikat dan buang ke tempat sampah, terutama di toilet. Selama laporan berikutnya, yang baru harus digunakan. Sebuah nasihat: untuk mencegah kondom tergelincir ke dalam vagina, jangan menunggu dan menarik diri dari pasangan Anda segera setelah Anda ejakulasi.

Bagaimana jika kondom retak, bocor atau lubang?

Apakah Anda pernah mengalami kecelakaan kondom dan pasangan Anda tidak minum pil? Anda harus pergi ke apotek untuk minum pil pagi hari: ini adalah kontrasepsi darurat yang diminum hingga 72 jam (atau bahkan 120 jam untuk pil dua hari) setelah laporan yang bersangkutan. Bagaimanapun, Anda dan pasangan masih berisiko tertular infeksi menular seksual, jadi Anda perlu menjalani tes IMS.

Baca juga: Penyakit Infeksi dan Menular (Infectious Diseases) | (virus, bakteri, parasit, jamur, protozoa)

Kunjungi dokter Anda untuk mendapatkan resep atau ke Pusat Informasi, Pemeriksaan dan Diagnosis Gratis. Ingatlah bahwa hanya penggunaan kondom selama setiap penetrasi vagina, oral atau anal yang efektif terhadap penularan HIV dan IMS.

Siapa yang tidak bisa menggunakan kondom?

Alergi lateks: apa saja gejalanya? Seorang pria dengan alergi mungkin mengalami iritasi kulit (kemerahan, gatal-gatal, gatal-gatal, dll) pada kontak dengan lateks atau iritasi mata (robek, tidak nyaman, gatal, dll). Diagnosis dapat dikonfirmasi dengan tes kulit dengan dokter atau ahli alergi.
Semua pria yang berhubungan seks dengan satu atau lebih pasangan (pria atau wanita) dapat menggunakan kondom.

Baca juga: Alergi Kulit (skin allergy) Ciri-Ciri, Penyebab, Reaksi Alergi, Gejala dan Pengobatan

Ini melindungi kedua pasangan dari IMS dan risiko kehamilan. Namun, jika Anda memiliki hubungan yang stabil dan teratur dengan pasangan yang sama, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kontrasepsi alternatif. Tetapi sebelum Anda berhenti menggunakan kondom, lakukan tes untuk memastikan tidak ada di antara Anda yang terkena IMS. Jika hasilnya negatif, Anda dapat berhenti menggunakan kondom selama Anda memiliki kontrasepsi lain untuk melindungi diri dari kehamilan yang tidak diinginkan. Jika salah satu atau keduanya memberikan hasil positif, konsultasikan dengan dokter yang dapat memberi saran tentang perawatan yang tepat. Sampai pemulihan total, terus gunakan kondom selama hubungan seksual.

Pria yang alergi terhadap lateks tidak dapat menggunakan kondom lateks, tetapi mereka dapat beralih ke kondom poliuretan (molekul organik yang sangat kuat) yang tidak menyebabkan alergi.

Dimana bisa membelinya?

Kondom dapat diperoleh tanpa resep dari apotek, supermarket atau beberapa convenient store. Kadang-kadang juga dimungkinkan untuk mendapatkannya secara gratis dari pusat pengujian dan asosiasi yang memerangi HIV. Berapa harga kondom? Itu tergantung pada merek dan modelnya, tetapi harga kondom sekitar EUR 0,56 (USD 0,64) (harga eceran indikatif).

Kondom Wanita – Keuntungan dan Kerugian ? | Cara Menggunakan, Kecelakaan

Penyakit Kelamin atau Penyakit Menular Seksual pada Wanita Pria | Contoh Penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual

Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

2 Replies to “Kondom Pria | Keuntungan dan Kerugian ? | Cara…”

  1. Mungkin jarang orang sadar kalau kondom saat dipakai bocor. Jadi jangan lupa untuk tes IMS (Infeksi Menular Seksual)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.