Samoa | Destinasi Wisata Menakjubkan di Samoa Yang Harus Anda Kunjungi

Destinasi Wisata Menakjubkan Di Samoa Yang Harus Anda Kunjungi

Daftar pemandangan, kegiatan, dan atraksi Samoa yang harus dilakukan ini akan memberi Anda semua ide dan inspirasi untuk mulai merencanakan liburan Anda.

Ada begitu banyak hal yang dapat dilakukan di Samoa yang indah dengan aktivitas untuk setiap jenis wisatawan, tetapi berikut adalah lima hal yang wajib dilakukan saat Anda berada di sini!

Palung Laut Sua (To Sua Ocean Trench, Lotofaga) di Samoa

Ini adalah hal mutlak nomor satu yang harus dilakukan di Samoa. Terletak di pantai selatan Upolu, ini adalah keajaiban geografis yang harus dilihat agar bisa dipercaya.

Formasi alam yang terkenal di dunia menciptakan lubang renang sedalam 30 meter yang spektakuler (To Sua secara harfiah berarti ‘Lubang Berenang Raksasa’). Lubang itu dibentuk oleh sebuah gua dari sistem tabung lava kuno yang menghubungkan ke laut, dan erosi selama ribuan tahun telah membuatnya menjadi tempat yang indah seperti sekarang.

To Sua Ocean Trench, Lotofaga samoa

Palung Laut Sua yang terletak di pesisir selatan Pulau Upolu di negara Samoa. Merupakan destinasi populer para wisatawan. Sumber foto: Wikimedia Commons, Flickr

Ini adalah tempat yang paling bisa difoto di Samoa – ambil foto Anda dari atas, lalu turuni tangga curam ke platform yang panjang dan terjunlah untuk berenang satu-satunya yang menyegarkan. Lakukan snorkeling untuk melihat-lihat dan ketika Anda sudah cukup berenang terdapat pemandangan pantai yang indah, fales untuk bersantai, restoran untuk minuman, dan lapangan lava dengan kolam mini dan lubang sembur.

Buat semua teman Anda di rumah iri dengan kunjungan Anda ke To Sua – jangan lewatkan!

Alofaaga – Samoa

Lubang sembur (blowholes) yang mengesankan ini adalah suguhan nyata untuk dilihat dalam kehidupan nyata. Terletak di desa Taga di barat daya Savai’i (distrik Palauli), lubang sembur mendorong semburan air yang menderu ratusan kaki ke udara.

Lubang sembur diciptakan oleh aliran lava yang membuat serangkaian tabung yang menghubungkan puncak tebing batu lava datar dengan lautan di bawahnya.

Gelombang yang pecah di ujung bawah saluran lava mengirim air dengan tekanan tinggi ke atas melalui tabung, menciptakan air mancur yang menyembur setiap beberapa detik.

Alofaaga lubang sembur blowholes samoa

Alofa’aga Blowholes – Savai’i Coconut shooting – Orang yang melempar kelapa memiliki pekerjaan terbaik di dunia! Sumber foto: Wikimedia Commons, NeilsPhotography / Flickr

Karena sebagian besar tanah di Samoa berada di bawah kepemilikan adat, desa mengenakan sedikit biaya masuk untuk melihat lubang sembur. Area tersebut tidak berpagar dan dikelilingi oleh batuan basah dan licin yang dapat membahayakan. Jatuh ke salah satu lubang sembur hampir pasti berakibat fatal. Sebuah trek di sepanjang pantai dapat diikuti ke barat menuju desa kuno Fagaloa.

Penduduk setempat melempar kelapa ke dalam lubang untuk pengunjung dan ini diledakkan ke udara untuk mendapatkan efek tambahan yang mengesankan!

Air terjun

Secara teknis lebih dari satu atraksi, meluangkan satu hari (atau dua) untuk melakukan tur air terjun Samoa adalah menghabiskan hari dengan baik.

Karena lanskap pegunungannya, Samoa memiliki banyak air terjun, terutama di sepanjang pantai selatan pulau Upolu dan Savai’i, dan semuanya menakjubkan dalam berbagai cara.

Dari perosotan batu hingga riam setinggi 100 m, Anda akan selalu terkesan. Jika Anda hanya sampai ke satu air terjun, Fuipisia di ujung timur Upolu sangat mengesankan untuk dilihat.

Atau jika Anda MENYUKAI petualangan yang basah-basah, pergilah ke Falease’ela River Walk untuk perjalanan sungai yang mengasyikkan di hutan belantara Samoa, lengkap dengan lompatan air terjun yang tak terhitung jumlahnya yang semakin besar semakin jauh Anda pergi – petualangan hutan belantara yang tidak dapat dilewatkan di mana Anda dijamin akan basah!

Apia

Apia adalah ibu kota dan kota terbesar di Samoa dengan sekitar 5% dari total populasi Samoa berada di dalamnya. Kota ini terletak di pantai utara tengah Pulau Upolu Samoa.

Pastikan Anda mengunjungi Maketi Fou yang indah, pasar makanan populer, di Jalan Fugalei dan mencicipi buah-buahan segar dan sayuran yang nikmat.

Jalan kaki sekitar sepuluh menit dari pasar makanan ini dan Anda akan menemukan tempat yang menakjubkan untuk berbelanja perhiasan yang sangat indah, keranjang yang indah, dan menikmati musik tradisional Samoa.

Pasar

Cara terbaik untuk melihat Samoa menjalankan bisnisnya adalah dengan mengunjungi pasar dan tempat makan Apia. Kunjungi Pasar Fugalei untuk menikmati berbagai buah dan sayuran segar, minum niu (kelapa) yang baru dikupas, dan beli pepaya berair manis besar seharga $ 1!

Anda akan menemukan semuanya mulai dari pisang hingga kelapa dan talas, serta makanan Samoa yang dimasak dan nui dingin yang sedingin es untuk Anda minum sambil menjelajah. Di Pasar Ikan Apia luar ruangan di sebelah Pasar Loak Lama di Jalan Fugalei, tangkapan harian yang dibawa segar dari laut oleh nelayan lokal tersedia dari pagi hari. Hari paling populer untuk dikunjungi adalah pada hari Minggu – hari umu.

Pasar ini memiliki beragam makanan laut, mulai dari tuna sirip kuning hingga kepiting, udang karang, gurita, dan masimasi. Di Savai’i, Pasar Salelologa terletak di dekat dermaga utama Salelologa dan di dekat terminal bus Savai’i.

Pasar ini menjual buah dan sayuran segar dan makanan yang dipanggang bersama dengan kerajinan tangan, hadiah, pakaian, dan barang-barang rumah tangga – ini adalah tempat yang tepat untuk menyimpan persediaan untuk liburan Savai’i Anda.

Makanan Khas Samoa

Makan adalah bagian yang sangat penting dalam kehidupan Samoa, seperti yang mungkin ditunjukkan oleh ukuran banyak orang Samoa. Mereka sering membawa makanan saat bepergian. Makanan Samoa tidak terlalu dibumbui atau dibumbui. Ini menggunakan bahan-bahan yang relatif asing bagi kebanyakan orang Barat, seperti roti, talas (atau talo), daun talas, pisang hijau yang dimasak, dan ikan mentah.

Umu

Umu adalah metode tradisional yang digunakan untuk memasak. Api dibangun dan batu diletakkan di atasnya. Saat apinya sudah habis, sarananya seperti pisang hijau, sukun, talas, ikan, palusami dan babi ditaruh di atas batu. Kemudian ditutup dengan daun pisang dan dibiarkan matang.

Oka

Oka adalah cara orang Samoa mengolah ikan mentah. Ini terdiri dari potongan-potongan kecil ikan yang direndam dalam campuran jus lemon, krim kelapa, garam, dan bawang cincang halus.
Palusami terbuat dari daun talas dan santan. Krim kelapa, bawang bombay dan beberapa talas dibungkus dengan daun talas utuh dan dimasak dalam umu. Dimasak dengan baik, ini tidak akan terlupakan dan Anda tidak boleh meninggalkan Samoa tanpa mencobanya.

Daging kornet

Samoa dengan cepat mengadopsi impor ini dan banyak digunakan sebagai pelengkap Umus dan hidangan lainnya.
Sayangnya sulit untuk menemukan makanan lezat ini, mungkin sebagian karena makanan barat lebih “keren”, sebagian karena rata-rata turis ingin makan apa yang dia makan di rumah. Hal yang biasa Anda dapatkan adalah tiruan yang kurang lebih baik dari gaya barat atau makanan Cina. Pasar di Apia adalah tempat yang bagus jika Anda ingin mencoba beberapa barang lokal. Ini juga merupakan ide yang baik untuk menyimpan buah di sana sebelum menuju ke mana pun di pulau itu.

Kebanyakan restoran tidak terlalu mahal. Tempat makan tercantum di Upolu, Apia, dan Savaii. Di luar Apia, sebagian besar tempat terbaik berada di hotel atau resor.

Ketahui Sebelum Anda Pergi ke Samoa

Dimana letak Samoa?

Secara resmi dikenal sebagai Negara Independen Samoa.

Letak negara Samoa sekitar setengah jarak perjalanan dari Selandia Baru ke Hawaii. Samoa termasuk ke dalam negara yang mempunyai wilayah terkecil di dunia. Negara Samoa berbatasan dengan Fiji, Tonga, dan Vanuatu di sebelah barat daya, Kepulauan Cook sebelah selatan, dan Kepulauan Tokelau di sebelah utara, serta Tuvalu di sebelah barat laut.

Fakta singkat

Samoa, secara resmi Negara Merdeka Samoa dan hingga tahun 1997 dikenal sebagai Samoa Barat, merupakan sebuah negara kepulauan Polinesia yang terdiri dari dua pulau utama, Savai’i dan Upolu, dua pulau kecil yang berpenghuni, Manono dan Apolima, serta beberapa pulau kecil tak berpenghuni diantaranya Kepulauan Aleipata.

Iklim dan cuaca

Iklimnya tropis dengan musim hujan (dan siklon tropis) dari Oktober sampai Maret dan musim kemarau dari Mei sampai Oktober. Negara ini memiliki suhu rata-rata tahunan 26.5 ° C. Ini menjadikannya tujuan liburan yang cocok bagi mereka yang berasal dari negara belahan selatan.

Musim hujan, yang kadang membawa angin topan, biasanya berlangsung dari November hingga April.

Musim kemarau berlangsung antara bulan Juni dan Oktober.

Wilayah

Upolu
ibukota; dengan bandara internasional dan sebagian besar penduduk, ditambah beberapa pulau kecil lepas pantai.

Savaii
pulau terbesar; sekitar 24% dari populasi dan kurang berkembang dibandingkan Upolu. Sebagian besar layanan tersedia di Salelologa dan resor.

Cara pergi ke Samoa

Dengan pesawat

Bandara internasional utama, Faleolo (IATA: APW), berjarak sekitar 45 menit berkendara dari Apia. Ada beberapa bank di bandara dan menukar uang pada saat kedatangan tidak menjadi masalah, meskipun banyak penerbangan tiba pada waktu yang tidak tepat. Sebagian besar hotel besar menyediakan layanan transfer berdasarkan permintaan, seringkali gratis. Ada banyak taksi, dan bus lokal pada siang hari. Jika Anda ingin menggunakan bus lokal, langsung menuju jalan utama dan pergi ke tempat menunggu penduduk setempat. Abaikan pengemudi taksi yang ingin meyakinkan Anda bahwa tidak ada bus lokal.

  • Talofa Airways: menyediakan penerbangan berjadwal dari Samoa Amerika.
  • Air New Zealand: menyediakan enam penerbangan per minggu dari Auckland.
  • Virgin Australia: terbang dari Sydney dan Brisbane.
  • Fiji Airways: memiliki tiga penerbangan seminggu dari Nadi di Fiji.

Jika penerbangan mengizinkan, cobalah untuk tiba di siang hari. Dari atas, laguna tersebut memiliki warna aquamarine yang menakjubkan. Perjalanan antara bandara dan Apia juga sangat menarik.

Perhatikan bahwa toko dan restoran tutup lebih awal dan sebagian besar hotel tidak menawarkan layanan kamar 24 jam. Jadi, jika Anda datang larut malam masih dalam keadaan lapar setelah makanan maskapai penerbangan, mungkin ada baiknya Anda membeli sesuatu di bandara.

Dengan kapal

Layanan dua kali sebulan oleh MV Tokelau menghubungkan Pelabuhan Apia dengan Tokelau.

Tergantung pada musim, orang-orang mengarungi yachts mereka ke Samoa dan berlabuh di Apia. Terdapat fasilitas yang baik di dekat pelabuhan utama, dengan 60 tempat berlabuh yang menawarkan listrik, air bersih, dan keamanan 24 jam. Kapal yang berkunjung harus tiba di Apia dan harus menghubungi Otoritas Pelabuhan Samoa setidaknya dua hari sebelum ETA untuk mengatur izin yang diperlukan pada saat kedatangan. Izin diperlukan untuk berlayar ke tempat lain di Samoa.

Pelabuhan dan pelabuhan termasuk Apia, Asau, Mulifanua, Salelologa. Kapal kontainer dan kapal pesiar berlabuh di Pelabuhan Apia atau Salelologa, tetapi banyak perahu nelayan dan perahu desa yang lebih kecil menggunakan dermaga yang lebih kecil.

Lihat dan kunjungi

Ini hanyalah ringkasan dari apa yang harus dilihat. Konsultasikan dengan Apia, Savaii dan Upolu untuk informasi lebih rinci.

Taman Nasional

Ada beberapa taman nasional di Upolu dan Savaii. Ini menawarkan vegetasi tropis, banyak burung dan beberapa danau yang menarik. Falealupo Rainforest Preserve di Savaii memiliki jalan berkanopi pendek dan Anda bisa tidur di pepohonan. Taman Nasional Danau Lanoto’o di Upolu memiliki danau yang mempesona di mana ikan mas yang diperkenalkan berkembang biak dan tumbuh dengan ukuran yang luar biasa.

Air terjun

Daerah pedalaman Savaii dan Upolu memiliki beberapa air terjun yang spektakuler, beberapa dengan ketinggian 100m. Yang di Upolu sedikit lebih mudah diakses. Batuan Geser Papase’ea di Upolu hanya memiliki sedikit tetesan tetapi vegetasi di air terjun memungkinkan perosotan yang menarik ke kolam di bawahnya.

Lubang sembur

Savaii memiliki beberapa lubang sembur spektakuler yang disebabkan oleh laut yang memaksa air naik melalui tabung di batuan vulkanik.

Gua

Ada gua-gua menarik di kedua pulau tersebut.

Lava

Sebagian Savaii tertutup oleh batuan lava, setelah berbagai letusan oleh Gn. Matavanu.

Desa

Meskipun bangunan bergaya Barat mulai populer, dongeng tradisional Samoa masih ditemukan di mana-mana. Bentuknya lonjong atau melingkar dengan tiang kayu yang menopang atap kubah. Tidak ada dinding, meski tirai bisa diturunkan untuk memberi privasi. Desa sangat penting bagi budaya Samoa dan ada aturan ketat yang mengatur cara masyarakat desa berfungsi.

Pantai

Samoa memiliki bermil-mil pantai yang indah dan kosong. Ada berbagai macam akomodasi, dari fale pantai sederhana hingga resor mewah. Pantai selalu menjadi milik desa terdekat dan desa-desa tersebut sering meminta sedikit biaya untuk penggunaannya.

Museum

Samoa adalah rumah bagi penulis Skotlandia Robert Louis Stevenson selama lima tahun terakhir hidupnya. Rumahnya, di luar Apia, sekarang menjadi museum. Museum Samoa di Apia juga patut dikunjungi.

Kilikiti

Ini adalah kriket versi lokal dan sangat populer di desa-desa Samoa di kalangan pria dan wanita. Prinsip permainan ini sama dengan kriket tetapi aturannya sangat bervariasi dan tampaknya ada fleksibilitas yang cukup besar dalam interpretasinya. Perbedaan yang paling jelas adalah pemukul dan fakta bahwa bola dilemparkan dari setiap ujung secara bergantian daripada menggunakan bola kriket enam bola. Kilikiti dimainkan di lapangan beton hijau desa, dan diiringi dengan banyak suara dan antusiasme.


Tempat Wisata Lainnya Dan Yang Harus Dikunjungi Di Indonesia Dan Luar Negeri

Segala sesuatu yang ada di daerah tujuan wisata yang merupakan daya tarik agar orang-orang mau datang berkunjung ke tempat tersebut. Panduan ini akan membuat Anda untuk tidak melewatkan tempat penting dan memberikan pengalaman wisata Anda ke tempat-tempat yang hebat!

Klik disini untuk melihat tempat-tempat lainnya, seperti di Bali, Jogja, Paris, Tokyo, Tibet, Bogor dan masih banyak lagi.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Nations Online, Travel Tour XP

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-01-04T23:07:18+07:00 Januari 4th, 2021|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment