PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Afasia | Gangguan otak, sumsum tulang belakang dan saraf disfungsi otak

4 min read

Broca wernicke afasia

Afasia

Aktor Amerika Bruce Willis harus mengakhiri karirnya di usia 67 tahun karena menderita afasia. Afasia mengacu pada hilangnya bahasa. Di antara yang paling terkenal: afasia Broca dan Wernicke. Penyebab pertama adalah stroke. Apa saja gejala umumnya? Apa yang harus dilakukan ? Apakah ada perawatan?

Beberapa contoh

  • Sering menggunakan satu kata untuk kata lain (“jam tangan” untuk “kacamata”) dan/atau kebalikannya (“panas” untuk “dingin”).
  • Deformasi sebagian kata (“pite” untuk “pipa”) atau total (“dia glie” untuk “dia bermain”).
  • Produksi kalimat dalam gaya telegrafik (“saya berangkat Jumat”).

Apakah penyakit afasia itu?

Ini adalah gangguan hilangnya sebagian atau seluruh kemampuan untuk membaca, berbicara dan gerak tubuh mungkin terganggu. Itu berasal dari kerusakan pada area otak yang mengontrol bahasa.

Jenis afasia bervariasi sesuai dengan area yang terkena di otak dalam kaitannya dengan area bahasa. Di antara yang paling terkenal: afasia Broca dan afasia Wernicke. Ada juga afasia konduksi yang dimanifestasikan oleh bahasa yang diselingi dengan keragu-raguan, penghentian yang disebabkan oleh kesulitan dalam menemukan kata-kata dan, di atas segalanya, oleh produksi banyak parafasia dan jargon.

Orang yang terpengaruh mencampur suara dalam kata-kata dan, seperti yang biasanya dia sadari, dia akan mencoba memperbaiki dirinya sendiri. Ini mungkin hasil dari afasia Wernicke yang berkembang secara positif. Kami berbicara tentang afasia “campuran” ketika ada pengurangan ekspresi dan kesulitan yang signifikan dalam pemahaman. Akhirnya, afasia “global” adalah bentuk afasia yang paling parah. Ekspresi hampir nihil dan gangguan pemahaman sangat penting.

Apa itu afasia Broca?

Dikenal sebagai “afasia motorik, anterior, atau ekspresif”) yang terutama memengaruhi bicara dengan gejala mulai dari tidak menemukan kata-kata tertentu yang tepat hingga ketidakmampuan total untuk berbicara. Hal ini ditandai dengan ekspresi berkurang. Individu berbicara sedikit, perlahan, mencari kata-katanya. Pemahaman umumnya terpelihara dengan baik.

Apa itu afasia Wernicke?

Juga disebut “sensorik, penerimaan, atau posterior”) yang terutama mempengaruhi pemahaman bahasa, tertulis atau lisan. Orang yang terpengaruh berbicara dengan mudah atau bahkan banyak, tetapi kadang-kadang dia membuat parafasia atau jargon. Dalam menulis, dia biasanya menghadapi kesulitan yang sama seperti ketika dia berbicara.

Apa itu afasia progresif primer?

Hal ini terjadi secara diam-diam, dan yang gejala pertamanya biasanya adalah kurangnya kata-kata. Orang umumnya memiliki kesadaran yang sangat baik tentang gangguan bahasa mereka, yang menghasilkan banyak frustrasi dan merupakan sumber kecemasan.

Ketika afasia adalah tipe yang tidak lancar, aliran verbal semakin berkurang, sampai ke mutisme (tidak bisa berbicara).

Dalam kasus afasia tipe fasih, sebaliknya terjadi dengan logore, jargon, gangguan yang signifikan dari pemahaman lisan dan tulisan dan gangguan membaca nyaring dan pengulangan.

Apa penyebab afasia?

Bentuk afasia bervariasi sesuai dengan lokasinya di otak.

Penyebab utama afasia adalah stroke (kecelakaan serebrovaskular).Selain itu dapat berupa cedera kepala, tumor, aneurisma, infeksi atau penyakit neurodegeneratif.Alzheimer Bentuk afasia bervariasi sesuai dengan lokasinya di otak.

Apa saja gejalanya?

Afasia tidak hanya mempengaruhi bahasa, tetapi juga dalam banyak kasus pemahaman, membaca dan menulis.

Orang dengan afasia sering mengalami kesulitan mengekspresikan diri secara spontan. Tergantung pada jenis afasia, beberapa berbicara hanya dengan penjajaran suku kata, yang lain berbicara sangat lambat dan berjuang untuk menyusun kalimat karena mereka tidak dapat lagi menemukan kata yang tepat. Ada juga penderita afasia yang berbicara dengan lancar tetapi mencampuradukkan suara dan kata-kata tertentu.

Dalam kasus afasia berat, orang hanya memahami kata-kata yang terisolasi dan menafsirkan makna pesan berkat konteks dan aspek non-verbal. Demikian pula untuk membaca dan menulis yang hurufnya dapat dibalik, ditambah, dilupakan atau diganti. Beberapa kata, betapapun dieja dengan benar, mungkin tidak sesuai dengan makna yang dimaksudkan.

Tes apa yang digunakan untuk mendiagnosis afasia?

Diagnosis afasia umumnya dibuat oleh ahli saraf, tetapi dapat juga disebutkan oleh dokter umum (bukan dalam kasus afasia progresif) atau dokter darurat (khususnya dalam kasus afasia mendadak). Penilaian tambahan oleh neuropsikolog dianjurkan untuk memastikan diagnosis dan mengidentifikasi jenis afasia. Tergantung pada penyebabnya, tes pencitraan tertentu seperti CT scan dan/atau MRI otak mungkin diminta.

Apa saja pengobatan untuk afasia?

Pengobatan didasarkan pada mengatasi penyebab bila memungkinkan untuk menyembuhkannya. Oleh karena itu, perawatan oleh ahli saraf diperlukan dalam semua kasus untuk membuat diagnosis dan bertindak cepat jika terjadi stroke, misalnya.

Pada tahap awal, bahasa dapat pulih dengan cepat karena peningkatan kesehatan secara umum. Pemulihan spontan ini harus didukung dengan terapi wicara yang intensif dan terarah, karena pada fase awal inilah fungsi bahasa paling mudah dibentuk. Tujuannya adalah untuk meningkatkan fungsi bahasa, mengoptimalkan komunikasi dan memungkinkan partisipasi aktif dalam kehidupan sosial.

Saran…

Jika Anda berbicara dengan penderita afasia, jangan ragu untuk berbicara perlahan dengan kalimat yang sederhana, singkat, dan kata-kata yang konkret, menggunakan gerak tubuh (menunjukkan, menirukan) dan mengucapkan ulang jika perlu. Pemahaman dimudahkan bila didasarkan pada situasi saat ini atau pada unsur-unsur yang mengilustrasikan percakapan (misalnya, foto orang atau tempat yang sedang kita bicarakan).


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.


Bagian Utama otak mengendalikan berbagai aktivitas – Bagian Lobus Otak dan Fungsinya


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi penting tentang artikel kesehatan di PINTERpandai.com

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: CleverlySmart, The Johns Hopkins Hospital, Mayo Clinic, The American Speech-Language-Hearing Association (ASHA), NHS UK

Sumber foto: Peter Hagoort / Wikimedia Commons (CC BY 3.0)

Penjelasan foto: Model Wernicke-Lichtheim-Geschwind klasik dari neurobiologi bahasa. Dalam model ini, area Broca sangat penting untuk produksi bahasa, area Wernicke mendukung pemahaman bahasa, dan pertukaran informasi yang diperlukan antara area ini (seperti membaca dengan keras) terjadi melalui berkas arkuata, berkas utama serat yang menghubungkan area bahasa di temporal. korteks. (area Wernicke) dan korteks frontal (area Broca). Area bahasa berbatasan dengan salah satu celah utama di otak, yang disebut celah Sylvian. Secara kolektif, bagian otak ini sering disebut sebagai korteks perisylvian.

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.