fbpx

Tardigrade Hewan Kecil Yang Susah Mati – Dikenal dengan julukan Beruang Air

Tardigrade

Avertebrata mungil ini (ukurannya antara 0,1 dan 1,5 mm) yang hidup di mana-mana, di planet ini memilliki kemampuan hidup luar biasa: mampu bertahan bertahun-tahun tanpa minum, ini tahan terhadap suhu mendekati nol absolut (- 273.15 ° C) pada tekanan yang setara dengan 6.000 kali atmosfer bumi, kemudian tardigrade dapat muncul kembali dan hidup hampir tanpa cedera dari iradiasi sinar-X.

Tampak seperti beruang dan ada jutaan di planet ini … Tardigrade, hewan tak dikenal, tahan dingin, panas, dan bahkan dapat bertahan hidup di luar angkasa. Para peneliti baru saja menemukan rahasianya.

Bagaimana tardigrade dapat bertahan hidup dalam kondisi yang ekstrim?

Bagi hewan kecil ini dapat hidup dalam kondisi ekstrem karena dengan keajaiban evolusi tubuh yang dimiliki oleh tardigrade untuk mendapatkan daya tahan ekstrim karena hewan ini mengandung sekitar 1000 spesies, dan bahwa kemampuan mereka hanya ditemukan pada spesies yang hidup di lumut darat, sementara itu pada prinsipnya merupakan binatang air.
Dan ini adalah bagian dari rahasia yang terungkap: seperti mousses, tardigrade ditempatkan dalam cryptobiosis (menghambat aktivitas metabolismenya) segera setelah masalah muncul.

Kekuatan tardigrade terkait dengan gen yang dipinjam khususnya dari bakteri yang dikenal karena kemampuan mereka untuk beradaptasi dengan lingkungan yang paling ekstrem (tidak bersahabat). Tergantung pada spesiesnya, hingga 16% dari genom tardigrades diyakini sebagai hasil transfer gen bakteri! Dan para peneliti tidak kebal terhadap kejutan baru karena kita tahu sejauh ini genom lengkap hanya dua atau tiga spesies.

Fakta Tardigrade

1. Hal yang paling menarik dari hewan ini adalah kemampuan untuk beradaptasi di lingkungan yang sangat ekstrem. Tardigrada dapat bertahan di lingkungan yang beku (0 °C) hingga di tempat yang bertemperatur tinggi (151 °C). Bahkan dapat bertahan terhadap radiasi sebesar 570.000 Rad, 1.000 kali lebih tinggi dibandingkan jumlah radiasi di mana makhluk hidup lain dapat bertahan.

2. Oleh karena itu, tardigrada dikenal sebagai hewan yang polyextremophiles. Dengan kemampuan tersebut, tardigrada merupakan makhluk hidup yang dapat bertahan bila terjadi perang nuklir atau bencana alam lain yang ekstrem.

3. Bahkan tardigrada dapat hidup selama 10-100 tahun dalam kondisi kering, bahkan rekor tardigrada yang bertahan di kondisi kering terlama adalah 120 tahun.

4. Sayangnya, setelah selesai berestivasi dan bergerak-gerak selama beberapa menit, hewan itu mati. Kemampuan unik lainnya dari tardigrada adalah dapat bertahan di keadaan angkasa luar yang hampa udara. Pada satu penelitian di September 2007, tardigrada dapat hidup selama selama 10 hari di lingkungan luar angkasa.

5. Tardigrada yang mengangkasa menggunakan pesawat luar angkasa FOTON-M3 oleh European Space Agency, dapat bertahan hidup dalam keadaan hampa udara, terpapar sinar kosmik, dan bahkan dapat bertahan terhadap radiasi UV matahari 1000 kali lebih tinggi dibandingkan radiasi di permukaan bumi, dan hewan ini juga memiliki gigi setajam pisau yang tersembunyi di mulutnya yang berbentuk tabung.

6. Selain itu, tardigrada juga mampu menahan tekanan sebesar 6000 kg/cm persegi.

Bacaan Lainnya

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ohh begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: The Guardian, National Geographic, Newsweek

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-11-13T01:20:53+07:00 November 11th, 2019|IPA|0 Comments

Leave A Comment