fbpx

Pertolongan Pertama Serangan Jantung

Pertolongan Pertama Serangan Jantung

Rata-rata orang menunggu 3 jam sebelum mencari bantuan untuk gejala serangan jantung. Banyak pasien serangan jantung meninggal sebelum mereka mencapai rumah sakit. Semakin cepat orang tersebut masuk ke ruang gawat darurat, semakin baik peluang untuk bertahan hidup. Perawatan medis yang cepat mengurangi jumlah kerusakan jantung. Berikut adalah cara memberi dan mengetahui pertolongan pertama serangan jantung:

 

1. Orang tersebut mungkin memiliki nyeri dada secara terus-menerus, seperti rasa sakit,yang dapat menyebar ke lengan, leher, rahang, punggung atau perut. Kendurkan pakaian yang ketat.

Rasa sakit ini terjadi karena penyumbatan menghentikan aliran darah ke otot jantung. Rasa sakit tidak akan berkurang dengan cara beristirahat.

 

2. Hubungi ambulans di nomer 188 atau 119 sesegera mungkin.

Dari HP Anda tekan 112, nomer telpon yang menyatukan keadaan darurat Indonesia (Polisi, Ambulans, Kebakaran) dari HP Anda: nomer 112.

Jika Anda tidak dapat menelepon ambulans, minta tolong orang lain untuk melakukannya. Orang itu membutuhkan bantuan medis sesegera mungkin. Serangan jantung bisa sangat serius dan membutuhkan perhatian segera.

 

3. Bantu orang itu untuk duduk.

Pastikan mereka nyaman – misalnya, duduk di lantai dan bersandar di kursi atau dinding. Duduk akan meredakan ketegangan pada jantung. Duduk di lantai juga berarti mereka cenderung tidak melukai diri mereka sendiri jika mereka jatuh atau kolaps.

 

4. Yakinkan mereka saat Anda menunggu ambulans.

Katakan atau lakukan sesuatu untuk menghilangkan keraguan dan ketakutan seseorang. Seperti Anda mengerti perasaannya dan mencoba untuk  meyakinkannya.

 

5. Apabila penderita sudah kolaps, jika Anda bisa, lakukan CPR Resusitasi Jantung.

Klik disini untuk mengetahui Cara Melakukan CPR (Resusitasi Jantung Paru) Untuk Dewasa Anak dan Bayi

 

Pertolongan Pertama Serangan Jantung

Pertolongan Pertama Serangan Jantung. Ilustrasi sumber foto: Pixabay

 

Apakah serangan jantung itu?

Serangan jantung terjadi ketika suplai darah ke otot jantung tiba-tiba tersumbat. Sumbatan itu berarti jantung tidak dapat bekerja secara efektif.

Klik disini untuk membaca tentang ciri-ciri serangan jantung, penyebab, perawatan, pemulihan, pengobatan dan cara mencegah lebih lanjut.

 

Bagaimana saya bisa tahu apakah seseorang mengalami serangan jantung?

Gejala-gejala serangan jantung bervariasi, tetapi mungkin termasuk:

  • Nyeri dada yang terus-menerus, seperti rasa sakit yang dapat menyebar ke lengan, leher, rahang, punggung atau perut.
  • Sesak napas.
  • Kurang enak badan.
  • Berkeringat.

 

Apa perbedaan antara serangan jantung dan henti jantung (carrdiac arrest)?

Serangan jantung dapat menyebabkan henti jantung.

Dengan serangan jantung, penyumbatan tiba-tiba menghentikan darah mencapai jantung dan itu tidak dapat bekerja secara efektif. Ini dapat menyebabkan serangan jantung, ketika jantung berhenti bekerja sepenuhnya.

Seseorang yang mengalami henti jantung akan kolaps, menjadi tidak responsif dan berhenti bernafas.

 

Haruskah saya memberi mereka aspirin?

Dalam pertolongan pertama serangan jantung, Anda dapat menawarkan tablet aspirin untuk dikunyah pelan-pelan, karena ini akan membantu mengencerkan darah mereka. Mereka seharusnya tidak mengambil lebih dari 300mg dalam satu dosis.

Bertanyalah apakah penderita memiliki alergi dengan aspirin?

 

Haruskah mereka mengambil obat jantung yang mereka miliki?

Jika mereka memiliki tablet atau semprotan, biarkan mereka mengambilnya. Anda mungkin perlu membantu mereka untuk mengambilnya.

 

Apakah angina atau angin duduk?

Angina adalah perasaan yang kaku di dada.

Perasaan yang kuat terjadi karena arteri menyempit, membatasi suplai darah ke jantung. Angina sering terjadi ketika seseorang berolahraga atau bersemangat. Gejalanya termasuk nyeri dada dan sesak napas tetapi, tidak seperti serangan jantung, gejala mereda dengan istirahat dan minum obat yang diresepkan.

Sebagian besar orang yang didiagnosis menderita angina mengelolanya dengan tablet atau obat semprot. Selama serangan angina, rasa sakit akan berkurang jika orang tersebut beristirahat dan minum obat yang diresepkan. Hubungi ambulans jika rasa sakit tidak berkurang setelah dua dosis obat, karena mungkin mengalami serangan jantung.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Info: informasi ini disediakan oleh Pinter Pandai dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran medis dari dokter atau penyedia perawatan kesehatan lainnya. Silakan berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk nasihat tentang kondisi medis tertentu. Dokumen ini terakhir diulas pada tanggal: 16/05/2018

Sumber bacaan: RedcrossMedline Plus

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-05-18T12:45:02+00:00 Mei 16th, 2017|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment