PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Angin Duduk atau Angina pektoris (Nyeri Dada) | Solusi, Pencegahan, Saran

3 min read

Angina angin duduk nyeri dada

Angina Pektoris (Angin Duduk)

Angina pektoris, atau angin duduk, mengacu pada nyeri dada yang biasanya muncul selama aktivitas atau stres. Paling sering terjadi pada pasien dengan penyakit arteri koroner. Penampilannya disukai oleh faktor risiko kardiovaskular.

Angina pektoris stabil

Angina pektoris stabil berarti gejala hanya muncul ketika jantung menerima oksigen kurang dari yang diperlukan, misalnya dalam hal aktivitas fisik, beban mental atau makanan berat. Tanda-tandanya adalah sensasi diremas-remas atau terbakar yang menekan di belakang tulang dada, biasanya menjalar ke lengan kiri, tetapi kadang-kadang juga ke bahu, leher, dagu, atau punggung. Rasa sakit mereda setelah beberapa menit atau setelah minum nitrat.

Angina tidak stabil

Dalam kasus angina tidak stabil, masalah berkembang selama beberapa jam atau beberapa hari, meningkat dengan cepat dan berlangsung lebih dari 15 menit. Mereka terjadi tanpa alasan yang jelas, termasuk pada malam hari atau saat istirahat. Angina tidak stabil adalah tanda peringatan infark miokard, jadi ini darurat.

Selain itu, ada bentuk angina pectoris yang jarang dan kurang berbahaya, misalnya penyakit mikrovaskular (atau sindrom X) atau angina Prinzmetal, yang sering menyebabkan serangan saat istirahat.

Angina pectoris
Diagram ketidaknyamanan yang disebabkan oleh penyakit arteri koroner. Tekanan, rasa penuh, diremas atau nyeri di bagian tengah dada. Bisa juga merasakan ketidaknyamanan di leher, rahang, bahu, punggung atau lengan. Ian Furst, CC BY-SA 3.0, via Wikimedia Commons

Penyebab angin duduk (Angina)

Aterosklerosis paling sering terlibat

Pada 90% kasus, angina pektoris disebabkan oleh aterosklerosis yang mengurangi kaliber arteri koroner. Jantung tidak lagi cukup irigasi dan suplai oksigen berkurang: kita kemudian berbicara tentang penyakit jantung koroner atau penyakit jantung iskemik. Manifestasi angina muncul ketika diameter arteri berkurang setidaknya 50%.

Aterosklerosis ditandai dengan munculnya plak aterosklerotik yang pada dasarnya terdiri dari lipid (kolesterol) yang diendapkan pada dinding internal arteri.

Proses pengendapan kolesterol ini, disertai dengan reaksi inflamasi lokal, menyebabkan modifikasi dinding internal arteri yang menebal. Evolusi plak berlangsung lama, tetapi dapat menyebabkan penyumbatan total pada pembuluh darah.

Lebih jarang, penyakit lain dapat menyebabkan angina pektoris:

Gejala dan ciri-ciri

Angina pektoris, atau angina, mengacu pada nyeri dada yang terjadi di belakang tulang dada. Ini adalah rasa sakit yang menyempit, artinya pasien memiliki kesan bahwa dadanya diambil dalam keadaan buruk. Terkadang rasa sakit terasa di perut.

Rasa sakit ini paling sering terjadi selama latihan atau stres dan sembuh dalam waktu sekitar lima menit saat istirahat atau setelah mengonsumsi trinitrine.

Gejala umumnya jelas tetapi diagnosis angina harus dikonfirmasi dengan pemeriksaan tambahan. Angina pektoris merupakan gejala penyakit jantung atau penyakit kardiovaskular.

Otot jantung kekurangan oksigen

Arteri koroner kanan dan kiri dan interventrikular anterior adalah pembuluh utama yang mensuplai otot jantung. Arteri ini membawa darah yang kaya oksigen, yang penting untuk kontraksi otot jantung. Ketika suplai oksigen tidak mencukupi dalam kaitannya dengan kebutuhan otot, yang terakhir menderita dan gejala angina pektoris muncul.

Bagaimana dokter membuat diagnosis angina pektoris?

Jika dokter mencurigai bahwa gangguan tersebut adalah angina pektoris, pemeriksaan lebih lanjut akan diperlukan. Tujuannya adalah untuk menentukan apakah ada gangguan peredaran darah, seberapa serius mereka dan bagian miokardium mana yang terpengaruh. Ada dua proses yang berbeda:

Pemeriksaan non-invasif

Ini adalah metode yang tidak melibatkan penetrasi ke dalam tubuh. Ini termasuk elektrokardiogram (EKG), ekokardiografi, skintigrafi miokard, pencitraan resonansi magnetik (MRI), pemindai (computed tomography, CT).

Pemeriksaan invasif

Ini adalah metode yang melibatkan penetrasi ke dalam tubuh, misalnya angiografi koroner. Mereka umumnya membutuhkan rawat inap singkat di rumah sakit.

Bagaimana pengobatan angina pektoris?

Angina stabil tidak hanya membutuhkan perawatan medis, tetapi juga partisipasi orang yang terkena.

Modifikasi gaya hidup

Dasar untuk perjalanan penyakit yang optimal ada di tangan pasien. Obat dan operasi terbaik tidak akan memberikan hasil jangka panjang yang baik jika faktor risiko tidak dihilangkan atau diobati. Beberapa unsur gaya hidup sehat: tidak merokok, pola makan seimbang, hindari kelebihan berat badan, cukup aktivitas fisik dan tidak stres permanen.

Perawatan dengan obat

Obat membantu mengatur kebutuhan oksigen jantung, meredakan gejala angina, dan mencegah infark miokard. Faktor risiko tekanan darah tinggi, hiperlipidemia (kolesterol) dan hiperglikemia (diabetes) dikendalikan dan, jika perlu, diobati dengan obat-obatan.

Intervensi

Intervensi mungkin diperlukan, sebagian besar tergantung pada sejauh mana aliran darah terhambat. Salah satu prosedur kardiologi yang paling umum adalah angioplasti koroner, juga disebut pelebaran arteri dengan balon. Arteri koroner yang menyempit dilebarkan menggunakan balon tiup yang dipasang pada kateter. Kemudian, stent biasanya ditempatkan. Intervensi lain adalah operasi bypass.


Penyakit Jantung | Apa Saja Jenisnya?


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini>> untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: CleverlySmart, NHS UK, Mayo Clinic, American Heart Association

Sumber foto: Photo credit: BruceBlaus Blausen.com staff (2014). “Medical gallery of Blausen Medical 2014”. WikiJournal of Medicine 1 (2). DOI:10.15347/wjm/2014.010. ISSN 2002-4436., CC BY 3.0, via Wikimedia Commons

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Memahami Prinsip dan Operasi Utama dalam Perbankan Islam: Riba,…

Perbankan Islam mengikuti prinsip-prinsip syariah yang sesuai dengan ajaran Islam. Ini melibatkan larangan terhadap riba (bunga), mempromosikan berbagai bentuk transaksi yang adil, serta mengutamakan...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *