PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tritunggal Mahakudus (Holy Trinity): Pater, Filius, Spiritus Sanctus

3 min read

Tritunggal mahakudus

Tritunggal Mahakudus

Tritunggal Mahakudus adalah Tuhan, menurut ajaran gereja-gereja Kristen, dengan pengecualian beberapa gerakan Unitarian dan restorasionis, seperti Saksi-Saksi Yehuwa. Doktrin ini menyatakan bahwa Tuhan adalah substansi tunggal yang ada secara bersamaan dalam tiga pribadi yang berbeda: Bapa (Déu Pare), Putra (Déu Fil) dan Roh Kudus. Meskipun sering digunakan secara sinonim dengan konsep Trinitas, istilah “KeTuhanan” lebih luas, dan mencakup gagasan lain tentang bagaimana Bapa, Anak, dan Roh Kudus berhubungan.

Sejarah

Secara historis, dogma Tritunggal telah ditegaskan sebagai pasal kepercayaan dalam Syahadat Nicea (diterima oleh semua cabang agama Kristen kecuali Unitarianisme atau Restorasionisme), dan Syahadat Athanasian, yang berusaha membakukan kepercayaan tentang topik ini. Kredo-kredo ini dirumuskan dan disahkan oleh Gereja abad ke-3 dan ke-4 yang bertentangan dengan teologi heterodoks tentang Trinitas.

Pengakuan Iman Nicea atau Rasuli, yang merupakan formula klasik dari doktrin ini, menggunakan istilah Yunani homoousios yang berarti “dari substansi yang sama”. Ejaan kata ini berbeda satu huruf dari homoiousios, yang berarti “dari substansi yang serupa”. Kata lain ini digunakan oleh para pengikut dogma non-Trinitarian sebelum Konsili Nicea.

Lebih dari satu doktrin yang bertentangan muncul untuk mempertanyakan dogma atau versi yang berbeda tentang hubungan dan keunggulan salah satu dari tiga elemen. Saat ini, sebagian besar Restorasionis menolak dogma Trinitas seperti yang telah dirumuskan oleh cabang-cabang Kristen tradisional lainnya. Saksi-Saksi Yehuwa menolaknya sepenuhnya, karena mereka percaya bahwa Yesus Kristus adalah makhluk yang diciptakan oleh Tuhan, dan Mormon percaya pada konsep luas tentang “keTuhanan” di mana Tuhan Bapa dan Yesus Kristus masing-masing memiliki tubuh, dan, dengan Roh Kudus, mereka membentuk “dewa” yang bersatu hanya dalam tujuan. Untuk bagian mereka, kaum Unitarian menolak bahwa Tuhan dapat dibagi menjadi pribadi-pribadi, serta kodrat ilahi Yesus, dan mempertahankan pandangan agama yang rasionalistik.

21 Ayat Alkitab tentang Trinitas Dalam Keselamatan

Ayat Paling Relevan

Lukas 1:35

Malaikat itu menjawabnya: Roh Kudus akan turun ke atasmu, dan kuasa Yang Mahatinggi akan menaungimu. Inilah mengapa anak suci yang akan lahir darimu akan disebut Anak Allah.

Matius 3:16-17

Segera setelah Yesus dibaptis, dia keluar dari air. Dan lihatlah, langit terbuka, dan dia melihat Roh Tuhan turun seperti burung merpati dan mendatanginya. Dan lihatlah, sebuah suara datang dari surga mengatakan kata-kata ini: Ini adalah Putraku yang terkasih, kepada siapa aku sangat berkenan.

Markus 1:10-11

Saat dia keluar dari air, dia melihat langit terbuka, dan Roh seperti burung merpati turun ke atasnya. Dan sebuah suara mengucapkan kata-kata ini dari surga: Kamu adalah Putraku yang terkasih, di dalam kamu aku telah menaruh semua kasih sayangku.

Lukas 3:21-22

Semua orang dibaptis, Yesus juga dibaptis; dan saat dia berdoa, surga terbuka, dan Roh Kudus turun ke atasnya dalam bentuk tubuh, seperti burung merpati. Dan sebuah suara datang dari surga, kata-kata ini: Kamu adalah Putraku yang terkasih; di dalam dirimu aku menaruh semua kasih sayangku.

Kisah Para Rasul 10:38

Anda tahu bagaimana Tuhan mengurapi dengan Roh Kudus dan dengan kuasa Yesus dari Nazaret, yang pergi dari satu tempat ke tempat lain berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yang berada di bawah kekuasaan iblis, karena Tuhan menyertai dia.

Lukas 10:21

Pada saat ini, Yesus digetarkan dengan sukacita oleh Roh Kudus, dan dia berkata: Saya memuji Anda, Bapa, Tuhan langit dan bumi, bahwa Anda telah menyembunyikan hal-hal ini dari orang bijak dan bijaksana, dan bahwa Anda mengungkapkannya kepada anak-anak. Ya, Ayah, saya memuji Anda karena menginginkannya seperti ini.

Yohanes 3:34

karena dia yang diutus Tuhan berbicara tentang firman Tuhan, karena Tuhan tidak memberinya Roh dengan takaran.

1 Petrus 1:2

dan yang dipilih menurut prapengetahuan Allah Bapa, melalui pengudusan Roh, agar mereka menjadi patuh, dan berpartisipasi dalam percikan darah Yesus Kristus: kasih karunia dan damai sejahtera berlipat ganda bagimu!

2 Korintus 1:21-22

Dan dia yang mengokohkan kami dengan Anda di dalam Kristus, dan yang telah mengurapi kami, adalah Allah, yang juga telah memeteraikan kami dan menaruh di dalam hati kami uang muka Roh.

Galatia 4:4-6

tetapi ketika waktunya genap, Allah mengutus Anak-Nya, lahir dari seorang wanita, lahir di bawah hukum, untuk menebus mereka yang berada di bawah hukum, agar kita dapat menerima adopsi. Dan karena kamu adalah anak, Tuhan telah mengirimkan Roh Putranya ke dalam hati kita, yang berseru: Abba! Ayah!

Efesus 1:3-14

Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang telah memberkati kita dengan segala macam berkat rohani di tempat surgawi di dalam Kristus! Di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, agar kita menjadi kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya, telah menentukan kita dalam kasih-Nya untuk menjadi anak-anak angkat-Nya melalui Yesus Kristus, menurut kehendak-Nya yang berkenan,baca lebih lanjut.

Efesus 2:18

karena melalui dia kita berdua memiliki akses kepada Bapa dalam Roh yang sama.

2 Tesalonika 2:13-14

Adapun kami, saudara-saudara Tuhan yang terkasih, kami harus terus mengucap syukur kepada Tuhan karena kamu, karena Tuhan telah memilih kamu sejak semula untuk keselamatan, melalui pengudusan oleh Roh dan melalui iman dalam kebenaran. Untuk inilah Dia telah memanggil Anda melalui Injil kami, agar Anda dapat memiliki kemuliaan Tuhan kita Yesus Kristus.

Titus 3:4-6

Tetapi ketika kebaikan Allah Juruselamat kita dan kasih-Nya kepada manusia dinyatakan, Dia menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan kebenaran yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya, melalui baptisan kelahiran kembali dan pembaharuan oleh Roh Kudus, yang dicurahkan-Nya atas kita dengan limpahnya melalui Yesus Kristus Juruselamat kita,

Yohanes 20:21-22

Yesus berkata kepada mereka lagi: Damai sejahtera bagi kamu! Seperti Bapa mengutus saya, jadi saya mengirim Anda. Setelah kata-kata ini, dia menghembusi mereka, dan berkata kepada mereka, Terimalah Roh Kudus.

Kisah Para Rasul 1:7-8

Dia menjawab mereka: Bukan bagimu untuk mengetahui waktu atau musim yang telah ditetapkan Bapa dengan otoritasnya sendiri. Tetapi kamu akan menerima kuasa ketika Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem, di seluruh Yudea, di Samaria, dan sampai ke ujung bumi.

Kisah Para Rasul 7:55

Tetapi Stefanus, yang dipenuhi dengan Roh Kudus, dan memandang ke langit, melihat kemuliaan Allah dan Yesus berdiri di sebelah kanan Allah.

Kisah Para Rasul 5:31-32

Tuhan mengangkat dia dengan tangan kanannya sebagai Pangeran dan Juruselamat, untuk memberikan Israel pertobatan dan pengampunan dosa. Kami adalah saksi dari hal-hal ini, juga Roh Kudus, yang telah Tuhan berikan kepada mereka yang menaatinya.

Kisah Para Rasul 2:38-39

Petrus berkata kepada mereka, Bertobatlah, dan kamu masing-masing akan dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu; dan Anda akan menerima karunia Roh Kudus. Karena janji itu untukmu, untuk anak-anakmu, dan untuk semua yang jauh, sebanyak yang akan dipanggil Tuhan Allah kita.

Efesus 2:22

Di dalam Dia kamu juga dibangun menjadi tempat kediaman Allah di dalam Roh.

1 Korintus 12:4-6

Ada bermacam-macam karunia, tetapi Roh yang sama; keragaman pelayanan, tetapi Tuhan yang sama; keragaman operasi, tetapi Tuhan yang sama yang beroperasi semua dalam semua.

Sumber foto: AnonMoos, Public domain, via Wikimedia Commons

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Doa Syukur Agung (Doa Ekaristi)

Doa Syukur Agung Doa Syukur Agung (Prex Eucharistica dalam bahasa Latin), juga disebut Pujian Agung, adalah bagian sentral dari Misa Katolik yang diucapkan oleh...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *