fbpx

Berapa Kali Bayi Minum Susu Formula? Berapa Banyak dan Berapa Sering?

Berapa Kali Bayi minum Susu Formula – Seberapa Sering Memberi Susu Formula Bayi?

Setiap bayi berbeda. Seberapa banyak dan seberapa sering bayi Anda menyusu akan tergantung pada kebutuhan bayi Anda. Pasti Anda sering bertanya berapa kali bayi minum susu formula?

Susu formula bayi umumnya direkomendasikan sampai usia 1 tahun, diikuti dengan susu murni hingga usia 2 tahun – tetapi bicarakan dengan dokter anak Anda untuk mendapatkan panduan khusus.

Susu rendah lemak atau skim umumnya tidak sesuai sebelum usia 2 karena tidak memiliki cukup kalori atau lemak untuk mendorong perkembangan otak dini.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang pemberian susu formula bayi selama hari-hari pertama, minggu, dan bulan kehidupan bayi Anda.
 

Berapa Kali Bayi Minum Susu Formula? Berapa Banyak dan Berapa Sering?

Berapa Kali Bayi Minum Susu Formula? Berapa Banyak dan Berapa Sering? Ilustrasi dan sumber foto: Pixabay

 

Hari-hari pertama

Perut bayi Anda yang baru lahir itu kecil. Ia tidak membutuhkan banyak susu formula untuk setiap menyusui agar kenyang.

Anda dapat mulai dengan menawarkan bayi Anda 45-90 mililiter (1,5-3 ons) susu formula setiap 2 hingga 3 jam di hari-hari pertama kehidupan jika bayi Anda hanya mendapatkan susu formula dan tidak ada ASI. Beri bayi Anda lebih banyak jika ia menunjukkan tanda-tanda lapar.

Kebanyakan bayi yang baru diberi susu formula akan menyusu 8 sampai 12 kali dalam 24 jam.

Bicarakan dengan dokter atau perawat anak Anda tentang seberapa banyak susu formula bayi yang tepat untuk bayi Anda.
Saat bayi Anda tumbuh, perutnya juga tumbuh. Bayi Anda akan dapat minum lebih banyak susu formula pada setiap kali menyusui, dan waktu antara menyusui akan lebih lama.

Minggu dan Bulan Pertama

Selama beberapa minggu dan bulan pertama, waktu antara pemberian susu akan lebih lama — sekitar setiap 3 hingga 4 jam untuk sebagian besar bayi yang diberi susu formula.

Ini berarti Anda mungkin harus membangunkan bayi Anda untuk menyusu. Anda dapat mencoba menepuk, membelai, membuka baju, atau mengganti popok untuk membantu membangunkan bayi Anda menyusu.

Beberapa sesi makan mungkin lama, dan pemberian makan lainnya singkat. Tidak apa-apa. Bayi umumnya akan mengambil apa yang mereka butuhkan di setiap makan dan berhenti makan ketika mereka kenyang.

Usia 2 bulan

Sekitar 2 bulan, bayi Anda mungkin minum 4-5 ons (120-150 mililiter) di setiap menyusui dan menyusui mungkin setiap 3-4 jam.

Usia 4 Bulan

Pada 4 bulan, bayi Anda mungkin mengonsumsi 4-6 ons (120-180 mililiter) pada setiap menyusui, tergantung pada frekuensi menyusui dan ukurannya.

Usia 6 hingga 12 Bulan

Pada usia 6 bulan, bayi Anda mungkin mengonsumsi 6-8 ons (180-230 mililiter) setiap 4 hingga 5 jam. Ini juga tergantung pada apakah Anda sudah memperkenalkan makanan bayi.

Lanjutkan memberi makan bayi Anda ketika ia menunjukkan tanda-tanda kelaparan. Sebagian besar anak usia 6 hingga 12 bulan akan membutuhkan susu formula atau makanan padat bayi sekitar 5 hingga 6 kali dalam 24 jam.

Saat bayi Anda secara bertahap mulai makan lebih banyak makanan padat, jumlah susu formula bayi yang ia butuhkan setiap hari kemungkinan akan mulai berkurang.

Usia 12 hingga 24 Bulan

Saat balita Anda berusia 12 bulan, Anda dapat beralih dari susu formula bayi ke susu formula yang diperkaya. Anda dapat melakukan ini secara bertahap. Baca juga: Jenis Susu Formula Bayi – Susu formula sapi adalah jenis yang paling umum digunakan

Anda mungkin ingin memulai dengan mengganti satu susu formula bayi dengan susu sapi yang diperkaya untuk membantu transisi anak Anda.
 

Ukuran perut bayi baru lahir dan jumlah susu yang perlu diberikan

Ukuran perut bayi baru lahir dan jumlah susu yang perlu diberikan. Ilustrasi dan sumber foto: PinterPandai

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 
Sumber bacaan: CDC U.S. Department of Health & Human Services,

Informasi: selalu berkonsultasi dengan dokter anak Anda untuk memperkenalkan makanan baru untuk bayi Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang pertumbuhan bayi Anda atau berapa banyak formula bayi yang diminumnya, bicarakan dengan dokter atau perawat anak Anda.

                       
 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-05-22T20:13:30+07:00 Mei 16th, 2019|Makanan & Minuman, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment