Daftar Hormon Penting dan Fungsinya – Dimana hormon diproduksi?

Daftar Hormon Penting dan Fungsinya

Hormon adalah zat kimia yang mengoordinasikan aktivitas organisme hidup dan juga pertumbuhannya. Mereka disekresikan oleh jaringan khusus di tubuh kita melalui kelenjar endokrin. Hormon yang berbeda memiliki efek yang berbeda pada bentuk tubuh.

Beberapa hormon ini bekerja dengan cepat untuk memulai atau menghentikan suatu proses dan beberapa hormon akan terus bekerja dalam jangka waktu yang lama untuk melakukan fungsinya.

Mereka membantu dalam pertumbuhan tubuh, perkembangan, metabolisme, fungsi seksual, reproduksi dll. Apa yang terjadi pada tubuh ketika hormon-hormon ini akan melepaskan lebih banyak atau lebih sedikit. Artikel ini membahas daftar hormon penting yang diperlukan untuk fungsi tubuh kita. Berikut adalah hormon penting dan fungsinya:

1. Hormon Tiroid

Kelenjar tiroid pada dasarnya melepaskan dua hormon Triiodothyronine (T3) dan Thyroxine (T4), yang membantu mengendalikan metabolisme tubuh kita. Lebih lanjut, hormon-hormon ini mengatur berat badan, menentukan tingkat energi, suhu tubuh internal, kulit, rambut, dll.

2. Insulin

Fungsi hormon insulin
Sumber: www.thumbs.dreamstime.com
Hormon ini dilepaskan oleh pankreas, sejenis daun yang terletak di rongga perut di belakang lambung.

Ini memungkinkan tubuh untuk menggunakan glukosa atau gula dari karbohidrat dalam makanan untuk energi atau untuk menyimpan glukosa untuk penggunaan di masa depan. Ini membantu menjaga kadar gula darah dari terlalu tinggi yaitu hiperglikemia atau terlalu rendah yaitu hipoglikemia.

3. Estrogen

Ini adalah hormon seks wanita yang dilepaskan oleh ovarium. Ini bertanggung jawab untuk reproduksi, menstruasi dan menopause. Kelebihan estrogen dalam tubuh wanita meningkatkan risiko kanker payudara, kanker rahim, depresi, kemurungan dll. Jika kadar estrogen kurang dalam tubuh wanita menyebabkan jerawat, lesi kulit, kulit menipis, rambut rontok dll.

Mendukung kehamilan:

Ubah endometrium menjadi tahap sekretori
Membuat lendir serviks dapat menyerap sperma
Menghambat respon imun, mis. menuju embrio manusia.
Menurunkan kontraktilitas otot polos uterus
Menghambat laktasi
Menghambat timbulnya persalinan
Dukung produksi adrenal mineralo- dan glukosteroid janin

Lain:

Naikkan level faktor pertumbuhan epidermal-1
Tingkatkan suhu inti selama ovulasi
Mengurangi kejang dan mengendurkan otot polos (memperlebar bronkus dan mengatur lendir)
Antiinflamasi. Mengatur respon imun
Kurangi aktivitas kandung empedu
Menormalkan pembekuan darah dan tonus pembuluh darah, kadar seng dan tembaga, kadar oksigen sel, dan penggunaan simpanan lemak untuk energi
Membantu fungsi tiroid dan pertumbuhan tulang oleh osteoblas
Ketahanan dalam penyembuhan tulang, gigi, gusi, sendi, tendon, ligamen dan kulit dengan mengatur kolagen
Fungsi saraf dan penyembuhan dengan mengatur mielin (selubung lemak di seluruh serabut saraf mielin)
Cegah kanker endometrium dengan mengatur efek estrogen

4. Progesteron

Hormon progesteron diproduksi di ovarium, plasenta ketika seorang wanita hamil dan kelenjar adrenalin. Ini merangsang dan mengatur berbagai fungsi. Ini memainkan peran penting dalam menjaga kehamilan. Ini membantu tubuh untuk mempersiapkan konsepsi, kehamilan dan mengatur siklus bulanan. Ketika kehamilan tidak terjadi, kadar progesteron turun dan siklus menstruasi terjadi. Ini juga berperan dalam hasrat seksual.

Progesteron (bahasa Inggris: progesterone, P4) merupakan hormon dari golongan steroid yang berpengaruh pada siklus menstruasi perempuan, kehamilan dan embriogenesis. Progesteron bersama dengan estrogen dihasilkan oleh kurpus luteum, yaitu sebuah kelenjar endokrin yang merupakan sisa dari folikel setelah terjadinya peristiwa ovulasi

Progesteron berperan besar dalam perkembangan fetus. Pengaruh progesteron pada reproduksi diantaranya adalah:

  • Mempertebal dinding endometrium setelah terjadi ovulasi
  • Menghambat produksi LH agar korpus luteum mengalami degenerasi saat tidak terjadi fertilisasi
  • Menghambat laktasi saat kehamilan
  • Mempersiapkan endometrium untuk implantasi zigot

5. Prolaktin

Hormon ini dilepaskan oleh kelenjar hipofisis setelah melahirkan anak untuk menyusui, yang memungkinkan wanita menyusui. Kadar hormon prolaktin meningkat selama kehamilan, yaitu juga berperan penting dalam kesuburan dengan menghambat hormon perangsang folikel (FSH) dan hormon pelepas gonadotropin (GnRH).

6. Testosteron

Sumber: www.amazonaws.com
Ini adalah hormon seks pria. Ini adalah steroid anabolik yang membantu membangun otot-otot tubuh.

Pada pria itu memainkan peran penting dalam pengembangan jaringan reproduksi pria; testis. Ini juga mempromosikan karakteristik seksual sekunder seperti meningkatkan massa otot dan tulang, pertumbuhan rambut tubuh dll. Jika testosteron yang dikeluarkan tidak mencukupi pada pria maka dapat menyebabkan kelainan termasuk kelemahan dan kehilangan tulang.

7. Serotonin

Ini adalah hormon efek peningkat suasana hati atau juga dikenal sebagai bahan kimia alami yang membuat Anda merasa nyaman. Hal ini terkait dengan pembelajaran dan memori, mengatur tidur, pencernaan, mengatur suasana hati, beberapa fungsi otot dll.

Karena ketidakseimbangan serotonin dalam tubuh, otak tidak menghasilkan cukup hormon untuk mengatur suasana hati atau tingkat stres.

Tingkat serotonin yang rendah menyebabkan depresi, migrain, penambahan berat badan, insomnia, keinginan karbohidrat dll. Tingkat kelebihan serotonin dalam tubuh menyebabkan agitasi, tahap kebingungan, sedasi dll.

8. Kortisol

Yang diproduksi oleh kelenjar adrenal. Ini membantu Anda tetap sehat dan energik. Peran utamanya adalah mengendalikan stres fisik dan psikologis. Dalam kondisi berbahaya itu meningkatkan detak jantung, tekanan darah, pernapasan dll.

Pada saat stres tubuh mengeluarkan kortisol untuk mengatasi situasi tersebut. Kadar kortisol yang tinggi secara konsisten menyebabkan maag, tekanan darah tinggi, kecemasan, kadar kolesterol tinggi dll. Demikian pula, kadar kortisol yang rendah dalam tubuh menyebabkan alkoholisme, kondisi yang menyebabkan sindrom kelelahan kronis, dll.

9. Adrenalin

Disekresikan di medula di kelenjar adrenal serta beberapa neuron sistem saraf pusat. Ini juga dikenal sebagai hormon darurat karena memulai reaksi cepat yang membuat individu berpikir dan merespons dengan cepat terhadap stres.

Ini meningkatkan tingkat metabolisme, pelebaran pembuluh darah menuju ke jantung dan otak. Selama situasi yang penuh tekanan, adrenalin dengan cepat melepaskan ke dalam darah, mengirimkan impuls ke organ untuk membuat respons spesifik.

10. Somatotropin (Hormon Pertumbuhan)

Ini pada dasarnya adalah hormon protein yang memiliki 190 asam amino yang disintesis dan disekresikan oleh sel-sel yang disebut somatotrof di hipofisis anterior. Ini merangsang pertumbuhan, regenerasi sel reproduksi sel dan meningkatkan metabolisme. Ini penting dalam perkembangan manusia.

Jadi, sekarang Anda mungkin telah mengetahui tentang berbagai macam hormon-hormon dan fungsinya dalam tubuh manusia.

11. Melatonin (hormon tidur)

Untuk membantu kita tertidur. Cukup menutup mata dapat menurunkan risiko masalah kesehatan, membantu kejernihan mental, dan banyak lagi.

Produksi melatonin alami tubuh Anda mencapai puncaknya antara jam 1 pagi dan 4 pagi. Tetapi makanan seperti pisang, ceri, dan buncis dapat memberi isyarat pada tubuh Anda untuk melepaskan melatonin.

Jadi makanlah (tapi jangan terlalu dekat dengan waktu tidur!) Dan pastikan tidak ada cahaya yang mengganggu tidur Anda.


Hormon dan Fungsi Utama

Tabel ini memberikan ringkasan singkat tentang fungsi dan respons hormon utama dalam kaitannya.

Sistem endokrin (sistem kontrol kelenjar tanpa saluran yang menghasilkan hormon yang tersirkulasi di tubuh melalui aliran darah untuk memengaruhi organ-organ lain) menggunakan hormon untuk mengontrol dan mengoordinasikan tingkat energi metabolisme internal tubuh (atau homeostasis), reproduksi, pertumbuhan dan perkembangan, dan respons terhadap cedera, stres, dan faktor lingkungan. Pertimbangkan hormon berikut dan perannya dalam cara kerja sistem endokrin:

Dimana hormon diproduksi Nama Hormon yang disekresikan (pengeluaran hasil kelenjar) Fungsi hormon

Kelenjar adrenal

Aldosterone Mengatur garam, keseimbangan air, dan tekanan darah

Kelenjar adrenal

Corticosteroid Mengontrol fungsi-fungsi utama dalam tubuh; bertindak sebagai anti inflamasi; menjaga kadar gula darah, tekanan darah, dan kekuatan otot; mengatur keseimbangan garam dan air

Pituitary gland (Kelenjar di bawah otak)

Antidiuretic hormone (vasopressin) Mempengaruhi retensi air di ginjal; mengontrol tekanan darah

Pituitary gland (Kelenjar di bawah otak)

Adrenocorticotropic hormone (ACTH) Mengontrol produksi hormon seks (estrogen pada wanita dan testosteron pada pria) dan produksi sel telur pada wanita dan sperma pada pria.

Pituitary gland (Kelenjar di bawah otak)

Hormon pertumbuhan (GH: Growth hormone) Mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan; merangsang produksi protein; mempengaruhi distribusi lemak

Pituitary gland (Kelenjar di bawah otak)

Luteinizing hormone (LH) and follicle-stimulating hormone (FSH) Mengontrol produksi hormon seks (estrogen pada wanita dan testosteron pada pria) dan produksi sel telur pada wanita dan sperma pada pria

Pituitary gland (Kelenjar di bawah otak)

Oxytocin Merangsang kontraksi rahim dan saluran susu di payudara

Pituitary gland (Kelenjar di bawah otak)

Prolactin Memulai dan mempertahankan produksi ASI di payudara; berdampak pada tingkat hormon seks

Pituitary gland (Kelenjar di bawah otak)

Thyroid-stimulating hormone (TSH) Merangsang produksi dan sekresi hormon tiroid

Ginjal (Kidneys)

Renin and angiotensin Mengontrol tekanan darah, baik secara langsung maupun dengan mengatur produksi aldosteron dari kelenjar adrenal

Ginjal (Kidneys)

Erythropoietin Mempengaruhi produksi sel darah merah

Pankreas

Glucagon Meningkatkan kadar gula darah

Pankreas

Insulin Menurunkan kadar gula darah; merangsang metabolisme glukosa, protein, dan lemak

Ovarium

Estrogen Mempengaruhi perkembangan perempuan dan perkembangan, penting untuk fungsi rahim dan payudara; juga melindungi kesehatan tulang

Ovarium

Progesterone Merangsang lapisan rahim untuk pembuahan; mempersiapkan payudara untuk produksi ASI

Kelenjar paratiroid

Parathyroid hormone (PTH) Pengatur kadar kalsium darah paling penting

Kelenjar tiroid

Thyroid hormone Mengontrol Metabolisme; juga mempengaruhi pertumbuhan, pematangan, aktivitas sistem saraf, dan Metabolisme

Kelenjar adrenal

Epinephrine Meningkatkan detak jantung, asupan oksigen, dan aliran darah

Kelenjar adrenal

Norepinephrine Menjaga tekanan darah

Testis (buah pelir)

Testosterone Mengembangkan dan mempertahankan karakteristik dan kematangan seksual pria

Kelenjar pineal (di dalam otak)

Melatonin Melepaskan melatonin pada malam hari untuk membantu tidur

Hipotalamus (bagian dari otak)

Growth hormone releasing hormone (GHRH) Mengatur pelepasan hormon pertumbuhan di kelenjar pituitari

Hipotalamus (bagian dari otak)

Thyrotropin releasing hormone (TRH) Mengatur pelepasan hormon perangsang tiroid di kelenjar pituitari (organ kecil yang berada di bawah otak)

Hipotalamus (bagian dari otak)

Gonadotropin (diproduksi oleh aktivitas sel pada ovarium dan testis) melepaskan hormon (GnRH: gonadotropin-releasing hormone) Mengatur produksi LH / FSH:Follicle-stimulating hormone  di kelenjar pituitari

Hipotalamus (bagian dari otak)

Corticotropin releasing hormone (CRH) Mengatur pelepasan adrenokortikotropin di kelenjar pituitari

Thymus (terletak di depan dada)

Faktor Imunitas humoral Membantu mengembangkan sistem limfoid

Siklus Arus Balik Hormon

1. Hormon perangsang folikel (Folicle stimulating hormone – FSH)
2. Luthenizing hormone – LH
3. Progesterone
4. Estrogen
5. Hypothalamus
6. Kelenjar hipofisis (Pituitary gland)
7. Ovary
8. Human chorionic gonadotropin (hCG)
9. Testosterone
10. Testis
11. Insentif (?)
12 Prolactin – PRL


Bacaan Lanjutan

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Chemistry ExplainedHmolpediaYour Amazing BrainWell and Good, Johns Hopkins

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2020-10-13T23:17:28+07:00 Februari 13th, 2019|Sehat & Cantik|1 Comment

One Comment

  1. […] 7. Serotonin Ini adalah hormon efek peningkat suasana hati atau juga dikenal sebagai bahan kimia alami yang membuat Anda merasa nyaman. https://www.pinterpandai.com/daftar-hormon-penting-dan-fungsinya/ […]

Leave A Comment