Alan Turing | Matematikawan yang bernasib tragis, penemu komputer, pelopor artificial intelligence, pahlawan Perang Dunia II, dan homoseksual yang dianiaya

BIOGRAFI ALAN TURING

Matematikawan Inggris, Alan Turing mengantisipasi pemrograman komputer pertama dengan “mesin Turing” -nya. Selama Perang Dunia II, ia memecahkan Enigma mesin Jerman.

Biografi Singkat Alan Turing – Lahir 23 Juni 1912 di Paddington, Alan Mathison Turing adalah seorang matematikawan Inggris yang terkenal. Seorang siswa yang berbakat dan dewasa sebelum waktunya, kejeniusannya dengan cepat ditemukan oleh kerabat dan gurunya: dia akan belajar membaca sendiri dalam tiga minggu. Semangatnya untuk belajar bahkan diliput oleh pers, bocah 13 tahun itu bersepeda sejauh 90 km untuk mencapai sekolahnya pada hari pemogokan umum. Bergairah tentang sains dan matematika, Alan Turing memutuskan untuk mengambil jalan ini ketika seorang temannya, Christopher Morcom, seorang mahasiswa sains yang brilian, meninggal karena tuberkulosis sapi. Dia ingin memberi penghormatan.

Karya Alan Turing di universitas hingga 1938 saat ini menjadi tolok ukur dalam ilmu komputer. Visioner, dia adalah pencipta “Mesin Turing”, sebuah eksperimen pemikiran dan konsep pemrograman yang akan terbentuk dengan penciptaan komputer, beberapa tahun kemudian. Selama Perang Dunia II, Alan Turing dipekerjakan untuk meneliti kriptografi mesin Enigma Nazi, yang berhasil ia lakukan. Setelah perang, ilmuwan tersebut bekerja pada model komputer pertama yang disebut Manchester Mark I. Alan Turing kemudian membangkitkan gairah dengan memaparkan teorinya tentang kecerdasan buatan. Dia menerbitkan “Bisakah mesin berpikir?”. Dalam buku ini, ia menyajikan filosofinya tentang “mesin cerdas”. Dia mendefinisikannya dengan tes yang tetap terkenal, tes Turing, yang mensimulasikan percakapan antara manusia dan mesin. Pada tahun 1951 ia diterima di Royal Society dan tahun berikutnya Alan Turing membuat program catur, tetapi tidak ada mesin yang cukup kuat untuk membacanya!

Baca juga: Adolf Hitler (1889-1945) dan Partai Nazi (1920-1945) | Pembantaian Holokaus

Alan Turing terkenal karena…

  • Masalah penghentian: adalah masalah menentukan, dari deskripsi program komputer arbitrer dan input, apakah program akan selesai berjalan, atau terus berjalan selamanya. Alan Turing membuktikan pada tahun 1936 bahwa algoritma umum untuk memecahkan masalah penghentian untuk semua pasangan program-input yang mungkin tidak ada.
  • Mesin Turing: Dalam ilmu komputer teoretis, mesin Turing adalah model abstrak dari pengoperasian perangkat komputasi mekanis, seperti komputer. Model ini dirancang oleh Alan Turing pada tahun 1936, untuk memberikan definisi yang tepat untuk konsep algoritma atau “prosedur mekanis”. Ini masih banyak digunakan dalam ilmu komputer teoretis, terutama di bidang kompleksitas algoritmik dan komputabilitas. Mesin ini memanipulasi simbol pada pita sesuai dengan tabel aturan.
  • Kriptanalisis Enigma: sistem penyandian memungkinkan Sekutu barat dalam Perang Dunia II untuk membaca sejumlah besar komunikasi radio berkode Morse dari kekuatan Poros yang telah dienkripsi menggunakan mesin Enigma. Ini menghasilkan intelijen militer yang, bersama dengan itu dari transmisi radio dan teleprinter Axis yang didekripsi lainnya, diberi nama kode Ultra. Hal ini dianggap oleh Panglima Tertinggi Sekutu barat Dwight D. Eisenhower telah “menentukan” kemenangan Sekutu.
  • ACE: Automatic Computing Engine (ACE) adalah komputer program tersimpan serial elektronik awal Inggris yang dirancang oleh Alan Turing. Itu didasarkan pada Pilot ACE sebelumnya. Itu mengarah ke komputer MOSAIC, Bendix G-15, dan komputer lainnya.
  • Hadiah Turing: ACM A. M. Turing Award adalah hadiah tahunan yang diberikan oleh Association for Computing Machinery (ACM) untuk kontribusi “yang memiliki kepentingan teknis yang langgeng dan utama bagi bidang komputer”… Hal ini umumnya diakui sebagai perbedaan tertinggi dalam ilmu komputer dan dikenal sebagai atau sering disebut sebagai “Hadiah Nobel Komputasi”
  • Tes Turing: awalnya disebut game imitasi oleh Alan Turing pada tahun 1950, adalah tes kemampuan mesin untuk menunjukkan perilaku cerdas yang setara dengan, atau tidak dapat dibedakan dari, manusia. Turing mengusulkan bahwa seorang evaluator manusia akan menilai percakapan bahasa alami antara manusia dan mesin yang dirancang untuk menghasilkan tanggapan seperti manusia. Evaluator akan menyadari bahwa salah satu dari dua mitra dalam percakapan adalah mesin, dan semua peserta akan dipisahkan satu sama lain. Percakapan akan terbatas pada saluran teks saja seperti keyboard komputer dan layar sehingga hasilnya tidak akan bergantung pada kemampuan mesin untuk membuat kata-kata sebagai ucapan. Jika evaluator tidak dapat dengan andal membedakan mesin dari manusia, mesin tersebut dikatakan telah lulus uji. Hasil tes tidak bergantung pada kemampuan mesin untuk memberikan jawaban yang benar atas pertanyaan, hanya seberapa mirip jawabannya dengan yang akan diberikan manusia.
  • Bombe: adalah perangkat elektro-mekanis yang digunakan oleh ahli kriptologi Inggris untuk membantu menguraikan pesan rahasia yang dienkripsi mesin Enigma Jerman selama Perang Dunia II. Angkatan Laut AS dan Angkatan Darat AS kemudian memproduksi mesin mereka sendiri dengan spesifikasi fungsional yang sama, meskipun direkayasa secara berbeda satu sama lain dan dari bom Polandia dan Inggris.
  • Hut 8 and the Naval Enigma: Alan Turing memutuskan untuk mengatasi masalah yang sangat sulit dari Enigma angkatan laut Jerman “karena tidak ada orang lain yang melakukan apa-apa dan saya dapat memilikinya sendiri.” Pada bulan Desember 1939, Turing menyelesaikan bagian penting dari sistem indikator angkatan laut, yang lebih kompleks daripada sistem indikator yang digunakan oleh layanan lain. Pada malam yang sama, dia juga menyusun ide Banburismus, teknik statistik sekuensial (yang kemudian disebut oleh Abraham Wald sebagai analisis sekuensial) untuk membantu memecahkan Enigma angkatan laut, “walaupun saya tidak yakin itu akan berhasil dalam praktik, dan itu tidak akan berhasil. itu, pada kenyataannya, aman, sampai beberapa hari sebelum benar-benar rusak.

Mesin Turing

Pada tanggal 28 Mei 1936, Alan Turing mengusulkan dalam sebuah artikel berjudul “Pada Angka yang Dapat Dihitung, dengan Aplikasi untuk Masalah Entscheidungs” sebuah konsep yang memungkinkan mesin untuk menafsirkan kode dan oleh karena itu melakukan perhitungan dari jenis yang berbeda. Apa yang disebut “mesin Turing” kemudian hanya merupakan model teoritis pendahulu dari ilmu komputer dan bukan realisasi yang lengkap. Aplikasi visioner ini akan menjadi dasar untuk pengembangan komputer dan operasi algoritmik. Komputer pertama yang dapat diprogram hanya akan dibuat selama Perang Dunia II dan diberi nama “Colossus”.

Enigma didekripsi oleh Alan Turing

Pada tahun 1938, Alan Turing direkrut oleh pemerintah Inggris dan berspesialisasi dalam kriptanalisis. Dalam dinas rahasia, ilmuwan bertanggung jawab untuk menguraikan mesin Enigma yang digunakan oleh tentara Jerman. Misinya dan timnya adalah untuk meningkatkan “Bombe”, mesin Polandia yang memungkinkan untuk dengan cepat menguji kombinasi yang berbeda, untuk mendapatkan kunci decoding. Diklasifikasikan sebagai rahasia militer dengan nama Operasi Ultra, baru-baru ini peran Alan Turing dalam Perang Dunia II terungkap. Beberapa juga mengemukakan fakta bahwa Alan Turing dengan memecahkan kode Enigma akan menyelamatkan dua tahun setelah berakhirnya perang.

Kematian Alan Turing

Pada tahun 1952, Alan Turing menjadi korban perampokan. Penyelidikan polisi mengaitkan kasus ini dengan mantan kekasih sang ilmuwan. Homoseksualitasnya kemudian dituduh dan layak baginya untuk dihukum kebiri kimia selama satu tahun. Tubuh dan pikirannya mengalami perubahan signifikan selama ini. Pada tahun 1953, setelah mengikuti perawatan berat ini, ia melanjutkan pekerjaan ilmiahnya, tetapi bunuh diri dengan keracunan pada 7 Juni 1954 di Wilmslow. Menurut tesis resmi, Alan Turing mulai makan apel yang direndam dalam sianida. Beberapa melihatnya sebagai simbol, logo perusahaan Apple. Orang lain di sekitarnya tetap yakin bahwa kematiannya adalah kecelakaan karena kelalaian, dengan Turing menggunakan sianida untuk eksperimennya.

Mesin Turing

Pada tanggal 28 Mei 1936, Alan Turing mengusulkan dalam sebuah artikel berjudul “Pada Angka yang Dapat Dihitung, dengan Aplikasi untuk Masalah Entscheidungs” sebuah konsep yang memungkinkan mesin untuk menafsirkan kode dan oleh karena itu melakukan perhitungan dari jenis yang berbeda. Apa yang disebut “mesin Turing” kemudian hanya merupakan model teoritis pendahulu dari ilmu komputer dan bukan realisasi yang lengkap.

Aplikasi visioner ini akan menjadi dasar untuk pengembangan komputer dan operasi algoritmik. Komputer pertama yang dapat diprogram hanya akan dibuat selama Perang Dunia II dan diberi nama “Colossus”.

Enigma didekripsi oleh Turing

Pada tahun 1938, Alan Turing direkrut oleh pemerintah Inggris dan berspesialisasi dalam kriptanalisis. Dalam dinas rahasia, ilmuwan bertanggung jawab untuk menguraikan mesin Enigma yang digunakan oleh tentara Jerman. Misinya dan timnya adalah untuk meningkatkan “Bombe”, mesin Polandia yang memungkinkan untuk dengan cepat menguji kombinasi yang berbeda, untuk mendapatkan kunci decoding.

Diklasifikasikan sebagai rahasia militer dengan nama Operasi Ultra, baru-baru ini peran Alan Turing dalam Perang Dunia II terungkap. Beberapa juga mengemukakan fakta bahwa Alan Turing dengan memecahkan kode Enigma akan menyelamatkan dua tahun setelah berakhirnya perang.

Perilaku homoseksual Turing

Adat istiadat homoseksual Turing sangat mengganggu di Inggris yang kasar pada Perang Dingin, terutama karena dinas rahasia, yang masih bekerja tidak diragukan lagi, mewaspadai kepercayaan yang bisa dia berikan kepada mata-mata Rusia yang terlatih untuk itu. Mengikuti sejarah perampokan yang kelam (di mana ia awalnya adalah korban), Turing dikutuk karena praktik seksualnya. Untuk melarikan diri dari penjara, ia harus menjalani perawatan kebiri estrogen kimia, salah satu efek sampingnya adalah mengembangkan payudaranya.

Apa yang Anda maksud dengan dianiaya?

Dianiaya adalah melecehkan atau menghukum dengan cara yang dirancang untuk melukai, berduka, atau menderita secara khusus: menyebabkan penderitaan karena keyakinan.

Dituduh “praktik tidak senonoh di perusahaan orang lain”.

Pada tahun 1952, pengadilan Inggris memberi Turing pilihan antara dua tahun penjara dan pengobatan dengan hormon wanita sebesar kebiri kimia.

Tetapi dua tahun terakhir hidupnya berakhir dengan tragis. Perselingkuhan dengan seorang pria muda membawanya ke pengadilan di mana dia mengaku bersalah atas “praktik tidak senonoh yang berulang di perusahaan pria lain”. Menimbang bahwa dia memiliki terlalu banyak pekerjaan untuk masuk penjara, dia menerima alternatif yang ditawarkan kepadanya: kebiri kimia. Mereka dapat melakukan apapun yang mereka inginkan dengan tubuhnya yang menurutnya, pikirannya, perangkat lunaknya, akan tetap utuh… “Tapi, di bawah pengaruh hormon, di sini dia berubah menjadi apa yang dia bayangkan sebagai hampir seorang wanita. Bagaimana jika pikiran dan tubuh memiliki hubungan yang lebih dalam daripada yang dia pikirkan? Bagaimana jika dia salah?

Kematian Alan Turing

Pada tahun 1952, Alan Turing menjadi korban perampokan. Penyelidikan polisi mengaitkan kasus ini dengan mantan kekasih sang ilmuwan. Diadili pada tahun 1952 karena homoseksualitas, homoseksualitasnya kemudian didakwa dan dia memilih, untuk menghindari penjara, kebiri kimia dengan mengambil estrogen. Layak baginya untuk dihukum kebiri kimia selama satu tahun. Tubuh dan pikirannya mengalami perubahan signifikan selama ini.

Pada tahun 1953, setelah mengikuti pengobatan berat ini, ia melanjutkan karya ilmiahnya.

Dia bunuh diri dengan keracunan pada 7 Juni 1954 di Wilmslow, dia menggigit apel yang sebelumnya dia rendam dalam larutan sianida, dan dia ditemukan tewas keesokan harinya dengan busa di bibirnya.

Ia ditemukan tewas akibat keracunan sianida pada 8 Juni 1954 di kamar tidur rumahnya di Wilmslow. Gerakan ini akan terinspirasi kepadanya oleh Putri Salju dan 7 Kurcaci, di mana dalam sebuah adegan penyihir jahat mencelupkan apel ke dalam kaldu beracun. Beberapa juga mengatakan bahwa logo Apple, apel kecil yang digigit, akan menjadi pertanda nasib tragis Turing.

Menurut tesis resmi, Alan Turing mulai makan apel yang direndam dalam sianida. Beberapa melihatnya sebagai simbol, logo perusahaan Apple. Orang lain di sekitarnya tetap yakin bahwa kematiannya adalah kecelakaan karena kelalaian, dengan Turing menggunakan sianida untuk eksperimennya.

Penulis biografi Turing, Andrew Hodges, berhipotesis bahwa Turing akan memilih mode konsumsi ini dengan tepat agar ibunya tidak percaya pada kecelakaan, mengetahui bahwa biji apel secara alami mengandung sianida tetapi dalam jumlah. terlalu lemah, bagaimanapun, untuk memiliki efek toksik. Beberapa telah memperhatikan hubungan antara dugaan metode bunuh diri dan film Putri Salju dan Tujuh Kurcaci, di mana dia sangat menghargai adegan di mana penyihir meracuni apel, sampai-sampai secara teratur menyenandungkan ayat-ayat yang diucapkan olehnya: celupkan apel ke dalam kuali, sehingga diresapi dengan racun”.

Ratu Elizabeth II memberikan Turing pengampunan anumerta pada tahun 2013

Ratu Elizabeth II mengenalinya sebagai pahlawan perang dan secara anumerta mengampuni dia pada tahun 2013.

Secara anumerta, Ratu Elizabeth memberikan pengampunan kerajaan Turing atas keyakinannya pada 24 Desember 2013… hampir 60 tahun setelah kematiannya!

Dengan pengampunan kerajaan anumerta yang diberikan kepada ahli matematika Alan Turing (1912-1954), pahlawan Perang Dunia Kedua yang dihukum pada tahun 1952 karena homoseksualitas, pemerintah Inggris terlambat bertobat, tetapi setidaknya ia melakukannya dengan jelas dan berani. Lima puluh sembilan tahun adalah penantian yang lama untuk memperbaiki ketidakadilan terhadap orang yang, dengan melanggar kode kapal selam Jerman, telah memungkinkan Sekutu untuk memenangkan Pertempuran Atlantik.

Sebuah film menelusuri kehidupan Alan Turing

Sejak tahun 2000-an dan pengungkapan peran Alan Turing selama Perang Dunia II, penghargaan untuk ilmuwan telah berlipat ganda. Jadi, pada tahun 2014, sutradara Norwegia Morten Tyldum menyusun film Imitation Game dengan Benedict Cumberbatch dalam peran Alan Turing. Film-film lain, tetapi juga drama dan berbagai karya memuji kehidupan luar biasa Alan Turing.

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “ohh begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Cleverly Smart, Scientific American, BBC, University of St Andrews – Scotland, Harvard University

Sumber foto: Wikimedia Commons

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-09-11T14:23:11+07:00 Agustus 14th, 2021|Fisika, Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment