PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Return On Investment (ROI) | Pengembalian Investasi | Rumus, Contoh Soal dan Jawaban

5 min read

Return On Investment (ROI) | Pengembalian Investasi | Rumus, Contoh Soal dan Jawaban

Return On Investment (ROI) (Pengembalian Investasi)

Pengembalian investasi atau Return On Investment (ROI) adalah ungkapan bahasa Inggris yang dapat diterjemahkan ke dalam laba atas investasi, tingkat keuntungan atau tingkat pengembalian.

Definisi

Ini adalah indikator keuangan yang mengukur rasio dengan membandingkan jumlah uang yang diinvestasikan dalam sebuah proyek versus jumlah yang diperoleh. Keseluruhan paling sering dinyatakan sebagai persentase. Oleh karena itu, rasio ini mewakili keuntungan yang diperoleh investor dalam investasinya. Ini adalah perbandingan antara keuntungan dan modal yang diinvestasikan, semakin tinggi rasionya, semakin menguntungkan investasi tersebut. Ukuran ini digunakan oleh investor untuk memutuskan proyek yang paling menarik dan juga dapat berfungsi sebagai alat pemasaran.

Rincian

Perhitungan ini, meskipun tampak sederhana, tidak selalu memperhitungkan semua data yang diperlukan dan elemen tambahan kadang-kadang harus dipertimbangkan, seperti tingkat inflasi untuk proyek jangka panjang di mana manfaat non-materi dari suatu investasi, seperti meningkatkan persepsi citra merek. Oleh karena itu, mungkin berguna untuk mengingat faktor-faktor ini saat menghitung R.O.I.

Bagaimana cara menghitung laba atas investasi (Return on Investment)?

Rumus Return on Investment (ROI)

ROI = Laba Bersih / Biaya Investasi

atau

ROI = Keuntungan Investasi / Basis Investasi

atau

ROI = Laba setelah pajak / Biaya Investasi x 100

Contoh perhitungan Return On Investment (ROI)

Perhitungan R.O.I. sederhana: (keuntungan positif atau negatif dari investasi – biaya investasi) / biaya investasi. Contoh: untuk investasi 5.000 €, keuntungannya adalah 7.500 €. (7.500 – 5.000) / 5.000 = 0,5. raja. oleh karena itu 50%. Ini umumnya dihitung selama periode tahunan, maka ekspresi tingkat pengembalian tahunan.

Rumus berikut membuatnya sangat mudah untuk menghitung persentase pengembalian investasi:

Pengembalian investasi (%) =

(keuntungan investasi – biaya investasi) / biaya investasi.

Perlu diketahui, metode penghitungan laba atas investasi tidak memperhitungkan risiko masing-masing proyek. ROI yang jauh lebih tinggi pada suatu proyek juga dapat menyembunyikan tingkat risiko yang jauh lebih tinggi. Oleh karena itu terserah kepada investor untuk membuat trade-off antara potensi profitabilitas dan risiko yang timbul.

Dalam kasus investasi jangka panjang, mungkin berguna untuk menggunakan koefisien arus kas diskon (€ 1 pada tahun 2010 tidak akan memiliki nilai yang sama seperti pada tahun 2100). Ada metode yang lebih tepat (dan kompleks) di bidang keuangan yang disebut: Net Present Value.

Hati-hati, jika ROI positif, Anda dapat menyimpulkan bahwa Anda telah melakukan investasi yang menguntungkan.

Juga akuntan Anda adalah sekutu terbaik Anda untuk mengelola aktivitas harian Anda. Oleh karena itu kami menyarankan Anda untuk meminta keahlian mereka untuk mendukung Anda dalam memantau indikator keuangan Anda. Ini memiliki kunci kinerja yang Anda butuhkan.

Oleh karena itu, menghitung laba atas investasi Anda sangat penting untuk menentukan tujuan menyeluruh perusahaan. Waktu yang dihabiskan untuk menghitung anggaran modal Anda dan mengukur investasi sangat penting.

Rumus ROI Tahunan (Annualized ROI Formula)

Seperti disebutkan di atas, salah satu kelemahan metrik pengembalian investasi tradisional adalah tidak memperhitungkan periode waktu. Misalnya, pengembalian 25% selama 5 tahun dinyatakan sama dengan pengembalian 25% selama 5 hari. Tapi jelas, pengembalian 25% dalam 5 hari jauh lebih baik daripada 5 tahun!

Untuk mengatasi masalah ini kita dapat menghitung rumus ROI tahunan.

Rumus ROI tahunan:

= [(Nilai Akhir / Nilai Awal) ^ (1 / # Tahun)] – 1

Di mana:

# tahun = (Tanggal berakhir – Tanggal Mulai) / 365

Contoh soal dengan Rumus ROI Tahunan

Misalnya, seorang investor membeli saham pada 1 Januari 2017 seharga $12,50 dan menjualnya pada 24 Agustus 2017, seharga $15,20. Berapa pengembalian investasi reguler dan tahunan?

Reguler = ($15,20 – $12,50) / $12,50 = 21,6%

Disetahunkan = [($15,20 / $12,50) ^ (1 / ((24 Agustus – 1 Januari/365) )] -1 = 35,5%

Batas ROI

Menghitung ROI adalah bagian dari prosedur biasa ketika mempertimbangkan investasi apa pun, baik dalam hal peramalan dan, kemudian, pemantauan dan pengendalian. Indikator ini dihitung dengan cepat dan juga mempromosikan perbandingan. Namun, relevansi ROI terbatas dalam hal mengukur dampak keuangan. Selain pendekatan yang terfragmentasi ini, seringkali ada lebih banyak dampak global, yang tidak dapat diantisipasi oleh ROI. Dengan menganalisis hasil keseluruhan perusahaan atau dengan mengevaluasi investasi satu kali, adalah mungkin untuk mengidentifikasi titik lemah tertentu.

Rasio Rentabilitas (Profitability Ratio) – Rumus, Penjelasan, Soal dan Jawaban

ROI merupakan indikator akuntansi yang pada prinsipnya memungkinkan untuk mengevaluasi keputusan yang diambil di masa lalu. ROI tidak relevan jika Anda ingin menilai proyek investasi masa depan.
Risiko yang terkait dengan investasi dan faktor pengaruh eksternal tidak diperhitungkan oleh ROI. Ini terutama berlaku untuk ekonomi, kemungkinan krisis ekonomi, kepuasan pelanggan, persaingan, dll.
Karena ROI adalah indikator yang dihitung berdasarkan periode tetap, sulit untuk membandingkan investasi dengan periode amortisasi yang berbeda. Dalam praktiknya, tidak selalu mungkin untuk mengaitkan omset dan keuntungan perusahaan dengan pasti dengan investasi tertentu.

Contoh Soal dan Jawaban Return On Investment (ROI)

1. Jika biaya investasi $ 10.000 dan yang menghasilkan keuntungan $ 15.000, berapa % ROI ?

Jawaban:

Untuk investasi yang biayanya 10.000 euro dan yang menghasilkan keuntungan 15.000 euro, ROI sama dengan (15.000 – 10.000) / 10.000 atau 50%

2. Seorang dokter hewan bermaksud untuk membuka kliniknya sendiri. Pembelian peralatan dan berbagai investasi yang diperlukan bernilai $100.000. Selanjutnya, proyek tersebut menghasilkan $150.000 selama periode referensi. Hitung ROI pada setiap $1 yang di-investasikan…

Jawaban:

Dalam kasus seperti itu, pengembalian investasi adalah 50% ((150.000 – 100.000) / 100.000) x 100, yaitu $1,5 yang diperoleh untuk $1 yang diinvestasikan pada awalnya.

3. Seorang pengusaha memiliki pilihan antara dua proyek:

Proyek 1, yang sangat berisiko, membutuhkan investasi sebesar 200.000 euro dan akan menghasilkan perkiraan laba akhir sebesar 270.000 euro. Dengan menerapkan rumus yang disebutkan sebelumnya ((270.000 – 200.000) / 200.000) x 100, pengembalian investasi adalah 35%.

Proyek n ° 2, jauh lebih berisiko, juga membutuhkan investasi 200.000 euro dan menghasilkan laba 265.000 euro, yaitu pengembalian investasi 32,5% ((265.000 – 200.000) / 200.000) x 100.
Pengembalian investasi: definisi, formula, dan ilustrasi konkret Oleh karena itu, kita dapat melihat bahwa rumus pengembalian investasi menghasilkan menguntungkan proyek pertama dan merugikan proyek kedua, sementara mempertimbangkan risiko sama dengan menganggap proyek kedua jauh lebih menguntungkan (sedikit profitabilitas yang lebih rendah, tetapi risiko yang jauh lebih rendah).

Jawaban:

Ilustrasi n° 2:
Untuk tahun ke-n, seorang investor mendanai sebuah proyek hingga 100.000 euro. Dalam n + 8, proyek ini menghasilkan keuntungan 110.000 euro. Oleh karena itu, pengembalian investasi adalah 10%.
Namun, jika kita mempertimbangkan bahwa inflasi adalah 2% setiap tahun (17,16% selama 8 tahun), kita melihat bahwa pada akhirnya, proyek itu tidak menguntungkan, bertentangan dengan hasil yang diberikan oleh rumus Perhitungan. Oleh karena itu, angka-angka tersebut harus diperbarui untuk proyek-proyek jangka panjang.

Kerugian lain dari pengembalian investasi terletak pada kenyataan bahwa hal itu hanya memperhitungkan aspek ekonomi proyek sementara yang terakhir dapat menguntungkan di bidang lain (peningkatan citra perusahaan dengan konsumen, misalnya).

4. John menginvestasikan $90 ke dalam usaha bisnis dan menghabiskan tambahan $10 untuk meneliti usaha tersebut. Total biaya investor adalah $100. Jika usaha itu menghasilkan pendapatan $300 tetapi memiliki $ 100 dalam biaya personel dan peraturan, maka laba bersihnya adalah $200. Hitunglah % ROI-nya!

Sebagai contoh, ambillah seseorang yang menginvestasikan $90 ke dalam usaha bisnis dan menghabiskan tambahan $10 untuk meneliti usaha tersebut. Total biaya investor adalah $100. Jika usaha itu menghasilkan pendapatan $300 tetapi memiliki $ 100 dalam biaya personel dan peraturan, maka laba bersihnya adalah $200.

Dengan menggunakan rumus di atas, ROI akan menjadi $200 dibagi $100 untuk hasil bagi, atau jawaban, 2. Karena ROI paling sering dinyatakan sebagai persentase, hasil bagi harus dikonversi ke persentase dengan mengalikannya dengan 100. Oleh karena itu, ROI investasi adalah 2 dikalikan 100, atau 200%.

5. Jean-Paul membeli properti di Paris, senilai $500.000. Dua tahun kemudian, Jean-Paul menjual properti itu seharga $1.000.000. Hitung % dari ROI-nya!

Menjawab:

Anda harus menggunakan rumus keuntungan investasi dalam kasus ini.

ROI = (1.000.000 – 500.000) / (500.000) = 1 atau 100%

6. Anne membeli rumah di lelang gedung pengadilan seharga $75.000 dan menghabiskan $35.000 untuk renovasi. Setelah penjualan, pengeluaran, dan komisi, Anda mendapatkan $160.000 dari penjualan rumah yang telah direnovasi. Apa itu ROI?

Menjawab:

Laba bersih Anne akan menjadi apa yang Anda dapatkan ($160.000) dikurangi pengeluaran Anda ($75.000 + $35.000), jadi itu adalah $50.000. Total investasi Anne juga sama dengan yang Anda belanjakan ($75.000 + $35.000), yaitu $110.000.

ROI = Laba Bersih / Total Investasi * 100

ROI = 50.000 / 110.000 * 100

ROI = 0,45 * 100

ROI = 45%

Andai saja membalik rumah semudah itu. Perlu diingat bahwa Anne pasti bisa kehilangan uang untuk sebuah investasi. Jika ada kerugian, rumus akan menghasilkan angka negatif. Berikut ini contoh sederhana:

ROI = -1.000 / 5.000 * 100

ROI = -0,2 * 100

ROI = -20%

7. Betty memutuskan untuk meluncurkan kampanye pemasaran digital bertepatan dengan peluncuran produk baru. Anda memilih Google bayar per klik sebagai saluran pemasaran utama Anda dan berkomitmen pada anggaran sebesar $5.000 per bulan.

Setelah menjalankan ini selama 3 bulan, Anda meninjau penjualan dan menemukan bahwa Anda telah mendapatkan 7.000, berkat kampanye PPC (Pay per Click). Jika produk Betty berharga $10 dengan margin 50%, maka Anda telah menghasilkan $5 untuk setiap penjualan, atau total keuntungan dari penjualan $30.000. Berapa ROI Betty?

Jawaban:

Untuk mengetahui Pengembalian Investasi Betty, cukup kurangi biaya pemasaran Anda dari keuntungan yang Anda hasilkan. Dalam contoh ini, itu mudah.

$30.000 – $15.000 = $15.000

Selamat, Betty menggandakan investasi Anda!

Itu adalah $2 kembali untuk setiap $1 yang dibelanjakan atau Pengembalian Investasi keseluruhan sebesar 100%.

8. Jika John memutuskan untuk membeli 1.000 lembar saham seharga $10 masing-masing, kemudian menjualnya setahun kemudian seharga $12 per lembar, John menghasilkan $12 untuk setiap $10 yang John belanjakan, atau $1,20 untuk setiap $1. Hitung laba investasi atau ROI John! IYA: ROI juga digunakan untuk mengetahui seberapa bijak Anda berinvestasi dalam saham.

Jawaban:

Dalam hal ini, laba atas investasi John adalah 20%, karena John mengembalikan investasi awal John ditambah 20% tambahan.

Kita dapat menghitung ROI John dengan menggunakan rumus berikut:

((pengembalian investasi bersih) – (biaya investasi)) / (biaya investasi) x 100

Jadi, Pengembalian Investasi $12.000, dikurangi biaya investasi $10.000 = $2.000.

Kemudian bagi ini dengan biaya investasi ($ 10.000) dan Anda mendapatkan 0,2.

Terakhir, kalikan ini dengan 100 dan John mendapatkan 20% sebagai ROI keseluruhannya.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Cleverly Smart, Corporate Finance InstituteForbes

Suber foto: Tumisu via Pixabay

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.