Tempat Wisata Raja Ampat – Informasi praktis untuk mempersiapkan perjalanan Anda

Raja Ampat Sebuah Wilayah Yang Harus Dilestarikan & Dilindungi

Raja Ampat yang berarti “4 Raja”. Jauh dari gedung pencakar langit yang menghalangi pandangan, hutan beton yang padat dan padat, lalu lintas padat, papan iklan listrik neon berkedip-kedip, suara menjengkelkan yang tak ada habisnya dan semua gangguan di kota-kota modern.

Anda akan menemukan semua keajaiban spektakuler di perairannya, ini benar-benar tempat dimana kata-kata seperti indah, mempesona, megah dan mempesona mendapat makna fisiknya yang sebenarnya. Bawalah celana atau baju renang dan tripod kamera (penyangga kamera berkaki-3) karena kita akan banyak menemukan matahari terbit dan tenggelam.

 

Tempat Wisata Raja Ampat – Informasi praktis untuk mempersiapkan perjalanan Anda

Pulau Pianemo Raja Ampat

Pianemo adalah pulau utama untuk objek wisata di Raja Ampat. Mengapa? Karena di mana pun Anda memulai perjalanan Anda, pemandu wisata setempat akan membawa Anda ke sini terlebih dahulu. Pulau Pianemo adalah versi mini dari pulau Wayag.

Pianemo relatif lebih mudah dijangkau. Dari Pelabuhan Waisai yang merupakan pusat administrasi Kabupaten Raja Ampat, perjalanan ke Pianemo bisa ditempuh sekitar 2 hingga 3 jam dengan menggunakan speedboat, tergantung keadaan ombak. Biasanya, perjalanan ke Pianemo sudah sepaket dengan paket wisata yang ditawarkan biro perjalanan. Namun, kita juga bisa menyewa speedboat dengan biaya yang tidak terlalu murah.

Gugusan pulau karst yang ada di Pianemo menghadirkan pemandangan yang memesona. Gundukan kecil pulau-pulau karst dengan warna laut yang biru dapat dilihat dari Bukit Pianemo. Sebelumnya, wisatawan harus mendaki sekitar 320 anak tangga sebelum tiba di puncak Bukit.

Jika berhasil sampai ke puncak, Anda akan menemukan pemandangan surealis dan indah di pulau Pianemo, Raja Ampat. Angin dan sinar matahari di bagian atas adalah sedikit tempat peristirahatan bagi Anda untuk menarik napas sambil melihat pemandangan.

Jangan lupa tanyakan pada pemandu wisata lokal Anda latar belakang sejarah bagaimana Pianemo dibuat, atau yang lebih penting lagi, jika ada kepercayaan lokal terhadap Pianemo, yang perlu Anda ketahui. Nikmati pemandangan dan jangan hanya mengambil selfie disana. Pastikan Anda membawa botol air Anda.

Pianemo sendiri disebut-sebut sebagai Wayag versi kecil. Wayag adalah daerah yang masih termasuk ke dalam Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Di sana, punya pemandangan bukit-bukit karst yang menjulang.

Piaynemo sendiri terletak di Desa Pam, Kecamatan Waigeo Barat Kepulauan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Dari Sorong, Piaynemo bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar enam jam perjalanan via laut.

 

Pianemo Raja Ampat

Pianemo Raja Ampat.

 

Pulau Wayag Surga Di Bumi

Di antara semua Pulau di Raja Ampat yang paling terkenal dan menjadi ikon di Raja Ampat adalah Kepulauan Wayag. Ya kumpulan bukit dan gunung karst yang berada di tengah laut inilah yang menjadi ikon Raja Ampat. Karena keindahannya dan hanya ada di Raja Ampat tidak salah jika Wayag menjadi destinasi utama para wisatawan untuk pergi ke Raja Ampat.

Wayag merupakan pulau terjauh dari Raja Ampat. Oleh karena itu, untuk tiba di tempat ini, diperlukan 6 hingga 7 jam perjalanan dengan speedboat dan harus berangkat pada malam hari atau subuh.

Atau kalau kita ingin mendapatkan banyak momen sebaiknya Anda menginap di sekitar area Wayag, ada International Conservation di sini. Kita bisa meminta tolong bantuan mereka untuk mengantar kita berkeliling dan menaiki puncak bukit karst di Wayag.

 

Pulau Wayag

Pulau Wayag.

 

Berjalan di Pasir Timbul

Adalah pulau pasir di tengah laut yang hanya bisa dilihat beberapa jam sehari, saat air pasang surut. Jangan lewatkan keberuntunganmu!

Jika Anda datang ke waktu yang tepat, Anda bisa berjalan dengan merasakan sentuhan pasir putih dan lembut di sela-sela jari kaki Anda sambil dikelilingi oleh warna kristal air biru. Jangan lupa memakai tabir surya (sunscreen lotion).

 

Beri makan ikan di Sawinggrai

Jika Anda bukan tipe orang yang mudah bergaul, Anda tidak perlu basa-basi untuk berinteraksi dengan ikan yang berwarna-warni di Raja Ampat. Tepat di awal desa kecil Sawinggrai, penduduk desa akan membuat campuran tepung yang sangat disukai ikan itu. Cukup duduk di ujung dermaga dan saksikan kawanan ikan-ikan.

Desa Sawinggrai terletak di Meos Mansar, Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Ini adalah salah satu desa yang paling dikenal selain Arborek di daerah yang sama. Desa ini memiliki 36 keluarga dan desa ini juga dikenal dengan burung Cenderawasih yang ikonik, begitu banyak untuk menyaksikan burung kecil dan ikan-ikan.

Jika Anda ingin melihat burung-burung berterbangan (biasanya di pagi atau sore hari), hindari datang antara bulan Desember dan Februari karena burung-burung bertelur selama periode ini.

Tidak ada banyak restoran dan warung makan yang tersedia di sini, tapi Anda bisa menemukan toko yang menjual makanan di Waisai atau Sorong. Jika ingin mencari lebih banyak menu, lebih baik membeli makanan di Sorong.

 

Matahari terbenam Raja Ampat

Matahari terbenam di Raja Ampat.

 

Transportasi Cara Mencapai ke Raja Ampat

  • Untuk sampai ke Raja Ampat Anda harus terlebih dahulu mengambil penerbangan dari Jakarta atau Makassar ke Sorong. Ada pesawat kecil untuk membawa Anda ke Waisai, ibu kota distrik Raja Ampat, atau Anda bisa naik feri dari pelabuhan Sorong (Papua Barat) ke pulau-pulau.

  • Didirikan pada tahun 2012, Bandara Marinda di Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat melayani penerbangan ke dan dari kota Sorong. Wings Air melayani penerbangan harian antara Sorong dan Raja Ampat, sedangkan penerbangan Susi Air dua kali seminggu pada hari Senin dan Sabtu. Harap diperhatikan bahwa Bandara Marinda masih dalam pengembangan dan perluasan dan berada relatif jauh dari fasilitas manapun. Jadi, pastikan untuk mengemasi beberapa makanan ringan dan minuman saat Anda menunggu penerbangan kembali ke Sorong.

Sebagai alternatif, ada feri yang tersedia untuk Anda dari Sorong dan Waisai dan sebaliknya. Perjalanan feri akan memakan waktu sekitar 2 sampai tiga jam.

  • Sebagai hub utama ke Raja Ampat, Bandara Domine Eduard Osok di Sorong melayani penerbangan ke sejumlah kota besar di Papua dan Indonesia termasuk Manokwari, Jayapura, Ambon, Makassar, Manado, dan Jakarta.

  • Garuda Indonesia mengoperasikan penerbangan harian antara Jakarta-Sorong. Seperti halnya Sriwijaya Air dan Nam Air, dimana Batik Air terbang dua kali sehari antara Jakarta dan Sorong.

  • Agar perjalanan tidak menguras biaya, kita sebaiknya pergi berombongan, minimal 8 orang. Dengan begitu biaya sewa kapal akan menjadi lebih murah. Di sini kita tidak membutuhkan sewa mobil, tetapi sewa kapal yang cukup mahal. sewa kapal bermotor mahal di Papua ini dikarenakan langkanya pasokan harga BBM dan kadang harganya selalu berubah.

  • Ada 2 jenis kapal yang digunakan untuk berkeliling di kepulauan Raja Ampat, kapal nelayan bermotor dan speedboat. Sewa kapal nelayan bermotor yang berkapasitas 2 hingga 3 orang sebesar Rp 1.300.000 hingga Rp 1.500.000 per hari. Tarif kapal speedboat yang berkapasitas 8 hingga 10 orang sebesar Rp 3.500.000 hingga Rp 4.000.000 per hari (sudah termasuk bahan bakar). Tarif sewa kapal ini bergantung harga bahan bakar saat itu di Waisai.

 

Burung Cendrawasih

Burung Cendrawasih.

 

Tarif wajib masuk Raja Ampat

Untuk berwisata di Raja Ampat, wisatawan dikenakan Tarif Layanan Pemeliharaan Lingkungan (TLPL) yang dipatok Rp 500.000 per orang untuk wisatawan nusantara dan Rp 1 juta per orang untuk wisatawan mancanegara. Tarif ini dapat dibayarkan di pelabuhan atau kantor Kabupaten Raja Ampat.

 

Kapan harus pergi ke Raja Ampat?

Raja Ampat adalah tujuan sepanjang tahun, meskipun banyak perusahaan penyewa alat selam berhenti beroperasi antara bulan Juli dan September, ketika laut yang biasanya tenang bisa menjadi sangat berombak. Untuk perairan yang paling tenang dan visibilitas terbaik untuk menyelam, kunjungi antara bulan November dan Maret. Wilayah Raja Ampat menerima hujan terberat dari bulan Mei sampai Oktober, yang juga bisa membuat berjaan di hutan berbahaya.

 

Terumbu karang lunak antara Gam dan Waigeo, Raja Ampat

Terumbu karang lunak antara Gam dan Waigeo, Raja Ampat. Sumber foto: Fabian Lambeck, via Wikimedia Commons

 

Kuliner Khas Papua

Pilihan kuliner di Raja Ampat tidak banyak. Raja Ampat terkenal akan seafood-nya. Namun, warung makan padang dan coto makassar juga bisa kita jumpai, meskipun harganya bisa dua kali Jakarta. Makan mewah memang tersedia di resor-resor, tetapi harganya mahal.

  • Sagu dan ulat sagu bakar. Ulat sagu yang diambil dari pohon sagu dibakar matang. Rasanya sangat gurih dan renyah. Selain itu juga ada juga sup kepompong dan bika (kerang) yang berukuran sangat besar. Sayangnya, makanan khas ini tidak diperjualbelikan secara umum. Kita bisa mencicipinya saat festival budaya berlangsung.

  • Papeda adalah makanan khas Papua dan Papua Barat yang dibuat dari sagu. Adapun bentuk papeda berupa bubur sagu berwarna putih dengan tekstur yang lengket seperti lem. Dari segi rasa, papeda berasa hambar. Memang papeda ini dimakan sebagaimana nasi. Papeda ini disajikan bersama ikan tongkol atau mubara yang dibumbui kunyit.

  • Bagea atau kue sagu ini merupakan kue tradisional yang merupakan makanan khas Indonesia timur seperti Palopo Sulawesi Selatan, Manado, Bugis, Makasar, Maluku, Maluku Utara dan Papua, Papua Barat.

  • Aunu Senebre adalah makanan khas Papua dan Papua Barat yang dibuat dari bahan dasar ikan teri nasi yang dicampur dengan irisan daun talas. Makanan ini memiliki tekstur yang tidak kering. Daun talas yang diiris juga menambah rasa gurih dari aunu senebre. Di Papua makanan khas ini biasanya disantap dengan sepiring papeda atau umbu-umbian.

  • Aunuve Habre adalah makanan khas Papua yaitu ikan sakalang yang dipotong-potong dibungkus daun talas dan dimasak dengan air dan garam diatas wajan.

  •  Ikan Bakar Manokwari adalah makanan khas Manokwari, Papua. Ikan yang biasa dijadikan bahan masakan ini adalah ikan tongkol. Ikan bakar ini ditambahkan sambal khas Papua yang disiramkan di atasnya.

  • Ikan bungkus khas papua ini dibuat dari dua bahan yaitu ikan laut dan daun talas sebagai bahan untuk membungkusnya. Bumbu khasnya rempah yang digunakan pun hanya garam untuk memberikan rasa asin dan untuk menghilangkan getah pada daun talas yang digunakan. Dalam pembuatanya pertama bersihkan ikan kemudian dimasukkan kedalam daun talas dan ditutup. terakhir dibakar diatas api kecil hingga masak. Ikan Bakar khas papua ini lebih nikmat disajikan hangat-hangat.

  • Udang selingkuh, populer di daerah Wamena, Papua Barat. Biasanya udang selingkuh digoreng, direbus atau bisa juga dibakar, sesuai selera. Disebut udang selingkuh karena bentuk udang ini capitnya mirip dengan kepiting.

  • Ternyata petatas adalah ubi jalar, adalah merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Papua dan Papua Barat.

  • Martabak sagu. Berbeda dengan martabak pada umumnya, martabak ini bahan dasarmya berupa sagu. Sebagai penambah rasa manis, saus gula merah dituangkan diatas sagu yang sedang digoreng. Jika Anda berpergian jauh untuk mengunjungi Papua demi mencicipi makanan khas yang satu ini. Selain teksturnya unik, makanan asli kabupaten Fakfak ini memiliki cita rasa yang berbeda.

 

Menyelam dan snorkeling di Raja Ampat

Ada lebih dari 200 situs menyelam yang masih asli di Raja Ampat, yang hanya menancapkan kepala Anda di bawah air berarti Anda akan terpesona oleh ikan pelangi dan karang-karang yang bercahaya. Dengan sekali menyelam yang bisa Anda nikmati dengan ikan manta rays dan kerang raksasa, gape barakuda, fusiliers dan parrotfish, kuda laut kerdil dan nudibranch berwarna-warni.

Dengan sedikit keberuntungan Anda dapat melihat, spot wobbegong dan epaulette (hiu berjalan kaki), dengan topografi laut yang bervariasi dari dinding vertikal dan puncak hingga terumbu dan pegunungan bawah air. Snorkellers dapat mengamati banyak spesies ini dari atas juga, dengan banyak terumbu karang yang mudah dijangkau dari pantai.

Raja Ampat pada umumnya lebih cocok untuk penyelam tingkat lanjut dan karenanya bukan tempat menyelam yang untuk orang yang belajar meneyelam. Bagaimanapun juga, beberapa tempat menyelam cocok untuk para pemula. Sebagian besar penyelaman adalah penyelaman drift, yang disertai peringatan: arus yang mencambuk di sepanjang tepi terumbu bisa sangat kuat. Bukti kartu asuransi dan menyelam yang valid akan dibutuhkan pada operator selam yang memiliki reputasi bagus. Sebagian besar tempat menyediakan semua perlengkapan selam.

 

 

Temukan tiket pesawat, bedakan harganya

 

Tempat Wisata Lainnya Dan Yang Harus Dikunjungi Di Indonesia Dan Luar Negeri

Segala sesuatu yang ada di daerah tujuan wisata yang merupakan daya tarik agar orang-orang mau datang berkunjung ke tempat tersebut. Panduan ini akan membuat Anda untuk tidak melewatkan tempat penting dan memberikan pengalaman wisata Anda ke tempat-tempat yang hebat!

Klik disini untuk melihat tempat-tempat lainnya, seperti di Bali, Jogja, Paris, Tokyo, Tibet, Bogor dan masih banyak lagi.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Lonely PlanetWikipedia

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-04-29T12:33:56+07:00 Januari 5th, 2018|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment