Cara Meningkatkan Arus Kas – 10 Strategi Untuk Meningkatkan Arus Kas

Cara Meningkatkan Arus Kas

Berikut cara meningkatkan arus kas yang cepat dan efektif:

Keuangan bisnis memiliki banyak ucapan. “Uang adalah raja” adalah salah satu yang paling banyak didengar. Survei menunjukkan bahwa sebagian besar bisnis gagal karena masalah arus kas. Sangat menyenangkan untuk mendapat untung, tetapi arus kas diperlukan untuk terus beroperasi debgab mulus.

Bisnis pemula seringkali mengalami kesulitan menghasilkan dan mempertahankan uang tunai yang tersedia. Ini sering disebabkan oleh hutang yang dikeluarkan dan uang tunai yang dibutuhkan untuk mendanai operasi dan melunasi hutang.

Pemahaman tentang arus kas bebas dan beberapa rasio dapat membantu pemilik memahami kas dan utang mereka. Juga penting untuk dipahami adalah penganggaran kas, mengelola arus kas dan hubungan antara uang tunai dan laba. Baca juga 👉 Laporan Arus Kas – Pengertian, Cara Membuat dan Contoh (cash flow statement)

Arus kas bebas (free cash flow)

Arus kas bebas adalah jumlah uang tunai yang dihasilkan bisnis setelah memperhitungkan arus kas operasi (kas yang dihasilkan dari operasi), pengeluaran modal (uang yang dihabiskan untuk aset tetap Anda), perubahan modal kerja (perbedaan modal kerja antar periode), dan dividen (pembayaran pemegang saham, jika ada). Artinya, uang tunai gratis adalah uang tunai yang Anda punya sisa untuk melakukan sesuatu.

Pertimbangkan konsep nilai waktu dari uang. Satu dolar hari ini bernilai lebih sedikit besok, dan bernilai lebih banyak jika Anda melakukan sesuatu untuk membuatnya bekerja untuk Anda. Ini adalah tujuan dari konsep uang tunai gratis — untuk menemukan cara agar uang tunai Anda yang tidak digunakan berfungsi untuk Anda.

Arus Kas Bebas = Arus Kas Operasi – Modal Kerja – Pengeluaran Modal – Dividen

Analisis rasio

Analisis rasio keuangan akan membantu Anda menentukan seberapa likuid perusahaan Anda atau seberapa sukses perusahaan dalam memenuhi kewajiban utang jangka pendeknya. Likuiditas adalah kemampuan perusahaan untuk membayar kewajiban utang jangka pendeknya.

Rasio lancar dan rasio cepat adalah dua rasio yang paling umum digunakan ketika menentukan likuiditas. Rasio saat ini akan membantu Anda menentukan rasio aset lancar Anda terhadap liabilitas lancar Anda. Aset lancar termasuk uang tunai, piutang dagang, dan inventaris, sedangkan liabilitas lancar adalah tagihan yang harus Anda bayar dalam waktu 90 hari.

Rasio Lancar = Aktiva Lancar ÷ Kewajiban Lancar
Rasio cepat akan memungkinkan Anda untuk menentukan apakah Anda dapat membayar kewajiban hutang jangka pendek Anda, atau kewajiban lancar, tanpa harus menjual inventaris apa pun.

Quick Ratio = (Uang Tunai + Surat Berharga + Surat Berharga + Piutang Usaha) ÷ Kewajiban Saat Ini
Anda dapat menggunakan perputaran piutang untuk melihat seberapa baik Anda mengubah inventaris menjadi piutang. Awal dan akhir piutang dagang mengacu pada nilai akun-akun ini pada awal dan akhir periode.

Rasio Perputaran Piutang Usaha = Penjualan Kredit Tahunan Bersih ÷ ((Piutang Awal + Piutang Akhir) ÷ 2)

Anggaran Uang Tunai

Anda dapat mempertimbangkan menyiapkan anggaran tunai bulanan untuk melacak uang tunai Anda. Laporan arus kas dapat dilakukan secara berkala untuk menganalisis arus kas Anda. Ini akan membantu Anda menganggarkan jumlah uang tunai yang dapat Anda gunakan untuk berbagai kegiatan dalam bisnis Anda

Tujuan dari anggaran kas bukan untuk menetapkan target untuk uang tunai tetapi untuk mengantisipasi kebutuhan. Jika Anda menyiapkan anggaran tunai 6 – 12 bulan sebelumnya dan kebutuhan Anda berubah, Anda dapat mengubah anggaran tunai Anda.

Anggaran uang dapat mengatasi skenario “bagaimana-jika”. Misalnya, bagaimana jika Anda mengubah kecepatan koleksi Anda atau waktu pembelian inventaris Anda? Teknik ini dapat memungkinkan Anda untuk memprediksi hasil umum dari perubahan yang terkait dengan pengumpulan uang tunai atau generasi.

Cara Memaksimalkan Arus Kas Anda

Dua akun aset Anda saat ini, inventaris, dan piutang dapat sangat mempengaruhi uang tunai. Persediaan biasanya adalah produk yang Anda jual. Piutang usaha adalah akun yang mewakili kredit yang Anda berikan kepada pelanggan. Menjual inventaris dan menagih piutang Anda lebih cepat dapat meningkatkan arus kas Anda.

Strategi jangka pendek lainnya adalah mengatur waktu hutang akun Anda. Bayar hutang Anda pada hari jatuh tempo, bukan sebelumnya. Ini memberi Anda kemampuan untuk menggunakan uang tunai saat Anda memilikinya.

Perhatian harus diambil saat menggunakan teknik ini. Beberapa pertimbangan dari pemasok Anda dijamin. Mereka juga harus membayar tagihan. Untuk memaksimalkan penggunaan uang tunai Anda dan meningkatkan hubungan pemasok Anda, negosiasikan tanggal pembayaran Anda dengan mereka untuk memungkinkan Anda mempertahankan uang tunai Anda selama Anda bisa dan melakukan pembayaran tepat waktu.

Uang Tunai dan Keuntungan

Arus kas dan laba tidak sama. Akuntansi keuangan, salah satu dari tiga jenis akuntansi utama, tidak berfokus pada arus kas. Ini difokuskan pada laba bersih atau laba. Laba dan arus kas terkait dalam hal bahwa laba adalah bagian dari arus kas Anda, dan itu adalah apa yang tersisa setelah membayar kewajiban Anda.

Misalnya, ketika Anda melakukan penjualan ke pelanggan kredit, Anda mengenali penjualan itu langsung di akun Anda. Anda memasukkan debit untuk inventaris Anda dan kredit untuk piutang Anda. Anda mungkin tidak segera menerima uang tunai.

Menurut akun Anda, Anda telah mendapat untung. Namun, Anda belum memiliki uang tunai untuk penjualan.

Anda dapat melihat bagaimana kesenjangan antara laba dan arus kas bisa sangat besar. Jika Anda memiliki pertumbuhan yang cepat.

10 Cara Meningkatkan Arus Kas

1. Sewa, Jangan Beli

Karena menyewakan persediaan, peralatan, dan real estat biasanya lebih mahal daripada membeli, melakukan hal itu mungkin tampak berlawanan dengan seseorang yang hanya memperhatikan garis bawah, atau penghasilan Anda setelah pengeluaran dilunasi. Tetapi kecuali jika perusahaan Anda dibanjiri dengan uang tunai, Anda akan ingin mempertahankan arus kas untuk operasi sehari-hari.

Dengan leasing, Anda membayar sedikit demi sedikit, yang membantu meningkatkan arus kas. Bonus tambahan adalah bahwa pembayaran sewa adalah pengeluaran bisnis, dan karenanya dapat dihapuskan dari pajak Anda.

2. Penawaran Diskon untuk Pembayaran Awal

Semua orang menyukai insentif, dan jika Anda menawarkan diskon kepada pelanggan jika mereka membayar tagihan mereka sebelumnya, Anda menciptakan situasi menang / menang untuk Anda berdua. Mendapatkan uang tunai lebih awal membantu arus kas Anda, tentu saja. Ini adalah salah satu cara meningkatkan arus kas yang efektif.

3. Melakukan Pemeriksaan Kredit Pelanggan

Jika seorang pelanggan tidak ingin membayar Anda secara tunai, maka pastikan untuk melakukan pemeriksaan kredit — terutama sebelum Anda mendaftar. Jika klien memiliki kredit buruk, Anda dapat dengan aman berasumsi bahwa Anda tidak akan menerima pembayaran tepat waktu.

Seburuk mungkin Anda ingin melakukan penjualan, keterlambatan pembayaran akan mengganggu arus kas bisnis Anda. Jika Anda memilih penjualan terlepas dari kredit yang meragukan, pastikan untuk mengaturnya dengan suku bunga tinggi.

4. Membentuk Koperasi Pembelian

Pikirkan kekuatan dalam jumlah, dan temukan perusahaan lain yang berpikiran sama mau mengumpulkan uang mereka untuk tawar-menawar harga yang lebih rendah dengan pemasok, yang biasanya memberikan diskon besar kepada perusahaan besar yang membeli dalam jumlah besar. Baca juga 👉 Penjelasan, Jenis, Fungsi Dan Contoh Tentang Koperasi

5. Tingkatkan Persediaan Stok Anda

Lakukan pemeriksaan inventaris. Buatlah daftar barang-barang yang Anda beli yang tidak bergerak pada kecepatan yang sama dengan produk Anda yang lain. Mereka mengikat banyak uang tunai dan dapat merusak arus kas Anda.

Alih-alih membeli lebih banyak dari apa yang tidak dijual, singkirkan — bahkan jika Anda perlu menjualnya dengan diskon. Sulit untuk meninggalkan produk yang Anda sukai, berharap suatu hari nanti Anda secara ajaib akan melihat peningkatan permintaan, tetapi itu hampir tidak pernah terjadi. Jadilah objektif, bukan emosional.

6. Kirim Faktur Segera

Anda akan melihat piutang datang lebih cepat dengan cara ini. Pastikan Anda memahami dasar-dasar cara menyusun faktur yang baik. Anda ingin agar faktur Anda mudah dibaca dan persyaratannya dinyatakan dengan jelas. Sebutkan tanggal jatuh tempo di beberapa tempat (sebaiknya dicetak tebal), termasuk di bagian atas faktur dan pada slip pembayaran di bagian bawah. Sertakan instruksi yang jelas mengenai jenis pembayaran yang diterima. Jika Anda membebankan biaya keterlambatan pembayaran, pastikan Anda menyertakan informasi ini juga.

7. Gunakan Pembayaran Elektronik

Jika Anda membayar secara elektronik, Anda dapat menunggu hingga pagi hari tagihan yang jatuh tempo untuk melakukan pembayaran. Pembelian waktu ini meningkatkan arus kas Anda.

Anda juga dapat menggunakan kartu kredit bisnis karena beberapa menawarkan masa tenggang selama 21 hari, yang dapat melakukan banyak hal untuk meningkatkan arus kas Anda. Anda bahkan mungkin mendapatkan uang kembali. Tetapi jangan menumpuk terlalu banyak hutang.

8. Membayar Pemasok dan Negosiasi

Jika Anda menjaga komunikasi yang ramah dan teratur dengan pemasok, Anda akan memiliki peluang lebih baik untuk mendapatkan persyaratan yang lebih baik dari mereka. Tawarkan pembayaran awal kepada pemasok jika mereka bersedia memberi Anda diskon sebagai imbalan.

Belajar untuk menguasai seni negosiasi adalah bagian penting dalam melakukan bisnis dan dapat membantu Anda meyakinkan pemasok Anda untuk menawarkan kesepakatan yang lebih baik.

9. Gunakan Rekening Tabungan Bunga Tinggi

Ini akan memberi Anda likuiditas sambil menumbuhkan posisi tunai Anda. Rekening tabungan hasil tinggi terbaik menawarkan tingkat bunga sebanyak 25 kali lebih tinggi dari rata-rata nasional, yang berarti Anda akan mendapatkan lebih banyak uang yang Anda simpan.

10. Tingkatkan Harga

Meningkatkan harga Anda adalah konsep yang membuat takut banyak pemilik bisnis. Mereka khawatir itu akan menyebabkan penurunan penjualan. Tapi boleh-boleh saja bereksperimen dengan penetapan harga untuk menemukan angka yang sempurna — seberapa tinggi yang diinginkan pelanggan? Tidak ada cara untuk mengetahuinya kecuali Anda mengambil risiko.

Yang Paling Penting Cara Meningkatkan Arus Kas

Aliran kas yang sehat adalah hasil dari operasi yang berjalan efisien dan lancar. Sementara menerapkan beberapa atau semua dari sepuluh langkah di atas akan membantu Anda meningkatkan arus kas bisnis Anda, Anda juga ingin memastikan Anda membuat keputusan yang tepat mengenai pemasaran, layanan pelanggan, pengembangan produk atau layanan, dan akuisisi pelanggan baru.

Itulah sebabnya penting untuk meninjau dan memperbarui rencana bisnis Anda secara teratur untuk memastikan Anda mengantisipasi tren dan tantangan sebelum berdampak pada profitabilitas Anda.

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Accounting Coach, Investopedia

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz |Matematika|IPA | Geografi & Sejarah|Info Unik|Lainnya


By | 2020-05-14T12:51:03+07:00 Mei 13th, 2020|Matematika|0 Comments

Leave A Comment