Trenggiling : Spesies, Habitat, Makanan, Reproduksi, Tulang Belakang

Trenggiling

Tenggiling atau Trenggiling (juga disebut sebagai pemakan-semut bersisik) adalah mamalia dari ordo Pholidota.

Spesies ini berbagai ukuran dari 30 100 cm (12-39 in). Sejumlah spesies tenggiling punah juga diketahui. Nama pangolin berasal dari kata Melayu “pengguling”. Tenggiling ditemukan secara alami di daerah tropis di seluruh Afrika dan Asia.

Baja juga 👉 Trenggiling diduga menjadi salah satu pembawa penyakit coronavirus.

Trenggiling termasuk hewan

Mereka adalah mamalia dan merupakan hewan karnivora. Baca juga 👉 Makhluk Karnivora Memakan Binatang – Herbivora Memakan Tumbuhan – Omnivora Memakan Keduanya

Apa itu trenggiling? bagaimana bentuk mereka?

Pangolin (bahasa Inggris) adalah sekelompok mamalia Asia dan Afrika yang ditutupi oleh sisik keras, meringkuk menjadi bola untuk mempertahankan diri, dan sayangnya adalah hewan yang paling banyak diperdagangkan di dunia. Mereka memiliki kepala kecil tetapi moncong yang panjang dan lidah yang lebih panjang karena menyeruput semut dari dalam sarang semut, membuat beberapa orang menyebutnya sebagai trenggiling bersisik.

Ekornya juga ditutupi dengan “baju besi” skala yang sama dengan sisa tubuh mereka, tetapi ekor mereka juga kuat – beberapa trenggiling hidup di pohon-pohon dan dapat menggunakan ekor mereka sebagai anggota badan kelima yang mudah cukup kuat untuk menopang berat badan penuh mereka.

Gambar trenggiling

Trenggiling termasuk kelompok (spesies)

Ada berapa jenis trenggiling?
Terdapat 8 spesies, empat Asia dan empat Afrika – meskipun bukti fosil menunjukkan bahwa mereka berevolusi di Eropa.

1. Spesies Cina, Manis pentadactyla.
2. Spesies India (juga dikenal sebagai trenggiling ekor tebal), M. crassicaudata
3. Sunda (semua dikenal sebagai trenggiling Malayan), M.
4. Filipina, M. culionensis
5. Trenggiling pohon (juga dikenal sebagai trenggiling berperut putih), Phataginus tricuspis.
6. Ekor panjang (juga dikenal sebagai trenggiling hitam), P. tetradactyla.
7. Raksasa (juga dikenal sebagai trenggiling tanah raksasa), Smutsia gigantica.
8. Cape trenggiling (juga dikenal sebagai trenggiling), trenggiling Temminck, trenggiling Afrika Selatan atau trenggiling (steppe pangolin), S. temminckii.

Makanan trenggiling

Trenggiling kebanyakan memakan semut dan rayap, meskipun mereka akan memakan beberapa invertebrata lainnya juga. Trenggiling tunggal dapat mengkonsumsi hingga 20.000 semut sehari. Itu sekitar 73 juta semut setahun!

Mereka adalah hewan karnivora, biasanya memakan berbagai spesies semut dan rayap, tetapi juga dapat memakan larva dan beberapa serangga lainnya. Meskipun ada ratusan spesies rayap, semut, dan serangga lain yang dapat mereka konsumsi.

Trenggiling berkembang biak dengan cara

Seperti mamalia lainnya, jantan dan betina memiliki organ reproduksi internal dan eksternal seksual. hewan ini berkembang biak dengan cara melahirkan (vivipar). Reproduksi adalah kunci untuk kelangsungan hidup semua spesies ini.

Reproduksi Pangolin

Ketika yang betina siap berkembang biak, mereka akan mencari wilayah jantan. Betina bereproduksi setahun sekali, dan biasanya melahirkan satu anak. Anak mereka akan menaiki punggung atau ekor induknya untuk perlindungan. Pada usia sekitar hingga tiga bulan, anaknya diberikan asinya, tetapi akan tetap bersama ibu sampai mencapai usia 2 tahun.

Berapa banyak tulang belakang yang dimiliki trenggiling?

Trenggiling juga unik dengan cara lain, karena mereka memiliki lebih banyak tulang belakang daripada hewan lainnya. Spesies yang arboreal (putih-dan perut hitam, India, Filipina dan Sunda) memiliki ekor semi-pra-tarik untuk memanjat pohon. Betina menggunakan ekornya untuk menggendong anak mereka juga. Memiliki 46 atau 47 vertebra – yang paling banyak dari hewan apa pun.

Habitat atau tempat tinggal aslinya

Mereka suka habitat berpasir, seperti sabana dan daerah berhutan. Mereka cenderung tetap dekat dengan sumber air. Ada beberapa spesies hewan yang penuh teka-teki ini adalah arboreal, yang berarti mereka hidup dan berburu di pohon.

Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini 👉 untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini 👉 untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2020-05-12T14:07:33+07:00 Mei 12th, 2020|IPA|0 Comments

Leave A Comment