PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Sanksi Rusia Semasa Perang Rusia Ukraina

7 min read

Sanksi rusia

Negara-Negara Memberi Sanksi Rusia

Menanggapi invasi Rusia ke Ukraina pada Kamis, 24 Februari 2022, negara-negara Barat memutuskan sanksi ekonomi baru yang kuat. Sanksi Rusia ini termasuk pengecualian bank-bank Rusia tertentu dari sistem pembayaran Swift internasional dan pembekuan aset Bank Sentral Rusia.

Lebih dari 11.000 lembaga keuangan di lebih dari 200 negara dan wilayah saat ini menggunakan sistem Swift.

Oleh karena itu, sistem Swift merupakan alat utama dalam melakukan transaksi internasional. Dengan mengecualikan 60 hingga 70% bank Rusia dari sistem ini, keinginan negara-negara Barat adalah mengisolasi Rusia secara finansial.

Uni Eropa

27 Negara Uni Eropa telah memilih untuk menerapkan sanksi setelah aneksasi Krimea pada tahun 2014, perang di Donbass dan jatuhnya penerbangan MH17 pada tahun 2014. Sebuah strategi yang telah mereka tiru sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari, dengan sanksi yang lebih berat. daripada sebelumnya.

Sektor keuangan Rusia secara khusus menjadi sasaran. Cadangan Bank Sentral Rusia yang ditempatkan di Uni Eropa, tetapi juga di negara-negara G7, dibekukan untuk mencegah transaksi atau repatriasi likuiditas ini ke Rusia. Demikian pula, tokoh Rusia terkemuka seperti Vladimir Putin, kepala diplomasi Sergei Lavrov, pangkat militer tinggi dan oligarki memiliki aset keuangan mereka yang disimpan di UE dibekukan. Secara total, 488 orang dan entitas awalnya

Ditargetkan, yang ditambahkan pada hari Minggu, dengan 26 nama oligarki (pemerintahan yang mana struktur kekuasaannya dikuasai oleh sekelompok kecil orang elit) tambahan dan entitas Rusia, kata Bercy (di Prancis). Selain juru bicara Dmitri Peskov, ada pengusaha, perwira senior militer, dan setengah lusin jurnalis. Daftar tersebut telah disetujui oleh negara-negara anggota dan diterbitkan dalam Jurnal Resmi Uni Eropa pada hari Senin, 28 Februari 2022.

Uni Eropa juga bersiap untuk mengecualikan beberapa bank Rusia dari sistem pesan dan transaksi Swift, roda penggerak utama dalam keuangan dan perdagangan global. Belum diketahui identitas bank-bank yang terlibat.

Lembaga seperti Gazprombank yang membiayai sektor energi, di mana Eropa sangat bergantung, dengan demikian tidak dapat dikecualikan dari Swift.

Dalam upaya untuk mencekik ekonomi Rusia, ekspor “teknologi penting” dari Uni Eropa ke Rusia juga ditangguhkan. Ini mempengaruhi komponen elektronik, perangkat lunak, peralatan untuk aeronautika dan industri luar angkasa atau suku cadang yang berguna untuk penyulingan minyak.

Tindakan lain dengan implikasi ekonomi, wilayah udara Eropa telah ditutup untuk pesawat dan perusahaan Rusia sejak tengah malam 27 Februari 2022. Terakhir, Brussel berniat melarang media berita Rusia Russia Today dan Sputnik, keduanya dibiayai oleh Moskow.

Beberapa negara Eropa telah mengambil langkah-langkah nasional tertentu. Jerman telah menangguhkan proyek pipa gas Nord Stream 2, yang sudah dibangun tetapi belum beroperasi, yaitu untuk mengangkut gas dari Rusia.

Amerika Serikat

Amerika telah setuju dengan Eropa tentang sifat sanksi. Mereka juga membekukan aset Bank Sentral Rusia, aset oligarki, eksekutif rezim Rusia, dan sebagian dari ekspor teknologi ke Rusia. Empat bank Rusia, termasuk dua bank terbesar di negara itu, Sberbank dan VTB Bank, juga akan dikenai sanksi, karena Amerika Serikat berencana untuk mencabut akses negara Rusia dan 13 perusahaan Rusia, termasuk Gazprom, ke pasar modal Barat.

Sejalan dengan tindakan pemerintah mereka terhadap lembaga keuangan Rusia, perusahaan AS Mastercard dan Visa juga telah memblokir kartu kredit dan layanan pembayaran ke bank Rusia yang menggunakannya.

Inggris

Selaras dengan Amerika Serikat dan Uni Eropa, London memblokir aset keuangan lebih dari 120 perusahaan dan tokoh Rusia di rekening perusahaan Inggris. Pembekuan disertai larangan teritorial terhadap kerabat Vladimir Putin dan penutupan wilayah udaranya untuk perusahaan Rusia.

Boris Johnson juga telah berjanji untuk mengatasi kejahatan ekonomi dalam undang-undang, khususnya para oligarki yang telah mencurahkan kekayaan mereka yang meragukan ke Kota sejak tahun 2000-an. Perdana Menteri berencana untuk “benar-benar mengecualikan bank-bank Rusia dari sektor keuangan Inggris.

Pemerintah Inggris juga memutuskan pada Senin sore untuk melarang kapal berbendera Rusia, serta yang disewa atau dimiliki oleh Rusia, memasuki pelabuhan Inggris.

Kanada

Di Kanada, Perdana Menteri Justin Trudeau juga menargetkan Vladimir Putin, Sergei Lavrov, dan sekitar 60 orang serta perusahaan yang dekat dengan kekuatan Rusia yang akan dikenai sanksi. Kanada juga telah memilih untuk memblokir izin ekspor untuk Rusia, dengan nilai 487 juta Euro di sektor kedirgantaraan, pertambangan, dan teknologi informasi. Wilayah udara Kanada tertutup untuk pesawat Rusia seperti Uni Eropa.

Di luar G7: Australia dan Swiss

Dalam solidaritas dengan Eropa dan Amerika Serikat, Australia menargetkan kepribadian dan entitas Rusia yang dekat dengan kekuasaan dengan sanksi keuangan.

Swiss awalnya memilih untuk tidak meniru sanksi Barat terhadap Rusia, dan pertanyaan tentang pembekuan aset Rusia diperdebatkan di sana. Tetapi pada akhirnya negara itu memilih untuk melanjutkan sanksi ekonomi penuh Uni Eropa, termasuk terhadap Presiden Vladimir Putin, dan pembekuan aset.

Turki

Turki melarang lewatnya kapal perang antara Laut Tengah dan Laut Hitam (ujung tenggara Eropa)
Presiden Turki Erdogan, yang tidak pernah mengakui pencaplokan Krimea, menganggap serangan Rusia di Ukraina “tidak dapat diterima”.

Taiwan

Taiwan juga mengatakan akan bergabung dengan sanksi ekonomi mulai 24 Februari 2022 melalui suara Joseph Wu, Menteri Luar Negeri Taiwan. Yang terakhir menggambarkan tindakan Rusia sebagai “pelanggaran Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa”. Oleh karena itu Taiwan memilih untuk mengecualikan Rusia dari sistem SWIFT; keputusan diumumkan oleh Perdana Menteri Su Tseng-chang sendiri.

Singapura

Pada Senin, 28 Februari 2022, Singapura mengumumkan pengenaan sanksi terhadap Rusia setelah invasinya ke Ukraina, termasuk memblokir transaksi keuangan dan ekspor barang yang dapat digunakan sebagai senjata melawan Ukraina.

Jepang

Jepang (melalui suara Perdana Menteri Fumio Kishida), juga bergabung dengan sanksi mulai 25 Februari 2022; dengan melarang ekspor ke Rusia di bidang semikonduktor. Dia juga memutuskan untuk membekukan aset Vladimir Putin. Selain itu, Jepang bergabung dengan negara-negara Barat dalam mengecualikan beberapa bank Rusia dari platform Swift. Selanjutnya Jepang mengadopsi sanksi baru yang mencakup pembekuan aset dan penangguhan penerbitan visa untuk individu dan organisasi Rusia. Jepang memberlakukan sanksi terhadap Presiden Belarusia dan bank sentral Rusia pada 28 Februari 2022. Pada 1 Maret 2022, aset Vladimir Putin dan bank sentral Rusia dibekukan.

Korea Selatan

Korea Selatan mengumumkan pada 28 Februari 2022 untuk bergabung dengan proses internasional untuk mengecualikan Rusia dari sistem SWIFT.

Bank Dunia (World Bank)

Pada 2 Maret 2022, Bank Dunia mengumumkan penangguhan segera semua program bantuannya di Rusia dan Belarusia.

Perusahaan Internasional Memberi Sanksi Rusia

Perusahaan minyak

Pada 27 Februari 2022, BP mengumumkan bahwa mereka akan menarik diri dari kegiatannya di Rusia, termasuk 19,75% sahamnya di Rosneft dan semua sahamnya di anak perusahaan yang sama dengan kedua perusahaan63. Keluar ini berpotensi mewakili beban keuangan sebesar 25 miliar Dolar untuk BP. Pada 28 Februari 2022, Shell mengumumkan penarikan aktivitasnya di Rusia, termasuk 10% saham di Nord Stream 2, tetapi juga 27,5% sahamnya di Sakhalin II. Pada 1 Maret, Eni mengumumkan penjualan 50% sahamnya di pipa gas Blue Stream yang menghubungkan Rusia ke Turki66. Pada hari yang sama, Centrica mengumumkan bahwa mereka berusaha untuk mengakhiri kontrak gasnya dengan perusahaan-perusahaan Rusia, terutama Gazprom.

Media

Pada 28 Februari 2022, beberapa grup media sosial, termasuk Meta, Google, Twitter membatasi penggunaan platform periklanan mereka untuk RT dan Sputnik di Eropa, sementara TikTok dan Twitter memblokir akses ke akun mereka di Eropa68,69 . Pada hari yang sama, Disney, Warner Bros dan Sony Pictures mengumumkan bahwa mereka menangguhkan rilis film mereka di Rusia.

Pada 3 Maret 2022, regulator Rusia melarang penyiaran saluran televisi Dojd, karena mengkritik cara penyiaran informasi, serta stasiun radio independen Echo di Moskow. Mereka berdua dituduh menyampaikan “seruan untuk melakukan tindakan ekstremis dan kekerasan” dan menerbitkan “informasi yang diketahui keliru mengenai kegiatan personel militer Rusia”. Setelah ini, saluran TV Dojd menangguhkan pekerjaannya, dan radio Moscow Echo membubarkan dewan direksinya.

Pada tanggal 4 Maret, Rusia membatasi akses ke media BBC, Deutsche Welle, Meduza dan Svoboda dan Facebook dilarang di Rusia. Pada 4 Maret 2022, CNN menghentikan siaran di Rusia.

Toko fisik dan produk konsumen

Pada 1 Maret, Apple mengumumkan bahwa mereka menangguhkan penjualan produk fisiknya di Rusia, selain menonaktifkan aplikasi RT dan Sputnik. Pada hari yang sama, Nike menangguhkan pengiriman internetnya ke Rusia, hal yang sama berlaku untuk Puma pada hari berikutnya, yang tetap membuka tokonya.

Pada 2 Maret, H&M mengumumkan bahwa mereka menangguhkan penjualannya di Rusia. Pada 3 Maret, operator satelit OneWeb yang berbasis di London menangguhkan peluncuran dari Baikonur. Pada tanggal yang sama, Ikea menghentikan aktivitasnya di Rusia dan Belarusia.

Pada 4 Maret, Intel, AMD, dan Airbnb menangguhkan operasi di Rusia dan Belarusia. Pada hari yang sama, LVMH menutup sementara semua 124 tokonya di Russia, begitu pula Canadian Tire untuk sementara menangguhkan 41 tokonya.

Perusahaan transportasi

Pada 27 Februari 2022, UPS dan FedEx mengumumkan bahwa mereka untuk sementara menangguhkan pengiriman mereka ke Rusia dan Ukraina.

Pada 28 Februari 2022, AerCap, perusahaan leasing pesawat terbesar di dunia, mengumumkan bahwa mereka mengakhiri aktivitasnya di Rusia, yang mewakili 5% dari aktivitasnya.

Pada tanggal 1 Maret, pemilik kapal Prancis CMA CGM memutuskan untuk tidak lagi melayani pelabuhan Rusia sampai pemberitahuan lebih lanjut86. Sama seperti pemilik kapal Denmark Maersk pada tanggal yang sama. Mediterranean Shipping Company (MSC) juga telah memutuskan untuk menghentikan semua aktivitas ke Rusia. Hal yang sama berlaku untuk Ocean Network Express dan Hapag Lloyd Pada 2 Maret 2022, Kuehne+Nagel menangguhkan semua pengiriman ke Rusia.

Industri

Pada tanggal 28 Februari, Daimler Truck mengumumkan bahwa mereka menangguhkan kegiatannya di Rusia dan berusaha untuk menjual 15% sahamnya di Kamaz.

Pada 2 Maret, Boeing dan Airbus mengumumkan bahwa mereka akan mengakhiri kegiatan pemeliharaan dan pengiriman suku cadang ke perusahaan-perusahaan Rusia.

Dana Investasi

Pada tanggal 27 Februari, dana kekayaan negara Norwegia mengumumkan penarikannya dari semua aktivitas di Rusia, yang kemudian mewakili hampir 25 miliar krona Norwegia dari 1.300 miliar krona Norwegia dalam asetnya.

Pada 4 Maret 2022, Bank Investasi Infrastruktur Asia menangguhkan kegiatannya di Rusia dan Belarusia.

Organisasi Olahraga Memberi Sanksi Rusia

Komite Olimpiade Internasional

Dewan Eksekutif Komite Olimpiade Internasional mendesak semua federasi olahraga internasional pada 25 Februari untuk membatalkan atau memindahkan acara apa pun yang direncanakan di Rusia atau Belarusia. Pada 28 Februari, IOC meminta mereka untuk melarang atlet dan ofisial Rusia dan Belarusia dari semua kompetisi olahraga mereka.

Baca juga: Acara Pertama Olimpiade: 1896 di Athena | Yunani

Komite Paralimpiade Internasional

Setelah awalnya menerima atlet Rusia dan Belarusia “di bawah bendera netral” ke Paralimpiade Beijing 2022, Komite Paralimpik Internasional membalikkan arah pada 3 Maret dan, menyetujui rekomendasi IOC, mengeluarkan mereka dari kompetisi yang dimulai pada hari berikutnya, menjelaskan keputusannya dalam khususnya oleh fakta bahwa “banyak komite, tim, dan atlet Paralimpiade telah mengancam untuk tidak bertanding, membahayakan kelangsungan Paralympic Games Beijing 2022”.

Bola basket

Pada 28 Februari 2022, Euroleague dan Eurocup menangguhkan klub-klub Rusia dari kompetisi mereka.

Biathlon

Setelah awalnya mengizinkan biathlet Rusia dan Belarusia untuk bersaing di bawah bendera netral dan tanpa lagu kebangsaan (jika menang), IBU memutuskan pada 2 Maret untuk melarang biathlet dari Rusia dan Belarusia dari semua kompetisi IBU.

Catur

Pada 25 Februari, Federasi Catur Internasional mengumumkan bahwa semua kompetisi resmi, termasuk Olimpiade Catur yang dijadwalkan di Moskow, akan dipindahkan ke negara selain Rusia.

Berkuda

Pada 28 Februari, Federasi Berkuda Internasional mengumumkan bahwa semua kompetisi resmi yang dijadwalkan di Rusia dan Belarusia akan dibatalkan. Kedua negara ini juga terputus dari bantuan apa pun dari federasi.

Sepak bola

Pada 25 Februari, UEFA memindahkan final Liga Champions dari Saint Petersburg ke Paris, di Stade de France.
Pada 26 Februari, karena kurangnya reaksi dari FIFA, Swedia dan Polandia, yang akan bertemu Rusia di fase kualifikasi Piala Dunia 2022, mengumumkan bahwa mereka tidak akan bermain melawan Rusia.
Pada 28 Februari, FIFA dan UEFA mengecualikan Rusia dari babak play-off kualifikasi untuk Piala Dunia 2022 di Qatar dan semua tim yang masih terlibat dalam kompetisi Eropa. UEFA juga mengumumkan penghentian kemitraannya dengan Gazprom. Klub-klub Rusia juga diskors dari Liga Champions.

Hoki es (Ice Hockey)

Pada 28 Februari, IIHF menangguhkan Rusia dan Belarusia serta klub-klub mereka dari semua kompetisi hingga pemberitahuan lebih lanjut. Ini termasuk Kejuaraan Dunia Junior 2022, pada bulan Agustus di Edmonton, serta edisi 2023, yang semula dijadwalkan untuk Novosibirsk dan Omsk.

Judo

Pada 27 Februari, IJF mengumumkan penangguhan status “presiden kehormatan dan duta besar” Vladimir Putin.

Seluncur indah

Pada 1 Maret, panitia penyelenggara untuk kejuaraan dunia dan Federasi Olahraga Es Prancis mengumumkan bahwa skater Rusia dan Belarusia tidak dapat berpartisipasi dalam kejuaraan dunia 2022, yang akan diadakan di Montpellier dari 23-26 Maret 2022.

Mobil sport

Pada 25 Februari, FIA mengumumkan bahwa Grand Prix Formula 1 Rusia di Sochi, yang dijadwalkan pada 25 September 2022, telah dibatalkan108. Dewan Otomotif Dunia kemudian mengatur kasus pembalap Rusia dan Belarusia, mengizinkan mereka untuk berpartisipasi dalam kompetisi di bawah status netral dan di bawah bendera FIA109. Namun, pilot Formula 1 Nikita Mazepin tidak diizinkan oleh otoritas Inggris untuk berpartisipasi dalam Grand Prix Inggris Raya berikutnya.

Tenis

Pada 1 Maret, ITF mengumumkan penangguhan segera Federasi Tenis Rusia (RTF) dan Federasi Tenis Belarusia (BTF). Itu juga menangguhkan tim nasional mereka dari semua kompetisi (Piala Davis, Piala Billie Jean King, dll.).

Bola voli

Pada tanggal 26 Februari, sementara kejuaraan dunia di Rusia dikelola oleh Federasi Internasional, tim Prancis, juara Olimpiade dalam gelar, mengumumkan bahwa mereka tidak akan pergi ke sana. Pada 1 Maret, organisasi kejuaraan dunia 2022 ditarik dari Rusia.


Perang Ukraina tentang Chernobyl Power Plant Di Duduki Rusia


Perang di Ukraina | Mengapa Putin Mememilih Perang?


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: CleverlySmart, PinterPandai, Aljazeera, BBC, Financial Times, Reuters

Sumber foto: Pxhere (CC0 Public Domain)

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.