fbpx

7 Cara Membuat Belajar Menjadi Menyenangkan

Cara membuat belajar menjadi menyenangkan

Ingat subjek yang membuat Anda belajar setengah mati dan Anda bahkan nyaris tidak mendapat nilai lulus? Bagaimana jika Anda harus mempelajarinya lagi karena tuntutan sekolah Anda? Bukankah itu mimpi buruk? Cobalah 7 Cara membuat belajar menjadi menyenangkan ini…

Tidak ada jalan pintas dari kiat belajar yang sudah dicoba dan diuji, dan kebanyakan kita tahu dasar-dasarnya: membuat rencana yang jelas, menemukan ruang belajar bebas gangguan, istirahat teratur, bertukar informasi dengan teman, tidur nyenyak, makan dengan baik, dan seterusnya.

Tetapi terkadang Anda membutuhkan sesuatu yang sedikit berbeda agar tetap fokus dan belajar sebaik-baiknya. Siap menyuntikkan energi segar ke dalam studi Anda? Cobalah 7 Cara membuat belajar menjadi menyenangkan ini…

 

7 Cara membuat belajar menjadi menyenangkan

7 Cara membuat belajar menjadi menyenangkan. Ilustrasi dan sumber foto: Pixabay

 

1. Mendengarkan musik yang Anda suka

Ini adalah tip studi klasik karena suatu alasan – semuanya lebih menyenangkan ketika laguyang Anda sukai sedang diputar. Beberapa orang memiliki karunia untuk dapat berkonsentrasi bahkan ketika mendengarkan lagu dengan lirik yang rumit dan menarik; beberapa bahkan dapat menulis esai sambil bernyanyi bersama.

Sebelum Anda menyetel untuk lagu favorit Anda, mungkin patut dipertimbangkan apakah Anda adalah salah satu dari orang-orang itu. Waspadalah – Anda mungkin akhirnya menulis sebuah esai yang berbunyi, “Aku jatuh cinta kepada…” Bahkan jika Anda tidak sadar akan terganggu oleh pilihan musik Anda, melewatkan lagu yang mengganggu Anda atau menghabiskan waktu untuk mencari daftar putar yang tepat dapat mengurangi waktu belajar Anda lebih dari yang Anda sadari.

Tetapi jika Anda bisa membuat tip ini berfungsi, itu sangat membantu. Bagi kebanyakan orang, musik tanpa lirik adalah pilihan yang lebih baik. Itu tidak berarti bahwa lagu klasik Mozart – soundtrack film menyenangkan dan memotivasi, dan Anda dapat berpura-pura bahwa Anda berada dalam montase pelatihan saat Anda belajar. Ditambah soundtrack yang baik berlangsung selama bertahun-tahun, mengurangi jumlah waktu yang harus Anda habiskan untuk menemukan hanya pilihan lagu yang tepat.

 

2. Buat rekaman

Mempersiapkan ujian? Daripada hanya menulis, membaca, menulis ulang dan membaca ulang catatan Anda, bagaimana mengubahnya menjadi rekaman audio (musik atau lainnya)?

Proses berbicara melalui semuanya akan membantu mendapatkan hal-hal yang jelas dalam pikiran Anda, dan Anda kemudian dapat merekamnya di ponsel / pemutar MP3 / tablet dan memutarnya kembali ke diri sendiri saat jogging / mengemudi / memasak / tidur.

Bonus: sediakan buku catatan agar Anda dapat menuliskan ide tambahan apa pun yang muncul saat Anda mendengarkan kembali. Dengan cara membuat belajar menjadi menyenangkan, seperti membuat rekaman, Anda juga dapat mengingat-ingat lebih cepat. Karena itu suara Anda sendiri!

 

3. Tulis sebuah lagu

Ingat di sekolah dasar, ketika guru Anda mengajari Anda sebuah lagu untuk membantu Anda mengingat tabel perkalian, rima untuk mengajarkan aturan ejaan, atau membuat Anda semua merasa ngeri dengan rap yang dibuat sendiri tentang fotosintesis?

Ok, jadi fakta yang perlu Anda ingat ketika mempersiapkan ujian di sekolah atau universitas mungkin sedikit lebih panjang dan lebih rumit – tetapi jika ada serangkaian tanggal, nama atau nomor yang Anda perlukan untuk dapat mengingat di bawah tekanan, mengapa tidak mencoba menempatkannya ke musik / rima? (Hanya mencoba untuk tidak bersenandung terlalu keras dalam ujian…).

Menulis lagu adalah hal yang dapat juga membuat Anda menghafal lebih cepat dan juga salah satu cara membuat belajar menjadi menyenangkan!

 

4. Ubah orat-oret Anda menjadi catatan belajar – Representasi visual

Menggambar tidak terlalu umum di antara daftar kiat belajar – kami mungkin semua menggunakan semacam representasi visual untuk membantu saat mempersiapkan ujian atau merencanakan esai. Jadi dengan dorongan untuk mencoret-coret diselembar kertas selama belajar, mengapa tidak memanfaatkan kreativitas itu untuk menghasilkan representasi artistik dari isi pelajaran Anda?

Contohnya: coretan grafiti Shakespearian di sepanjang rambu jalan, gantung elemen kimia pada desain perhiasan Anda atau tunjukkan kutipan yang berasal dari karikatur teman sekelas Anda… Tantang otak Anda untuk menjadi kreatif DAN penuh perhatian, dan (semoga) Anda akan menemukan subjek masalah berakhir bahkan lebih tegas terjepit dalam pikiran Anda. Dengan cara membuat belajar menjadi menyenangkan seperti ini, Anda dapat juga cepat menghafalkannya.

 

5. Belajar di tempat yang berbeda

Belajar sering membosankan hanya karena Anda tidak mendapatkan perubahan adegan-adegan tertentu. Kebiasannya Anda hanya belajar di kamar atau perpustakaan (jika masih ada perpustakaan umum). Belajar di luar apalagi di musim panas adalah hal yang sulit – ada sengatan matahari, silau pada layar laptop dan semut untuk mengganggu Anda – tetapi jika Anda dapat menemukan tempat teduh di taman, itu dapat membuat seluruh proses belajar merasa kurang stres, serta membuat Anda kurang cemburu pada orang-orang yang bisa bersenang-senang di luar rumah.

Jika berada di luar bukanlah pilihan, Anda bisa berada di tempat lain di rumah Anda. Kami tidak menyarankan membawa laptop Anda ke bak mandi tetapi Anda dapat membaca buku atau buku teks di sana.

Beberapa orang belajar lebih baik dengan berserikat, sehingga Anda dapat menetapkan subjek yang berbeda ke ruangan yang berbeda, dan pastikan Anda mempelajari setiap subjek di tempat yang ditentukan. Setelah semua, aturan emas belajar adalah bahwa tidak ada yang konyol jika itu membantu Anda belajar!

 

6. Coba roleplay / bermain peran

Untuk setiap subjek dengan cerita dan karakter – Studi Teater, Sastra Indonesia, Sastra Inggris dan Sejarah adalah contoh yang jelas – salah satu cara untuk memahami topik adalah dengan berpura-pura bahwa Anda adalah salah satu karakter, dan peran sebagai mereka untuk sementara waktu. Apa yang akan dipilih raja Louis IV dari Prancis untuk makan siang? Raja Hayam Wuruk dari Kerajaan Majapahit memiliki adik perempuan bernama Dyah Nertaja, apa yang akan Anda bicarakan pada saat makan malam?

Memikirkan hal-hal ini mungkin tampak konyol, tetapi mereka dapat menguji pengetahuan Anda tentang subjek yang Anda pelajari dengan cara yang tidak hanya melewati catatan Anda, membuka jalan baru yang dapat Anda jelajahi.

Apa yang memberi tahu Anda tentang bagaimana pandangannya berubah selama masa hidupnya? Jika Anda belajar dengan seorang teman, Anda dapat mencoba untuk memiliki percakapan dalam karakter. Anda mungkin tidak menikmati kegiatan semacam ini di ruang kelas, tetapi jika Anda benar-benar tahu tentang mata pelajaran Anda, itu menjadi lebih bermanfaat dan menyenangkan – ketika Anda tidak hanya mengatakan “Saya ingin sesuatu yang lezat karena saya seorang raja” tetapi berpikir tentang makanan yang dinikmati Louis IV secara khusus, pembatasan agama apa yang mungkin ada pada pilihan makanannya dan seberapa terbuka dia terhadap orang lain yang mempengaruhi keputusannya.

 

7. Manjakan diri Anda dengan cermat

Ketika Anda berusaha mencapai ulangan final, terkadang Anda hanya perlu memberi dorongan ekstra untuk terus belajar — dan sedikit penyuapan bisa berhasil! Jika ada sesuatu yang Anda tidak dapat hidup tanpanya, seperti permen, teh, kopi, maka Anda dapat menggunakan ini untuk memotivasi diri Anda untuk belajar. Karena minuman kopi campuran bisa sangat mahal, buatlah kesepakatan sendiri: ketika Anda belajar selama beberapa jam, Anda dapat membeli kopi venti dengan tambahan tembakan espresso dan sirup dari Starbucks.

Media sosial juga merupakan kebiasaan besar bagi orang yang suka memeriksa Instagram, Facebook, Twitter, atau situs lain beberapa kali sepanjang hari. Megan Tucker, seorang kolega dari Boston University, membuat daftar hal-hal yang harus diselesaikannya, dan ketika dia melewati beberapa hal, dia membiarkan dirinya memeriksa salah satu akun media sosialnya.

Temukan sesuatu yang membuat Anda senang atau dapat menempatkan Anda dalam suasana hati yang baik, dan gunakan itu untuk keuntungan Anda ketika belajar. Bahkan jika itu sesuatu yang kecil, seperti membeli pena berwarna-warni untuk setiap panduan belajar yang Anda tulis atau perlakukan diri Anda sendiri untuk makanan penutup favorit Anda setelah hari yang panjang untuk belajar, tindakan positif ini dapat berjalan jauh. Mempelajari kimia organik mungkin tidak terlalu menyenangkan, tetapi ketika Anda mengatakan kepada diri sendiri bahwa Anda dapat mengecat kuku Anda dengan warna baru setelah membaca beberapa bab, maka itu akan lebih memikat!

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-01-11T22:31:56+07:00 Juni 26th, 2018|Lainnya|0 Comments

Leave A Comment